• Home
  • Berita Sumut
  • Wagubsu Persilahkan Bupati dan Masyarakat Sampaikan Persoalan Danau Toba Langsung ke Presiden

Wagubsu Persilahkan Bupati dan Masyarakat Sampaikan Persoalan Danau Toba Langsung ke Presiden

Amr/rel Rabu, 21 Maret 2018 07:13 WIB
Matatelinga
MATATELINGA, Pematang Siantar:   Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagubsu) Dr Hj Nurhajizah Marpaung SH MH yang juga Ketua Umum Panitia Paskah Nasional 2018 mempersilahkan para bupati, tokoh agama dan masyarakat di kawasan Danau Toba, menyampaikan persoalan seputar Danau Toba secara langsung kepada Presiden Jokowi. Presiden Jokowi dan sejumlah menteri dijadwalkan akan menghadiri Paskah Nasional 2018 di Danau Toba.



"Apa saja yang tidak mampu dikerjakan atau sulit dilakukan dalam membangun Danau Toba silahkan disampaikan. Karena melalui Paskah inilah kesempatan kita bisa langsung menyampaikan kepada Bapak Presiden. Mungkin bapak Presiden bisa saja nginap di sana, dan kita harus bisa menjemput bola untuk menyampaikannya. Jangan kita buat kegiatan Paskah ini hanya acara numpang lewat. Sebab kesempatan seperti ini tidak mungkin datang kedua kali," kata Wagubsu Nurhajizah Marpaung ketika membuka Rapat Koordinasi Panitia Pelaksana Paskah Nasional Tahun 2018 dengan Pimpinan Gereja-Gereja dan Tokoh Agama Provinsi Sumatera Utara, Selasa (20/2/2018) di Hotel Sapadia Kota Pematangsiantar.



Turut hadir pada kesempatan tersebut Wakil Walikota Pematangsiantar Togar Sitorus SE MM, Ketua Harian Paskah Nasional Sumut Ir Bonar Sirait, para pimpinan gereja se-Sumatera Utara dan ephorus. Juga tokoh masyarakat Dr RE Nainggolan para pendeta dan bishop. Tokoh agama tampak hadir JA Ferdinandus dan segenap panitia perayaan Paskah Nasional Provinsi Sumatera Itara Tahun 2018.

Wagubsu dalam sambutannya juga mengajak semua panitia tetap semangat walaupun waktunya semakin sempit. Apalagi acara ini sangat ditunggu masyarakat Sumut, khusus umat Kristiani. Karena untuk mensukseskan acara ini merupakan tanggungjawab semua pihak yang terkait, juga masyarakat Sumut.



Nurhajizah juga menyampaikan, rapat ini merupakan keempat, setelah sebelumnya juga telah dilakukan rapat yang sama di Medan dan Jakarta. "Kita semua harus betul-betul mempersiapkan kegiatan ini dengan matang, sehingga kekurang-kurangan yang terjadi pada puncak acara bisa dihindarkan," paparnya.

Menurut dia, pelaksanaan Paskah Nasional di Sumut, khususnya di pinggiran Danau Toba merupakan anugerah dari Tuhan kepada masyarakat Sumut. "Karenanya saya sebagai Ketua Umum Panitia Paskah Nasional memohon kepada semua bapak pendeta dan pimpinan gereja di Sumut, mari kita sama-sama merencanakan pelaksanaan acara ini dengan baik. Sebab acara ini merupakan karya besar, apalagi judulnya "Karya Besar" kalau kita main-main tentu salah kita semua," ujar Nurhajizah.

Dia mengajak semua yang hadir agar saling melengkapi dan menutupi. "Kalau kita memuliakan Tuhan, tentu Tuhan akan menutup segala kekurangan yang terjadi pada acara Paskah nanti. Makanya saya meminta agar semua pihak, termasuk Pemko Siantar dapat bekerjasama dengan para panitia dalam menyelenggarakan semua tahapan kegiatan, sebelum acara puncak di Tobasa dan Samosir. Mulai dari acara seminar tentang bahaya narkoba, tentang persatuan dan kesatuan dalam menjaga NKRI. Jadi harus betul-betul lebih sakses dari acara Paskah Nasional di daerah lain," sebutnya.

