• Home
  • Berita Sumut
  • Wakil Wali Kota & 2019 Warga Menari Ahoii Bersama Tunjukkan Medan Lebih Indonesia

Wakil Wali Kota & 2019 Warga Menari Ahoii Bersama Tunjukkan Medan Lebih Indonesia

Mtc Minggu, 15 September 2019 11:30 WIB
Mtc/Ist
MATATELINGA, Medan:  Sebanyak 2019 orang warga dengan penuh semangat dan antusias mengikuti Tarian Ahoii di Lapangan Merdeka Medan, Minggu (15/9/2019). Kegiatan ini digelar dalam rangka untuk menunjukkan kepada seluruh kota di Indonesia bahwasanya Kota Medan kaya akan keanekaragaman seni dan budaya yang dikemas dalam acara bertajuk, "Seberapa Indonesianya Kamu?".




[adx]

Sebagai bukti tingginya antusiasme, masyarakat telah berdatangan ke Lapangan Merdeka sejak pukul 06.00 WIB. Mereka dengan mengenakan pakaian bernuansa merah dan putih, tidak sedikit datang membawa anggota keluarganya untuk ikut berpartisipasi membuktikan bahwa ibukota Provinsi Sumut merupakan kota yang multikultural sehingga sering dijuluki sebagai miniaturnya Indonesia.

Selain 2019 warga, Tarian Ahoii yang dimulai sekitar pukul 08.00 WIB juga diikuti langsung Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH diwakili Wakil Wali Kota Ir H Akhyar Nasution MSi bersama sejumlah pimpinan OPD di lingkungan Kota Medan di antaranya Asmum Renward Parapat, Aspem Musadad Nasution, Kadis Pariwisata Agus Suriono, Kepala BKD&PSDM Muslim Harahap, Kasatpol PP M Sofyan, Kadis Kebudayaan OK Zulfi serta camat dan lurah se-Kota Medan.




[adx]

Tarian Ahoii merupakan tarian asli asal Kota Medan yang merupakan gabungan dari gerak tari serta musik dari seluruh etnis di Kota Medan. Dipandu sejumlah instruktur, Wakil Wali Kota bersama ribuan masyarakat dengan kompak membawakan Tarian Ahoii. Yang menariknya lagi, di tengah-tengah formasi tarian, tampak sejumlah warga mengenakan pakaian adat. Saat tarian Ahoii berlangsung, tidak sedikit warga yang tengah mengikuti Car Free Day (CFD) menghentikan kegiatannya dan ikut menari.

Usai mengikuti Tarian Ahoii, Wakil Wali Kota mengatakan Kota Medan merupakan kota yang kreatif dan memiliki keberagaman seni dan budaya yang menjadi ciri khasnya. Untuk itu, melalui kegiatan bertajuk "Seberapa Indonesianya Kamu", akan lebih mempopulerkan Medan sebagai kota yang kaya akan keberagaman.

"Melalui kegiatan pagi ini, kita ingin menunjukkan kepada seluruh kota di Indonesia bahwasanya Kota Medan kaya akan seni dan budaya sehingga menjadikannya sebagai kota multikuktural dengan menjadikan perbedaan sebagai modal utama kekuatan yang sangat luar biasa," kata Wakil Wali Kota.




[adx]

Dengan digelarnya Tarian Ahoii ini, Wakil Wali Kota berharap agar seluruh warga Kota Medan dapat mengetahui bahwa kotanya memiliki Tarian Ahoii yang melambangkan keberagaman. Dengan demikian, para warga bisa semakin mencintai dan melestarikan Tarian Ahoii tersebut. "Kita harus bangga dengan memiliki Tarian Ahoii ini. Mari terus kita perkenalkan dan lestarikan bersama," harapnya.

Sementara itu, Kadis Pariwisata Kota Medan Agus Suriono mengajak seluruh warga Kota Medan untuk terus memperkenalkan dan mempromosikan Tarian Ahoii Nusantara yang kini menjadi ikon Kota Medan. "Dengan terus gencar memperkenalkan dan mempromosikannya, Insha Allah Tarian Ahoii semakin terkenal sehingga siapa saja mulai anak-anak hingga orang dewasa akan menarikan Tarian Ahoii di seluruh nusantara. Di samping itu kita ingin menu jukkan Kota Medan lebih Indonesia," jelas Agus.

