• Home
  • Berita Sumut
  • Umat Islam di Indonesia Adalah Benteng Kebangsaan, Kunci Kemajuan

Umat Islam di Indonesia Adalah Benteng Kebangsaan, Kunci Kemajuan

Faeza Senin, 16 April 2018 19:15 WIB
mtc/ist
Ketua Yayasan Pendidikan Indonesia Membangun (Yapim) Dr Sihar Sitorus menilai bahwa umat Islam di Indonesia adalah sebagai benteng kebangsaan, benteng persaudaraan, kunci kemajuan Indonesia dan terkhusus untuk kemajuan Sumatera Utara (Sumut).
MATATELINGA, Tanjungmorawa- Ketua Yayasan Pendidikan Indonesia Membangun (Yapim) Dr Sihar Sitorus menilai bahwa  umat Islam di Indonesia adalah sebagai benteng kebangsaan, benteng persaudaraan, kunci kemajuan Indonesia dan terkhusus untuk kemajuan Sumatera Utara (Sumut).

Hal tersebut disampaikan Sihar saat menghadiri acara Isra Miraj Nabi Muhammad SAW yang diselenggarakan Yapim Sumut-Riau di Tanjung Morawa, Senin (16/4/2018) di gedung Wisma Indah. Sihar mengatakan bahwa Peringatan Isra Miraj akan selalu menjadi momentum kepada semua.

Bukan hanya kepada umat Islam, tetapi kepada seluruh umat beragama yang ada di tanah air tercinta khususnya di Sumut, untuk terus dan terus kembali memperkuat tali persaudaraan sebagai bangsa Indonesia yang hidup berdampingan dalam suasana yang harmonis dan tolong menolong. "Karena itu, seluruh elemen harus senantiasa bersama, bergandengan tangan, merangkul satu dan yang lain," katanya.

Pengusaha sukses tersebut mengatakan bahwa umat Islam harus terus memperkuat ukhuwah Islamiah dan terus memupuk rasa persaudaraan dengan umat beragama lainnya dalam menjaga keutuhan NKRI. Lebih lanjut lelaki yang saat ini maju sebagai Calon Wakil Gubernur (Cawagub) Sumut itu mengatakan bahwa Isra Miraj sebagaimana yang dijalani oleh Nabi Muhammad mengandung arti penting, membawa fitrah serta murninya agama Islam. Bukan hanya bagi pemeluknya, tetapi Islam sebagai Rahmat bagi seluruh alam.

"Umat Islam di Indonesia adalah benteng kebangsaan, benteng persaudaraan, kunci kemajuan Indonesia dan terkhusus untuk kemajuan Sumut yang kita cintai. Kita harus senantiasa bersama, bergandeng tangan, merangkul satu dan yang lain," katanya

Wakil dari Calon Gubernur Sumut H Djarot Saiful Hidayat tersebut menuturkan bahwa warga bangsa Indonesia ditakdirkan Yang Maha Kuasa menjadi saudara dalam Indonesia. Perbedaan bukan lah bencana bagi kita, perbedaan adalah Rahmat yang diberikan Tuhan kepada kita untuk dikelola, sehingga kita bisa menjadi bangsa yang besar, bangsa yang mandiri dan disegani oleh bangsa lain.

"Karena itu jangan mau dipecah belah untuk alasan apa pun juga. Agar perjuangan para pendahulu kita tidak sia-sia. Banyak yang telah berkorban untuk kemerdekaan kita. Kita harus meneruskannya," ujarnya.

Sementara itu Badan Pengawas Yapim, Darmawan mengatakan bahwa pelaksanaan Isra Miraj merupakan kegiatan keagamaan yang rutin digelar setiap tahun di yayasan yang dipimpin oleh Sihar Sitorus ini. Bukan hanya di Sumut, tetapi di daerah lainnya juga seperti di Riau. Karena itu, kedatangan Sihar Sitorus sebagai ketua yayasan diharapkan dapat memotivasi ribuan siswa dan siswi agar menjadi masyarakat Indonesia yang sesungguhnya. "Khusus untuk Yapim yang dipimpin oleh Sihar Sitorus, perayaan ini terus digelar. Karena sekolah yang didirikan oleh keluarga Sitorus tersebut merupakan sekolah nasional yang mendidik anak-anak bangsa dari berbagai kalangan," katanya.

