Wali Kota Tinjau Operasi Pasar Di Pasar Sei Sikambing

Amr/rel Rabu, 06 Desember 2017 16:30 WIB
Matatelinga.com
MATATELINGA, Medan:  Pemko Medan bekerjasama dengan Perum Divre Bulog Sumut menggelar operasi pasar di Pasar Tradisionil Sei Sikambing Medan Jalan Gatot Subroto Medan, Rabu (6/12/2017). Operasi  pasar digelar dalam rangka untuk  menghindari terjadi kenaikan harga sejumlah bahan komiditas pangan menjelang Hari Natal dan Tahun Baru 2018. Direncanakan, operasi  pasar akan terus dilakukan sampai harga benar-benar stabil kembali.



Pelaksanaan operasi pasar ini dihadiri Wali Kota Medan Drs H TDzulmi Eldin S MSi,  Kepala Perum Bulog Divre Sumut Benhur Ngkaimi, Asisten pemerintahan Setdakot Medan Qamarul Fatah, Dirut PD Pasar Medan Rusdi Sinuraya, Kadis Perdangangan Kota Medan Syarif Armansyah Lubis serta unsur Tim pPengendali Inflasi Daerah (TPID) Kota Medan.

Dalam operasi pasar ini, sejumlah bahan komiditas pangan dijual  jauh lebih murah dibandingkan dengan harga di pasaran. Sebagai contoh harga cabai murah hanya dijual Rp.35.000/kg, sedangkan harga di pasaran mulai  terasa 'pedas'  mencapai  kisaran Rp.40.000-Rp.50.000/kg.



Kemudian harga cabai  rawit, di pasaran telah mencapai Rp.41.000/kg, sedangkan dalam operasi pasar hanya dijual Rp.30.000/kg. Lalu,  beras CBP dijual dengan harga Rp.8.100/kg, sedangkan di pasaran Rp.10.000/kg.  Selanjutnya gula pasir   dijual hanya Rp.12.000/kg dan minyak goreng Rp.12.000/liter.

Murahnya harga komiditas pangan ini langsung mendapat apresiasi masyarakat.  Dalam sekejap, masyarakat pun antri membelinya.  Agar semua mendapatkannya, pembelian pun dibatasi. Untuk beras, masing-masing hanya diperbolehkan membeli satu goni berukurang 5 kg. Sedangkan komiditas pangan hanya boleh dibeli sebanyak 1 kg.



"Kami mengucapkan terima kasih dengan digelarnya operasi pasar ini, sebab harga komiditas pangan dijual jauh lebih murah dari harga pasaran. Tentunya kami merasa sangat terbantu dengan adanya operasi pasar, sebab harga bahan kebutuhan pokok saat ini mulai naik menjelang datangnya Hari Natal dan Tahun Baru 2018, "kata Neli, salah seorang pembeli.

Oleh karenanya Wali kota sangat mendukung digelarnya operasi pasar, sebab tujuannya untuk menstabilkan harga komiditas pangan. Dengan demikian umat Kritiani Kota Medan dapat merasa lebih tenang dan nyaman untuk menyambut sekaligus merayakan Hari Natal dan Tahun Baru 2018.



Selanjutnya Wali Kota menghimbau kepada para pedagang agar tidak memanfaatkan momen datangnya hari besar keagamaan ini untuk melakukan spekulasi dengan menaikkan harga komiditas pangan sesukanya. "Jika terbukti melakukan spekulasi dan penimbunan barang, tentunya sanksi tegas siap menanti,"  ungkap Wali Kota.

Ditegaskan Wali Kota,  Pemko Medan melalui organisasi perangkat daerah (OPD) terkait beserta TPID Kota Medan akan terus memantau harga komiditas pangan tetap stabil, termasuk ketersediannya di pasaran. "Jadi sekali lagi saya himbau kepada saudara-saudara pedagang agar benar-benar berdagang dan tidak melakukan hal-hal yang bertentangan dengan ketentuan berlaku," pesannya.



Selain Pasar Tradisionil Sei Sikambing, Wali Kota mengatakan kemungkinan akan ditambah tiga pasar lagi yang menjadi lokasi operasi pasar. Penambahan ini dilakukan untuk mempermudah masyarakat untuk membeli komiditas pangan dengan harga yang relatif lebih murah dibandingkan dengan di pasaran.

