• Home
  • Berita Sumut
  • Wali Kota Apresiasi Kehadiran Kedai Kita, Jaga Stabilitas Harga Pangan di Kota Medan

Wali Kota Apresiasi Kehadiran Kedai Kita, Jaga Stabilitas Harga Pangan di Kota Medan

faeza Kamis, 17 Mei 2018 19:00 WIB
mtc/ist
Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi sangat mengapresiasi gagasan dari Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kota Medan, Perusahaan Daerah (PD) Pasar, Perum Bulog serta Bank Indonesia (BI) Perwakilan Sumatera Utara dengan membuka Kedai Kita di kaw
MATATELINGA, Medan: Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi sangat mengapresiasi gagasan dari Tim Pengendali Inflasi  Daerah (TPID) Kota Medan,  Perusahaan Daerah (PD) Pasar, Perum Bulog serta Bank Indonesia (BI) Perwakilan Sumatera Utara dengan membuka  Kedai Kita di kawasan Pusat Pasar. Kehadiran Kedai Kita   diharapkan dapat menjaga stabilitas harga pangan di Kota Medan, terutama pada bulan suci Ramadhan.

Apresiasi  disampaikan Wali Kota ketika melaunching Kedai Kita yang mengusung  name tag Acuan Berbelanja Untuk Stabilitas Harga  Pangan, Kamis (17/5). Selain Kepala Perwakilan Bank Indonesia Cabang Sumut Arief Budi Santoso, launching  juga turut dihadiri Kepala Bulog Sub Divre Medan Mara Kamin Siregar, Asisten Ekbang Qamarul  Fatah, Dirut PD Pasar Rusdi Sinuraya serta  Kadis Ketahanan Pangan Muslim Harahap.

"Saya sangat mengapresiasi  dan menyambut baik hadirnya Kedai Kita  di tengah-tengah Kota Medan, khususnya kawasan Pusat Pasar," kata Wali Kota.

 Apalagi memasuki  bulan suci Ramadhan, jelas Wali Kota, harga bahan  kebutuhan pokok biasanya akan merangkak tinggi.. Semoga kehadiran Kedai Kita dapat membantu masyarakat untuk mendapatkan harga pangan yang lebih terjangkau," harapnya.

 Selain itu tambah Wali kota,  masyarakat juga akan dipermudah dengan lengkapnya berbagai  macam kebutuhan pangan yang ada di Kedai Kita. Selain di Pusat Pasar, Wali Kota berharap Kedai Kita juga hadir di sejumlah pasar lainnya yang ada di Kota Medan. Dengan demikian masyarakat tidak harus jauh-jauh datang ke Pusat Pasar untuk berbelanja berbagai kebutuhan pokok.

Wali Kota  selanjutnya menjelaskan, kehadiran Kedai Kita bukan untuk menyaingi pedagang sembako, terutama yang berjualan di Pusat Pasar. "Ingat, kehadiran Kedai Kita  bukan untuk menyaingi pedagang melainkan  memberikan kepastian harga bagi masyarakat dan pedagang mengenai harga komoditas yang sebenarnya, sehingga masyarakat dapat memproleh harga yang terjangkau," tegasnya.

Untuk itulah  harga bahan kebutuhan pokok di sekitar tempat tinggal mulai merangkak naik, Wali kota mengajak masyarakat untuk berbelanja di Kedai Kita.  Pasalnya ungkap Wali Kota, harga bahan kebutuhan pokok yang dijual di Kedai Kita tidak akan pernah naik karena tujuan kehadirannya untuk stabilitas pangan.

Berdasarkan amatan langsung di Kedai Kita, harga bahan kebutuhan pokok yang ditawarkan pun relatif murah, seperti gula pasir kemasan dijual Rp.12.000/kg,  minyak goreng kemasan Rp.11.000-Rp.12.500/liter, te[pung terigu Rp.8.200/kg, beras  ukuran 5 kg Rp.46.350-Rp.52.500/goni plastik kecil serta daging beku Rp.80.000/kg.

Sementara itu menurut Kepala Perwakilan Bank Indonesia Cabang Sumut Arief Budi Santoso, kehadiran Kedai Kita di kawasan Pusat Pasar berdasarkan hasil survei harga yang dilakukan Badan Pusat Statistik (BPS). Oleh karenanya Kedai Kita masih fokus beroperasi di Kota Medan dan belum berpikir membuka di luar Kota Medan.

