• Home
  • Berita Sumut
  • Wakil Wali Kota Apresiasi Kodam I/BB Bantu Normalisasi Sungai Bedera

Wakil Wali Kota Apresiasi Kodam I/BB Bantu Normalisasi Sungai Bedera

Mtc Senin, 21 Januari 2019 20:09 WIB
Matatelinga
MATATELINGA, Medan:    Pemko Medan jajaki kerjasama dengan Kodam I/BB dalam hal penanganan banjir di daerah aliran Sungai Bedera. Kerjasama ini dilakukan untuk membantu Pemko Medan dalam menormalisasi Sungai Bederah yang selama ini merupakan salah satu penyumbang banjir di Kota Medan.



"Saya atas nama Pemko Medan sangat menyambut baik dan berterima kasih atas perhatian Bapak Pangdam I/BB beserta jajarannya karena menjadikan persoalan ini sebagai salah satu bagian dari Karya Bhakti TNI. Karena persoalan Sungai Bederah ini sudah sangat lama dan menahun serta harus cepat ditangani," ujar Wakil Wali Kota

Hal ini disampaikan Wakil Wali Kota Medan Ir. H. Akhyar Nasution, MSi saat menghadiri Rapat Koordinasi Penanganan Sungai Bedera di Makodam I/BB Jalan Gatot Subroto Medan, Senin (21/1/2019). Rapat ini juga dihadiri Kasdam I/BB Brigjen TNI Hasanuddin, S.IP, MM, Kadis PU Kota Medan Khairul Syahnan, Kadis Lingkungan Hidup Kota Medan Isa Anshari, ST, Kadis PU Kabupaten Deli Serdang Donald Tobing, Perwakilan Balai Wilayah Sungai II Arron L. Batu dan Roy Pardede serta Sekcam Medan Helvetia.



Wakil Wali Kota mengatakan, penanganan Sungai Bedera ini memang harus lekas dilaksanakan namun pihaknya tidak ingin terburu-buru dalam melakukan aksi nyata. Perlu ada perencanaan matang ujar Wakil Wali Kota, agar dapat diselesaikan secara tuntas.

"Persoalan ini bukan serta Merta masalah mengorek sedimen yang ada di aliran sungai namun benar-benar menormalisasikan Sungai Bedera itu hingga berfungsi sebagai mana mestinya. Artinya jika ada perumahan penduduk atau perkantoran yang menghalangi aliran sungai harus ditertibkan terlebih dahulu," ungkapnya.

Melalui Kadis PU Kota Medan dan BWS Sumatera II, Wakil Wali Kota berharap untuk terus melakukan pengecekan pada persoalan pembebasan lahan masyarakat yang awalnya telah dibebaskan namun karena penanganan yang selama ini lambat maka diokupasi kembali oleh masyarakat.



"Kita punya data-data pembebasan lahan tersebut dan harus kita selesaikan segera sebelum normalisasi sungai dilaksanakan nantinya. Agar dapat berjalan dengan maksimal," kata Wakil Wali Kota Medan.

Sementara itu, Perwakilan Balai Wilayah Sungai Sumatera II Provsu Arron L. Batu memaparkan, beberapa daerah atau lokasi aliran Sungai Bedera yang memiliki penguasaan terhadap aliran sungai tersebut sehingga terjadi penyempitan serta pendangkalan aliran sungai. Adapun beberapa lokasi yang dipaparkan diantaranya perkantoran Pajak, Perumahan Bumi Asri, perkampungan penduduk, Komplek Perwira Kodam I/BB.

"BWS S II sendiri mengalami kesulitan dalam menginventori penguasaan atas aliran sungai karena berada di lingkungan perumahan dan perkantoran. Harus ada penanganan khusus dalam melaksanakan inventori itu sendiri agar kami mengetahui bagaimana cara mengatasi persoalan sungai dikawasan tersebut.



Selain itu, Arron menjelaskan,terdapat daerah aliran sungai yang diatasnya telah berdiri rumah yang pada penampakannya di kelilingi aliran sungai. Hal tersebut harus diatasi segera. Karena jika rumah tersebut dibiarkan diatas aliran tentu akan menyebabkan  pendangkalan serta penyempitan aliran sungai.