Selanjutnya, Agus berharap melalui Tarian Ahoii, Kota Medan semakin dikenal tidak hanya di nusantara tapi juga mancanegara sehingga menjadi daya tarik untuk datang berkunjung ke Kota Medan. "Apabila wisatawan semakin banyak mengunjungi Medan, tentunya akan baik untuk menggeliatkan dunia pariwisata di Kota Medan dan berdampak positif terhadap perekonomian masyarakat, termasuk PAD Kota Medan.




[adx]

Sebelum Tarian Ahoii berlangsung warga lebih dulu mengikuti CFD yang merupakan kegiatan rutin digelar Pemko Medan setiap Minggu pagi di Lapangan Merdeka sebagai sosialisasi dan edukasi mengajak warga untuk mengurangi polusi udara yang disebabkan emisi gas kendaraan bermotor sekaligus mengajak masyarakat menjadikan olahraga sebagai budaya dalam kehidupan sehari-hari agar senantiasa sehat dan bugar.

Di samping jogging, masyarakat juga mengisi CFD dengan bersepeda, jalan santai, sepatu roda, badminton serta menggunakan peralatan olahraga yang ada di seputaran Lapangan Merdeka. Selain itu juga, masyarakat menjadikan CFD sebagai ajang silaturahmi sekaligus arena bermain bagi anak-anaknya.
Editor: Amrizal

T#g:Akhyar NasutionblibliKota MedanMatatelingamatatelinga.commatatelinga comMenari AhoiiSumutTerkiniTraveloka
Komentar
Rabu, 27 Mei 2020 06:45Berita Sumut

Pendaftaran Peserta Didik Baru SMAN/SMKN Online di Sumut Dimulai

Pendaftaran online Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) se Sumatera Utara untuk jenjang SMA Negeri dan SMK Negeri dimulai sejak Selasa (26/5/2020) dan dilakukan secara bertahap.

Rabu, 27 Mei 2020 06:30Nasional

Petugas Gabungan Perketat Kenderaan Keluar Masuk Menuju Depok

Satuan Lalu Lintas Polres Metro Depok siagakan petugas disejumlah cek point yang berada di Kota Depok, Jawa Barat. Hal tersebut dilakukan supaya penularan virus corona atau Covid-19 tidak semakin meluas.

Rabu, 27 Mei 2020 06:15Bola

Ketatnya Pertahanan Kedua Tim, Hanya Satu Gol Tercipta

Kedua kesebelasan tampil dengan ciri khas masing-masing. Bayern Munich lebih dominan dalam penguasaan bola dan terus menekan, sementara Borussia Dortmund mengandalkan serangan balik. Ketatnya pertahanan kedua tim mengakibatkan hanya satu gol tecipta sepa

Rabu, 27 Mei 2020 06:00Nasional

Break..., Anggota Polri Meninggal Dunia di rumah Sakit

Setelah menjalani perawatan di rumah sakit wahidin Makassar, Brigadir Dua (Bripda) Aan Sulhaq Bakri, dinyatakan meninggal dunia, sebelumnya terlibat kecelakaan di lingkungan Pakalu, Kelurahan Kalabbirang, Kecamatan Simbang, Kabupapaten Maros Sulawesi Sela

Selasa, 26 Mei 2020 23:00Berita Sumut

DPW Garnita Malahayati NasDem Sumut Kembali Gelar Baksos Sumbang APD ke Rumah Sakit

Salah satu bentuk kepedulian terhadap pandemi Covid-19, DPW Garnita Malahayati NasDem Provinsi Sumatera Utara kembali mengadakan kegiatan bakti sosial penyerahan bantuan APD, Masker dan Sabun cuci tangan yang diserahkan langsung oleh Ketua Umum Partai Na

Selasa, 26 Mei 2020 22:45Lifestyle

Cantiknya Seo Ye Ji di Foto Psycho But It's Okay

Setelah merilis foto dari Kim Soo Hyun, giliran teaser Seo Ye Ji yang dirilis tim Psycho But It's Okay. Tiga foto yang memperlihatkan karakter Seo Ye Ji dirilis oleh drama tvN tersebut.

