• Home
  • Berita Sumut
  • Wakil Wali Kota Dukung Perkembangan Digitalisasi Ekonomi Kreatif

Wakil Wali Kota Dukung Perkembangan Digitalisasi Ekonomi Kreatif

Mtc Sabtu, 23 Maret 2019 22:45 WIB
MATATELINGA
Rahasia seorang entrepreneur yang sukses adalah berani menciptakan peluang, terus berinovasi dan berani mengambil resiko berdasarkan berbagai pertimbangan yang rasional
MATATELINGA, Medan: Rahasia seorang entrepreneur yang sukses adalah berani menciptakan peluang, terus berinovasi dan berani mengambil resiko berdasarkan berbagai pertimbangan yang rasional. Tentu saja, masih ditambah kerja keras pantang menyerah dan berdoa kepada yang maha kuasa.



Demikian disampaikan Wakil Wali Kota Medan Ir Akhyar Nasutuion MSi saat membuka Workshop Digitalisasi Ekonomi Kreatif di Hotel Emerald Garden Jalan KL Yos Sudarso No 1, Sabtu (23/3/2019).

Wakil Wali Kota mengungkapkan, Pemerintah Indonesia mengakui bahwa Industri Kecil dan Menengah (IKM) berperan sebagai tulang punggung perekonomian di tanah air. Hal ini karena IKM sebagai sektor mayoritas dari populasi industri di Indonesia, aktivitasnya dinilai membawa efek berganda yanh positif dalam mendorinh pemerataan kesejahteraan masayarakat.

"IKM konsisten menopang perekonomian tanah air, bahkan menjadi salah satu sektor industri yang mampu berdiri tegak pada saat terjadinya krisis moneter global," ungkap Wakil Wali Kota.

Lebih lanjut Akhyar mengatakan bahwa kekuatan IKM didalam negeri, tercermin dari jumlahnya yang terus meningkat. Kalau dilihat dari data Kementerian Perindustrian, industri kecil pada tahun 2014 sebanyak 3,52 juta unit usaha, namun tahun 2018 di semester satu telah tercatat sebanyak 4,49 juta unit usaha.



"Artinya, ada penambahan hingga 970 ribu industri kecil selama empat tahun belakangan ini. Lebih dari 10 juta orang tenaga kerja terserap, yang berarti signifikan mengirangi angka pengangguran di tanah air," kata Akhyar.

Kemudian Akhyar juga menjelaskan, jumlah IKM nasional akan terus meningkat seiring pertumbuhan kelas menengah yang diperkirakan mencapai 70 persen dari total penduduk Indonesia Tahun 2025 mendatang.

"Setiap tahunnya jumlah IKM yang ada di Indonesia terus meningkat seiring dengan pertumbuhan kelas menengah yang diperkirakan hingga mencapai 70 persen dari total penduduk Indonesi Tahun 2025 mendatan," jelasnya.

Untuk itu, Wakil Wali Kota juga mengingatkan kepada IKM, untuk dapat memanfaatkan potensi dari bisnis berbasis Platform Digital. Hal ini seiring dengan perkembangan ekonomi digital saat ini, dimana transaksi lebih banyak dilakukan melalui e-commerce. Jangan sampai industri 4.0 malah dikuasai oleh asing, sehingga mematikan usaha dalam negeri.



"Maka dari saya mengingatkan kepada IKM semua agar dapat memanfaatkan potensi dari bisnis berbasis Platform Digital ini dengan seiringnya perkembangan ekonomi digital yang terjadi saat ini," ucap Wakil Wali Kota.

Pembukaan Workshop Digitalisasi Ekonomi Kreatif ini ditandai dengan pemukulan gong oleh Wakil Wali Kota Medan didampingi Manager Grab Express Indonesi serta penyerahan plakat oleh City Manager Grab Sumut Valencia Dwitali sebagai tanda kerjasama Grab dengan Pemko Medan.