Untuk tahun ini, Yapim dalam perayaan  Isra Miraj mengangkat tema: "Eratkan Silaturahmi Sesama Muslim dan Persaudaraan Antar-umat Beragama dalam Menjaga Keutuhan NKRI". Tema ini menurut Darmawan sesuai dengan kondisi kekinian. Karena harus mengajak berbagai elemen agar terus membangun bangsa yang sangat beragam.(mtc/rel)
Editor: Faeza

T#g:
Komentar
Sabtu, 15 Des 2018 22:30Bola

Liga Inggris: Man City Bekuk Everton 3-1 di Etihad Stadium

Manchester City meraih hasil positif saat bertemu Everton di pekan ke-17 Liga Inggris 2018-2019. Bermain di markas kebanggaan mereka, Etihad Stadium, Sabtu (15/12/2018) malam WIB, pasukan Pep Guardiola bahkan sudah unggul lebih dulu di babak pertama lewat

Sabtu, 15 Des 2018 22:15Nasional

Wafat saat Ceramah di Hadapan Ribuan Jamaah, KH Buchori Amin Tutup Usia

Kabar duka terdengar dari Malang, seorang ulama kharismatik KH. Buchori Amin asal Desa Druju, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, wafat saat tengah mengisi ceramah agama dalam perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW di Pondok Pesantren (Ponpes) Al

Sabtu, 15 Des 2018 22:00Nasional

Gempa 4,7 SR Guncang Papua

Gempa berkekuatan 4,7 skala Richter (SR) mengguncang Kabupaten Kepulauan Yapen, Papua, Sabtu (15/12/2018) pukul 21.13 WIB. Gempa ini berpusat di darat sekitar 16 kilometer arah timur laut Kepulauan Yapen.

Sabtu, 15 Des 2018 21:45Nasional

Pangkalpinang: Berontak Saat Dibekuk Polisi, 2 Bandit Jalanan ini di Dor

Tim jajaran Polres Pangkalpinang mengamankan 12 pelaku sindikat kejahatan berbagai modus. Mereka kerap meresahkan warga Kota Pangkalpinang. Sementara 2 diantaranya pelaku Nanang dan Atman terpaksa ditembak dibagian kaki, karena mencoba melarikan diri dan

Sabtu, 15 Des 2018 21:30Internasional

Australia Akui Yerusalem Barat Sebagai Ibu Kota Israel

Perdana Menteri Australia, Scott Morrison pada Sabtu mengumumkan bahwa Australia telah memutuskan untuk secara resmi mengakui Yerusalem Barat sebagai ibu kota Israel. Namun Morrison belum akan memindahkan kantor kedutaan Australia di Israel ke Yerusalem.

Sabtu, 15 Des 2018 21:15Internasional

India: 11 Tewas dan Lebih Dari 90 Orang Dirawat Setelah Makan Sesajen

Sedikitnya sebelas orang, termasuk dua anak-anak tewas dan lebih dari 90 lainnya dilarikan ke rumah sakit setelah mengonsumsi sesajen keagamaan di sebuah kuil di Negara Bagian Karnataka, selatan India. Polisi setempat mengategorikan kasus ini sebagai kasu

Sabtu, 15 Des 2018 21:00Nasional

Upacara Peringatan Hari Juang Kartika 2018, Kasad Sampaikan, Palagan Ambarawa Merupakan Sejarah yang Tak Bisa Dilupakan

Peristiwa Palagan Ambarawa merupakan sejarah bangsa Indonesia yang menunjukkan kesemestaan perjuangan kemerdekaan yang melibatkan para pemuda serta masyarakat melawan kekuatan kolonial Belanda.

