Wacana Lahan Merdeka Walk Dikembalikan Jadi RTH

Mtc/rel Kamis, 14 Februari 2019 19:55 WIB
Google
MATATELINGA, Medan:  Wacana menjadikan lahan Merdeka Walk sebagai Ruang Terbuka Hijau (RTH) yang disampaikan Gubernur Sumut Edy Rahmayadi mendapat tanggapan dari Ketua Komisi C DPRD Medan, Boydo HK Panjaitan. Kata Boydo, penutupan Merdeka Walk yang saat ini menjadi pusat kuliner Kota Medan harus berdasarkan kebijakan Wali Kota Medan. Sebab, lahan itu merupakan otonomi daerah Kota Medan.



Lagipula, MoU Pemko Medan bersama pihak swasta masih panjang. Namun jika mengembalikan fungsinya sebagai RTH, Boydo mendukung dan menyarankan agar ditata ulang dan harus mengutamakan penghijauan. "Kafe segala macam itu enggak masalah, itu menguntungkan kita tapi penataannya perlu," katanya, Rabu kemarin (13/2/2019).

Boydo mencontohkan, di Singapura RTH diatur dengan baik. Dari udara, taman akan terlihat hijau. Namun ternyata, di sekitarnya ada bangunan yang luar biasa dan bahkan ada mal.

"Nah, jadi kita juga harus berpikir untuk kota-kota metropolitan dan kota maju seperti Kota Medan, apalagi menambah PAD dan menambah perekonomian di kota itu sendiri. Merdeka Walk sangat baik untuk meningkatkan perekonomian seperti restoran, kuliner. Apa yang dilakuan di Merdeka Walk itu memang harus ditata supaya tidak mengesampingkan RTH," ujarnya.

Ia menuturkan, Singapura saat ini ada sebagian bangunannya dibangun di bawah tanah demi mengedepankan RTH. Makanya, patut juga ditiru konsepnya, sehingga hal tersebut lebih membuat penataan Merdeka Walk lebih baik. "Jadi perlu memang penataan ulang terhadap desain Merdeka Walk itu, tapi tujuan untuk mendapatkan PAD dan sebagai pusat untuk wisata kuliner," ucapnya.



Tambah Boydo, Merdeka Walk saat ini telah menjadi salah satu tujuan wisata lokal dan domestik. Diharapkan, wisatawan mancanegara juga demikian untuk menghabiskan uangnya, sehingga menjadi pemasukan bagi Kota Medan.

Lebih lanjut ia mengatakan, MoU yang dilakukan bersama pihak ketiga masih berjalan dan kalau tidak salah sampai 2031. Untuk itu, ia mengatakan, hanya kebijakan Wali Kota Medan yang bisa mengatur hal tersebut dan dibicarakan dengan pihak-pihak lain. Sebab jika kebijakan sepihak, Pemko Medan bisa dituntut pihak ketiga.

"Ini kan sebenarnya otonomi daerah ya. Kita ada kebijakan dari wali kota dan pemerintah kota yang mengatur terhadap itu. Kita kan ada juga MoU dengan pihak-pihak lain terkait Merdeka Walk. Kan tidak bisa sembarangan dan serta-merta. Ini kan bukan komando seperti di militer. Jadi enggak bisa secara perintah seperti itu. Kita punya Perda yang mengatur dan kita punya kebijakan wali kota yang bisa mengatur sesuatu apabila ketentuan ketentuan tidak dilanggar," sebutnya.



Sementara, pengamat lingkungan, Jaya Arjuna sependapat dengan Boydo. Menurut Jaya, memang perlu dibangun di bawah tanah untuk dijadikan pusat bisnis. Sedangkan lahan yang sekarang ditempati Merdeka Walk, dikembalikan fungsinya jadi RTH. "Saya setuju itu jadi RTH, karena Lapangan Merdeka memiliki nilai sejarah dan ada pohon-pohon besar yang terbatas ruang geraknya dengan keberadaan Merdeka Walk," sebutnya.