"Seharusnya keadaan rumah seperti ini tidak boleh diizinkan karena dapat mempersempit aliran sungai.jika rumah ini dihilangkan maka aliran sungai tersebut dapat lebih luas lagi," ujarnya.

Sementara itu, Kasdam I/BB Brigjen TNI Hassanuddin dalam sambutannya mengatakan bahwa pihaknya siap membantu Pemko Medan dan BWS Sumatera II dalam penanganan normalisasi Sungai Bedera.

"Karya Bhakti TNI merupakan salah satu Tugas Pokok TNI operasi militer selain perang salah satunya adalah membantu tugas pemerintah daerah. Untuk itu, dengan adanya upaya penanganan Sungai Bedera ini saya dan jajaran siap membantu Pemko Medan dan BWS S II dalam menormalisasikan sungai tersebut," ujarnya.

Dengan perencanaan dan penanganan yang tepat, Kasdam mengharapkan persoalan yang selama ini disebabkan oleh penyempitan dan pendangkalan Sungai Bedera ini dapat teratasi secara tuntas.

"Kami siap membantu. Mari kita rencanakan secara matang, lengkapi seluruh data yang diperlukan, kemudian kita susun strategi dan setelahnya aksi nyata hingga persoalan tuntas," kata Kasdam.

Kemudian, usai pemaparan, rapat dilanjutkan dengan tanya jawab, Wakil Wali Kota sebelum meninggalkan rapat kembali memaparkan, beberapa poin yang menjadi langkah ke depan dalam menjalankan normalisasi Sungai Bedera.

"Langkah awal, kita inventaris dahulu mengenai pembebasan lahan yang lebih kurang dua tahun lalu sudah pernah kita lakukan. Kemudian akan dilakukan ekspos kepada masyarakat mengenai normalisasi ini agar masyarakat memahami betul bahwa aliran sungai yang telah menyempit dan dangkal ini harus segera dinormalisasikan," papar Wakil Wali Kota.

Setelah langkah tersebut dilaksanakan, sambung Wakil Wali Kota, Pemko Medan siap menormalisasi Sungai Bedera dibantu jajaran Kodam I/BB dan BWS S II.

"Kita semua berharap rencana penanganan ini segera terwujud dengan aksi yang nyata dan tuntas. Saya kembali mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Bapak Pangdam beserta jajarannya yang mau berkontribusi aktif dalam hal penanganan banjir di Kota Medan," pungkasnya.

(Mtc)

Editor: Amrizal

T#g:bliblibukalapakKerjasama dengan Kodam I/BBMatatelingaPemko MedanTerkiniTraveloka
Komentar
Sabtu, 23 Feb 2019 14:10Berita Sumut

Ini Identitas dan Peran 4 Pelaku Yang Aniaya Hingga Tewas Dua Pria di Unimed

Polrestabes Medan akhirnya memaparkan secara resmi penangkapan 4 orang pelaku penganiayaan terhadap dua pria hingga tewas di Unimed pada Selasa (19/2) kemarin. Keempat pelaku yang diringkus merupakan petugas keamanan di kampus yang berada di Jalan Willie

Sabtu, 23 Feb 2019 09:15Berita Sumut

Hadiri Silaturahmi Akbar Masyarakat Melayu, Soekirman Ajak Masyarakat Lestarikan Budaya

Bupati Serdang Bedagai Ir H Soekirman dan Wabup H Darma Wijaya menghadiri acara Silaturahmi Akbar Masyarakat Melayu Kabupaten Serdang Bedagai di Lapangan Replika Sultan Serdang Kecamatan Pegajahan, Jumat (22/2/2019).

Sabtu, 23 Feb 2019 09:00Berita Sumut

Tim Prabowo-Sandi Targetkan 65 Persen Peroleh Suara di Sumut

Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno mentargetkan 65 persen suara untuk Prabowo-Sandi di Sumatera Utara. BPN yakin target ini tercapai lantaran Sumut merupakan salah satu lumbung suara Calon Presiden dan Wakil Presiden nomor urut

Sabtu, 23 Feb 2019 08:38Berita Sumut

Soal Lahan Prabowo di Aceh, Ini Tanggapan Mantan Wagub Aceh

Mantan Wakil Gubernur Aceh Muzakir Manaf memberikan komentarnya terkaitahan yang dikuasai Calon Presiden Nomor Urut 02, Prabowo Subianto di Aceh Tengah seluas 120 ribu hektar. Dia mengatakan sekitar 30 persennya sudah dihuni warga setempat.

