• Home
  • Berita Sumut
  • Uap Panas Misterius Muncul di Halaman Polsek Simpang Empat Kisaran Hebohkan Warga dan Polisi

Uap Panas Misterius Muncul di Halaman Polsek Simpang Empat Kisaran Hebohkan Warga dan Polisi

faeza Jumat, 14 Juni 2019 21:44 WIB
Mtc/ist/bpbd
Warga dan personil Polri yang bertugas di Polsek Simpang Empat, Desa Sipaku Area Kecamatan Simpang Empat, Kabupaten Asahan dihebohkan dengan kemunculan uap panas yang diduga gas dari dalam tanah halaman kantor polisi itu. Uap panas yang diduga gas itu mul
MATATELINGA, Asahan: Warga dan personil Polri yang bertugas di Polsek Simpang Empat, Desa Sipaku Area Kecamatan Simpang Empat, Kabupaten Asahan dihebohkan dengan kemunculan uap panas yang diduga gas dari dalam tanah halaman kantor polisi itu. Uap panas yang diduga gas itu mulai timbul sejak Rabu, 12 Juni 2019 kemarin.


Atas kejadian ini, sejak Jum'at (14/6/2019) siang hingga menjelang sore,  tim gabungan dari BPBD Kabupaten  Asahan, Dinas Lingkungan Hidup Asahan dan  Polres Asahan, beserta Pimpinan Forkopimcam Simpang Empat telah meninjau dan memberi garis batas zona bahaya (hazard) dengan radius 2,5 meter dari titik lokasi uap panas yang keluar.

Khaidir Sinaga, Kabid Kedaruratan BPBD Asahan mengatakan kemunculan uap panas yang diduga gas itu pertama kali diketahui oleh petugas PLN yang sedang memperbaiki jaringan pada Rabu, 12 Juni 2019.  Khaidiri menduga tekanan uap panas yang keluar telah terjadi beberapa hari sebelum tanggal 12 Juni 2019. 

"Uap panas yang bertekanan kecil akan lebih terlihat jelas dikala senja dan malam hari, dan siang hari samar terlihat karena bias maya cahaya matahari. Uap yang diduga gas itu dapat dirasakan dengan telapak tangan berhawa hangat di permukaan tanah radius 75cm dari titik keluarnya uap panas, dan tiang besi yang berada di dekatnya juga terasa hangat. Dan diikuti layunya rumput di atas permukaan tanah yg berhawa hangat,"beber Khaidir.


Khaidir juga mengatakan sejauh ini pihaknya belum menyimpulkan asal uap panas tersebut. Pasalnya dari hasil observasi di kawasan itu tidak ada jaringan pipa gas yang melintasi di bawah titik uap panas tersebut berdasarkan kesaksian petugas Polsek Simpang Empat yang telah bertugas disana. Tekanan uap pas  itu pun lanjut Khaidir kategori ringan/kecil, dengan suhu relatif rendah hingga panas sendang, serta tidak berbau.

"Uap panas yang keluar belum bisa dipastikan kategori asap panas, gas panas, hingga gas beracun,"sebutnya.

Namun dampak dari adanya uap panas itu menyebabkan rumput yanga ada di halaman Polsek Simpang Empat layu. Hawa panas yang dikeluarkan asap itu juga merambat pada tiang besi di sekitar titik lokasi.


"Bahkan menimbulkan rasa was-was petugas yang bertugas di sekitar kantor polsek Simpang Empat," bebernya.

Untuk penanganan sementara lanjut Khaidir, pihaknya bersama tim gabungan lainnya sudah melokalisir lokasi dengan memasang pita zona bahaya.  Kemudian berkoordinasi dengan lembaga yang memiliki kapasitas kewenangan dan dukungan alat teknologi dan SDM untuk menangani temuan ini seperti  Kantor perwakilan Pusat Geologi dan Vukanologi dari Kementerian ESDM yang ada di Provinsi Sumatera Utara, Dinas Linghup Propsu, Dinas Tamben Propsu.

"Koordinasi dilakukan mengingat Kabupaten Asahan  tidak memiliki kapasitas  kewenangan dalam analisis dalam kategori peristiwa (geologi) kejadian tersebut,"tukasnya. (mtc/fae)
Editor: Faeza

T#g:Matatelingamatatelinga.commatatelinga comTerkinibpbd asahanPolres Asahanpolsek simpang empat
Komentar
Minggu, 21 Jul 2019 19:23Lifestyle

Hati Hati Terhadap Tikus, Dapat Menyebarkan 4 Penyakit

Tikus memiliki kemampuan untuk memanjat dan kecepatan dalam berlari. Sebagian orang berpikir tikus merupakan binatang yang lucu dan menggemaskan. Biasanya tikus sengaja dibudidayakan sebagai pakan untuk hewan karnivora seperti ular.

