Warga Apresiasi Pembangunan Jalan Batas Sibolga-Manduamas

Rommy Sabtu, 18 November 2017 20:31 WIB
Mtc/romp
Masyarakat Desa Raso, Unte Mungkur IV merasa bangga dengan pembangunan jalan, parit dan TPT di perbatasan antara kota Sibolga dengan Manduamas.
MATATELINGA, Tapteng: Masyarakat Desa Raso, Unte Mungkur IV merasa bangga dengan pembangunan jalan, parit dan TPT di perbatasan antara kota Sibolga dengan Manduamas. 

Pembangunan jalan yang sudah berjalan beberapa bulan ini, dinilai sangat membantu masyarakat, baik dari segi pemanfaatan maupun dari sektor ekonominya.

Salom Panjaitan salah seorang warga mengatakan pembangunan jalan, parit dan tembok penahan tanah (TPT) di sepanjang jalan lintas Sibolga-Barus sangat bermanfaat, apalagi pembangunan yang saat ini masih dikerjakan di daerah mereka.

"Secara pribadi, saya merasa senang dengan pembangunan jalan lintas Sibolga-Barus ini. Paritnya diperbaiki agar tidak terjadi banjir lagi, TPT juga dibangun. Peluncuran dana pembangunan ini, merupakan kebanggaan besar bagi masyarakat Tapteng, khsusunya para pengguna jalan yang saat ini, tidak merasa bosan lagi saat melintas, karena jalannya sudah lumanyan mulus, tidak ada lobang-lobang lagi," ungkapnya, Sabtu (18/11).

Warga lain, Janwar Lubis yang dijumpai wartawan saat itu juga mengaku, bahwa secara nyata, bangunan tersebut sangat membantu. Selain mamfaatnya yang cukup besar dalam mengantisipasi banjir. Pembangunan jalan tersebut juga menambah Income bagi masyarakat. Hampir 200 orang warga yang bekerja di pembangunan jalan.

"Setau saya yang mengerjakan jalan ini adalah, PT Bangun Mitra Abadi. Mamfaat pelebaran parit dan pelebaran jalan ini memang sangat besar. Termasuk mengantisipasi terjadinya banjir, yang selama ini melanda kawasan Unte Mungkur IV," akunya.

Disisi lain, Janwar mengaku selama ini memang banyak kendala yang dihadapi oleh perusahaan saat mengerjakan proyek. Termasuk masalah pembebasan lahan masyarakat. Banyak warga yang tidak mau merugikan tanah mereka yang terkena dampak pembangunan. 

Padahal menurut Janwar, manfaat pembangunan jalan ini, untuk kepentingan masyarakat juga, dan seharusnya jika memang ada yang terkena sedikit lahannya, harusnya diberi demi membantu pemerintah dalam membangun.

"Setahu saya, kendala yang sering dihadapi perusahaan dalam membangun proyek jalan ini adalah masalah pembebasan lahan. Banyak warga yang tidak memberikan lahannya, sementara sebagian warga yang tanamannya terpaksa harus dirusak, tentu diberikan uang untuk pengganti bibit, saya rasa lambatnya pembangunan ini ada juga karena warga yang tidak mau lahannya terkena dampak pembangunan," jelasnya.

Janwar mengakui, para pekerja di proyek pembangunan jalan ini rata-rata warga yang ada dilokasi pekerjaan. Contohnya saja, di Unte Mungkur IV, yang bekerja ya warga Unte Mungkur IV. Hampir 200 orang setiap hari yang bekerja. 

"Bayangkan, pekerjanya hampir 200 orang setiap hari, apa itu tidak menguntungkan buat masyarakat. Saya selaku masyarakat Unte Mungkur IV berharap, kiranya masyarakat memberikan lahan mereka yang terkena imbas pelebaran parit ini untuk dibangun. Sehingga pekerjaan ini dapat segera diselesaikan, dan banjir yang selalu melanda Unte Mungkur IV segera teratasi, secara pribadi saya sudah sangat bosan dengan banjir yang selama ini melanda kampung kita. Saya juga meminta kepada perusahaan, agar tidak mundur selangkahpun, kami berharap agar pekerjaan ini dapat diselesaikan secepat mungkin," tandasnya.  (mtc/romp)
Editor: Faeza

T#g:pembangunan jalanProyek
Komentar
Kamis, 15 Nov 2018 10:11Berita Sumut

Sungai Belidah Meluap Warga Kebanjiran

Sebanyak 7 kepala keluarga yang bermukim di lingkungan VII kelurahan Sentang kecamatan kota kisaran timur Asahan , terpaksa harus mengungsi dikarenakan terendam air luapan sungai Belidah.

Kamis, 15 Nov 2018 07:24Nasional

Prajurit TNI Kogasgabpad Bantu Pembangunan Sekolah Dasar di Kota Palu

Prajurit TNI dari Batalyon Infanteri 714/Sintuwu Maroso (Yonif 714/SM) dan Kodim 1306/Donggala yang tergabung dalam Komando Tugas Gabungan Terpadu (Kogasgabpad) penanggulangan bencana gempa bumi, tsunami dan likuifaksi, membantu pembangunan Sekolah Dasar

Kamis, 15 Nov 2018 06:09Nasional

Datangi Kantor KPK, Forum Mahasiswa Sumut Laporkan Tiga Kepala Daerah

Forum Mahasiswa Sumatera yang tergabung dalam Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah ( IMM ) Sumut, Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim ( KAMMI ) Sumut dan Himpunan Mahasiswa Al Washliyah ( HIMMAH) Sumut menyambangi kantor Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK ) di Jakart

Rabu, 14 Nov 2018 23:07Berita Sumut

Satu Keluarga Korban Pembunuhan, Jenazahnya Tiba di Bandara Kualanmu

Dengan menggunakan dua pesawat komersil dari Jakarta membawa empat jenazah satu keluarga korban pembunuhan sadis di Bekasi, tiba di Bandara Kualanamu, Deli Serdang, Sumatera Utara, Rabu (14/11/2018) malam.