Sabtu, 23 Feb 2019 08:16Berita Sumut

Di Medan, Capres Prabowo Singgung Soal Pemindahan Ibu Kota

Calon Presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto, sejak Jumat (22/2) malam kemarin berkunjung ke Sumatera Utara. Mengawali kunjungannya di Medan, Prabowo bertemu warga Tionghoa di Gedung Selecta, Jalan Listrik, Medan. Di hadapan sekitar 1.500 undangan, mant

Sabtu, 23 Feb 2019 08:10Nasional

Pemilu 2019, Ridwan Kamis Tegaskan Menangkan Jokowi-KH Ma'ruf

Di sebuah warung di Jalan Terusan ABC, Kota Bandung, Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto bertemu dengan Tim Pengarah TKD Jawa Barat Ridwan Kamil.

Sabtu, 23 Feb 2019 07:55Lifestyle

Sophia Latjuba Banjir Pujian Netizen, Usai Foto Seksinya Beredar Luas

Artis peran Sophia Latjuba kembali memperlihatkan pose seksinya melalui media sosial, Jumat (22/2/2019).

Sabtu, 23 Feb 2019 07:40Lifestyle

Viral, Selebgram Bohai Salmafina Sunan Lepas Hijab Usai Cerai Hingga Pamer Kekasih Baru

Selebgram Salmafina Sunan kini mulai terang-terangan mengenai statusnya yang sudah tak jomblo lagi.

Sabtu, 23 Feb 2019 07:25Nasional

Tragis, Suami Tega Bunuh Istrinya Sedang Hamil Tua Sontak Gegerkan Warga Net

Baru-baru ini, aksi keji dilakukan oleh seorang suami berinisial RS warga Kelurahan Tanjung Jaya, Kota Bengkulu yang tega membunuh istrinya sendiri, yakni ES disaat tengah hamil 9 bulan.

Sabtu, 23 Feb 2019 07:10Bola

Berikut Hasil Pertandingan Liga Inggris 2018-2019, Sabtu Malam

Pekan ke-27 Liga Inggris 2018-2019 diwarnai dengan hujan gol dari dua pertandingan yang digelar pada Sabtu (23/2/2019) dini hari WIB.

Sabtu, 23 Feb 2019 06:55Nasional

Viral, Anggota Panwaslu di Jotos Oknum Kepala Desa

Seorang oknum Kepala Desa diduga telah melakukan kekerasan kepada seorang pengawas pemilu (Panwaslu)

Sabtu, 23 Feb 2019 06:40Nasional

Israel Luncurkan Misi Pertama ke Bulan di Florida

Pesawat luar angkasa tanpa awak Israel, Beresheet, diluncurkan dari Cape Canaveral di Florida, Kamis (22/02/2019) malam.

Sabtu, 23 Feb 2019 06:25Nasional

Akhirya THR PNS & ASN Cair di Bulan Mei 2019, Hore...

Tunjangan Hari Raya (THR) bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) atau ASN akan cair pada Mei 2019.

Sabtu, 23 Feb 2019 06:10Lifestyle

Perseteruan Dewi Persik Dengan Keponakannya Semakin Keruh

Keponakan Dewi Perssik, Rosa Meldianti mangkir dari pemeriksaan sebagai tersangka dugaan kasus pencemaran nama baik kepada sang tante, pada Jumat 22 Februari 2019.

Sabtu, 23 Feb 2019 05:55Bola

AC Milan Menang Telak Atas Lawannya Empoli 3-0

AC Milan memetik kemenangan meyakinkan atas Empoli dengan skor 3-0 dalam laga lanjutan pekan ke-25 Liga Italia 2018-2019.

Jumat, 22 Feb 2019 23:58Lifestyle

Agama Islam Bolehkan Wanita Berkarir, Jika...

Islam hadir untuk memuliakan wanita. Di tengah masa-masa sebelum Islam, kaum wanita benar-benar menjadi golongan terbelakang.