Sementara itu, Wakil Walikota Siantar Togar Sitorus menyambut baik pelaksanaan Paskah Nasional 2018 di Tobasa dan Samosir. Pihaknya juga siap mensukseskan acara tersebut dengan mengedepankan pelayanan yang prima kepada para tamu yang akan mengikuti acara Paskah Nasional tersebut. "Melalui rapat ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas penyelenggaran Paskah Nasional, sekaligus menjadi sarana mewujudkan kerukunan umat beragama, antara umat Kristiani dan agama lainnya di Sumut. Juga lebih memperkokoh persatuan dan kesatuan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara," katanya.

Dia menyampaikan, dengan perayaan Paskah Nasional tersebut, semangat melayani, bekerja keras, rela berkorban serta peduli sesama manusia merupakan tindakan yang diharapkan tertanam dalam setiap diri umat Kristiani. "Kehidupan yang aman, damai, bersatu dan sejahtera merupakan modal utama dalam membangun negeri ini, khususnya masyarakat Sumatera Utara. Melalui momentum ini, mari kita sukseskan perayaan Paskah Nasional yang diselenggarakan di Sumut, sebagai kebangkitan perekat bangsa dan kebersamaan kita sebagai anak bangsa. Hilangkan rasa perbedaan sebagai pemacu karya untuk berprestasi dan perduli, serta rasa cinta kasih sesama masyarakat Indonesia," ujarnya, seraya menyampaikan Kota Pematangsiantar adalah kota yang paling toleran dalam kerukunan umat beragama.

(Mtc/rel)

Editor: Amrizal

T#g:Danau tobaMatatelingaPemkab/Kotawagubsurapat
Komentar
Sabtu, 16 Feb 2019 23:20Lifestyle

Nomor 1 Hampir Rp100 Triliun, Berikut 5 Perceraian Termahal dalam Sejarah

Jika Anda selama ini menganggap hanya pesta pernikahan yang menelan banyak biaya, Anda keliru. Karena perceraian pun bisa mengeluarkan biaya. Bahkan bisa jadi lebih mahal ketimbang pernikahannya dulu.

Sabtu, 16 Feb 2019 23:10Nasional

TNI AD Kembali Buka Rekrutmen Untuk Putra/Putri Terbaik Indonesia

TNI Angkatan Darat akan merekrut 15 ribuan orang dengan skala prioritas para pemuda-pemudi dari wilayah Aceh, Kalimantan, Sulawesi Utara, Nusa Tenggara Timur, Papua, Maluku dan Maluku Utara, serta beberapa wilayah lainnya.

Sabtu, 16 Feb 2019 23:00Nasional

Tragis, Pembalap Nasional M Zaki Tewas

Kabar meninggalnya pembalap nasional Muhammad Hasyim Zaki Adil atau akrab dikenal M Zaki akibat ditikam orang cukup membuat publik terkejut. Peristiwa itu berawal saat Zaki menyetel sepeda motor balapnya di garasi milik temannya Aswandi di Dusun Krajan, R

Sabtu, 16 Feb 2019 22:50Lifestyle

Penasaran, Yuk Intip 5 Potret Artis Bening dan Hot Bella Luna

Baru-baru ini pesinetron cantik Bella Luna dikabarkan telah melangsungkan pernikahan dengan pengusaha kaya. Dirinya mendapat mahar yang tak tanggung-tanggung, berupa emas batangan dan sertifikat rumah dengan harga yang fantastis!.

Sabtu, 16 Feb 2019 22:45Lifestyle

Menurut Primbon Jawa, Berikut 5 Tafsir Mimpi Bertemu Tuhan

Mimpi adalah bunga tidur, saat orang tidur maka mimpi ini akan muncul. Biasanya orang dapat memimpikan hal yang mereka cemaskan sehingga terbawa mimpi, bahkan ada juga orang yang mimpinya tersebut menjadi sebuah pertanda akan datangnya sesuatu.

Sabtu, 16 Feb 2019 22:30Lifestyle

Berikut 9 Mimpi Rasulullah SAW yang Menakjubkan

Mimpi adalah segala kejadian alam bawah sadar yang melibatkan indra manusia saat tidur. Mimpi yang singgah sebagai bunga tidur manusia bisa berupa mimpi indah mau pun mimpi buruk.

