• Home
  • Berita Sumut
  • Ungkap Jaringan Internasional, Polda Sumut Sita 38 Kg Sabu dan Tangkap Dua Oknum Polri

Ungkap Jaringan Internasional, Polda Sumut Sita 38 Kg Sabu dan Tangkap Dua Oknum Polri

Faeza Rabu, 06 Desember 2017 14:00 WIB
Mtc/amr
Ditnarkoba Polda Sumatera Utara mengungkap sindikat jaringan narkoba internasional Malaysia-Indonesia. Dalam pengungkapan ini, polisi menyita 38 kg sabu dan mengungkap keterlibatan dua oknum anggota Polri.
MATATELINGA, Medan: Ditnarkoba Polda Sumatera Utara mengungkap sindikat jaringan narkoba internasional Malaysia-Indonesia. Dalam pengungkapan ini, polisi menyita 38 kg sabu dan mengungkap keterlibatan dua oknum anggota Polri.

"Total narkoba ini dari lima kali pengungkapan  jaringan narkoba yang diungkap Ditres Narkoba Polda Sumut," kata Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol Paulus Waterpauw, Rabu (6/12/2017) di Mapolda Sumut.

Pengungkapan ini berawal dari adanya informasi tentang jaringan sindikat internasional yang akan mengedarkan sabu di wilayah hukum Polda Sumut. Petugas kemudian melakukan penyelidikan secara intensif terhadap informasi tersebut selama 3  minggu.

"Penangkapan pertama pada hari Sabtu tanggal 25 Nopember 2017 Kasubdit II Ditresnarkoba Polda Sumut beserta anggota melakukan terhadap seorang pelaku tindak pidana narkoba atas nama Mudawali (31 ) warga jalan Marindal I Gg. Madrasah desa Marindal I Kec. Patumbak Medan di Jalan Lintas Medan – Banda Aceh Desa Batu Lenggang Kec. Hinai Kab. Langkat Propinsi Sumut tepatnya di depan warung internet (warnet) dan barang bukti berupa 6 (enam) bungkus plastik berwarna Hijau bertuliskan Guan yin Wang diduga sabu dengan berat masing-masing seberat 1 (satu) Kg dengan total keseluruhan seberat 6 (enam) Kg," sebut Kapolda.

Setelah di introgasi dilakukan pengembangan tentang adanya tempat penyimpanan sabu yang berada di Medan, petugas kemudian melakukan penangkapan kedua pada Selasa,  28 Nopember 2017 .

"Berdasarkan informasi tersebut dilakukan penyelidikan terhadap gudang dari Jaringan tersebut oleh anggota Ditresnarkoba Polda Sumut dan berhasil menangkap satu orang tersangka lagi an. Paujari (45 ) warga jalan Pasar I Lk VII Kec. Medan Marelan Medan  dan dapat disita barang bukti berupa 6 kotak yang dibungkus koran dengan merk Qin Shan masing-masing seberat 1 (satu) Kg dengan total keseluruhan seberat 6 (enam) Kg," ucap Paulus.

Setelah di introgasi dan dilakukan pengembangan ke Desa Sampali tersangka Paujari mencoba melarikan diri dilakukan tindakan melumpuhkan dengan menembak kaki sebelah kanan sehingga tersungkur dan tersangka dibawa ke RS Bhayangkara untuk diobati dan diamankan di Kantor Ditresnarkoba Polda Sumut. 

"Hasil dari introgasi terhadap kedua tersangka dilakukan pengembangan dan mendapat informasi adanya pengiriman narkotika golongan I jenis sabu dari Tanjung Balai menuju Medan. Sehingga dilakukan penangkapan ketiga pada hari Minggu tanggal 03 Desember 2017.

"Didapat informasi jaringan tersebut akan menjemput barang yang diduga narkotika golongan I Jenis sabu didaerah jalan Turi Medan. Dan Pada hari Minggu tanggal 03 Desember 2017 sekira pukul 11.00 Wib personil melakukan pembuntutan terhadap pelaku yang menjemput Narkotika Golongan I Jenis shabu di daerah Jalan Turi Medan dengan mengendarai mobil dan dilakukan pengejaran terhadap pelaku sampai di jalan Gaperta ujung Helvetia Medan, dan pelaku berhasil diberhentikan dan ditangkap, kemudian setelah dilakukan penggeledahan ditemukan 1 ( tas yang berisikan diduga Narkotika Golongan I Jenis Shabu sebanyak 15 (lima belas) bungkus yang dikemas dengan bungkus teh  dengan total keseluruhan seberat 15 Kg," ucap Paulus.

Dari lokasi itu, petugas  menangkap enam orang pelaku yakni  Conari P Sitorus alias Aguan, Gema Sitorus, M. Diani Sitorus, Riawan, dan dua oknum anggota Polri bernama Basar Siregar dan M.Yogi Maulana Samosir.