Rabu, 14 Nov 2018 20:30Berita Sumut

Korban Tewas Keempat Longsor Nisel Kembali Ditemukan

Korban keempat akibat tanah longsor yang terjadi di Dusun Dua, Desa Suka Maju Mohili, Gomo, Nias Selatan (Nisel), ditemukan Tim SAR gabungan.

Rabu, 14 Nov 2018 20:15Ekonomi

Kurs Jisdor turun 1% menjadi Rp 14.895 per dollar AS

Kurs Jisdor turun 1% menjadi Rp 14.895 per dollar AS.. Bank Indonesia masih menunggu data domestik di mana kurs tengah rupiah melemah cukup dalam kemarin.

Rabu, 14 Nov 2018 20:00Berita Sumut

Balitbang Kaji Potensi dan Daya Tarik Wisata Kota Medan

Pengembangan bidang pariwisata merupakan suatu hal yang perlu dilakukan oleh Pemko Medan mengingat potensi wisata Kota Medan sendiri sangat besar. Untuk mengembangan pariwisata dibutuhkan berbagai pendukung untuk memperlancar jalannya kegiatan

Rabu, 14 Nov 2018 19:45Lifestyle

Beli Produk Harus Mengantisipasi Kemanan dan Kesehatan

Masyarakat dalam mengakses produk yang diinginkan sangat mudah sekarang ini, Namun, harus lebih hati hati. Pasalnya, produsen "kalengan" semakin mudah menjangkau pasarnya. Tentu dengan mengabaikan sisi keamanan dan kesehatan

Rabu, 14 Nov 2018 19:30Berita Sumut

Dua Rekannya Berhasil Kabur, Sedangkan Dirinya Babak Belur Pukuli Warga

Sepandai pandai tupai melompat, sekali kali akan jatuh ketanah. Kata kiasan ini, pantas dilontar terhadap tersangka jambret handpone milik salah seorang pengemudi ojek online.

Rabu, 14 Nov 2018 19:15Berita Sumut

Pemko Medan Tak Terbebani Pencapaian Target PAD

Dengan dicabutnya Perda Kota Medan No. 5 Tahun 2016 tentang Retribusi Izin Gangguan, Pemko Medan tidak terbebani dalam pencapaian target PAD Kota Medan. Sebab, langkah-langkah antisipatif sudah dilakukan Pemko Medan dengan mengoptimalkan potensi PAD pada

Rabu, 14 Nov 2018 19:00Aceh

Kenali Lebih Dekat Alat Pantau Kamla di SPKKL Aceh

Sejumlah pelajar dan taruna dan taruni dari beberapa sekolah dan akademi berkunjung ke SPKKL Aceh untuk melihat dan mengenal lebih dekat tugas yang dijalankan Stasiun Pemantauan Keamanan dan Keselamatan Laut (SPKKL) Aceh, di Kec. Mesjid Raya, Kab. Aceh Be

Rabu, 14 Nov 2018 18:53Berita Sumut

Akhyar & 2 Wakil Ketua DPRD Medan Tinjau Terminal Amplas

Wakil Wali Kota Medan Akhyar Nasution bersama dua Wakil Ketua DPRD Medan H Iswanda Nanda Ramli dan Ikhwan Ritonga serta salah seorang anggota DPRD Medan T Aswin ST meninjau Terminal Terpadu Amplas (TTA), Rabu (14/11) petang. Peninjauan dilakukan untuk mel

Rabu, 14 Nov 2018 18:43Lifestyle

Pria dan Wanita Memiliki Beberapa Persamaan

Meskipun ada banyak perbedaan biologis antara pria dan wanita, pada dasarnya pria memiliki beberapa persamaan dengan wanita. Setiap ciptaan tuhan khususnya Manusia yang ada di dunia ini pasti memiliki persamaan, walaupun tidak secara keseluruhan.

Rabu, 14 Nov 2018 18:38Bola

Luka Modric Merasa Optimis Klubnya Menjuarai Liga Champions 2018-2019

Dalam persaingan memburu gelar juara Liga Champions musim 2018-2019, gelandang Real Madrid, Luka Modric memberikan komentar terkait peluang klubnya. Modric optimis Madrid bakal kembali menjadi juara Liga Champions di musim ini.

Rabu, 14 Nov 2018 18:22Berita Sumut

Bupati Soekirman Sampaikan Komitmen Junjung Tinggi dan Peduli HAM

Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir H Soekirman didaulat sebagai Keynote Speaker pada acara Festival Hak Asasi Manusia (HAM) Indonesia Tahun 2018 bertempat di Kabupaten Wonosobo Jawa Tengah, Rabu (14/11). Festival tersebut mengangkat tema Merawat Keberag

Rabu, 14 Nov 2018 18:00Berita Sumut

APBD 2019 Pemkab Sergai Diproyeksikan Rp 1.5 Trilyun

APBD Pemkab Serdangbedagai pada tahun 2019 diproyeksi sebesar Rp 1.570.104.307.000. Jumlah itu didominasi anggaran Belanja Tidak Langsung sebesar Rp 56,50%.