MARHABAN YA RAMADHAN

Anggota DPRD Medan

Wong Chun Sen Sosialisasi Perda di Kecamatan Medan Tembung

Mtc/James Sabtu, 13 April 2019 23:03 WIB
Matatelinga/jamesppardede
Anggota DPRD Kota Medan Wong Chun Sen menggelar acara Sosialisasi Perda di Medan Tembung, Sabtu (13/4/2019).
MATATELINGA, Medan: Anggota DPRD Kota Medan Drs. Wong Chun Sen, M.Pd.B menggelar acara Sosialisasi yang ke-8 terkait Peraturan Daerah (Perda) Kota Medan No. 2 Tahun 2017 tentang Retribusi Perpanjangan Izin Mempekerjakan Tenaga Kerja Asing (IMTA) di Jalan Seser, Kelurahan Sidirejo Hilir, Kecamatan Medan Tembung, Sabtu (13/4/2019).


Dalam paparannya Wong mengatakan, orang asing yang ingin bekerja di Indonesia harus mematuhi peraturan-peraturan dan ada Perda yang mengatur untuk mendapatkan APBD kota Medan, sebab, jika Pendapatan Asli Daerah (PAD) tidak diberikan, maka bagaimana kesejahteraan masyarakat Kota Medan akan diberikan untuk kesejahteraan rakyat.

"Contohnya, kita ingin memberikan bantuan seperti Kartu Indonesia Sehat (KIS) kepada masyarakat, darimana itu didapatkan, tentunya dari retribusi-retribusi yang kita ambil. Ini salah satu contoh dimana retribusi izin mempekerjakan orang asing ini selamanya diterima di pusat (Jakarta-red) yaitu orang asing yang bekerja di Indonesia itu mereka harus membayarkan khusus pengurusan IMTA. Perpanjangan IMTA adalah izin yang diberikan Walikota atau Pejabat yang ditunjuk kepada pemberi kerja tenaga kerja asing sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. 


Sementara itu, Tenaga Kerja Asing adalah warga negara asing pemegang visa dengan maksud bekerja di wilayah daerah. Seperti pada Bab VI (enam) pasal 8 Perda Nomor 2 Tahun 2017 ini, terkait struktur dan besarnya tarif retribusi Perpanjangan IMTA sebagaimana dimaksud dalam pasal 6 ayat (1) sudah titetapkan sebesar US $ 100 (seratus dollar US) per orang setiap bulannya.

"Jadi, kalau dia nginap di Indonesia selama satu tahun, tarif retribusinya sebesar US $ 1200 (seribu dua ratus dollar US) per orangnya. Bayangkan kalau orang asingnya ada 50 (lima puluh) ribu orang, berapa miliar yang kita dapat, gitu kan. Pendapatan inilah yang perlu kita ketahui," tegasnya dihadapan ratusan undangan dari kelompok masyarakat yang juga dihadiri perwakilan pemerintah.


Banyaknya perusahaan-perusahaan asing yang berdiri harus diketahui izin tinggal Warga Negara Asing yang bekerja di Indonesia, khususnya Kota Medan. Aapkah mereka itu memiliki izin atau tidak, izin mereka sudah lewat over stay (masa tinggal). 

"Peraturan-peraturan ini harus kita pahami terutama mengenai perda-perda yang sudah ada. Ada juga yang mempekerjakan orang-orang yang gajinya itu dibawah UMR, ada temuan-temuan ini kan gak boleh dan ada beberapa hal yang harus kita ketahui tentang tenaga kerja asing," tandasnya.


Yang jadi masalah, kalau mereka masuk tak ada izin. Kalau mereka masuk tak ada izin, maka negara kita Indonesia telah dirugikan, retribusinya dimana dan pekerjaan mereka apa kita juga harus tahu," tegasnya.

Pada KepMen Tenaga Kerja dan Transmigrasi No. 40 Tahun 2012, tenaga kerja asing tidak boleh menduduki jabatan-jabatan tertentu. Dengan mengacu kepada ; Pasal 46 ayat (2) UU No. 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2003 Nomor 39, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4279); Keputusan Presiden Nomor 84/P Tahun 2009; peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Nomor PER.02/MEN/III/2008 tentang Tata Cara Penggunaan Tenaga Asing; peraturan Kepala Badan Pusat Statistik Nomor 57 Tahun 2009 tentang Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia.


Berikut ini adalah daftar beberapa jabatan-jabatan yang tidak boleh diduduki tenaga kerja asing. Mulai dari Direktur Personalia (Personnel Director), Manajer Hubungan Industrial (Industrial Relation Manager), Manajer Personalia (Human Resource Manager), Supervisor Pengembangan Personalia (Personnel Development Supervisor), Supervisor Perekrutan Personalia (Personnel Recruitment Supervisor) serta jabatan strategis lainnya.