Minggu, 21 Jul 2019 18:58Bola

Virgil van Dijk, Salah Satu Kandidat Terkuat Peraih Trofi Ballon dOr 2019

Pemain berpaspor Belanda ini pun menyambut positif, Bek Liverpool, Virgil van Dijk, disebut-sebut jadi salah satu kandidat terkuat peraih trofi Ballon dOr 2019. Ia merasa hal tersebut sangat mungkin terealiasasi mengingat telah tampil apik di sepanjang m

Minggu, 21 Jul 2019 17:47Nasional

Tim Yonif 133 Juara I Lomba Dayung Kampar Internaisoal

Tim Dayung Batalyon Infanteri 133/Yudha Sakti berhasil tampil sebagai yang terbaik dan meraih Juara pertama pada kelas 22 pedayung dan Juara ketiga pada kelas 12 Pendayung dalam ajang "Kampar Internasional Dragon Boat Pestival 2019" yang berlang

Minggu, 21 Jul 2019 16:18Aceh

BPBD Aceh Kerahkan Alat Berat Membersihkan Tumpukan Pasir

Terkait dengan banjir dan longsor, Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Aceh Barat mengerahkan dua unit alat berat jenis Exavator untuk melakukan pembersihan tumpukan pasir dampak gelombang pa

Minggu, 21 Jul 2019 15:37Aceh

Sejumlah Desa Kab. Semeulu di Landa Banjir dan Longsor

Sejumlah desa yang tersebar di empat kecamatan di Kabupaten Simeulue, Provinsi Aceh, terkena banjir dan tanah longsor, mengakibatkan ratusan rumah terancam rusak.

Minggu, 21 Jul 2019 14:36Berita Sumut

Gara Gara Banyak Ngelem, Jiwa Terganggu dan di Pasung Orang Tuanya

Akibat tidak ada biaya berobat ke Rumah Sakit gila, Ambri alias PD ,28, warga Lorong Proyek Lingkungan 3 Kelurahan Bagan Deli, Kecamatan Medan Belawan Sumatra Utara terpaksa dipasung oleh orang tuanya digubuk disamping rumahnya.

Minggu, 21 Jul 2019 14:21Berita Sumut

Wanita Lansia, Tewas di Sambar Benda Keras dan Panjang

Seorang wanita lanjut usia (lansia) bernama Destina br Simatupang ,60, warga Desa Sekip, Lubuk Pakam, Kabupaten Deli Serdang, meregang nyawa usai ditabrak kereta api yang tengah melintas di desanya, Sabtu (20/7/2019) malam.

Minggu, 21 Jul 2019 14:06Berita Sumut

Puluhan Kilo Narkoba di Bawa Jaringan Internasional di Gagalkan BNN dan Bea Cukai

Lagi lagi para jaringan narkoba Internasional digagalkan Badan Narkotika Nasional (BNN) Republik Indonesia (RI) bersama Bea Cukai Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara. Kali ini, sebanyak narkotika jenis sabu sebanyak 38 Kg masuk ke wilayah Indonesia, Sa

Minggu, 21 Jul 2019 13:10Berita Sumut

Ahmad Doli Kurnia, di Jadwalkan Hadiri Penetpaan Pimpinan Legeslatif dan Calon Walikota

Dewan Pimpinanan Daerah Partai Golkar Kota Binjai akan melakukan rapat pleno diperluas dengan menggundang Dewan Pertimbangan, Fraksi PG DPRD Binjai, dan Pengurus DPD PG Kota Binjai yang akan dihadiri unsur pimpinan kecamatan/kelurahan se-kota binjai, orga

Minggu, 21 Jul 2019 12:59Berita Sumut

Beras Bulog dikabarkan di Jual ke Grosir di Belawan

PT Perum Bulog Sub Divre Medan menjual beras sebanyak 30 karung ukuran 50 kilo atau 1,5 ton ketoko Grosi di Jalan Pasar Kelurahan Belawan ll Kecamatan Medan Belawan Sabtu (20/7/2019.) sekitar pukul 15.30 wib.

Minggu, 21 Jul 2019 12:15Berita Sumut

Sambut HAN, Adakan Perlombaan Permainan Tradisional

Yayasan Fajar Sejahtera Indonesia (YAFSI) mengadakan acara lomba permainan tradisional bersama anak-anak di Kelurahan Amplas, dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional (HAN) 2019 , Minggu (21/7/2019).

Minggu, 21 Jul 2019 11:12Berita Sumut

Personil Polrestabes Medan di Kumpulkan, Antisipasi Gangguan Kamtibmas

Apel patroli gabungan Skala besar yang dilaksanakan di lapangan Merdeka di Jalan Bukit Barisan Medan, langsung dipimpin Kapolrestabes Medan Kombes Pol Dr Dadang Hartanto,SH,SIK,MSi Minggu (21/7/20119) dinihari.

Minggu, 21 Jul 2019 10:20Berita Sumut

Ujian Mandiri Undip Digelar di UMI Medan

Pelaksanaan Ujian Mandiri (UM) Universitas Diponegoro (Undip) Semarang yang digelar serentak di seluruh Indonesia, untuk pelaksanaan UM di Medan, Sumatera Utara digelar di Kampus Universitas Methodist Indonesia (UMI) Medan, Sabtu (20/7/2019).

Minggu, 21 Jul 2019 10:15Nasional

Korban Tewas Truk Tangki BBM Terbakar Telah Teridentifikasi

Petugas pemadam kebakaran (damkar) berhasil mengidentifikasi dua dari tiga korban tewas dalam kebakaran truk tangki Pertamina di Tol Dalam Kota

Minggu, 21 Jul 2019 10:00Lifestyle

Tikus Hewan yang Cerdas, Ini 4 Faktanya

Tikus merupakan hewan pengerat yang tinggal di tempat kotor seperti di gudang, atap, bahkan selokan

Minggu, 21 Jul 2019 09:45Internasional

Ketahuan Ngopi, Dua Turis Jerman Didenda dan Diusir

Polisi Venezia telah mendenda dua turis Jerman yang terlihat tengah membuat kopi di tangga Jembatan Rialto