Redaksi Matatelinga Selamat hari Raya Idulfitri 1439 H
  • Home
  • Berita Sumut
  • Wabup Darma Wijaya Hadiri Tanam Perdana Program PSR Gapoktan Amanah

Wabup Darma Wijaya Hadiri Tanam Perdana Program PSR Gapoktan Amanah

Amrizal Jumat, 09 Februari 2018 22:44 WIB
Matatelinga
MATATELINGA, Medan:  Wakil Bupati Serdang Bedagai (Wabup Sergai) Darma Wijaya, Jum'at (9/2/2018)  menghadiri acara Penanaman Perdana Program Peremajan Sawit Rakyat (PSR) Kerangka Pendanaan Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDP-KS) bagi Gabungan Kelompok Tani  (Gapoktan) Amanah Desa Kuta Pinang Kecamatan Tebing Syahbandar.



Hadir dalam kesempatan tersebut Asisten Ekonomi Pembangunan Sosial (Ekbangsos) Ir. H. Kaharuddin, Para Staf Ahli Bupati, Dirut  PT. PD Paya Pinang Gruop Ir. H.Sumarto MBA, Kades Kuta Pinang Julasman, Kadis Perkebunan Provsu Ir. Herawati MMA, Ketua Gapoktan Amanah Jamian Saragih, Kepala  Cabang Bank BRI  Tebing Tingggi  Robert T Sitinjak, Kepala Bagian Kantor Bank BRI wilayah Medan Ilham Arisandi serta seluruh anggota kelompok Tani Amanah Desa Dusun VI Desa Paya pinang.

Mengawali sambutannya Wabup Darma Wijaya menyampaikan bahwa setelah melaksanakan program di Desa Kota Tengah Kecamatan Dolok Masihul pada Nopember 2017 tahun lalu, bahwa Presiden RI Joko Widodo telah menyampaikan program PSR adalah pelaksanaan kebijakan pro rakyat sekaligus sebagai bentuk perhatian pemerintah yang sangat besar pada sub sektor perkebunan.



Program PSR melalui skema dana hibah sebesar 25 juta rupiah per hektarnya merupakan angin segar bagi dunia perkebunan khususnya di daerah kita. Dengan adanya program ini petani diwajibkan menanam bibit kelapa sawit unggul bersertifikat, melaksanakan Good Acultural Practice dan harus bermitra dengan Pabrik Kelapa Sawit.

Kelak petani kelapa sawit akan mendapatkan hasil produksi yang tinggi dan juga harga Tndan Buah Segar (TBS) lebih baik karena menjual langsung ke pabrik pengolahan. Semua ini tentu saja akan meningkatkan kesejahteraan petani kelapa sawit khususnya dan rakyat Sergai umumnya.

Lebih lanjut disampaikan Wabup Darma Wijaya bahwa Gapoktan Amanah akan melaksanakan penanaman seluas 53.555 Ha dengan jumlah pekebun sebanyak 42 orang. Dana peremajaan sawit yang dibantu adalah sebesar Rp.25 juta/Ha. Total dana yang telah dicairkan dari BPDP-KS ke rekening masing-masing pekebun anggota Gapoktan Amanah adalah sebesar Rp. 1.321.565.000.

Mengakhiri sambutannya Wabup Darma Wijaya menghimbau para pengurus Gapoktan Amanah agar dana yang cukup besar ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Laksanakan seluruh kegiatan dalam program ini sesuai dengan ketentuannya. Setiap dana yang digunakan agar dapat dibuat administrasi pertanggungjawabannya, pungkas Wabup.

Sebelumnya Ketua Gapoktan  Amanah Jamian Saragih dalam laporannya menyampaikan kegiatan program PSR  ini memiliki luas lahan 53,6 Ha dan yang siap tanam sebanyak 13 Ha yang terdiri dari  42 orang anggota serta mengucapkan terimakasih kepada dinas terkait atas terlaksananya program ini.

Sedangkan  Dirut PT. PD Paya Pinang Group Ir. H.Sumarto MBA mengemukakan bahwa di Sumut Gapoktan Amanah melakukan penanaman perdana program PSR bertujuan untuk  meningkatkan perekonomian sekaligus mensejahterakan masyarakat. Oleh karenanya, kami menyambut baik adanya kegiatan ini.

Sementara itu Kadis Perkebuan Provsu Ir. Herawati MMA dalam sambutannya mengatakan program ini diharapakan dapat menjadikan perekonomian masyarakat lebih meningkat. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan terhadap 53,6 Ha dapat diremajakan tanamannya sehingga di Sumut kita termasuk salah satu daerah yang menghasilkan kelapa sawit terbanyak dan terbaik. Oleh karenanya kami mengucapkan terimakasih atas peran serta masyarakat yang ikut andil dalam kegiatan ini, ujarnya.
 