Sabtu, 16 Feb 2019 22:15Lifestyle

Sering Mimpi Orang Sudah Meninggal, Berikut Penjelasan anak Indigo

Mimpi adalah sebuah kondisi dimana seseroang akan melihat visualisasi di alam bawah sadar mereka. Mimpi adalah hal yang lumrah dan sering dialami oleh semua orang.

Sabtu, 16 Feb 2019 22:05Berita Sumut

Menkumham: Indonesia Kejar Uang Hasil Kejahatan di Luar Negeri

Pemerintah Republik Indonesia saat ini terus melakukan inventarisasi uang hasil kejahatan yang disimpan di luar negeri. Pemerintah bahkan akan memberikan hadiah bagi masyarakat yang membantu memberikan data terkait hal tersebut.

Sabtu, 16 Feb 2019 22:00Nasional

Kembali Maskapai Penerbangan Bersimbol Singa ini Kejutkan Penumpangnya

Seorang penumpang Pesawat Lion Air yang tergelincir di landas pacu Bandara Internasional Supadio Pontianak di Kubu Raya, Kalimantan Barat, mengalami trauma dan masih dirawat di rumah sakit.

Sabtu, 16 Feb 2019 21:45Berita Sumut

Menteri Hukum dan HAM Memungut Sampah

Seribuan warga Fun Walk Bersama Bersama Yasonna Hamonangan Laoly Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) di Medan, Sabtu (16/2/2019).

Sabtu, 16 Feb 2019 21:40Berita Sumut

Cipayung Plus Kota Medan Tolak Hoax dan Politisi Agama

Menyikapi ancaman perpecahan antar umat beragama dan kerukunan dalam kehidupan masyarakat di Indonesia, khususnya di Kota Medan, Kelompok Cipayung Plus Kota Medan, Sabtu (16/2/2019) menggelar deklarasi anti hoax dan politisasi agama dalam mengejar kepen

Sabtu, 16 Feb 2019 21:30Lifestyle

Penyakit Jantung Tidak Berbahaya Terhadap Hubungan Seks, Berikut Penjelasanya

Penyakit jantung memang sangat ditakuti oleh semua orang karena keganasannya. Penyakit ini juga dapat merenggut nyawa orang penderitanya. Oleh karena itu, banyak orang yang belum terkena penyakit ini lebih menjaga kesehatan dengan berbagai cara. Lalu, yan

Sabtu, 16 Feb 2019 21:15Nasional

BPPTKG: Kembali Gunung Merapi Muntahkan Lava Pijar, Begini Kondisinya

Gunung Merapi kembali memuntahkan lava pijar ke arah Kali Gendol hingga sejauh 800 meter. Aktivitas vulkanik Merapi masih cukup tinggi dan radius tiga kilometer dari puncak harus steril dari kegiatan warga.

Sabtu, 16 Feb 2019 21:00Internasional

AS Lakukan Sabotase Peluncuran Satelit Iran

Menteri luar negeri Iran mengatakan ada upaya sabotase Amerika Serikat di balik gagalnya dua peluncuran satelit milik Iran dalam beberapa bulan terakhir.

Sabtu, 16 Feb 2019 20:45Nasional

Kasum TNI Ikuti Kejurnas Menembak Pangdam Jaya 2019

Kepala Staf Umum (Kasum) TNI Mayjen TNI Joni Supriyanto menghadiri pembukaan dan mengikuti Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Lomba Menembak Pangdam Jaya 2019 di Lapangan Tembak Rakca Jaya Den Arhanud 003/1/F Kodam Jaya, Cikupa, Tangerang, Provinsi Banten, Sa

Sabtu, 16 Feb 2019 20:01Berita Sumut

Polsek Medan Baru Tali Asih Bagi Warga Kurang Mampu

Wujud dari keperdulian Polri terhadap warga yang kurang mampu, Kepolisian Sektor (Polsek) Medan Baru berbagi Tali Asih kepada warga binaannya yang kurang mampu, Sabtu (16/2/2019).