Perwakilan pemerintah yang hadir adalah dari Kelurahan Sidorejo Hilir Suyetno dan M. Harvinsyah. R. Harahap. Sementara dari perwakilan dinas terkait tidak ada yang hadir.
Editor: James P Pardede

T#g:DPRD Kota MedanMatatelingaPDI PerjuanganPerda Kota MedanTerkiniWong Chun Sen
Komentar
Jumat, 24 Mei 2019 23:45Berita Sumut

Buka Puasa Bersama Insan Pers, Gubernur Edy Harapkan Wartawan Beritakan Kesulitan Rakyat

Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi percaya bahwa insan pers memiliki peran

Jumat, 24 Mei 2019 23:30Nasional

Tim Prabowo-Sandi Resmi Ajukan Gugatan Sengketa Pemilu ke MK

Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi resmi mendaftarkan gugatan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU)

Jumat, 24 Mei 2019 23:15Nasional

11 Jam Diperiksa, Amien Rais Dicecar 37 Pertanyaan

Hampir 11 jam Ketua Dewan Pembina Partai Amanat Nasional (PAN), Amien Rais diperiksa penyidik Polda Metro Jaya

Jumat, 24 Mei 2019 22:50Berita Sumut

Gubernur: Segera Benahi Organisasi Gerakan Pramuka

Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi membuka secara resmi Musyawarah Daerah (Musda) Gerakan Pramuka Sumut, Jumat (24/5/2019) di Kantor UPT Pertanian Jalan AH Nasution Medan. Gubernur berpesan agar segera dilakukan pembenahan terhadap organisasi

Jumat, 24 Mei 2019 22:44Berita Sumut

Aksi GNKR di DPRD Sumut Mulai Ricuh, Kapolrestabes Lantunkan Zikir

Aksi unjuk rasa Gerakan Nasional Kedaulatan Rakyat di DPRD Sumut memanas, Kamis (24/5) memanas. Massa aksi mulai melempari benda ke arah gedung DPRD Sumut.

Jumat, 24 Mei 2019 22:35Aceh

Kenapa kantor keuchik di Segela Warga...?

Kantor Desa Suak Raya, Kecamatan Johan Pahlawan, Kabupaten Aceh Barat disegel warga, Kamis (23/5/2019).

Jumat, 24 Mei 2019 22:20Berita Sumut

Ramadhan 1440 H Badan Amil Zakat Nasional Pemkab Asahan Serahkan Zakat

Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Asahan, Jum’at (24/5/2019) telah meyerahkan zakat kepada mustahik sebanyak 1.604 orang dari 201 desa / kelurahan yang berada di 25 Kecamatan di Asahan, penyerahan zakat oleh Baznas Asahan juga dihadiri oleh Plt

Jumat, 24 Mei 2019 22:05Internasional

Akibat Kelelahan, Tiga Pendaki Gunung Meninggal Dunia

Para pendaki dilaporkan kelelahan saat mengantre menuju puncak Gunung everest, meninggal dunia saat mengantre menuju puncak. Jumlah korban tewas menjadi tujuh dalam seminggu.

Jumat, 24 Mei 2019 21:50Berita Sumut

Sesosok Bayi Laki Laki ditemukan Sudah Membusuk di PTPN2

Warga Dusun VIII Pasar III Desa Kelumpang Kebun, Kecamatan Hamparan Perak Kabupaten Deli Serdang diebohkan dengan penemuan sesosok bayi jenis laki-laki yang sudah membusuk, di areal perkebunan tebu, Jumat (24/5/2019).

Jumat, 24 Mei 2019 21:35Berita Sumut

Sekda Ajak Warga Medan Bantu Para Mustahik

Pemko Medan bersama Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Sumatera Utara serta Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Medan menyerahkan zakat kepada 400 orang siswa miskin dan kaum Dhuafa, di Atrium Plaza Medan fair Jalan Jend Gatot Subroto

Jumat, 24 Mei 2019 21:20Berita Sumut

Koordinator Wartawan Pemko Medan Berbagi Takjil

Koordinator Wartawan di lingkungan Pemerintah Kota (Pemko) Medan berbagi takjil berbuka puasa di Jalan Balai Kota, Medan, Jumat (24/5/2019) sore.

Jumat, 24 Mei 2019 21:05Berita Sumut

Akhyar Beri Bantuan Kepada Korban Kebakaran Jalan Alumunium III

Pemko Medan memberikan bantuan kepada korban kebakaran di Jalan Alumunium III Lingkungan XII Kelurahan Tanjung Mulia Kecamatan Medan Deli, Jumat (24/5/2019). Penyerahan bantuan ini diserahkan langsung Wakil Wali Kota Medan Ir Akhyar Nasution MSi usai mel

Jumat, 24 Mei 2019 20:50Berita Sumut

Desa Buntu Pane Duta Asahan Dalam Lomba Desa Tingkat Propinsi Sumatera Utara

Desa Buntu Pane kecamatan Buntu Pane Asahan setelah menjadi juara lomba tingkat kabupaten Asahan pada tahun 2018 lalu, kini desa Buntu Pane menjadi duta Kabupaten Asahan dalam mengikuti lomba desa pada tingkat Prpinsi Sumatera Utara tahun 2019.

Jumat, 24 Mei 2019 20:46Berita Sumut

Kelelahan Kawal Aksi Unras, Sejumlah Polisi Terlelap di Halaman DPRD Sumut

Saat pengunjuk rasa di DPRD Sumut menunaikan salat Isya dan Tarawih berjamaah, sejumlah personil Polri yang melakukan pengamanan menyempatkan diri untuk beristirahat.

Jumat, 24 Mei 2019 20:35Berita Sumut

Wali Kota Hadiri Rapat Pengamanan Idul Fitri 1440 H Di Mapoldasu

Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH menghadiri Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Operasi Ketupat Toba 2019 di Mapolda Sumut, Jumat (24/5/2019). Rapat yang digelar jajaran Polda Sumut ini dalam rangka kesiapan pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1440

Jumat, 24 Mei 2019 20:20Berita Sumut

Wali Kota Jadikan Ramadhan Momentum Bangun Jembatan Hati

Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH menjadikan bulan suci Ramadhan 1440 H sebagai momentum membangun jembatan hati dan meningkatkan tali silaturahmi dengan masyarakat melalui Safari Ramadhan. Kehadiran Wali Kota bersama sejumlah pimpinan organ