(Mtc/rel)
Editor: Amrizal

T#g:Matatelingapemkab Sergei
Komentar
Senin, 18 Jun 2018 20:35Berita Sumut

Mobil Toyota Portuner Tenggelam ke Danau Toba

Mobil Pribadi Toyota Portuner Warna Putih dengan no pol B 1915 KJI yang ditumpangi 5 orang penumpang bersama seorang supir di informasikan tenggelam ke danau toba

Senin, 18 Jun 2018 20:32Berita Sumut

Pengamat: Menurut Jejak Digital, Koordinator CEPP Fisip USU Adalah Wakil Sekretaris Tim Eramas

Hasil survei yang dirilis oleh Center for Election and Political Party (CEPP) Fisip Universitas Sumatera Utara (USU) yang mengatakan Eramas unggul 53,1 persen, sedangkan Djoss 35,7 persen dan yang belum menentukan pilihan 11,2 persen

Senin, 18 Jun 2018 20:13Berita Sumut

H. Amir: Edy dan Ijeck Mampu Selesaikan Permasalahan di Sumut

Salah seorang tokoh masyarakat Kabupaten Deliserdang Haji Amir Siahaan, saat menerima kunjungan dari tim Eramas di kediamannya, Jalan RA Kartini, Lubukpakam

Senin, 18 Jun 2018 19:41Berita Sumut

Petugas Gabungan Mengevakuasi Penumpang Kapal di Perairan Danau Toba

Terkait dengan terbaliknya Kapal penumpang dari Pelabuhan Tigaras menuju Simanindo terbalik, Senin (18/6/2018), puluhan penumpang masih terombang-ambing di perairan Danau Toba.

Senin, 18 Jun 2018 18:36Berita Sumut

Kapal kayu Melayani Penumpang di Danau Toba, Kabarnya Terbalik

abar beredar dilapangan menyebutkan, sebuah Kapal kayu berpenumpang berlayar dari Pelabuhan Simanindo (Samosir) tujuan Tigaras (Simalungun) dikabarkan terbalik di Danau Toba

Senin, 18 Jun 2018 18:18Berita Sumut

Kapolda Sumut Resmikan Pos Pol. AIRUD di Pulau-Pulau Batu Kabupaten Nias Selatan

Kapolda Sumatera Utara, Irjen Pol Drs. Paulus Waterpauw Senin siang (18/6/2018),sekira pukul 11.07.wib, melakukan kunjungan kerja ke Pulau-Pulau Batu Kabupaten Nias Selatan. Dengan menggunakan helikopter dinas yang mendarat di bandara lasondre pulau telo

Senin, 18 Jun 2018 18:06Internasional

Kerusuhan di LP Risdon Australia, Empat Petugas Luka Parah

Kerusuhan terjadi di Lembaga Pemasyarakatan Risdon di Hobart Australia , mengakibatkan empat petugas LP terluka parah

Senin, 18 Jun 2018 17:38Bola

Mourinho: Diatas Kertas Inggris Sangat Unggul, Tetapi Tunisia Bisa Saja Menang....!!!!

Jelang pertandingan Grup G Piala Dunia 2018 yang mempertemukan antara Tim Nasional (Timnas) Inggris melawan Tunisia

Senin, 18 Jun 2018 17:08Berita Sumut

Api Melalap Rumah Miliknya Prapanca

Belum lagi hilang dari ingatan kebakatan di kampung Kubur, kini terjadi lagi kebakaran di Jalan Bunga Ncole Lingkungan V Kelurahan Kemenangan Tani Kecamatan Medan Tuntungan

Senin, 18 Jun 2018 09:14Lifestyle

Justin Bieber Tak Segan Pamer Kemesraan

Justin Bieber kini tak lagi segan pamer kemesraan dengan Hailey Baldwin. Keduanya tepergok menghabiskan waktu bersama di tempat publik di New York, AS pada Minggu (17/6).

Senin, 18 Jun 2018 08:59Lifestyle

Piala Dunia 2018, Politisi Rusia Serukan Aturan Bercinta

Politikus Rusia Tamara Pletnyova memberi peringatan kepada perempuan lokal Rusia untuk tak bercinta dengan pria non-kulit putih selama Piala Dunia 2018.

Senin, 18 Jun 2018 08:44Internasional

Kunjungi Mosul, Angelina Jolie: Ini Kerusakan Terparah yang Penah Saya Lihat

Utusan khusus badan pengungsi PBB (UNHCR) Angelina Jolie mengunjungi kota terbesar kedua Irak, Mosul, Sabtu (16/6).

Senin, 18 Jun 2018 08:29Internasional

Pangeran Kamboja Alamai Kecelakaan Mobil

Pangeran Kamboja Norodom Ranariddh dikabarkan mengalami luka-luka serius dalam kecelakaan mobil di Kota Sihanoukville, Minggu (17/6). Adapun istrinya meninggal dunia.

Senin, 18 Jun 2018 08:14Internasional

Capres Turki Tampil di TV, Sampaikan Pidato Dari Balik Penjara

Politisi sekaligus kandidat presiden Turki, Selahattin Demirtas, tampil di TV dari balik sel penjara untuk menyampaikan pidato celaan terhadap rezim pemerintah. Hal itu dilakukannya menjelang pemilu presiden yang akan digelar pekan depan.

Senin, 18 Jun 2018 07:59Nasional

JK Tegaskan Tak Lagi Berlaga di Bursa Pemilu

Wakil Presiden Jusuf Kalla mengaku lebih memilih beristirahat ketimbang kembali mendampingi Presiden Joko Widodo dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019.

Senin, 18 Jun 2018 07:46Nasional

Venue Asian Games Dipastikan Siap Pakai Pada Juli Mendatang

Chief de Mission Asian Games 2018 Komisaris Jenderal Syafruddin menyatakan seluruh venue atau arena pertandingan akan tuntas secara keseluruhan pada awal Juli.