• Home
  • Berita Sumut
  • Umat Islam Sumut Kutuk Aksi Teroris di Dua Mesjid di Selandia Baru

Umat Islam Sumut Kutuk Aksi Teroris di Dua Mesjid di Selandia Baru

Faeza Selasa, 19 Maret 2019 19:00 WIB
Mtc/fae
Ribuan umat Islam di Sumatera Utara menggeruduk Kantor Australia Centre Medan di Jalan Kartini, Selasa (19/3). Mereka mengutuk keras serangan di dua mesjid di Selandia Baru yang menyebabkan puluhan jamaah meninggal dunia.
MATATELINGA, Medan: Ribuan umat Islam di Sumatera Utara menggeruduk Kantor Australia Centre Medan di Jalan Kartini,  Selasa (19/3/2019). Mereka mengutuk keras serangan di dua mesjid di Selandia Baru yang menyebabkan puluhan jamaah meninggal dunia.


Dalam aksinya ini, mereka membawa bendera berisi kalimat Tuhid berwarna hitam dan putih. Lainnya, ada tang membawa poster berisi kecaman terhadap kasus penembakan di Christchurch, New Zealand. 

Bahkan tampak sejumlah pengunjuk rasa melinangkan air mata kala sejumlah pemuda memainkan teatrikal yang bercerita kembali tentang kekejaman pelaku teror penembakan umat Muslim dua Masjid,  Jumat pekan lalu. 

Seorang pelakon memerankan Brenton Tarrant, 28. Pelaku penembakan brutal yang kini sudah ditahan polisi Australia. Lalu sejumlah pemuda lain memerankan warga yang sedang menjalankan salat berjamaah.  Suara tembakan pun meletus dengan brutalnya. Seluruh jemaah terkapar. Bahkan ada yang berteriak kalimat Takbir langsung ditembak lagi. 


Suasana langsung hening. Tak sedikit massa yang menangis. Melihat teatrikal yang diselingi puisi yang bikin bulu kuduk merinding sekaligus geram dengan aksi teror itu. 

Ketua Gerakan Nasional Pengawal Fatwa (GNPF) Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sumatera Utara Heriansyah menegaskan penembakan yang dilakukan oleh Brenton Tarrant Cs membuat Stigma soal teroris islam pudar. 

"Kami ingin katakan kepada kalian, karena perbuatan itu dakwah Islam semakin bersinar di sana. Kalian menyerang kami yang sedang beribadah. Darah para syuhada di sana, menjadi penyubur dakwah Islam," ujarnya. 

Sepanjang unjuk rasa, gedung Australia Centre dijaga ketat ratusan polisi. Bahkan sejumlah kendaraan taktis juga terparkir di kawasan Jalan Kartini. 


"Sebenarnya aksi kita tidak ditujukan kepada Australia sebagai negara. Karena kita lihat Australia punya komitmen yang sangat kuat dalam menangani peristiwa yang terjadi di New Zealand," ungkap Heriansyah. 

Dalam aksi kali ini mereka juga ingin menunjukkan bahwa Islamphobia itu sudah terbantahkan. Khususnya di negara barat. 

"Islamphobia yang mereka pelihara telah menghasilkan peradaban barbar yang mundurratusan tahun ke belakang . Belum pernah terjadi orang yang sedang beribadah dibunuh tanpa ampun. Dan korbannya tidak pandang umur. Bahkan ada anak umur dua tahun yang menjadi korban," tukasnya. 

Massa juga menyerahkan pernyataan kecaman terhadap aksi itu. Pihak Australia Centre juga akan menyampaikan pernyataan itu kepada pemerintahan Australia. Setelah mendengarkan pernyataan massa membubarkan diri dan kembali ke amasjid Agung untuk salag ashar berjamaah. (mtc/fae)
Editor: Faeza

T#g:Aksi Teroris di Dua Mesjid di Selandia BaruKantor Australia Centre MedanMatatelingaTerkini
Komentar
Rabu, 19 Jun 2019 14:27Berita Sumut

Edy Rahmayadi Luncurkan “Rumah Sakit Berjalan”

Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi meresmikan Program Bakti Kesehatan Bermartabat Sumut, Rabu (19/6), di halaman Kantor Gubernur Sumut, Jalan Pangeran Diponegoro Nomor 30, Kota Medan. Acara peresmian ditandai dengan peluncuran “Rumah Sakit Be

Rabu, 19 Jun 2019 14:11Berita Sumut

Dua pelaku Pembobol Toko Pakaian di Medan Terekam CCTV

Dua pembobol toko pakaian di Jalan Yos Sudarso Medan, terekam kamera CCTV. Salah seorang pelaku di ketahui mengenakan atribut dan jaket ojek berbasis online.

Rabu, 19 Jun 2019 13:40Nasional

Kapolri Menerima Courtesy Call Dubes Republik Sosialis Demokratik Sri Lanka

Kapolri Jenderal Polisi Prof. H. Muhammad Tito Karnavian, Ph.D. didampingi Kadiv Hubinter Polri dan Kadensus 88 AT menerima Courtesy Call Dubes Republik Sosialis Demokratik Sri Lanka H. E. Mr. Dharshana M. Perera beserta rombongan di ruang tamu Kapolri.

