HUT ke 8 Matatelinga.com - Hanura
  • Home
  • Berita Sumut
  • Wakil Wali Kota & 2019 Warga Menari Ahoii Bersama Tunjukkan Medan Lebih Indonesia

Wakil Wali Kota & 2019 Warga Menari Ahoii Bersama Tunjukkan Medan Lebih Indonesia

Mtc Minggu, 15 September 2019 11:30 WIB
Mtc/Ist
MATATELINGA, Medan:  Sebanyak 2019 orang warga dengan penuh semangat dan antusias mengikuti Tarian Ahoii di Lapangan Merdeka Medan, Minggu (15/9/2019). Kegiatan ini digelar dalam rangka untuk menunjukkan kepada seluruh kota di Indonesia bahwasanya Kota Medan kaya akan keanekaragaman seni dan budaya yang dikemas dalam acara bertajuk, "Seberapa Indonesianya Kamu?".






Sebagai bukti tingginya antusiasme, masyarakat telah berdatangan ke Lapangan Merdeka sejak pukul 06.00 WIB. Mereka dengan mengenakan pakaian bernuansa merah dan putih, tidak sedikit datang membawa anggota keluarganya untuk ikut berpartisipasi membuktikan bahwa ibukota Provinsi Sumut merupakan kota yang multikultural sehingga sering dijuluki sebagai miniaturnya Indonesia.

Selain 2019 warga, Tarian Ahoii yang dimulai sekitar pukul 08.00 WIB juga diikuti langsung Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH diwakili Wakil Wali Kota Ir H Akhyar Nasution MSi bersama sejumlah pimpinan OPD di lingkungan Kota Medan di antaranya Asmum Renward Parapat, Aspem Musadad Nasution, Kadis Pariwisata Agus Suriono, Kepala BKD&PSDM Muslim Harahap, Kasatpol PP M Sofyan, Kadis Kebudayaan OK Zulfi serta camat dan lurah se-Kota Medan.






Tarian Ahoii merupakan tarian asli asal Kota Medan yang merupakan gabungan dari gerak tari serta musik dari seluruh etnis di Kota Medan. Dipandu sejumlah instruktur, Wakil Wali Kota bersama ribuan masyarakat dengan kompak membawakan Tarian Ahoii. Yang menariknya lagi, di tengah-tengah formasi tarian, tampak sejumlah warga mengenakan pakaian adat. Saat tarian Ahoii berlangsung, tidak sedikit warga yang tengah mengikuti Car Free Day (CFD) menghentikan kegiatannya dan ikut menari.

Usai mengikuti Tarian Ahoii, Wakil Wali Kota mengatakan Kota Medan merupakan kota yang kreatif dan memiliki keberagaman seni dan budaya yang menjadi ciri khasnya. Untuk itu, melalui kegiatan bertajuk "Seberapa Indonesianya Kamu", akan lebih mempopulerkan Medan sebagai kota yang kaya akan keberagaman.

"Melalui kegiatan pagi ini, kita ingin menunjukkan kepada seluruh kota di Indonesia bahwasanya Kota Medan kaya akan seni dan budaya sehingga menjadikannya sebagai kota multikuktural dengan menjadikan perbedaan sebagai modal utama kekuatan yang sangat luar biasa," kata Wakil Wali Kota.






Dengan digelarnya Tarian Ahoii ini, Wakil Wali Kota berharap agar seluruh warga Kota Medan dapat mengetahui bahwa kotanya memiliki Tarian Ahoii yang melambangkan keberagaman. Dengan demikian, para warga bisa semakin mencintai dan melestarikan Tarian Ahoii tersebut. "Kita harus bangga dengan memiliki Tarian Ahoii ini. Mari terus kita perkenalkan dan lestarikan bersama," harapnya.

Sementara itu, Kadis Pariwisata Kota Medan Agus Suriono mengajak seluruh warga Kota Medan untuk terus memperkenalkan dan mempromosikan Tarian Ahoii Nusantara yang kini menjadi ikon Kota Medan. "Dengan terus gencar memperkenalkan dan mempromosikannya, Insha Allah Tarian Ahoii semakin terkenal sehingga siapa saja mulai anak-anak hingga orang dewasa akan menarikan Tarian Ahoii di seluruh nusantara. Di samping itu kita ingin menu jukkan Kota Medan lebih Indonesia," jelas Agus.

