Redaksi Matatelinga Selamat hari Raya Idulfitri 1439 H

Walikota Medan Terima Kunker DPRD Kabupaten Sambas

Amr/rel Kamis, 22 Februari 2018 21:42 WIB
Matatelinga
MATATELINGA, Medan:  Walikota Medan Drs. H T Dzulmi Eldin S, M.Si diwakili Staf Ahli Walikota Medan Bidang Pemerintahan, Hukum, Sulaiman Harahap, menerima kunjungan kerja Komisi B DPRD Kabupaten Sambas di Kantor Walikota Medan, Kamis (22/2/2018).
          
Walikota mengapresiasi insiasi Pimpinan DPRD Kabupaten Sambas yang memilih Kota Medan sebagai objek pelaksanaan studi banding tersebut. Namun demikian diharapkannya juga jika masih ada waktu, rombongan dapat melaksanakan city tour untuk mengenali kebudayaan Kota Medan.
        
Dalam sambutannya, dikatakan bahwa dulunya Kota Medan memiliki Perkebunan Tembakau yang dikenal dengan sebutan Tembakau Deli, namun seiring dengan perkembangan zaman, perkebunan Tembakau semakin berkurang. Demikian juga dengan lahan perkebunan di kelapa sawit, sudah tidak ada lagi di Kota Medan.
         
"Kini lahan perkebunan sawit di Sumatera Utara banyak terdapat di Kabupaten Deli Serdang, Langkat, Tapsel dan beberapa Kabupaten lainnya," ujar Sulaiman yang didampingi perwakilan dari perangkat daerah terkait Kota Medan.
           
Sementara itu pimpinan rombongan, Wakil Ketua DPRD Sambas, H. Abu Bakar, S.Pdi mengungkapkan kedatangan dirinya rombongan DPRD Sambas berjumlah 14 orang itu dalam rangka melakukan studi perbandingan terkait pengelolaan perkebunan kepala sawit, selain itu ingin melihat aktifitas Pelabuhan Belawan sebagai industri hulu dan hilir pengelolaan Kelapa Sawit yang ada di Sumatera Utara, serta untuk mengetahui seberapa besar kontribusi keberadaan Pelabuhan Belawan terhadap perolehan PAD Kota Medan termasuk juga kontribusi Kawasan Industri Medan (KIM).
           
Apalagi katanya dalam waktu dekat Kabupaten Sambas akan membangun Pelabuhan yang representatif bagi jalur perdagangan, khusus dalam mendukung akses lintas perdagangan komoditi kelapa sawit.
          
"Hal ini karena komoditi Kelapa Sawit adalah komoditi yang potensial untuk pembangunan di sana. Namun yang terjadi saat ini, sebagian besar penduduk di Kabupaten Sambas hanya menjadi penonton di negeri sendiri, sehingga kami perlu mengatur dan menata ulang industri kelapa sawit agar berdampak luas manfaatnya terhadap masyarakat," tambahnya seraya berharap studi banding kali ini juga bisa memperoleh informasi terkait pola penerapan dana CSR oleh Perusahaan agar berkontribusi pada pembangunan daerah.
          
Pemko Medan sendiri timpal Staf Ahli, Sulaiman menanggapi pertanyaan yang diajukan, telah mempunyai produk hukum yang mengatur tentang kontribusi Perusahaan terhadap pembangunan daerah melalui Dana CSR. Nantinya hasil dari dana CSR ini akan digunakan untuk pembangunan dan kesejahteraan masyarakat.
        
Sementara Pelabuhan Belawan yang ada di Kota Medan digunakan sebagai lokasi hilir perdagangan komoditi perkebunan sebelum didistribusikan pada jalur perdagangan nasional maupun internasional. Sedangkan untuk pusat industrinya ada di Kawasan Industri Medan (KIM) ini dikelola oleh Pemprov, hanya saja, Pemko Medan memiliki saham yang disertakan di sana.
         
Kunker tersebut diakhiri dengan sesi pertukaran cinderamata oleh kedua daerah yang dilanjutkan dengan sesi foto bersama.

(Mtc/rel)
Editor: Amrizal

T#g:Dzulmi EldinKunkerPemko MedanSambas
Komentar
Kamis, 21 Jun 2018 17:00Berita Sumut

Usai Libur Lebaran, Kehadiran ASN Pemprovsu Capai 99 % dan Pelayanan Publik Lancar

Kehadiran Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) pada hari pertama kerja usai libur panjang Lebaran mencapai 99 %. Pelayanan publik terhadap masyarakat di sejumlah instansi juga sudah berlangsung normal da

Kamis, 21 Jun 2018 16:42Berita Sumut

Plh Gubsu: ASN Diminta Tingkatkan Keselamatan Kerja

Pelaksana Harian (Plh) Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Dr Hj R Sabrina meminta seluruh Aparatur Sipil Negara Pemprovsu meningkatkan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3). Hal tersebut dilakukan agar para ASN dapat memberikan pelayanan se

Kamis, 21 Jun 2018 16:27Berita Sumut

Wali Kota Sidak Disdukcapil & RSUD Dr Pirngadi

Usai memimpin apel pagi di Balai Kota Medan, Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi segera sidak mendatangi dua organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemko Medan yang berkaitan langsung dengan pelayanan masyarakat, Kamis (21/6). Kedua OPD i