"Setelah para pelaku di introgasi petugas melakukan pengembangan lagi dan dari hasil pengembangan ditangkap dua orang kurir  Arif  yang memesan sabu seberat 2 (dua) Kg dan Jonny yang memesan Narkotika Golongan I Jenis Shabu seberat 3 (tiga) Kg," terang Paulus.

Setelah dilakukan introgasi sabu seberat 3 Kg dibawa ke daerah Helvetia Medan dan dilakukan pengembangan dengan membawa tersangka Mhd. Dani Sitorus als Dani als Koro yang mengetahui lokasi 3 kg sabu yang diselundupkan, pada saat turun dari mobil tersangka Dani als Koro berupaya melawan petugas sehingga dilakukan tindak tegas dan terukur yang menyebabkan tersangka meninggal dunia. Setelah dilakukan pengembangan.

Penangkapan keempat lanjut Paulus pada hari Senin tanggal 04 Desember 2017 dipimpin oleh Kasubdit II Ditresnarkoba dan anggota melakukan penyelidikan ke Titi Baru desa Bakung Kec. Tg.Pura Kab. Langkat dan dilakukan penangkapan terhadap tiga orang pelaku , M. Aman Sapuan, Ahmad Zulvi, Alfa Chandra  dengan barang bukti seberat 1 Kg sabu, dan pada saat dilakukan pengembangan, tersangka an. M. Aman Sapuan berupaya melarikan diri sehingga petugas melakukan tindakan tegas untuk melumpuhkan dengan menembak kaki tersangka. Dari hasil introgasi terhadap pelaku dilakukan pengembangan. 

Penangkapan kelima pada dari Selasa tanggal 05 Desember 2017 sekira pukul 23.00 Wib dipimpin oleh Dirresnarkoba Polda Sumut, Wadir dan beserta anggota melakukan penangkapan dijalan Putri Hijau Medan didepan Merdeka Walk terhadap satu orang pelaku Suryono  dan disita barang bukti 1 karung berisikan narkotika jenis sabu seberat 10 bungkus dengan berat 10 kgdan 1 unit Avanza warna hitam BK 1674 KD.

"Sewaktu di introgasi tersangka Suryono berupaya melarikan diri sehingga petugas melakukan tindakan tegas untuk melumpuhkan dengan menembak kaki tersangka," kata Paulus.

Polisi kata Paulus akan terus melakukan penyelidikan dan penyidikan lanjut terhadap para pengendali jaringan Internasional yang berada di Malaysia.

" Para tersangka dijerat dengan Pasal 114  Ayat (2) Subs. Pasal 112 Ayat (2) Jo. Pasal 132 Ayat (1) UU RI No. 35 tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman hukuman  Pidana penjara paling singkat 5 tahun dan paling lama 20 tahun atau pidana mati, pidana seumur hidup dan pidana denda paling sedikit satu miliar rupiah dan paling banyak sepuluh miliar rupiah," tandas Paulus. (mtc/amr)

Editor: Faeza

T#g:narkobaPolda sumut
Komentar
Jumat, 15 Des 2017 21:57Berita Sumut

Tiga Tersangka Pelaku Kejahatan Narkoba Di Amankan Sat.Res Narkoba Polres Asahan

Tiga tersangka pelaku kejahatan narkotika masing masing MT ,37, warga Jalan WR.Supratman lingkungan XIII kelurahan Lestari Kecamatan Kota Kisaran Timur, RK ,32, warga Jalan Diponegoro lingkungan IV Kecamatan Kota Kisaran Barat dan RD ,24, warga jalan A

Jumat, 15 Des 2017 21:42Berita Sumut

Bupati Karo Hadiri Sosialisasi Transfer Ke Daerah dan Dana Desa Tahun 2018

"Kementrian Keuangan Republik Indonesia, Jumat hari ini (15/12/2017) pukul 09.00 wib , menggelar sosialisasi transfer kedaerah dan dana desa

Jumat, 15 Des 2017 21:27Berita Sumut

Tingkatkan Kemampuan, Pemkab Sergai Gelar Uji Kompetensi Jabatan Pengawa

Sebanyak 472 orang Pejabat Pengawas di jajaran Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) mengikuti Uji Kompetensi yang digelar Badan Kepegawaian Daerah (BKD) bertempat di Aula Sultan Serdang Komplek Kantor Bupati di Sei Rampah.