 Apalagi jelas Arief, 82% inflasi yang terjadi di Sumatera, berada di Kota Medan. Untuk menyikapi hal itu serta dukungan  penuh TPID Kota Medan  dan Wali Kota, akhirnya disepakati diluncurkannya Kedai Kita.  

Dikatakan Arief, gerai Kedai Kita terselenggara berkat sinergitas antara TPID Kota Medan, Perum Buloh, Bank Indonesia, PD Pasar, Dina Ketahanan Pangan serta Dinas Perdagangan Kota Medan.

"Program Kedai Kita ini bukan hanya karena bulan puasa, sebab tujuan pendirian Kedai Kita untuk menjaga kestabilan harga di Kota Medan. Jadi kehadiran Kedai Kita akan berlangsung seterusnya, tidak tertutup kemungkinan kita akan membuka di sejumlah pasar tradisionil lainnya di Kota Medan," terang Arif.

Selain melaunching Kedai Kita, Wali Kota usai acara selanjutnya membantu seorang warga yang tampak kesulitan melakukan pertukaran uang di depan mobil pertukaran uang milik salah satu bank. Setelah Wali Kota turun tangan, barulah pertukaran uang yang dilakukan berjalan dengan lancar. (mtc)
Editor: faeza

T#g:
Komentar
Kamis, 17 Jan 2019 19:33Nasional

Kepala Bakamla RI Temui Lima Pimpinan KPK

Kepala Bakamla RI Laksamana Madya Bakamla A. Taufiq R. melakukan pertemuan dengan lima pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Gedung Merah Putih, Jalan Kuningan Persada Kav.4, Jakarta Selatan, Kamis (17/01/2019).

Kamis, 17 Jan 2019 19:16Nasional

Lawan Kenaikan Tarif Kargo, Asperindo Ancam Hentikan Pengiriman Via Udara

Dalam rangka mencegah berbagai dampak negatif lebih jauh lagi akibat dari kenaikan tarif kargo udara yang diberlakukan berkali - kali oleh pihak maskapai penerbangan, tahun lalu Asperindo telah mengirimkan surat resmi dengan Nomor 102/D

Kamis, 17 Jan 2019 19:00Berita Sumut

10 Unit Rumah Di Kota Bangun Hangus Terbakar

Kebakaran dahsyat menghangusnkan 10 unit rumah di Jalan Boxit, Lingkungan I, Kelurahan Kota Bangun, Kecamatan Medan Deli hangus, Kamis (17/1/2019) sore. Tidak ada korban jiwa, namun kerugian ditaksir mencapai ratusan juta rupiah.

Kamis, 17 Jan 2019 18:45Berita Sumut

Pemko Medan Bidik Eks RS Tembakau Deli untuk Lahan Kantor Baru Wali Kota

Pemerintah Kota (Pemko) Medan sedang mencari lahan baru untuk membangun kantor pemerintahan atau Balai Kota. Lahan eks Rumah Sakit (RS) Tembakau Deli di Jalan Putri Hijau pun dibidik menjadi tempat untuk menggantikan.

Kamis, 17 Jan 2019 18:30Berita Sumut

Dinilai Lambat, Eldin Kecewa Lihat Progres Pembangunan Jalan Alternatif Simpang Selayang-Pasar Induk

Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH dan Wakil Wali Kota Ir H Akhyar Nasution MSi kembali meninjau jalan alternatif (tembus) yang menghubung Simpang Selayang dengan Pasar Induk Lau Cih, Kamis (17/1). Saat ini jalan tembus yang baru selesai diba

Kamis, 17 Jan 2019 18:15Berita Sumut

Panglima TNI Hadiri Doa Bersama untuk NKRI di Bandung

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. didampingi Aster Panglima TNI Mayjen TNI George Elnadus Supit, S.Sos., Pangkohanudnas Marsda TNI Imran Baidirus, S.E., Pangdivif I Kostrad Mayjen TNI Agus Rohman, S.I.P., Dankormar Mayjen TNI (Mar) Suharton

Kamis, 17 Jan 2019 18:00Berita Sumut

BPN Fasilitasi Warga Sari Rejo Bertemu Menteri ART

Kepala Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Medan, Fahrul Husin Nasution mengaku, jika pihaknya akan segera memfasilitasi warga Sari Rejo untuk melakukan pertemuan dengan Menteri Agraria dan Tata Ruang.