Dalam rangka untuk menstabilkan harga, Wali Kota mengungkapkan, Pemko Medan melalui Dinas Perdagangan akan menggelar pasar murah di sejumlah titik di Kota Medan. Dikatakannya, pasar murah ini digelar untuk membantu umat Kristiani mendapatkan bahan pokok berkualitas dengan harga relatif murah guna menghadapi Hari Natal dan Tahun Baru 2018.



Kadis Perdagangan Kota Medan Syarif Amansyah Lubis mengamini ucapan Wali Kota. Menurut Armansyah, pasar murah akan digelar di kawasan Kecamatan Medan Baru pada 11-24 Desember. "Yang dijual dalam pasar murah ini  khusus sembako, tidak komiditas pangan lainnya seperti cabai merah/rawit maupun bawang merah dan putih," jelas Armansyah.

Sementara itu menurut Kepala Perum Bulog Divre Sumut Benhur Ngkaimi, operasi pasar ini telah dilaksanakan selama dua minggu  dengan fokus menjual beras dan gula. Namun operasi pasar yang dilakukan kali ini lebih masif dan menambah jumlah komiditas pangan sesuai dengan kebutuhan masyarakat.



"Selain beras dan gula, komiditas pangan kita tambah lagi seperti bawang merah, bawang putih, minyak goreng serta cabai merah yang harganya kini mulai 'pedas' di pasaran. Operasi pasar ini akan terus kita laksanakan sampai harga  komiditas pangan relatif stabil, misalnya harga jual beras di pasar saat ini mencapai 10.000/kg namun yang diinginkan pemerintah Rp.8.000/kg, sedangkan harga cabai merah di kisaran Rp.30.000/kg" jelas Benhur.

Sedangkan Dirut PD Pasar Kota Medan Rusdi Sinuraya mengatakan,  telah terjadi kenaikan pembeli jelang  Hari Natal dan Tahun baru 2017, terutama komiditas pangan. "Sampai saat ini kita melihat ada peningkatan pembeli, terutama komiditas pangan sebesar 10%. Oleh karenanya kita bersama OPD terkait dan TPID Kota Medan akan terus melakukan pengawasan agar harga tetap stabil,"  terang Rusdi.



Uasai menyaksikan operasi pasar, Wali Kota selanjutnya meninjau Pasar Sei Sikambing. Setelah itu dilanjutkan dengan silaturahmi dengan para pedagang  sambil menikmati kuliner yang dijajakan salahs eorang pelaku UMKM. Dalam sialturahmi tersebutm, Wali Kota tak lupa mengajak seluruh pedagang untuk merawat dan menjaga Pasar Sei Sikambing, terutama kebersihannya.

(Mtc/rel)
Editor: Amrizal

T#g:MatatelingaPemko MedanDzulmi Eldinoperasi pasartinjau pasar
Komentar
Senin, 19 Feb 2018 08:25Berita Sumut

Walikota Hadiri Pesta Bona Taon Punguan Raja Panjaitan

Suku Batak sejak lama dikenal telah dianugerahi kearian lokal yang bernama Dalihan Natolu.

Senin, 19 Feb 2018 08:10Bola

Borussia Dortmund Sukses Mencuri angka Penuh

Bermain di Borussia-Park, Senin (19/2/2018) dinihari WIB, Marco Reus tampil sebagai pembeda. Gelandang Jerman itu memenangkan Dortmund berkat gol yang diciptakannya di babak pertama.

Senin, 19 Feb 2018 07:55Berita Sumut

Jaga Terus Kesehatan Jantung Dengan Rutin Senam Jantung

Dengan penuh semangat dan antusias, ribuan warga mengikuti senam jantung sehat di Lapangan Merdeka Medan

Senin, 19 Feb 2018 07:40Berita Sumut

Konvoi Keliling Medan, Edy Rahmyadi Minta Maaf

Usai penandatangan sikap pada Deklarasi Kampanye Damai yang diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumut

Senin, 19 Feb 2018 07:25Bola

Napoli dan Juventus sama-sama "Memetik"

Napoli dan Juventus sama-sama memetik hasil bagus di lanjutan Liga Italia. Bianconeri berhasil memenangi pertandingan melawan Torino, sementara Napoli sukses memenangi duel melawan SPAL.