Jumat, 15 Des 2017 21:12Berita Sumut

Pemko Medan Serius Tanggulangi Penyakit TB

Pemko Medan berkomitmen penuh dalam penangulangan penyakit tuberkolosis (TB) di Kota Medan. Komitmen ini dituangkan dalam Peraturan Wali Kota (Perwal) Medan No.85/ 2017 tentang Penanggulangan TB pada bulan November lalu

Jumat, 15 Des 2017 20:57Berita Sumut

Tularkan Semangat Untuk Memotivasi Peningkatan Ekonomi Kreatif

Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir. H. Soekirman menerima Kunjungan Kerja (Kunker) Bupati Seleman Yogyakarta Drs. H. Sri Purnomo, M.Si beserta jajarannya bertempat di Kantor Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Perindag) Desa Bengkel Kecamatan Perbaunga

Jumat, 15 Des 2017 20:42Berita Sumut

Walikota Medan Terima Penghargaan Dari Dunia Melayu Dunia Islam

Walikota Medan Drs HT Dzulmi Eldin S,MSi menerima Piagam dan Penghargaan Anugerah Kepemimpinan Adat dan Budayas dari Dunia Melayu Dunia islam

Jumat, 15 Des 2017 20:27Berita Sumut

TP PKK Kota Medan Tanam Pohon dan tebar Benih Ikan

Walikota Medan Dzulmi Eldin, diwakili Kadis P3PM Damikrot Harahap S.Sos bersama Ketua TP PKK Kota Medan yang diwakili Wakil Ketua I, Hj Nurul Khairani Akhyar

Jumat, 15 Des 2017 20:12Berita Sumut

Bupati Soekirman Hadiri Rapat Anggota VII KONI Sergai Tahun 2017

Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir. H. Soekirman secara resmi membuka Rapat Anggota VII Komite Olehraga Nasional Indonesia (KONI) bertempat di Pantai Pondok Permai Kecamatan Pantai Cermin

Jumat, 15 Des 2017 19:57Berita Sumut

Gelapkan Sepeda Motor, Berujung ke Terali Besi

Petugas unit reskrim Polsek Medan sunggal meringkus seorang pelaku penggelapan sepeda motor milik korban bernama Zabal Rahma ,35, Warga Dusun IV kampung Banten Desa Sei Mencirim Diski Kec. Sunggal DS

Jumat, 15 Des 2017 19:42Berita Sumut

Wali Kota Resmikan Penambahan Gedung Baru RSU Royal Prima

Wali Kota Medan Drs HT Dzulmi Eldin S MSi meresmikan penambahan gedung baru RSU Royal Prima di Jalan Ayahanda Medan

Jumat, 15 Des 2017 19:27Nasional

Dirgahayu Ke-3 Bakamla RI

Bakamla RI menginjak usia ke-3 tahun. Dalam rangka memperingatinya, Bakamla RI menggelar upacara peringatan HUT ke-3

Jumat, 15 Des 2017 19:12Berita Sumut

Korem 121/Abw Laksanakan Penghijauan Dilahan Bekas Tambang Emas Ilegal

Dalam rangka memeriahkan Hari Juang Kartika ke-72 tahun 2017, jajaran Korem 121/Alambhana Wanawai (Abw), beberapa waktu lalu melaksanakan penghijauan di lahan bekas tambang emas ilegal

Jumat, 15 Des 2017 18:15Berita Sumut

Simpan Sabu dalam Bungkus Rokok, IRT Ini Berakhir di Sel Penjara

Seorang ibu rumah tangga berinisial ER (22) warga Jalan Burhanuddin lingkungan IV kelurahan Perjuangan Kecamatan Teluk Nibung Kota Tanjung Balai kini harus meringkuk dibalik jeruji sel tahanan Satres Narkoba Polres Tanjung Balai, Jum’at (15/12/2017) seki

Jumat, 15 Des 2017 18:00Berita Sumut

LHP BPK Temukan Uang Mengendap pada Proyek Halaman Kantor Camat Tanjung Tiram

Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) perwakilan Sumatera Utara menemukan kekurangan volume pada proyek tahun anggaran 2016 di Kabupaten Batu Bara. Jika diakumulasi, nilai uang yang mengendap pada rekanan CV.BJ berkisar lebih kurang Rp.200

Jumat, 15 Des 2017 18:00Berita Sumut

Kemensos RI Berikan Bantuan UEP Kepada ODHA di Balige

ementerian Sosial (Kemensos) RI yang diwakili oleh Direktur Jenderal Rehabilitasi Sosial, Tuna Sosial dan Korban Perdagangan Orang Dr. Sonny W. Manalu, MM lakukan Bimbingan Sosial dan serahkan bantuan Usaha Ekonomi Produktif (UEP) kepada 37 Komunitas ODH

Jumat, 15 Des 2017 16:15Berita Sumut

33 Calon Polisi asal Deliserdang Diperiksa Kesehatan

Sekitar 33 calon polisi rekrumet anggota Polri tahun 2018, diperiksa kesehatannya oleh tim medis Rumah Sakit Umum (RSU) Deliserdang. Jumat (15/12). Kegiatan tersebut merupakan kerjasama antara pihak Polres Deliserdang, bersama Pemerintah Daerah (Pemda) Se