Sabtu, 15 Des 2018 20:45Nasional

Panglima TNI Kunjungan Kerja ke Jambi

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. beserta Kapolri Jenderal Pol Prof. H.M Tito Karnavian. Ph.D. didampingi Aster Panglima TNI Mayjen TNI George Elnadus Supit, S.Sos., Kapuspen TNI Mayjen TNI Santos G. Matondang, M.Tr. (Han), Waasops Panglima

Sabtu, 15 Des 2018 20:30Berita Sumut

Polres Asahan Bersama Pemerintah Kabupaten Asahan Semarakkan Kebangkitan Olah Raga Nasional

“Mensana Incorpore sano” didalam tubuh yang kuat terdapat jiwa yang sehat , itulah yang akan diwujudkan kapolres Asahan AKBP.Faisal Florentinus Napitupulu,SIK.MH yang telah bersinergi dengan Pemerintah kabupaten Asahan dalam mewujudkan visi dan misi Asaha

Sabtu, 15 Des 2018 20:15Ekonomi

Indonesia-Taiwan Tandatangani Nota Kerjasama Perlindungan dan Kesejahteraan Pekerja Migran

Pemerintah Indonesia melalui Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia di Taipei (IETO) melakukan penandatangan nota kesepahaman (MoU) dengan Kantor Dagang dan Ekonomi Taipei (TETO) mengenai perekrutan, penempatan, dan perlindungan pekerja migran Indonesia.

Sabtu, 15 Des 2018 20:00Nasional

Hanyut Disungai, Anak Laki-laki ini Tewas Tenggelam

Seorang bocah tewas setelah tenggelam di Sungai Kradenan, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah. Sebelumya, korban bersama lima rekannya bermain di sungai dan tak menyadari debit sungai meningkat drastis akibat guyuran hujan deras.

Sabtu, 15 Des 2018 19:53Berita Sumut

Pria Bersenpi Diamankan Kompi B 126/KC Damuli

Personil Kompi B 126/KC Damuli mengamankan seorang pria yang kedapatan memiliki senjata api, Sabtu(15/12).

Sabtu, 15 Des 2018 19:30Berita Sumut

Wujudkan Kasih Persaudaraan dengan Sungguh-sungguh

Alunan musik tradisional yang dipadukan dengan musik modern meramaikan acara perayaan Natal Keluarga Besar Fakultas Ekonomi Universitas Methodist Indonesia (FE-UMI) Medan, Jumat (14/12/2018) di Gereja GKPI Jalan Sriwijaya, Medan.

Sabtu, 15 Des 2018 19:00Berita Sumut

KPU Medan Pastikan Kotak Suara Kardus Aman dan Kuat

Ketua KPU Kota Medan Agussyah Ramadani Damanik mengatakan masyarakat tidak perlu khawatir dengan bahan kotak suara yang saat ini terbuat dari karton kedap air. Selain dijamin anti air, kotak suara juga bakal dilapis dengan plastik transparan di bagian lua

Sabtu, 15 Des 2018 18:30Berita Sumut

Peduli Lingkungan, Mahasiswa Santo Thomas Medan Hijaukan Pulau Samosir

Sebanyak 25 orang mahasiswa Fakultas Hukum Universitas St.Thomas Medan menggelar aksi peduli lingkungan di Desa Partungko Naginjang Kecamatan Harian Kabupaten Samosir, Sabtu (15/12/2018). Aksi menghijaukan Pulau Samosir ini dilakukan dengan cara menanam

Sabtu, 15 Des 2018 18:00Nasional

The Jakmania "Oranyekan" Jalan Sudirman

Suporter klub sepakbola Persija, The Jakmania, pada hari ini merayakan gelar juara Liga 1 Indonesia 2018 yang direngkuh tim kebanggaannya. Pawai kemenangan Persija pun digelar dan diperkirakan diikuti 150 ribu orang.