Wali Kota Tinjau Operasi Pasar Di Pasar Sei Sikambing

Amr/rel Rabu, 06 Desember 2017 16:30 WIB
Matatelinga.com
MATATELINGA, Medan:  Pemko Medan bekerjasama dengan Perum Divre Bulog Sumut menggelar operasi pasar di Pasar Tradisionil Sei Sikambing Medan Jalan Gatot Subroto Medan, Rabu (6/12/2017). Operasi  pasar digelar dalam rangka untuk  menghindari terjadi kenaikan harga sejumlah bahan komiditas pangan menjelang Hari Natal dan Tahun Baru 2018. Direncanakan, operasi  pasar akan terus dilakukan sampai harga benar-benar stabil kembali.



Pelaksanaan operasi pasar ini dihadiri Wali Kota Medan Drs H TDzulmi Eldin S MSi,  Kepala Perum Bulog Divre Sumut Benhur Ngkaimi, Asisten pemerintahan Setdakot Medan Qamarul Fatah, Dirut PD Pasar Medan Rusdi Sinuraya, Kadis Perdangangan Kota Medan Syarif Armansyah Lubis serta unsur Tim pPengendali Inflasi Daerah (TPID) Kota Medan.

Dalam operasi pasar ini, sejumlah bahan komiditas pangan dijual  jauh lebih murah dibandingkan dengan harga di pasaran. Sebagai contoh harga cabai murah hanya dijual Rp.35.000/kg, sedangkan harga di pasaran mulai  terasa 'pedas'  mencapai  kisaran Rp.40.000-Rp.50.000/kg.



Kemudian harga cabai  rawit, di pasaran telah mencapai Rp.41.000/kg, sedangkan dalam operasi pasar hanya dijual Rp.30.000/kg. Lalu,  beras CBP dijual dengan harga Rp.8.100/kg, sedangkan di pasaran Rp.10.000/kg.  Selanjutnya gula pasir   dijual hanya Rp.12.000/kg dan minyak goreng Rp.12.000/liter.

Murahnya harga komiditas pangan ini langsung mendapat apresiasi masyarakat.  Dalam sekejap, masyarakat pun antri membelinya.  Agar semua mendapatkannya, pembelian pun dibatasi. Untuk beras, masing-masing hanya diperbolehkan membeli satu goni berukurang 5 kg. Sedangkan komiditas pangan hanya boleh dibeli sebanyak 1 kg.



"Kami mengucapkan terima kasih dengan digelarnya operasi pasar ini, sebab harga komiditas pangan dijual jauh lebih murah dari harga pasaran. Tentunya kami merasa sangat terbantu dengan adanya operasi pasar, sebab harga bahan kebutuhan pokok saat ini mulai naik menjelang datangnya Hari Natal dan Tahun Baru 2018, "kata Neli, salah seorang pembeli.

Oleh karenanya Wali kota sangat mendukung digelarnya operasi pasar, sebab tujuannya untuk menstabilkan harga komiditas pangan. Dengan demikian umat Kritiani Kota Medan dapat merasa lebih tenang dan nyaman untuk menyambut sekaligus merayakan Hari Natal dan Tahun Baru 2018.



Selanjutnya Wali Kota menghimbau kepada para pedagang agar tidak memanfaatkan momen datangnya hari besar keagamaan ini untuk melakukan spekulasi dengan menaikkan harga komiditas pangan sesukanya. "Jika terbukti melakukan spekulasi dan penimbunan barang, tentunya sanksi tegas siap menanti,"  ungkap Wali Kota.

Ditegaskan Wali Kota,  Pemko Medan melalui organisasi perangkat daerah (OPD) terkait beserta TPID Kota Medan akan terus memantau harga komiditas pangan tetap stabil, termasuk ketersediannya di pasaran. "Jadi sekali lagi saya himbau kepada saudara-saudara pedagang agar benar-benar berdagang dan tidak melakukan hal-hal yang bertentangan dengan ketentuan berlaku," pesannya.



Selain Pasar Tradisionil Sei Sikambing, Wali Kota mengatakan kemungkinan akan ditambah tiga pasar lagi yang menjadi lokasi operasi pasar. Penambahan ini dilakukan untuk mempermudah masyarakat untuk membeli komiditas pangan dengan harga yang relatif lebih murah dibandingkan dengan di pasaran.

Dalam rangka untuk menstabilkan harga, Wali Kota mengungkapkan, Pemko Medan melalui Dinas Perdagangan akan menggelar pasar murah di sejumlah titik di Kota Medan. Dikatakannya, pasar murah ini digelar untuk membantu umat Kristiani mendapatkan bahan pokok berkualitas dengan harga relatif murah guna menghadapi Hari Natal dan Tahun Baru 2018.