Selasa, 26 Mei 2020 22:15Berita Sumut

Breaking; Pertikaian di Tapsel, Warga 'Alami Luka Tembak, Polisi Terluka'

Dikabarkan, empat orang warga mengalami luka tembak senapan angin, akibat 'perang' dua desa di Tapsel, hingga dikabarkan mencekam.

Selasa, 26 Mei 2020 22:00Nasional

Jangan Bicara New Normal, Kalau Arti dan Skemanya Belum Paham

Berbagai kalangan saat ini tengah ramai membicarakan New Normal. Tidak heran, sebab New Normal diwacanakan akan mulai dilakukan pada Juni 2020.

Selasa, 26 Mei 2020 21:45Bola

Lambert: Timo Werner Cocok Bergabung ke Liverpool dengan Kecepatannya

Lambert percaya kecepatan penyerang RB Leipzig untuk akan cocok skuad asuhan Jurgen Klopp.

Selasa, 26 Mei 2020 21:30Nasional

Ratusan Rumah Terendam Banjir, Perabotan Rumah Hanyut

Akibat hujan deras yang mengguyur Kecamatan Paciran dan sekitarnya di Kabupaten Lamongan, air laut pun naik dan membuat ratusan rumah terendam banjir.

Selasa, 26 Mei 2020 21:00Nasional

6 Terduga Teroris Jaringan JAD Ditangkap di Solo

Tim Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Mabes Polri, menangkap pelaku terduga terorisme dari sebuah kost-kostan di RT 05 RW 01, Losari, Kelurahan Semanggi, Pasar Kliwon, Solo, Senin 25 Mei 2020.

Selasa, 26 Mei 2020 20:45Berita Sumut

Kasubbid Penmas: Poldasu Sedang Mengumpulkan Keterangan di Lapangan

Dugaan penyelewengan dana bantuan sosial (bansos) COVID-19 di Medan, Pematang Siantar, Toba, Samosir, dan Deli Serdang, Penyidik Direktorat Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Sumatera Utara (Sumut) masih melakukan pengumpulan bahan keterangan (pulbaket

Selasa, 26 Mei 2020 20:30Lifestyle

Popularitas Selebgram Tante Erni 'Mencuri' Perhatian Semua Kalangan

Berselancar di dunia maya, popularitas selebgram Ernie si Tante Pemersatu Bangsa makin viral ketika foto di Instagramnya mendapat komentar dari Hotman Paris. Lantas bagaimana reaksi suami Ernie?

Selasa, 26 Mei 2020 20:00Nasional

Kasad berikan THR kepada Personel AD di RSKI

Kepala Staf TNI Angkatan Darat Jenderal Andika Perkasa memberikan tunjangan hari raya (THR) kepada seluruh personel RSIK Covid-19 Pulau Galang Batam

Selasa, 26 Mei 2020 19:30Berita Sumut

Mau Lapor Kasus Hukum, Kejati Sumut Siapkan Sipelakudumas Berbasis Android

Untuk menyahuti keinginan masyarakat dalam memperoleh kepastian hukum dan mendapatkan informasi terkait penegakan hukum di Sumateta Utara, Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara (Kejati Sumut) meluncurkan aplikasi pengaduan masyarakat berbasis Android yang bisa

Selasa, 26 Mei 2020 19:05Berita Sumut

Hari Ketiga Lebaran, Dapur Umum Polres Tanjungbalai Bagikan Nasi Bungkus

Hari ketiga Lebaran 1441 H, Polres Tanjung Balai bagikan nasi bungkus sebanyak 70 bungkus. Polres Tanjungbalai tetap melakukan kegiatan dapur umum secara sukarela untuk disalurkan kepada masyarakat kurang mampu terdampak Covid-19 di Wilayah Hukum Polres T