Selanjutnya, Agus berharap melalui Tarian Ahoii, Kota Medan semakin dikenal tidak hanya di nusantara tapi juga mancanegara sehingga menjadi daya tarik untuk datang berkunjung ke Kota Medan. "Apabila wisatawan semakin banyak mengunjungi Medan, tentunya akan baik untuk menggeliatkan dunia pariwisata di Kota Medan dan berdampak positif terhadap perekonomian masyarakat, termasuk PAD Kota Medan.






Sebelum Tarian Ahoii berlangsung warga lebih dulu mengikuti CFD yang merupakan kegiatan rutin digelar Pemko Medan setiap Minggu pagi di Lapangan Merdeka sebagai sosialisasi dan edukasi mengajak warga untuk mengurangi polusi udara yang disebabkan emisi gas kendaraan bermotor sekaligus mengajak masyarakat menjadikan olahraga sebagai budaya dalam kehidupan sehari-hari agar senantiasa sehat dan bugar.

Di samping jogging, masyarakat juga mengisi CFD dengan bersepeda, jalan santai, sepatu roda, badminton serta menggunakan peralatan olahraga yang ada di seputaran Lapangan Merdeka. Selain itu juga, masyarakat menjadikan CFD sebagai ajang silaturahmi sekaligus arena bermain bagi anak-anaknya.
Editor: Amrizal

T#g:Akhyar NasutionblibliKota MedanMatatelingamatatelinga.commatatelinga comMenari AhoiiSumutTerkiniTraveloka
Komentar
Selasa, 15 Okt 2019 23:00Nasional

Ustadz Abdul Somad Mengundurkan Diri

UAS sendiri sudah cukup lama mengajar di kampus yang berada di kawasan Panam, Pekanbaru ini

Selasa, 15 Okt 2019 22:30Lifestyle

Agar Tak Canggung, Buang 5 Pikiran Buruk Ini Sebelum Bercinta

Memulai berhubungan seks itu tidaklah semenakutkan yang dibayangkan. Bercinta tidaklah sakit asal teknik yang dilakukan tepat

Selasa, 15 Okt 2019 22:00Nasional

Lagi, Densus 88 Sergap Terduga Teroris

Seorang terduga teroris telah diamankan Densus 88 Antiteror Polri dari rumahnya di kawasan Jalan Papa Biru, Kota Malang

Selasa, 15 Okt 2019 20:45Berita Sumut

Atlet Catur Labuhanbatu Raih 10 Besar Gala Catur Emas 2019

Atlet Catur Labuhanbatu Maruhum Manalu MN berhasil meraih 10 besar dengan Nilai 6 pada Turnamen Gala Catur Emas 2019 Percasi Sumut Tingkat Nasional yang di Laksanakan di Hotel Garuda Plaza medan 9 - 13 Oktober 2019.

Selasa, 15 Okt 2019 20:30Berita Sumut

Lima Pelaku Pencurian dengan Kekerasan di Lumpuhkan dengan Timah Panas

Enam pelaku pencurian dengan kekerasan (curas) yang kerap beraksi di kawasan Jalan Sisingamangaraja, Medan Amplas ditangkap. Lima terpaksa dilumpuhkan dengan timah panas oleh tim Pegasus Polsek Patumbak. Paslanya, saat ditangkap lima pelaku, karena melawa

Selasa, 15 Okt 2019 20:15Berita Sumut

Pemko Medan Dukung Penataan KSN

Pemko Medan mendukung dilakukannya penataan kawasan strategis nasional (KSN), terlebih tujunnya untuk mengembangkan daerah yang bermuara pada peningkatan laju pertumbuhan ekonomi sehingga berimpilkasi pada kesejahteraan masyarakat. Dengan penataan yang di