Minggu, 18 Feb 2018 19:08Berita Sumut

Wali Kota Hadiri Milad Al Jamiatu Al Arabia Sumut & Al Ichwanul Arabia Medan

Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi hadiri peringatan milad pertama Al-Jamiatu Al-Arabia Sumatera Utara di halaman Masjid Al-Falaah Jalan Al Falah Raya Medan

Minggu, 18 Feb 2018 18:47Berita Sumut

Tak Hanya di Hutan, di Kotapun Penebangan Pohon Penghijauan Ilegal Secara Terang-terangan

Pohon merupakan salah satu sumber kehidupan, dan Perlu diketahui bahwa pohon yang tumbuh di pinggir jalan raya baik di jalan provinsi, kabupaten, maupun jalan desa merupakan pohon yang dilindungi oleh pemerintah daerah dan diatur dalam perda. Jika segena

Minggu, 18 Feb 2018 18:44Berita Sumut

Gelar Perkemahan BISINK-1, Kakwarcab Labuhanbatu Apresiasi Gudep SMPN1 Bihil

Menggelar Perkemahan Bersama Best Generation Scout of Indonesia (BISINK) ke-1, Ketua Kwarcab Pramuka Labuhanbatu mengapresiasi Gudep SMPN1 Kecamatan Bilah Hilir

Minggu, 18 Feb 2018 18:40Berita Sumut

Kecamatan Medan Kota Bongkar Pondasi Billboard Depan Masjid Raya

Jajaran Kecamatan Medan Kota membongkar pondasi yang akan digunakan untuk tempat berdirinya papan reklame berukuran besar (billboard) di median Jalan Masjid Raya, Kelurahan Masjid, Kecamatan Medan Kota

Minggu, 18 Feb 2018 18:21Berita Sumut

Walikota Letakkan Batu Pertama Pembangunan "Little India Gate"

Walikota Medan. Drs. H.T. Dzulmi Eldin S, M.Si, meletakkan batu pertama pembangunan "Little India Gate" di persimpangan Jalan Zainul Arifin - T. Umar Medan, Minggu (18/2/2018). Peletakan Batu Pertama di pondasi bangunan ini menandakan dimulainya

Minggu, 18 Feb 2018 17:40Berita Sumut

Ijeck: Mobil Pembersih Masjid Gratis Bertambah Jangkauannya

Mobil Pembersih Masjid Gratis Yayasan Haji Anif sudah bertahun-tahun melayani. Kini nama dan cakupan pelayanannya sudah semakin menjangkau ke hampir seluruh Sumatera Utara

Minggu, 18 Feb 2018 15:40Berita Sumut

Penderita Tumor Ganas Butuh Perhatian Pemerintah

Seorang penderita tumor ganas butuh perhatian pihak dermawan, untuk pembiayaan perobatannya

Minggu, 18 Feb 2018 15:23Berita Sumut

Perampok HP Dimassa di Jalan Bhayangkara Medan

Tersangka RB ,29, warga Pasar VI Tembung Desa Sampali, Percut Sei Tuan, dimassa di Jalan Bhayangkara, Kecamatan Medan Tembung

Minggu, 18 Feb 2018 15:13Berita Sumut

Deklarasi Kampanye Damai Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara tahun 2018.

Sekitar 500 orang massa dari parpol pendukung, relawan dan simpatisan pendukung paslon Gubsu dan Wagubsu Pilkada Sumut 2018

Minggu, 18 Feb 2018 15:10Berita Sumut

Para Pendukung Edy dan Djarot 'Perang' Yel-yel di Deklarasi Kampanye Damai

Saat Deklarasi Kampanye Damai, para pendukung paslon gubernur dan calon wakil gubernur Sumut saling perang yel-yel.

Minggu, 18 Feb 2018 14:56Berita Sumut

Akrabnya Ijeck dan Pendukung JR di Siantar Square

Siantar Square di Kota Pematangsiantar mendadak heboh