• Home
  • Berita Sumut
  • Walikota Medan Diharapkan Dukung Pedagang Pasar Jadi Peserta BPJS Ketenagakerjaan

Walikota Medan Diharapkan Dukung Pedagang Pasar Jadi Peserta BPJS Ketenagakerjaan

faeza Selasa, 23 Oktober 2018 17:55 WIB
Mtc/ist
Deputi Direktur Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Wilayah Sumbagut Umardin Lubis, minta dukungan penuh Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi agar seluruh tenaga kerja baik formal maupun informal yang ada di Kota Medan pes
MATATELINGA, Medan: Deputi   Direktur Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS)  Ketenagakerjaan Wilayah Sumbagut  Umardin Lubis, minta dukungan penuh Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi agar seluruh tenaga kerja baik formal maupun informal yang  ada di Kota Medan peserta BPJ Ketenagakerjaan.


Harapan ini disampaikan Umardin saat diterima Wali Kota di Tumah Dinas Wali Kota Jalan Sudirman Medan, Selasa (23/10/2018). Apalagi ungkap Umardin, tenaga kerja informal  di Kota Medan cukup banyak, terutama di pasar yakni para pedagang. Tentunya ini snagat potensial, sebab Kota Medan memiliki 53 pasar tradisionil.

Atas dasar itulah terang Umardin, mereka melaporkan kepada Wali Kota sehingga seluruh pedagang yang ada di 53 pasar tradisionil di ibukota Provinsi Sumatera Utara dapat menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan. Untuk mewujudkan hal itu, Umardin berharap dukungan penuh dari orang nomor satu di Pemko Medan tersebut.


"Yah, kita sangat mengharapkan dukungan penuh Bapak Wali Kota dengan membuat surat edaran kepada Perusahaan Daerah (PD) Pasar agar kita dapat melakukan sosialisasi sehingga nantinya dapat menyampaikan kepada para pedagang," kata Umardin.

Dengan dukungan Wali Kota, jelas Umardin, pihaknya dengan PD Pasar dapat bekerjasama. Dengan demikian pihak PD Pasar dapat menjadi agen BPJS untuk merekrut para pedagang menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan. "Jadi bagi pedagang yang mau mendaftar, mereka bisa melalui PD Pasar," ungkapnya.


Kemudian terkait dengan pedagang formal, Umardin mengatakan pihaknya telah melakukan kerjasama dengan Dinas Tenaga Kerja Kota Medan dan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Medan yang dikaitkan dengan wajib lapor ketenagakerjaan sesuai UU No.7/1981. "Melalui kerjasama ini, kita juga mengharapkan sleuruh pekerja formal di Kota Medan menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan," harapnya.

Di kesempatan itu Umardin juga menyerahkan piagam penghargaan dari Direktur Utama BPJS Kenagakerjaan kepada Pemko Medan sebagai peringkat 6 Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Tahun 2017 Pemerintah Kota/Kabupaten se-Indonesia. Dengan dukungan yang diberikan Wali Kota tersebut, diharapkan  pada saat penilai kembali dilakukan, Pemko Medan bis ameraih peringkat pertama tahun 2018.

Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi didampingi Kadis Tenaga Kerja Kota Medan Hana Lore Simanjuntak menyambut baik rencana BPJS Ketenagakerjaan Wilayah Sumbagut  untuk meng-cover pekerja sektor formal maupun informal di Kota Medan guna memberikan perlindungan dalam mengatasi risiko sosial sosial ekonomi tertentu akibat hubungan kerja.

Untuk itu Wali Kota minta kepada Kadis Tenaga Kerja segera berkoordinasi dengan PD Pasar guna menindaklanjuti harapan BPJS Ketenagakerjaan tersebut. Dikatakan Wali Kota, Pemko Medan sangat mendukung BPJS Ketenagakerjaan. Hal itu dibuktikan dengan mengikutsertakan pegawai bukan Apratur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemko Medan menjadi peserta BPJS  Ketenagakerjaan.

"Saya juga berharap agar BPJS Ketenagakerjaan juga  memperhatikan para nelayan kita, sebab mereka masuk dalam kategori pekerja sektor informal. Sebelum mengajak nelayan menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan, saya minta pihak BPJS Ketenagakerjaan memberikan penjelasan secara rinci terkait manfaat  yang diperoleh nelayan jika mengikutinya,"  harap Wali Kota.

Selanjutnya terkait dengan penghargaan yang diberikan Dirut BPJS Ketenagakerjaan, Wali kota mengucapkan terima kasih. Tentunya penghargaan itu semakin memotivasi dalam upaya melindungi dan meningkatkan kesejahteraan para pekerja baik formal maupun informal di Kota Medan. "Intinya, kita ingin  melindungi para pekerja," ungkapnya.

