• Home
  • Berita Sumut
  • Wali Kota Apresiasi & Dukung Seminar Nasional Kearifal Lokal 2019

Wali Kota Apresiasi & Dukung Seminar Nasional Kearifal Lokal 2019

Mtc/rel Jumat, 25 Januari 2019 20:13 WIB
GOOGLE
Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH sangat mengapresiasi dan mendukung penuh digelarnya Seminar Nasional Kearifan Lokal 2019 oleh Fakultas Tekhnik Universitas Sumatera Utara (FT-USU). Sebab, kearifan lokal merupakan bagian dari sebuah budaya yan
MATATELINGA, Medan: Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH sangat mengapresiasi dan mendukung penuh digelarnya Seminar Nasional Kearifan Lokal 2019 oleh Fakultas Tekhnik Universitas Sumatera Utara (FT-USU). Sebab, kearifan lokal merupakan bagian dari sebuah budaya yang tumbuh dan berkembang di tengah-tengah kehidupan masyarakat.



Apresiasi ini disampaikan Wali Kota diwakili Plt. Kadis Pendidikan Kota Medan Marasutan Harahap dalam jamuan makan malam di Rumah Dinas Wali Kota Jalan Sudirman Medan, Kamis (24/1).

''Berbagai kearifan lokal yang ada dalam budaya kita saat ini merupakan peninggalan berharga yang diwariskan oleh nenek moyang. Maka dari itu sudah seharusnya dijaga dan dilestarikan agar tidak punah tergerus perubahan zaman,'' kata Wali Kota.

Selain itu papar Wali Kota, sejatinya nilai-nilai  kearifan lokal itu merupakan intisari kehidupan yang didapat nenek moyang kita dengan melalui proses yang sangat panjang dan lama. Disamping itu, selain tidak melanggar norma agama yang dianut dan norma hukum yang berlaku, maka kearifan lokal harus terus dijaga dan dilestarikan secara turun temurun sampai ke anak cucu.



Oleh karenanya melalui seminar ini, Wali Kota berharap agar hasil dari seminar yang dilakukan dapat disosialisasikan dan diedukasikan kepada masyarakat agar senantiasa mencintai kearifan lokal yang sudah ada.

''Saya berharap agar kedepannya semakin banyak pihak yang peduli pada penguatan nilai-nilai kearifan lokal. Dengan demikian, pembangunan di Tanah Air yang kita cintai ini akan dapat berlangsung dengan baik. Selain itu, tetap senantiasa melestarikan nilai kearifan lokal untuk mencegah pengaruh negatif yang bertolak belakang dengan budaya asli Indonesia,'' kata Wali Kota.

Selanjutnya Wali Kota juga menyampaikan rasa bangganya, sebab Kota Medan telah dipercaya sebagai tuan rumah penyelenggaraan Seminar Nasional Kearifan Lokal 2019. Pasalnya, banyak delegasi peserta dari kota lain yang akan datang berkunjung ke Kota Medan.

"Tentunya moment ini menjadi kesempatan yang baik untuk mempromosikan Kota Medan kepada seluruh peserta, misalnya potensi budaya dan pariwisata sekaligus kearifan lokal yang berasal dari sejumlah etnis di kota Medan. Dengan demikian semakin banyak lagi yang datang mengunjungi kota yang kita cintai bersama ini," ungkapnya.



Jamuan makan malam yang berlangsung pukul 19.00 WIB tersebut berjalan dalam suasana penuh keakraban. Hadir dalam kesempatan tersebut Wakil Dekan I Fakultas Teknik USU Prof Ir Johannes Tarigan, Ketua Departemen Arsitektur Fakultas Teknik USU Dr Ir Dwira Mirfailini Aulia serta pemateri dalam seminar Prof Iwan Sudrajat dari ITB dan Dr Nurlisa Ginting dari USU.

Sementara itu Wakil Dekan I Fakultas Teknik USU Prof Ir Johannes Tarigan, menyampaikan ucapan terima kasih kepada Wali Kota. Sebab, sudah berulangkali FT USU menggelar kegiatan selalu didukung dan para pesertanya dijamu makan malam sebagai bentuk apresiasi.



Selain Seminar Nasional Kearifan Lokal 2019, jelas Johannaes, FT USU juga pada Juni 2019 akan menggelar seminar mengenai infrastruktur di Kota Medan. Dikatakannya., Wakil Wali Kota Medan Ir Akhyar Nasution MSi telah bersedia menjadi salah satu keynote speaker.  "Jadi kami kembali berharap dukungannya," hara Johannes.