Kamis, 21 Jun 2018 16:12Berita Sumut

Kapolri Pastikan Periksa Dinas Perhubungan Soal Kapal Karam di Danau Toba

Kepolisian akan melakukan pemeriksaan terhadap Dinas Perhubungan Kabupaten dan Provinsi terkait peristiwa tenggelamnya Kapal Motor Sinar Bangun di perairan Danau Toba, Sumatera Utara. Hal tersebut diungkapkan Kapolri Tito Karnavian saat mengunjungi Pelabu

Kamis, 21 Jun 2018 15:10Berita Sumut

Sihar Kecewa Debat Kandidat Pilgub Sumut dengan Mahasiswa Batal Digelar

Calon Wakil Gubernur (Cawagub) Sihar Sitorus menyayangkan batalnya debat pasangan calon (Paslon) Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara bersama mahasiswa. Awalnya debat ini dijadwalkan akan digelar di Gelanggang Mahasiswa USU

Kamis, 21 Jun 2018 15:05Nasional

Panglima TNI : TNI Miliki Peran Penting Dalam Sukseskan Program Nasional

Seluruh prajurit TNI harus mampu menunjukkan peran penting sebagai komponen utama pertahanan negara mulai dari unit terkecil sampai dengan masing-masing individu berbaur dan menjadi bagian dari masyarakat dalam menyebarkan pemahaman positif untuk bersama

Kamis, 21 Jun 2018 15:00Berita Sumut

Spesialis Pencuri Uang Kotaq Infak Ini Babak Belur Dihajar Massa

Seorang pelaku spesialis kasus pencurian uang dalam kotak Amal di Mesjid Nurul Imam sepuataran Jl Anggrek empat Helvetia Kota Medan, tertangkap tangan oleh Nazir Mejid dan menjadi bulan bulan massa, Rabu (20/6) sekitar pukul 14 00.

Kamis, 21 Jun 2018 14:55Nasional

Bakamla RI Siap Sambut Kapal Jepang

Bakamla RI siap menyambut Kapal Tsugaru-02 milik Japan Coast Guard (JCG) yang dijadwalkan tiba di Pelabuhan JICT Tanjung Priok, Jakarta Utara, 9 Juli mendatang.

Kamis, 21 Jun 2018 14:50Berita Sumut

Sihar Kunjungi Keluarga Korban KMP Sinar Bangun

Calon Wakil Gubernur Cawagub Sumatera Utara (Sumut) Sihar Sitorus mengunjungi dan memberikan penguatan kepada keluar korban Kapal Motor Penumpang (KMP) Sinar Bangun di Tiga Ras, Kecamatan Dolok Pardamean, Kabupaten Simalungun

Kamis, 21 Jun 2018 14:44Berita Sumut

Pelaku Curanmor di terjang Timah Panas

Atensi Kapolsekta Medan Labuhan Kompol Hendris Tampubolon SH,Tentang Banyaknya Laporan Pengaduan Hilangnya Sepedamotor di Wilayah Polsekta Medan Labuhan membuat Kanit Reskrim Polsek Medan Labuhan kerja keras

Kamis, 21 Jun 2018 14:38Berita Sumut

Sihar Ungkapkan Kebesaran dan Kecintaan pada Sumut dengan Puisi "Berdiri Aku"

Sihar Ungkapkan Kebesaran dan Kecintaan pada Sumut dengan Puisi "Berdiri Aku"

Kamis, 21 Jun 2018 14:30Berita Sumut

Tergiur Harta, Pecandu Narkoba Ini Bunuh dan Rampok Temannya

Petugas gabungan Unit Reskrim Polsek Patumbak dan Sat Reskrim Polrestabes Medan meringkus pelaku pembunuhan dan perampokan terhadap Herman, buruh pabrik yang mayatnya ditemukan dengan kondisi mengenaskan beberapa pekan lalu.

Kamis, 21 Jun 2018 13:41Berita Sumut

98 Prosen Kehadiran ASN Asahan Dihari Pertama Masuk Kerja

Kehadiran Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Kabupaten Asahan di hari pertama masuk kerja pasca libur panjang lebaran 1439 H

Kamis, 21 Jun 2018 13:14Nasional

Panglima TNI Kunjungan Kerja ke Sumatera Utara

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. bersama Kapolri Jenderal Pol Prof. H.M Tito Karnavian. Ph.D., Kasal Laksamana TNI Siwi Sukma Adji S.E., M.M., dan Kepala Basarnas Marsdya TNI Syaugi, S.Sos., M.M., dan Direktur Jenderal Perhubungan Darat Ke

Kamis, 21 Jun 2018 12:54Internasional

Mahathir Janji Buka Lagi Kasus Pembunuhan Altantuya Shaaribuu

Perdana Menteri Mahathir Mohamad menyatakan dukungan untuk membuka kembali penyelidikan kasus pembunuhan Altantuya Shaariibuu, model asal Mongolia yang tewas di Malaysia pada 2006 lalu.

Kamis, 21 Jun 2018 12:48Internasional

Iran Pastikan Jangkauan Rudal dan Tolak Dialog Dengan Trump

Komandan Garda Revolusi mengatakan Iran tidak berencana memperluas kapasitas rudalnya karena jangkauan 2.000 kilometer cukup untuk melindungi negara itu, di tengah peningkatan tekanan Amerika Serikat atas program rudal di Teheran.