Setelah itu di tempat yang sama, Wali Kota didampingi Kadispora Kota Medan Mara Husin Lubis menerima audiensi pengurus Rumah Komunikasi Lintas Agama (RKLA) Sumut yang dipimpion Ir Soufi Nur Restu. Selain bersilaturahmi, kedatangan mereka untuk mengundang sekaligus minta dukungan Wali Kota terkait perhelatan senam sehat yang akan dilaksanakan di seputaran Jalan Pulau Pinang, Minggu (28/10). Direncanakan, event tersebut akan diikuti sekitar 1.000 peserta  dan menyediakan sejumlah hadiah menarik melalui doorprize. (mtc)
Editor: faeza

T#g:bpjs tenaga kerjaMatatelingaTerkiniPedagang PasarPemko Medan
Komentar
Senin, 22 Apr 2019 09:45Internasional

Akui Kekalahan, Presiden Pertahana Ukraina Turun Tahta

Presiden Ukraina Petro Poroshenko menerima kekalahannya dalam pemilu presiden

Senin, 22 Apr 2019 09:30Ekonomi

Bergerak 2 Arah Rupiah Pagi Ini ke Rp14.062/USD

Nilai tukar Rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) bergerak dua arah (mixed) pada pembukaan perdagangan pagi ini

Senin, 22 Apr 2019 09:15Ekonomi

Usai Long Weekend, IHSG Menguat Tipis ke Level 6.511

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) melanjutkan penguatan pada perdagangan pagi ini pasca-libur panjang

Senin, 22 Apr 2019 09:00Bola

Jadi Pahlawan, Zidane: Benzema Striker Terbaik Dunia

Pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane, mengaku sangat terpukau dengan aksi Karim Benzema ketika timnya mengalahkan Athletic Bilbao

Minggu, 21 Apr 2019 23:45Lifestyle

Begini Reaksi Deddy Corbuzier, Usai Ditantang Lucinta Luna

Lucinta Luna tiba-tiba saja murka di Insta Story dengan mentag akun Instagram milik Deddy Corbuzier.

Minggu, 21 Apr 2019 23:30Bola

Hantam 4-0, Everton Permalukan Manchester United

Everton memetik kemenangan telak dengan skor 4-0 kala menjamu Manchester United di Goodison Park dalam laga lanjutan Liga Inggris 2018-2019

Minggu, 21 Apr 2019 23:15Nasional

Gelar Coblos Ulang, Prabowo-Sandi Tetap Menang

Memiliki jumlah suara terbanyak di Banten pada hitungan versi quick count, pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno

Minggu, 21 Apr 2019 23:00Bola

Begini Pembelaan Valverde Usai Coutinho Kembali Dicemooh Penggemar Barcelona

Gelandang Barcelona, Philippe Coutinho, kembali mendapat perlakuan tidak menyenangkan dari penggemar di Stadion Camp Nou di laga kontra Real Sociedad,

Minggu, 21 Apr 2019 22:45Nasional

Jokowi-Ma'ruf 54,03%, Prabowo-Sandi 45,97% di Hasil Akhir Quick Count Konsepindo

Pasangan calon presiden dan calon wakil presiden Joko Widodo-KH Ma'ruf Amin unggul dari Prabowo Subianto-Sandiaga Uno

Minggu, 21 Apr 2019 22:30Nasional

Polisi Bekuk Pelaku Pembakaran Surat Suara

im Gabungan Polda Jambi bersama Polres Kerinci akhirnya berhasil mengungkap kasus pembakaran kotak surat suara pemilihan umum di TPS 1, 2, dan 3 Desa Koto Padang

Minggu, 21 Apr 2019 22:15Bola

Tak Puas Juara Liga Italia 2018-2019, Massimiliano Allegri Bidik Scudetto

Pelatih Juventus, Massimiliano Allegri, tak mau cepat berpuas diri usai mengantar Si Nyonya Tua merengkuh gelar juara Liga Italia 2018-2019

Minggu, 21 Apr 2019 22:00Nasional

Belum Ada Informasi WNI Jadi Korban, Indonesia Kecam Serangan Bom di Sri Lanka

Indonesia mengecam keras aksi pengeboman di berbagai lokasi di Sri Lanka. Serangan bom yang terjadi, Minggu (21/4/2019) sekira pukul 09.00 waktu setempat

Minggu, 21 Apr 2019 21:30Nasional

Di 2 TPS, KPU Tangsel Gelar Pemungutan Suara Ulang

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) bersiap menggelar Pemungutan Suara Ulang (PSU)

Minggu, 21 Apr 2019 21:15Lifestyle

Belum Tentu Dimiliki Pria, Berikut 5 Kelebihan Ini Dimiliki oleh Wanita

Setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Hal ini turut pula didasari oleh jenis kelamin

Minggu, 21 Apr 2019 21:00Nasional

Tinggi Kolom Abu Vulkanis 3.000 Meter, Gunung Agung Terus Alami Erupsi

Gunung Agung di Kabupaten Karangasem, Bali, kembali erupsi pada Minggu (21/4/2019) pukul 18.56 Wita.

Minggu, 21 Apr 2019 20:45Nasional

Terus Bergeming, Kini Giliran Anggota KPPS di Sulut Meninggal Dunia

Pasca-Pemilu Serentak 2019, banyak anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di beberapa wilayah di Indonesia meninggal dunia karena kelelahan usai menjalankan tugas.