Ia menyatakan, pengembalian fungsi RTH jangan sekedar wacana saja tapi segera direalisasikan. Sebab, khawatir pohon berukuran besar tumbang kembali dan menelan korban luka lantaran terbatas ruang geraknya.

Terpisah, Kepala Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah Kota Medan, Suherman mengaku, jika Merdeka Walk ditutup tentu akan mempengaruhi PAD. Sebab, selama ini pajak restoran menjadi pemasukan yang cukup besar terhadap PAD.

"Kalau seandainya ditutup, tentu mempengaruhi PAD Kota Medan, karena selama ini menjadi salah satu sumber pendapatan yang cukup besar," katanya.


Suherman juga mengaku, sampai saat ini pihak ketiga yang mengelola Merdeka Walk rutin bayar pajak. Namun sayangnya, dia belum tahu jumlah pasti pemasukan yang dihasilkan dari Merdeka Walk.

"Tahun 2018 kemarin saya belum dapat datanya," pungkas Suherman yang baru dilantik beberapa hari lalu.
Editor: Amrizal

T#g:Gubsu Edy RahmayadiLahan Merdeka WalkMatatelingaPemko MedanPemprovsuTerkiniTraveloka
Komentar
Kamis, 19 Sep 2019 21:08Internasional

Ini Target Petrucci di 6 Balapan Tersisa MotoGP 2019

Pembalap Tim Mission Winnow Ducati, Danilo Petrucci, membeberkan targetnya di enam balapan tersisa MotoGP 2019. Ia bertekad mempertahankan posisinya di klasemen pembalap MotoGP 2019 hingga akhir musim.

Kamis, 19 Sep 2019 20:41Berita Sumut

Cuaca Buruk, Seratusan Kapal Ikan Tak Pergi Melaut

Seratusan kapal ikan yang berpangkalan di gudang PPSB Gabion Belawan dan di Belawan Lama serta di Sei Deli tidak melaut akibat situasi laut tidak memungkinkan untuk mencari ikan.

Kamis, 19 Sep 2019 20:16Berita Sumut

Ini Dia Pemenang Lomba PBB Piala Ketua Dharma Pertiwi Daerah "A"

Panglima Kodam I/Bukit Barisan, Mayjen TNI MS. Fadhilah secara resmi menutup lomba PBB memperebutkan Piala Ketua Dharma Pertiwi Daerah "A" di Makodam I/BB, Jln Gatot Subroto Km 7,5 Medan, Kamis (19/9/2019).

Kamis, 19 Sep 2019 20:01Berita Sumut

Komandan Kodim Gelar Komsos Dengan Koramil 10/ML

Komandan Kodim 0201/BS, Kol Inf. Roy Hamsen, J. Sinaga, S.Sos melakukan Komunikasi Sosial (Komsos) Koramil 10/ML, dalam rangka perencanaan dan persiapan renovasi total kantor Koramil 10/ML, Kamis (19/09/2019) di Kantor Koramil 10/ML Pasar V Marelan, Medan

Kamis, 19 Sep 2019 19:34Berita Sumut

Mayat Pria Bertato Tewas Diduga Terjatuh dari Tower

Pria ini diduga hendak mencuri diatas tower, pria bertato naga di kakinya ditemukan dalam keadaan tewas di bawah tower Indosat, persis di samping PT Trakindo, Jalan Sisingamangaraja, Kelurahan Timbang Deli Medan Amplas.

Kamis, 19 Sep 2019 19:23Berita Sumut

Cegah ISPA, Bupati Asahan dan Waka Polres Asahan Bagikan Masker

Bupati Asahan H.Surya bersama kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Asahan dr.Aris Yudhariansyah MM , Waka Polres Asahan Kompol M.Taufik serta Kasat Lantas AKP.Rusbeny membagikan ribuan masker kepada pengguna jalan raya yang melintasi jalan HOS.Cokroaminot

Kamis, 19 Sep 2019 19:19Berita Sumut

M Husni : Gemapanitra Kota Medan Lahirkan Pramuka Yang Kuat, Kreatif dan Berkarakter

Gerakan Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Kota Medan melalui Dewan Kerja Cabang menggelar Gebyar Pramuka Penegak dan Pendega Putra Putri (Gemapanitra) Kota Medan di Bumi Perkemahan Cadika Pramuka Jalan Karya Wisata, Medan, Kamis (19/9/2019).