Selasa, 15 Okt 2019 20:00Berita Sumut

Lagi, 6 ASN & 1 Pegawai Honorer Pemko Medan Keluyuran Di Jam Kerja

Lagi, sebanyak 6 orang apratur sipil negara (ASN) dan seorang pegawai honorer di lingkungan Pemko Medan kedapatan keluyuran saat jam kerja berlangsung di sejumlah plaza dan pusat perbelanjaan di Kota Medan

Selasa, 15 Okt 2019 19:45Berita Sumut

Penanaman Pohon, Bupati Ajak Aparatur dan Masyarakat Jaga Hutan

Bupati Simalungun Dr. JR. Saragih, SH, MM menghadiri kegiatan penanaman sejuta pohon bersama TNI, Polri, Aparat Pemerintah dan komponen masyarakat Kabupaten Simalungun, yang dilaksanakan di Bangun Dolok, Kecamatan Girsang Sipangan Bolon

Selasa, 15 Okt 2019 19:30Berita Sumut

Anggota DPRD: Dewan Lebih Baik Turun ke Lapangan Mendengar Keluhan Warga

Semakin banyaknya keluhan masyarakat khususnya di Kota Medan Saat ini. Untuk menampung aspirasi (keluhan)rakyat, dalam hal pengaduan terhadap pemerintah atau pelayanannya, sudah disiapkan website yang dapat diakses rakyat. Semua pengaduan ditampung untuk

Selasa, 15 Okt 2019 19:15Nasional

Pangdam : Cintai Profesimu Seperti mencintai Keluargamu

Pangdam I/BB Mayjen TNI MS. Fadhilah melaksanakan kunjungan kerja ke Denzipur 2/PS di Padang Mangateh Payakumbuh Sumatera Barat

Selasa, 15 Okt 2019 19:00Berita Sumut

Dandim 0201/BS: Bijak Gunakan Medsos dan Jangan Sembarangan Share Ujaran Kebencian

Komandan Kodim 0201/BS Kolonel Inf Roy Hansen J Sinaga. S. Sos,menegaskan agar seluruh keluarga besar Kodim 0201/BS hati-hati menggunakan media sosial (Medsos), gunakanlah dengan bijak dan hati-hati menerima imformasi apapun dari Medsos.

Selasa, 15 Okt 2019 18:45Berita Sumut

Polres Asahan Tanam 12 Ribu Bibit Pohon di Sepanjang Bantaran Sungai Sei Silo Kabupaten Asahan

Penanaman sejuta pohon yang digagas oleh Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol Drs. Agus Andrianto, S.H., M.H. juga dilaksanakan oleh Polres Asahan

Selasa, 15 Okt 2019 18:30Berita Sumut

Ombudsman Sebut Sanksi Layanan Publik bagi Penunggak BPJS Terlalu Mengada-ada

Sanksi layanan publik bagi penunggak iuran BPJS dinilai terlalu mengada-ada. Ombudsman menilai jika diberlakukan , sanksi itu sudah melanggar hak konstitusional warga.

Selasa, 15 Okt 2019 18:15Berita Sumut

Polda Sumut Ringkus Begal Perampok Motor Wartawan

Setelah melakukan serangkaian penyelidikan, Unit Kendaraan Bermotor (Ranmor) Subdit III/Jahtantas Direktorat (Dit) Reskrimum berhasil meringkus satu dari enam orang begal yang merampok sepeda motor, Azwandi Lubis (44), salah seorang wartawan di Medan.

Selasa, 15 Okt 2019 17:58Berita Sumut

Perempuan Batubara Kembangkan Songket Tenun Khas Melayu Kekinian

Pada saat ini desa Barung-Barung sudah terdapat kelompok PKK yang diketuai oleh ibu Kepala Desa. Selama ini kegiatan kelompok PKK di desa Barung-Barung hanya meliputi kegiatan arisan, dan pertemuan-pertemuan rutinitas saja, hal ini berdampak pada rasa bos

Selasa, 15 Okt 2019 17:43Berita Sumut

Timbas Lantik 3 pejabat Perusahaan Daerah Pembangunan Kota Binjai

Wakil Wali Kota Binjai, H. Timbas Tarigan, SE melantik dan mengambil sumpah jabatan Direksi Perusahaan Daerah Pembangunan kota Binjai di Aula BKD kota Binjai, Selasa (15/10/2019).