(Mtc)
Editor: FJR

T#g:blibliKota MedanMatatelingaSumutSumut BermartabatTerkiniWakil Wali Kota Dukung Perkembangan Digitalisasi Ekonomi KreatifWali Kota Medan
Komentar
Rabu, 26 Jun 2019 16:38Berita Sumut

Pemkab Sergai dan Aceh Tamiang Kerjasama Implementasi Aplikasi E-Kinerja

Pemerintah Kabupaten Serdangbedagai dan Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang menjalin kerjasama dalam Technical Support Implementasi Aplikasi E-Kinerja. Kerjasama ini dilakukan saat kunjungan Wabup Aceh Tamiang H.T. Insyafuddin beserta jajaran ke Kabupaten S

Rabu, 26 Jun 2019 16:19Berita Sumut

Polsek Kutalimbaru Ciduk 3 Pelaku Narkoba

Polsek Kutalimbaru meringkus tiga orang pelaku narkoba di salah satu lokasi di kawasan Jalan Pinang Baris gang Wakaf, Kec Medan Sunggal, Sabtu (22/6) sekitar pukul 16.00 wib. Dari ketiganya, polisi menemukan barang bukti narkoba jenis sabu.

Rabu, 26 Jun 2019 15:50Berita Sumut

Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) Tahun 2019, Wali Kota Binjai Sampaikan Hal Ini

Walikota Binjai, H. Muhammad Idaham, SH, M.Si menghadiri acara Kampanye Stop Narkoba dalam rangka memperingati Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) kota Binjai tahun 2019 dengan mengangkat tema "Milenial Sehat tanpa Narkoba menuju Indonesia Emas&

Rabu, 26 Jun 2019 15:35Berita Sumut

Dua Pembunuh Sekeluarga di Tanjung Morawa Lolos dari Hukuman Mati

Dua orang pelaku pembunuhan keluarga manajer pabrik kacamata di Tanjung Morawa, Deli Serdang lolos dari hukuman mati. Kedua terdakwa yakni Suryaningrat alias Rio alias Yoyo dihukum penjara seumur hidup serta Dian Syahputra alias Komo dengan hukuman 20 tah

Rabu, 26 Jun 2019 15:20Berita Sumut

PRC Sabhara Polda Sumut Ringkus Bandar Sabu Jalan Sering

Tim Patroli Reaksi Cepat (PRC) Direktorat Sabhara Polda Sumut meringkus seorang pria yang diduga bandar sabu di Jalan Sering Gang Buntu, Kelurahan Sidorejo, Kecamatan Medan Tembung, Senin (25/6/2019) kemarin.

Rabu, 26 Jun 2019 15:05Berita Sumut

ASN di Siantar Komitmen Bebas Narkoba

Aparatur Sipil Negara (ASN) harus bebas dari penyalahgunaan narkotika. Hal ini diungkapkan oleh salah seorang Pegawai Pemko Pematang Siantar Fadlan kepada Matatelinga. Com. Rabu (26/6/2019).

Rabu, 26 Jun 2019 14:48Berita Sumut

Polisi Temukan Kejanggalan Kasus Perampokan yang Tewaskan Istri Pejabat di Palas

Polisi saat ini masih mendalami kasus dugaan perampokan yang terjadi di kediaman Sahrin Siregar (42), Kepala Bidang (Kabid) Aset Pemkab Kabupaten Padanglawas (Palas) di Desa Mompang, Kec Barumun, Kab Padang Lawas (Palas), Sumatera Utara pada Selasa (25/6

Rabu, 26 Jun 2019 14:35Berita Sumut

2 Korban Hilang Mobil Travel Masuk Jurang di Sungai Batang Natal Masih Dicari

BPBD Mandailing Natal (Madina) masih terus mencari keberadaan dua korban hilang akibat kecelakaan lalu lintas tunggal di jalan umum km 76-77 jurusan Panyabungan menuju Sumatera Barat. Tepatnya di Kelurahan Simpang Gambir, Kecamatan Lingga Bayu, Kabupate