Kamis, 19 Sep 2019 18:23Berita Sumut

Kasus Dugaan Ijazah Palsu KS Masih Tahap Lidik

Kasus dugaan ijazah palsu milik salah seorang anggota DPRD Sumur, KS, yang ditangani Polda Sumut masih tahap lidik. Hal itu dikatakan Kasubbid Penmas Polda Sumut AKBP MP Nainggolan.

Kamis, 19 Sep 2019 17:47Berita Sumut

Siswa Bolos Terjaring Tim Razia Kasing Sayang

Menyikapi banyaknya anak sekolah yang bolos pada jam belajar, Polsek Sunggal dengan pihak Kecamatan Medan Selayang dan Koramil 07/MT menggelar acara razia kasih sayang dalam rangka menciptakan situasi Kamtibmas yang kondusif serta membina para siswa dan s

Kamis, 19 Sep 2019 17:25Berita Sumut

BI dan Pemko Binjai Resmikan Kandang Sapi Komunal

Wali kota Binjai H.M.Idaham, SH, M.Si bersama Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Sumatera Utara, Wiwiek Sisto Widayat meresmikan bangunan kandang komunal sapi bantuan Program Sosial BI yang diberikan kepada kelompok tani Harapan Tani bertempat

Kamis, 19 Sep 2019 16:17Nasional

Panglima TNI Ziarah ke Makam Panglima Besar Jenderal Soedirman

Dalam rangka menyambut HUT TNI ke-74 tahun 2019, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. dan Ketua Umum Dharma Pertiwi Ny. Nanny Hadi Tjahjanto melaksanakan ziarah ke Makam Panglima Besar Jenderal Soedirman di Taman Makam Pahlawan Nasional (TMPN

Kamis, 19 Sep 2019 16:01Berita Sumut

Polisi Ungkap Sindikat Pengemis yang Eksploitasi Anak di Medan

Sebanyak 20 orang anak-anak diamankan personil Polsek Medan Helvetia. Puluhan anak ini diduga dieksploitasi untuk dijadikan pengemis di Medan. Puluhan anak-anak ini diamankan dari sejumlah persimpangan lampu merah di Medan. Polisi juga mengamankan 5 orang

Kamis, 19 Sep 2019 15:45Berita Sumut

Dampak Karhutla, Jumlah Penumpang Bus Dari Riau ke Medan Melonjak

Kabut asap yang melanda wilayah Provinsi Riau dalam beberapa hari terakhir memaksa sebagian warga mengungsi ke daerah yang dinilai aman, salah satunya Medan. Kondisi ini membuat jumlah penumpang dari Pekanbaru ke Medan, naik sekitar 10% dalam dua pekan t

Kamis, 19 Sep 2019 15:30Nasional

Panglima TNI Peroleh Gelar Doktor Kehormatan Universitas Sebelas Maret

Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta memberikan Gelar Doktor Kehormatan atau Honoris Causa dalam bidang Manajemen Sumber Daya Manusia kepada Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P.

Kamis, 19 Sep 2019 15:15Berita Sumut

Dalam 2 Hari, Satpol PP Kota Medan Bongkar 11 Unit Papan Reklame Bermasalah

Satpol PP Kota Medan kembali menertibkan sejumlah papan reklame bermasalah di sejumlah titik di Kota Medan sejak Selasa (17/9) sampai Rabu (18/9). Sebanyak, 11 unit papan reklame bermasalah dibongkar dalam penertiban tersebut. Pembongkaran dilakukan karen

Kamis, 19 Sep 2019 15:00Berita Sumut

Pelaku Pengeroyok Personil TNI di Deli Serdang Diringkus Polisi

Satreskrim Polrestabes Medan meringkus pelaku pengeroyokan yang melukai seorang anggota TNI di Desa Mariendal, Kecamatan Patumbak, Kabupaten Deli Serdang, Sumut, pada Selasa (17/9) lalu. Namun polisi belum membeberkan identitas pelaku.