Kadis Perdagangan Kota Medan Syarif Amansyah Lubis mengamini ucapan Wali Kota. Menurut Armansyah, pasar murah akan digelar di kawasan Kecamatan Medan Baru pada 11-24 Desember. "Yang dijual dalam pasar murah ini  khusus sembako, tidak komiditas pangan lainnya seperti cabai merah/rawit maupun bawang merah dan putih," jelas Armansyah.

Sementara itu menurut Kepala Perum Bulog Divre Sumut Benhur Ngkaimi, operasi pasar ini telah dilaksanakan selama dua minggu  dengan fokus menjual beras dan gula. Namun operasi pasar yang dilakukan kali ini lebih masif dan menambah jumlah komiditas pangan sesuai dengan kebutuhan masyarakat.



"Selain beras dan gula, komiditas pangan kita tambah lagi seperti bawang merah, bawang putih, minyak goreng serta cabai merah yang harganya kini mulai 'pedas' di pasaran. Operasi pasar ini akan terus kita laksanakan sampai harga  komiditas pangan relatif stabil, misalnya harga jual beras di pasar saat ini mencapai 10.000/kg namun yang diinginkan pemerintah Rp.8.000/kg, sedangkan harga cabai merah di kisaran Rp.30.000/kg" jelas Benhur.

Sedangkan Dirut PD Pasar Kota Medan Rusdi Sinuraya mengatakan,  telah terjadi kenaikan pembeli jelang  Hari Natal dan Tahun baru 2017, terutama komiditas pangan. "Sampai saat ini kita melihat ada peningkatan pembeli, terutama komiditas pangan sebesar 10%. Oleh karenanya kita bersama OPD terkait dan TPID Kota Medan akan terus melakukan pengawasan agar harga tetap stabil,"  terang Rusdi.



Uasai menyaksikan operasi pasar, Wali Kota selanjutnya meninjau Pasar Sei Sikambing. Setelah itu dilanjutkan dengan silaturahmi dengan para pedagang  sambil menikmati kuliner yang dijajakan salahs eorang pelaku UMKM. Dalam sialturahmi tersebutm, Wali Kota tak lupa mengajak seluruh pedagang untuk merawat dan menjaga Pasar Sei Sikambing, terutama kebersihannya.

(Mtc/rel)
Editor: Amrizal

T#g:MatatelingaPemko MedanDzulmi Eldinoperasi pasartinjau pasar
Komentar
Senin, 11 Des 2017 15:58Berita Sumut

Prihatin Kondisi Drainase, Anggota DPRD Medan Ini Turun Langsung Korek Parit di Jalan M Jamil

Prihatin dengan kondisi di Jalan M. Jamil Lubis yang kerap dilanda banjir, anggota DPRD Medan Paul Mei Anton Simanjuntak turun langsung mengorek drainase di kawasan itu. Tidak sendiria, dia dibantu dengan pihak Kelurahan Bandar Setia dan satu unit alat be

Senin, 11 Des 2017 15:40Berita Sumut

Pemkab Karo Sosialisasikan Perundanga-undangan Tentang Penetapan dan Penegasan Batas Desa Tahun 2017

Pemerintah Kabupaten Karo melalui Bagian Kemasyarakatan dan Bina Pemerintahan Desa/Kelurahan Setda Kab Karo adakan Sosialisasi Peraturan Perundang-Undangan Tentang Penetapan Dan Penegasan Batas Desa Tahun 2017 khusus bagi Desa yang masuk kawasan hutan.

Senin, 11 Des 2017 15:20Berita Sumut

Pemkab Sergai Gelar Sosialisasi dan Pelatihan Aplikasi E-Planning SIPEREKAT

Semakin cepatnya perkembangan teknologi informasi mengharuskan kita untuk beradaptasi dalam pemanfaatannya guna mendukung efektifitas kerja terutama instansi pelayanan publik pemerintah seperti aplikasi E-Government. Dalam rangka meningkatkan pelayanan pu

Senin, 11 Des 2017 15:00Berita Sumut

Demo Konjen Amerika, Cipayung Plus Sumut Kecam Pernyataan Presiden Donald Trump Soal Ibukota Israel

Ratusan mahasiswa yang tergabung dalam Kelompok Cipayung Plus Sumut menggeruduk kantor Konjen Amerika Serikat yang berada di Gedung Uniland Plaza Jalan MT. Hariyono, Senin (11/12). Mahasiswa yang berasal dari berbagai latar belakang organisasi kemahasiswa

Senin, 11 Des 2017 14:45Ekonomi

Triwulan III, Bongkar Muat Pelindo 1 Tumbuh 32,46%

PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo 1 turut mendukung percepatan pembangunan industri maritim Indonesia. Hal ini tercermin dari peningkatan trafik kunjungan kapal Pelindo 1 baik dalam call maupun GT (Gross Tonage).