(Mtc/rel)
Editor: FJR

T#g:blibliDrs H T Dzulmi Eldin S MSi MHFakultas Tekhnik Universitas Sumatera UtaraMatatelingaPemko MedanSeminar Nasional Kearifan Lokal 2019TerkiniWalikota Medan
Komentar
Selasa, 20 Agu 2019 10:15Nasional

Polda Metro Jaya: Ruang Bawah Tanah yang Terbakar Bukan Gudang Peluru

Polda Metro Jaya menyatakan objek yang terbakar di kompleksnya adalah ruang bawah tanah yang di dalamnya sama sekali tak berisi peluru

Selasa, 20 Agu 2019 10:00Ekonomi

THR PNS Cair Lebih Cepat, Gimana dengan Gaji 13?

PNS dapat THR dan gaji ke-13 meski tidak ada kenaikan gaji pada 2020. Dipastikan Kesejahteraan Pegawai Negeri Sipil (PNS)

Selasa, 20 Agu 2019 09:45Nasional

Mabuk Kendarai Motor, Dua Pemuda ini Viral Pasca Terobos Barisan Upacara

Peringatan HUT kemerdekaan ke-74 RI. Sebuah video yang menampilkan dua pemuda

Selasa, 20 Agu 2019 09:30Ekonomi

Usai Penyerangan Kilang Minyak Aramco, Harga Minyak Naik 2%

Pada akhir perdagangan Senin (Selasa pagi WIB). Harga minyak dunia naik sekitar 2%

Selasa, 20 Agu 2019 09:15Lifestyle

Mengapa Pernikahan Glenn Fredly Digelar Tertutup

Digelar di Taman Kajoe, Ampera, Jakarta. Glenn Fredly dan Mutia Ayu menggelar resepsi pernikahan pasa Senin 19 Agustus 2019 malam.

Selasa, 20 Agu 2019 09:00Ekonomi

Bursa Saham AS, Wall Street Menguat

Pada akhir perdagangan Senin (Selasa pagi WIB). Bursa saham Amerika Serikat (AS), Wall Street menguat

Selasa, 20 Agu 2019 08:30Nasional

Pasca OTT, KPK Segel Kantor Dinas PU

Pasca operasi tangkap tangan (OTT) terhadap oknum Jaksa di Yogyakarta. Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK)

Selasa, 20 Agu 2019 08:00Internasional

Picu Kemarahan Warganet, Dua Pria Tunggangi Hiu Paus, Viral

Memicu kemarahan warganet (netizen), dua pria yang muncul dalam foto terlihat sedang menunggangi hiu paus yang terancam punah.

Selasa, 20 Agu 2019 07:30Lifestyle

Tanda Kemunculan Dajjal Sudah Dekat, Danau Tiberias jadi Buktinya!

Meskipun tidak ada yang dapat mengetahui kapan hari kiamat itu akan datang kecuali Allah SWT. Setiap umat Islam tentunya harus mengimani hari akhir bahkan kemunculan Dajjal

Selasa, 20 Agu 2019 07:00Nasional

Gudang Amunisi Polda Ludes Dilalap Sijago Merah

Sebanyak 13 unit mobil pemadam kebakaran diterjunkan ke lokasi. Kebakaran terjadi di gudang

Selasa, 20 Agu 2019 06:15Nasional

Cole: Chelsea Tak Perlu Panik, Meski Dua Laga Alami Ke kalahan

Cole menyebut Chelsea untuk tak perlu merasa panik, karena belum juga meraih kemenangan.

Selasa, 20 Agu 2019 06:00Nasional

Asrama Mahasiswa Papua di Jaga Ketat Pihak Kepolisian

Bentrok antara warga dengan penghuni asrama terjadi Senin 19 Agustus 2019 malam. Kepala Kepolisian Daerah Sulawesi Selatan Irjen Hamidin meninjau langsung Asrama Mahasisiwa Papua di Jalan Lanto Daeng Pasewang, Kota Makassar, usai terjadi bentrok.

Senin, 19 Agu 2019 23:57Internasional

Kemenag hingga MUI Dilibatkan, Arab Saudi Susun Fatwa Manasik Haji

Upaya peningkatan kualitas manasik haji. Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi akan menggelar workshop

Senin, 19 Agu 2019 23:45Bola

Leroy Sane Batal Gabung dengan Bayern Munich

Di bursa transfer musim panas 2019. Bayern Munich merupakan klub yang paling ngotot untuk merekrut winger Manchester City

Senin, 19 Agu 2019 23:30Lifestyle

Yuk Simak Ciri-ciri Manusia yang Dekat dengan Allah SWT, Apakah kamu Termasuk Didalamnya

Menyebarkan kebaikan tak hanya pada manusia. Namun juga pada hewan dan alam. Kebaikan adalah salah satu sifat terpuji dan mendapatkan ridha dari Allah SWT

Senin, 19 Agu 2019 23:15Bola

Piala AFF U-19 2019, Timnas Indonesia U-19 Sandang Juara Tiga

Laga perebutan gelar juara ketiga Piala AFF U-19 2019. Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-19