Kamis, 17 Jan 2019 17:43Berita Sumut

Demo Berujung 2.368 Tenaga Honorer Simalungun di Rumahkan

Sebanyak 2.368 tenaga honorer di setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) per 1 Januari 2019 resmi dipecat Pemerintah Kabupaten Simalungun. Honorer ini tidak mendapatkan perpanjangan surat keputusan (SK) dari setiap pimpinan SKPD masing-masing.

Kamis, 17 Jan 2019 17:38Berita Sumut

Pangdam I/BB Terima Kunker Komisi I DPR RI

Dalam rangka kesiapan Kodam I/BB mendukung pengamanan Pemilu dan Pilpres Tahun 2019, Ketua Tim Komisi I DPR RI Bapak Mayjen (Purn) Asril Hamzah Tanjung, S.I.P. beserta rombongan melaksanakan Kunjungan Kerja ke Kodam I/BB yang disambut oleh Pangdam I/BB Ma

Kamis, 17 Jan 2019 17:25Berita Sumut

Panglima TNI : TNI Harus Bersatu dan Manunggal Bersama Rakyat

TNI harus bersatu dan manunggal bersama rakyat yang disampaikan Pangdam I/BB Mayjen TNI MS Fadhilah saat membacakan amanatnya Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. pada upacara 17-an, pada Kamis (17/1/2019) di Lapangan Upacara Makodam I/BB Jala

Kamis, 17 Jan 2019 16:07Berita Sumut

Awali Tugas di Polsek Perdagangan, AKP Supendi Pimpin Upacara HKN dan Hadiri Harungguan

Kapolsek Perdagangan AKP Supendi SH,MH yang baru menjabat mengawali tugas perdananya dengan menjadi Inspektur Upacara (Irup) pada Hari Kesadaran Nasional, Kamis (17/1/2019). Kegiatan tersebut berlangsung di Halaman Sekolah Satria Mandiri Bandar Tongah Kec

Kamis, 17 Jan 2019 15:40Berita Sumut

Komisi X DPR RI Kunker ke Sergai

Sebanyak 12 orang anggota Komisi X DPR RI melakukan Kunjungan Kerja (Kunker) ke Pemkab Serdangbedagai, Kamis (17/1/2019). Kedatangan mereka disambut langsung Bupati Sergai Soekirman beserta jajaran di Aula Sultan Serdang Komplek Kantor Bupati di Sei Rampa

Kamis, 17 Jan 2019 15:24Berita Sumut

Asren Nasution Dilantik Jadi Pj Bupati Pakpak Bharat

Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi melantik Dr Asren Nasution menjadi Penjabat (Pj) Bupati Pakpak Bharat, Kamis (17/1) di Aula Raja Inal Siregar, Kantor Gubsu Jalan Pangeran Diponegoro Nomor 30 Medan. Asren dilantik untuk mengisi kekosongan jab

Kamis, 17 Jan 2019 15:08Berita Sumut

Polrestabes Medan Kedepankan Pola Soft Lawenforcement Penegakan Hukum Pengguna Narkoba

Pola penegakan hukum bagi pengguna narkoba yang dilakukan Satres Narkoba Polrestabes Medan kini mengarah pada penegakan hukum secara lunak (soft lawenforcement). Satres Narkoba Polrestabes Medan saat ini sedang menyiapkan program rehabilitasi pengguna nar

Kamis, 17 Jan 2019 14:57Berita Sumut

Medan Kota Terjorok, Ini Tanggapan Anggota DPRD Medan

Medan diberi penghargaan sebagai kota Metropolitan Terjorok, apa masalah yang membuat Medan dapat penilaian itu?

Kamis, 17 Jan 2019 14:55Berita Sumut

Biadab, Pria Ini Setubuhi Anak Tirinya Sejak 2017

Sebagai orang tua seharusnya melakukan dan memberikan perlindungan kepada anaknya, namun lain halnya dengan yang dilakukan oleh tersangka “ES” (43) warga Jalan Denai dusun I desa bagan Asahan kecamatan Tanjung Balai kabupaten Asahan. Pria ini malah tega m