• Home
  • Berita Sumut
  • USM-Indonesia akan Gelar Konferensi Internasional Bidang Kesehatan

USM-Indonesia akan Gelar Konferensi Internasional Bidang Kesehatan

Mtc/James Selasa, 18 September 2018 20:35 WIB
Istimewa
USM Indonesia Medan
MATATELINGA, Medan : Sebagai bagian dari proses internasionalisasi, Universitas Sari Mutiara (USM) Indonesia akan menggelar konferensi internasional pertama di bidang kesehatan (First Sari Mutiara Indonesia International Conference on Health), pada 10 - 11 Oktober 2018 mendatang, di Grand Mercure Hotel, Medan. 


Dalam siaran pers yang diterima Matatelinga.com, Selasa (18/9), topik konferensi akan membahas tentang riset dan implementasi tujuan pembangunan berkelanjutan dalam rangka memperbaiki kualitas kesehatan (Localizing the Sustainable Development Goals to Improve Health Outcomes: Research and Practice).

Secara umum, kata Ketua Panitia Konferensi Internasional, Yenni Gustiani Tarigan, SKM, M.Sc, tujuan konferensi untuk mengumpulkan para pakar multidisiplin dan praktisi dari seluruh dunia untuk saling bertukar pengetahuan, ide-ide, pengalaman dan harapan di sekitar tantangan pembangunan berkelanjutan.


"Kegiatan ini menjadi sebuah wadah pertemuan dan diskusi dimana seluruh pihak, baik praktisi, pemerhati, maupun peneliti, sama-sama mendiskusikan isu-isu tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs) di masyarakat, baik lokal, nasional dan internasional," kata Yenni Gustiani Tarigan.

Berbagai hasil riset kesehatan dari berbagai pihak khususnya para dosen di USM-Indonesia, instansi pemerintah, mahasiswa maupun stakeholder, menurut Yenni Tarigan akan didiseminasikan melalui forum diskusi yang terarah dan sistematis. 


"Selain itu, konferensi ini akan membahas berbagai agenda penelitian dan pengembangan agar sejalan dengan pembangunan nasional dan dunia untuk mencapai 17 tujuan SDGs pada tahun 2030," tandasnya.

Lebih spesifik, papar Yenni konferensi ini dimaksud untuk memperkuat komitmen dan jalinan kemitraan antar dosen rumpun ilmu kesehatan antar perguruan tinggi Indonesia dan luar negeri agar aktif dalam penelitian dan pengembangan sehingga mampu memformulasikan berbagai solusi untuk mewujudkan pembangunan kesehatan yang berkelanjutan.


Yenni menambahkan, konferensi ini menargetkan 200 peserta. Masing-masing peserta akan menampilkan penelitian dalam bentuk poster dan karya ilmiah dari perguruan tinggi di Indonesia dan luar negeri, terutama mitra USM-Indonesia. Mereka akan dikelompokkan dalam berbagai sub topik pembangunan berkelanjutan bidang kesehatan, seperti kesehatan masyarakat, keperawatan dan kebidanan, farmasi, ilmu kesehatan, dan ilmu terapan terkait pengembangan kesehatan.


Kepanitiaan konferensi ini, lanjut Yenni selain oleh dosen-dosen USM-Indonesia juga dibantu oleh kampus mitra (co-host), antara lain, Institut Kesehatan Helvetia, STIKes Mitra Husada Medan, Boromarajonani College of Nursing Sanpasittiphrasong (BCNSP) Thailand, College of Health Sciences Savannakhet Laos, dan St Paul University Philippine.

"Saat ini peserta sudah hampir memenuhi target, tetapi panitia masih tetap menerima pendaftaran peserta konferensi sampai 28 September 2018," tandas Yenni yang juga dosen Ilmu Kesehatan Masyarakat USM-Indonesia. 


Panitia lainnya, Dr. Donal Nababan, M.Kes, menuturkan bahwa acara tersebut nantinya akan langsung dibuka resmi oleh Dr. Sadjuga, M.Sc, Direktur Pengelolaan Kekayaan Intelektual, Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti), Republik Indonesia.  

Adapun pembicara dan komite ilmiah yang telah terkonfirmasi sampai saat ini selain dari Indonesia, ada juga dari Taiwan, Thailand, Filipina, Malaysia, India, Bangladesh dan Negara Malawi (Afrika Bagian Selatan). 


"Setiap artikel akan direview oleh komite ilmiah yang profesional dibidangnya. Bagi peneliti yang memiliki artikel terbaik, dapat dibantu untuk dimasukkan dalam jurnal bereputasi internasional sedangkan artikel lain yang tidak terseleksi jurnal akan diterbitkan dalam bentuk prosiding ber-ISBN," tandas Donal Nababan.
Editor: James P. Pardede

T#g:IAKMIkesehatanSari MutiaraUSM-IndonesiaUSM Indonesia
Komentar
Kamis, 20 Jun 2019 13:54Berita Sumut

Penyidikan Dugaan Korupsi DBH dan Disporasu Terkendala Proses Audit

Penyidik Subdit III/Tipikor Direktorat (Dit) Reskrimsus Polda Sumut belum mampu merampungkan kasus dugaan korupsi Dana Bagi Hasil (DBH) di Pemkab Labusel dan Labura. Padahal, kedua kasus tersebut sudah naik ke tahap penyidikan sejak beberapa bulan lalu.