Rabu, 19 Jun 2019 13:25Berita Sumut

Bupati Sergai Sambut Kunker Komisi D DPRD Sumut

Bupati Serdangbedagai Soekirman menyambut kedatangan rombongan Komisi D DPRD Provinsi Sumatera Utara yang melaksanakan kunjung kerja, Rabu (19/6/2019) di Aula Sultan Serdang Komplek Kantor Bupati Sergai di Sei Rampah. Dalam kesempatan itu, Soekirman mema

Rabu, 19 Jun 2019 13:10Berita Sumut

Kapolda Sumut Ultimatum Penggarap yang Masih Kuasai Lahan Proyek Jalan Tol di Tanjung Mulia

Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol Agus Andrianto memberikan ultimatum bagi para penggarap di lahan yang akan digunakan untuk proyek Tol Medan-Binjai di Tanjung Mulia. Kapolda Sumut berharap agar warga yang tinggal di lahan itu mementingkan proyek jalan tol

Rabu, 19 Jun 2019 12:01Bola

Mohammadou Al-Hadji Perkuat Skuad PSMS di Liga 2

Mohammadou Al-Hadji, salah seorang pemain naturalisasi asal Kamerun akan memperkuat tim PSMS dalam mengarungi kompetisi Liga 2 2019. Meski belum ada perjanjian tertulis, Al-Hadji memastikan akan menjadi bagian PSMS musim ini setelah menyepakati negosiasi

Rabu, 19 Jun 2019 12:00Berita Sumut

Polrestabes Medan Gelar Donor Darah

Dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Bhayangkara yang ke-73 tahun 2019 menggelar berbagai kegiatan, salah satunya donor darah yang dilaksanakan di Aula Bhayangkara Jalan HM Said No.1 Medan, Selasa (18/6/2019).

Rabu, 19 Jun 2019 11:57Berita Sumut

Sholat Berjamaah Bersama Warga, Babinsa Limau Manis Tingkatkan Komsos

Babinsa Desa Limau Manis Kecamatan Tanjung Morawa Koramil 16/Tanjung Morawa Kodim 0201/BS Serma Zulkifli usai Sholat Berjamaan bersama warga binaan melaksanakan komsos dengan tokoh agama dan tokoh masyarakat, Selasa (18/06/2019)

Rabu, 19 Jun 2019 11:37Berita Sumut

Komsos Sarana Silaturahmi Babinsa Koramil 05/MB dengan Warga Binaan

Babinsa Koramil 05/MB Kodim 0201/BS Serda Taufik melaksanakan kegiatan Komsos dengan bapak Yusuf yang merupakan Imam Mesjid Al-Hidayah Starban serta warga masyarakat Kelurahan Polonia Kecamatan Medan Polonia yang merupakan warga binaannya, Selasa (18/06/1

Rabu, 19 Jun 2019 11:34Berita Sumut

Jasad Bayi Mengambang di Sungai Deli Hebohkan Warga Belawan Bahari

Sesosok jasad bayi ditemukan warga mengambang di bantaran Sungai Deli Kelurahan Belawan Bahari, Medan , Rabu (19/6) pagi. Sontak, penemuan ini membuat heboh warga sekitar.

Rabu, 19 Jun 2019 11:32Berita Sumut

Pasca Pemilu, Babinsa Koramil 08/MJ Ajak Masyarakat Jaga Kamtibmas

Sebagai wujud kepedulian dengan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas), Babinsa selalu bertanggungjawab dengan wilayah binaannya. Guna mewujudkan Kamtibmas, Babinsa aktif melaksanakan komsos dengan memberikan himbauan-himbauan.

Rabu, 19 Jun 2019 11:05Berita Sumut

Sambut HUT ke 73 Bhayangkara, Polsek Medan Baru Anjangsana ke Panti Sosial Pertuni

Dalam rangka menyambut HUT ke 73 Bhayangkara, Polsek Medan Baru melaksanakan Baksos dan anjangsana di Kantor Pertuni (Persatuan Tuna Netra Indonesia) Medan. Kunjungan anjangsana Personil Polsek Medan Baru langsung disambut oleh pengurus Pertuni.

Rabu, 19 Jun 2019 10:50Berita Sumut

Polsek Sunggal Sikat Kelompok Gengmot Pasukan Berani Mati

Sebanyak 12 orang anggota geng motor Pasukan Berani Tewas (PBT) diciduk tim Pegasus Polsek Sunggal dari kawasan Jalan Tanjung Balai, Desa Sunggal Kanan Kecamatan Sunggal, Selasa (17/6/2019).

Rabu, 19 Jun 2019 10:35Berita Sumut

Mabes Polri Gelar Lomba Foto dan Vlog dengan Total Hadiah Rp 60 Juta

Markas Besar (Mabes) Polri dalam rangka memperingati HUT Bhayangkara ke 73 mengajak masyarakat umum dan anggota TNI Polri untuk ikut berpartisipasi lomba foto dan vlog.

Rabu, 19 Jun 2019 10:20Berita Sumut

Dituntut 12 Tahun Penjara, Jakir Usin : Saya Ditangkap Tanpa Barang Bukti

Jakir Usin alias Zakir Husin (47) terdakwa kasus narkotika dituntut 12 tahun penjara oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) Randi Tambunan. Tuntutan itu dibacakan dihadapan majelis hakim yang diketuai Syafril Batubara dalam persidangan yang digelar di ruang sidan

Rabu, 19 Jun 2019 09:36Berita Sumut

Bikin Miris!!! Ini Motif Pasutri di Tapteng Bunuh Karyawati BSM

Polisi berhasil meringkus pasangan suami istri (Pasutri) DP dan NN yang tega membunuh karyawati Bank Mandiri Syariah, Santi Devi Malau (25) di Pandan, Tapanuli Tengah (Tapteng), Sumut pada Jumat (14/6) yang lalu. Motif kedua pelaku membunuh Santi karena d