Rabu, 26 Jun 2019 14:20Berita Sumut

Serang Petugas Pakai Tanduk Kambing, Pembobol Alfamart di Tanjung Morawa Roboh Dipelor Polisi

Tim Jahtanras Satreskrim Polres Deli Serdang meringkus seorang pelaku perampokan di Ruko Alfamart di Jalan Irian No. 25/120C Lingkungan III, Tanjungmorawa, Kabupaten Deli Serdang, pada Rabu (19/6/2019) kemarin. Pelaku berinisial AS alias US terpaksa dilu

Rabu, 26 Jun 2019 14:05Berita Sumut

Puspaga Diharapkan Jadi Motor Penggerak Keluarga Harmonis

Asisten I Pemko Binjai, Otto Harianto membuka sosialisasi Pusat Pembelajaran Keluarga (Puspaga), di Aula Pemko Binjai, Rabu (26/6). Dalam sambutannya Otto mengatakan keluarga merupakan unit terkecil dalam masyarakat yang memiliki peran penting dalam hal m

Rabu, 26 Jun 2019 13:49Berita Sumut

Irup Hari Anti Narkoba Internasional 2019, Bupati Sergai Bacakan Amanat Wapres

Bupati Serdangbedagai Soekirman memimpin Upacara Hari Anti Narkotika Internasional(HANI) Tahun 2019 di Lapangan Apel Dinas Satpol-PP Komplek Kantor Bupati Sergai di Sei Rampah, Rabu (26/6/2019). Dalam kesempatan itu Soekirman membacakan amanat kil Presid

Rabu, 26 Jun 2019 13:33Bola

Juventus Rekrut De Ligt beriksar Rp1,12 triliun

Dalam beberapa hari terakhir, isu bergabungnya De Ligt ke Juventus berembus kencang. Hal itu terjadi setelah agen De Ligt, Mino Raiola, mengadakan pertemuan dengan wakil presiden Juventus Pavel Nedved di Monte Carlo, Monaco.

Rabu, 26 Jun 2019 13:18Berita Sumut

Dua Remaja Miliki Narkoba Rasakan Dinginnya Terali Besi

Dua remaja penyalahgunaan narkoba dalam tindakan pengejaran di Jalan Beringin Pasar VII Tembung, Kecamatan Percut Sei Tuan, Kepolisian Sektor (Polsek) Patumbak, Selasa (25/6/2019) sekitar pukul 17.00 WIB.

Rabu, 26 Jun 2019 13:12Berita Sumut

Nelayan di Temukan Tewas di kapal Pukat Teri

Nelayan bernama Ojak Sinaga ,48, warga Jalan Rumah Susun Kelurahan Labuhan Kecamatan Medan Labuhan ditemukan tewas diatas Kapal ikan pukat teri saat menuju ke Pelabuhan Perikan Samudra Gabion Belawan Rabu dinihari (26/6/2019.)

Rabu, 26 Jun 2019 13:05Berita Sumut

Sat Narkoba Polres Pelabuhan Belawan Ringkus Kepling

Salah seorang oknum kepala lingkungan 3 (Kepling) berinisial IP Selasa (25/6/2019) dibekuk petugas Polres Pelabuhan Belawan, terkait peredaran Narkob di Kelurahan Bagan Deli Kecamatan Mwdan Belawan.

Rabu, 26 Jun 2019 12:44Berita Sumut

Jenasah Nek Saminem Dimakamkan, Polres Asahan Sedang Buru Pelaku

Saminem yang kerab disapa dengan panggilan Wak Gedek ,57, warga dusun III desa Sidomulyo Kecamatan Pulo Bandring Asahan korban pembakaran yang dilakukan "Jum" anak tiri korban pada Selasa (25/6/2019) sekira pukul 09.30 Wib, akhirnya meninggal du