Kamis, 20 Jun 2019 13:38Berita Sumut

Pijatan Tak Memuaskan, Gio Bunuh Tukang Pijatnya

Seorang pemuda di Deliserdang berinisial GAS alias Gio ,18, tega menghabisi nyawa tukang pijat yang juga tetangganya, Arma (56), menggunakan alu. Persoalannya hanya karena pelaku tidak puas dengan pijatan korban.

Kamis, 20 Jun 2019 13:08Berita Sumut

Jajaran Pemkab Sergai Halal bi Halal dengan Warga di Kecamatan Sipispis dan Dolok Merawan

Jajaran Pemerintah Kabupaten Serdangbedagai menggelar acara halal bi halal dengan warga di Kecamatan Sipispis dan Dolok Merawan, Rabu (19/6/2019). Halal bi halal yitu langsung dihadiri Bupati Sergai Soekirman dan wakilnya Darma Wijaya.

Kamis, 20 Jun 2019 12:56Berita Sumut

Sesak Napas, Calon Penumpang ini Mendadak Tewas di Loket Bus ALS

Salah seorang calon penumpang bus ALS, bernama Eddy Nasution ,42, warga Silayang-layang Kelurahan Wek II Kecamatan Padangsidimpuan Utara, mendadak meninggal dunia di loket Bus ALS di Jalan Imam Bonjol Kelurahan Padang Matinggi Kecamatan Padangsidimpuan Se

Kamis, 20 Jun 2019 12:40Berita Sumut

Kejari Batubara Terkejut Saksi 02 Berstatus Terdakwa Beri Keterangan di MK

Kejaksaan Negeri Batubara mengaku terkejut atas kehadiran Rahmadsyah Sitompul yang dihadirkan pemohon pada persidangan sengketa Pilpres di Mahkamah Konstitusi (MK) di Jakarta. Pasalnya, Rahmadsyah merupakan terdakwa dalam kasus UU ITE yang ditangani oleh

Kamis, 20 Jun 2019 09:35Berita Sumut

Wagub Sumut Sebut PAB Bantu Majukan Pendidikan

Wakil Gubernur (Wagub) Sumut Musa Rajekshah menerima Pengurus Perkumpulan Amal Bakti (PAB) di ruang kerjanya, lantai 9, Kantor Gubernur Sumut Jalan Diponegoro No.30 Medan

Kamis, 20 Jun 2019 08:30Berita Sumut

Edy Rahmayadi: Pemuda Harus Jadi Garda Terdepan Jaga Sumut

Gubernur Sumut Edy Rahmayadi bersama Wakil Gubernur (Wagub) Musa Rajekshah menerima kunjungan silaturahmi Pemuda Muhammadiyah Sumut di Masjid Agung, Jalan Diponegoro, Medan

Kamis, 20 Jun 2019 08:15Ekonomi

Kehadiran Maskapai Asing, Belum Tentu Harga Tiket Pesawat Turun

Kehadiran maskapai asing di penerbangan Indonesia merupakan salah satu opsi untuk menurunkan

Kamis, 20 Jun 2019 08:00Internasional

Atas Pembunuhan Khashoggi, Putra Mahkota Saudi Harus Diselidiki

Penyelidik PBB mengatakan bahwa ada bukti kredibel bahwa Putra Mahkota Arab Saudi, Mohammed bin Salman

Kamis, 20 Jun 2019 07:45Nasional

Netizen Bercibir Usai Sepeda Motor Beratap Payung, Viral

Ada saja inovasi unik yang dibuat orang Indonesia. Salah satunya yang sedang viral adalah sepeda motor beratap

Kamis, 20 Jun 2019 07:30Ekonomi

OJK Revisi Target Pertumbuhan Kredit Perbankan

Atas dasar pertimbangan perang dagang yang mempengaruhi pasar global dan berimbas pada ekspor

Kamis, 20 Jun 2019 07:15Bola

Main Bareng Mbappe dan Pogba di Madrid, ini Komentar Ferland Mendy

Pemain anyar Real Madrid, Ferland Mendy, ikut mengomentari rumor kehadiran dua kompatriotnya

Kamis, 20 Jun 2019 07:00Lifestyle

Ini Keistimewaan Shalat Sunah 8 Rakaat di Bulan Syawal dan Berikut Tata Caranya

Rangkaian ibadah yang ada dari bulan ramadan sampai bulan syawal ini mempunyai fadhilah dan pahala yang luar biasa dari Allah SWT

Kamis, 20 Jun 2019 06:45Bola

Arsenal Wajib Jual 3 Pemainnya ini, Termasuk Mesut Ozil

Legenda Arsenal, Charlie Nicholas, memberikan saran kepada mantan klubnya untuk memilih siapa saja

Kamis, 20 Jun 2019 06:30Nasional

3% Angota TNI Terpengaruh Paham Radikalisme, ini Kata Pengamat

Menteri Pertahanan (Menhan), Ryamizard Ryacudu menyebut ada sekira tiga persen anggota TNI

Kamis, 20 Jun 2019 06:15Nasional

Gempa 6,3 SR Guncang Papua

Daerah Mamberamotengah, Papua, diguncang gempa dengan kekuatan 6,3 magnitudo