Senin, 11 Des 2017 14:15Berita Sumut

Pemko Medan Dukung Program Penerapan LAPOR SP4N

Pemko Medan mendukung pelaksana Program “Penguatan Penerapan LAPOR Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N)” yang dilaksanakan oleh USAID Cegah bekerjasama dengan TIM SP4N yang terdiri dari perwakilan Kementerian PAN & RB, Kanto

Senin, 11 Des 2017 12:45Berita Sumut

Maulid Nabi Juga Diperingati Pasukan Garuda di Afrika

Pasukan Garuda Misi Perdamaian PBB yang tergabung dalam Satgas Kompi Zeni TNI Konga XXXVII-D/Minusca (Multi-Dimensional Integrated Stabilization Mission in Central African Republic) dibawah pimpinan Letkol Czi Chotman Jumei Arisandy, S.E. sebagai Dansatga

Senin, 11 Des 2017 12:15Berita Sumut

ASN Harus Ikuti Perkembangan Agar Tidak Tergilas Kemajuan Zaman

Sebagai upaya meningkatkan kompetensi Aparatur Sipil Negara (ASN) sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang ASN, Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) melalui Badan Kepegawaian Daerah (BKD) menggelar Bimbingan T

Senin, 11 Des 2017 12:00Berita Sumut

Peduli Lingkungan, SMKN I Beringin Tingkatkan Program Adiwiyata

Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) - I Beringin, Kecamatan Beringin, Kabupaten Deliserdang, terus berupaya meningkatkan program Adiwiyata yang mandiri.

Senin, 11 Des 2017 11:18Lifestyle

Ini Rekam Jejak Sutradara X-Men yang Gemar Gelar Pesta Seks

Banyak yang kemudian menyampaikan pengakuan tentang rekam jejak sutradara film X-Men ke permukaan. Rekam jejak Bryan Singer yang bersinar dikenal sebagai sutradara film-film X-Men kini telah tercoreng. Singer dituding melakukan pelecehan seksual di masa l

Senin, 11 Des 2017 07:14Berita Sumut

Ayo, Siapa Mau Jadi Cawagub dari Partai Golkar

Sejumlah agenda yang dibahas oleh Partai Golkar Provinsi Sumut dalam Rapat Pleno, Sabtu (9/12/2017), yang digelar di Grand Aston Hotel. Salah satunya pembentukan Tim Penjaringan Calon Wakil Gubernur Sumut menggantikan Ngogesa Sitepu.

Senin, 11 Des 2017 06:59Nasional

Suasana usai Pertemuan di rumah Airlangga

Plt Ketum Golkar Idrus Marham tak terlihat hadir di pertemuan , sedangkan sejumlah pengurus Partai Golkar mulai dari Kepala Bidang Pemenangan Pemilihan Umum Daerah I Partai Golkar Nusron Wahid hingga Anggota DPR Komisi III Aziz Syamsuddin tampak hadir di

Senin, 11 Des 2017 06:44Bola

Saul Niguez Mencetak gol kemenangan atas Real Betis

Laga di Stadion Benito Villamarin, Minggu (10/12/2017), berjalan ketat sejak menit awal. Gelandang Betis Ryad Boudebouz bahkan langsung diganjar kartu kuning di menit pertama usai melanggar Gabi.

Senin, 11 Des 2017 06:29Bola

Olivier Giroud Jadi Penyelamat Arsenal di Southampton

Arsenal bermain imbang 1-1 saat bertandang ke St. Mary's Stadium, Minggu (10/12/2017) malam WIB. The Gunners sudah langsung tertinggal saat laga baru berjalan empat menit, ketika dibobol oleh Charlie Austin.

Senin, 11 Des 2017 06:14Internasional

Korut: Donalp Trump "aksi ceroboh dan licik." Tentang Yerusalem

Kini Korut bergabung dengan banyak negara di dunia mengutuk keputusan Trump atas Yerusalem dan juga menyebut aksi itu sebagai "aksi ceroboh dan licik."

Minggu, 10 Des 2017 20:04Berita Sumut

Jangan Pertajam Perbedaan dan Utamakan Persamaan

Kyai Haji Ahmad Dahlan mendirikan Muhammadiyah dan Kyai Haji Hasyim Asyari mendirikan Nahdalatul Ulama diawal abad ke-20