• Home
  • Berita Sumut
  • Wong Chun Sen Sosialisi Perda Tentang Penanggulangan Kemiskinan

Wong Chun Sen Sosialisi Perda Tentang Penanggulangan Kemiskinan

Mtc/James Senin, 27 Mei 2019 05:46 WIB
Matatelinga/james p pardede
Sosialisas perda tentang penanggulangan kemiskinan oleh Anggota DPRD Medan Wong Chun Sen dihadiri Camat Medan Timur Oddi Batubara
MATATELINGA, Medan : Anggota DPRD Kota Medan Drs. Wong Chun Sen, M.PdB menggelar acara Sosialisasi Peraturan Daerah Kota Medan di Hotel Karibia Boutique Jalan Timor, Medan, Minggu (26/5/2019) kepada masyarakat dan mahasiswa yang ada di daerah pemilihan 3 (Medan Timur, Medan Perjuangan dan Medan Tembung).


Sosialisasi yang dilakukan adalah terkait dengan Perda No. 5 tahun 2015 tentang Penanggulangan Kemiskinan di Kota Medan. Dimana dalam peraturan tersebut telah diatur beberapa hal untuk menaggulangi masalah kemiskinan dan memberikan bantuan kepada masyarakat dengan kategori miskin.

Berdasarkan pengamatan di lapangan, kata Wong Chun Sen banyak juga kita temukan warga miskin yang datang ke Medan, akan tetapi ketika mereka sudah tinggal lebih dari enam bulan di kota Medan, berarti mereka berhak mendapat bantuan dari pemerintah Kota Medan.

Dampak dari penerapan Perda No 5 Tahun 2015 tentang Penanggulangan Kemiskinan di Kota Medan belum berjalan sesuai dengan harapan. Penerapan Perda ini akan memberikan dampak positif apabila upaya memperbaiki kehidupan masyarakat Kota Medan, khususnya masyarakat miskin dapat menerima manfaatnya.


Perda Penanggulangan Kemiskinan ini, kata Wong yang akrab juga disapa Tarigan terdiri dari XII BAB dan 29 Pasal. Seperti pada BAB II Pasal 2 disebutkan tujuan Perda adalah menjamin perlindungan warga miskin secara bertahap dan mempercepat penurunan jumlah warga miskin.

Kemudian, pada BAB IV Pasal 9 yakni setiap warga miskin mempunyai hak atas kebutuhan pangan, pelayanan kesehatan, pelayanan pendidikan, pekerjaan dan berusaha, modal usaha, perumahan, air bersih dan sanitasi yang baik, mendapatkan lingkungan hidup yang baik dan sehat, rasa aman dari ancaman tindak kelerasan dan berpatisipasi dalam kehidupan sosial dan politik.

"Perda ini telah mengatur apa saja hak dan kewajiban masyarakat kurang mampu dalam memenuhi kebutuhannya. Untuk pemenuhan hak sebagaimana Pasal 9 dibiayai dan bersumber dari APBD. Untuk merealisasikan pelaksanaan program penanggulangan kemiskinan, Pemko wajib menyisihkan minimal 10 % dari Pendapatan Asli Daerah (PAD). Dalam percepatan penuntasan kemiskinan Pemko dapat menggalang partisipasi masyarakat dalam dunia usaha, lembaga pemerintah dan kemasyarakatan," tandasnya.


Selain mendapatkan hak, lanjut Wong Chun Sen warga miskin juga punya kewajiban seperti diatur pada BAB V Pasal 11 menyebutkan agar warga miskin berkewajiban mengusahakan peningkatan taraf kesejahteraannya serta wajib mentaati dan berperan aktif terhadap segala upaya penanggulangan kemiskinan. Warga miskin juga berkewajiban mentaati norma, estetika dan peraturan per undangundangan yang berlaku.

"Harapan kita ke depan, dengan diterapkannya Perda ini jumlahh masyarakat miskin semakin berkurang dan kesadaran masyarakat untuk memperbaiki taraf hidupnya juga semakin meningkat. Kata kuncinya adalah mau berusaha dan bekerja keras serta tidak ketergantungan dengan bantuan pemerintah," tandasnya.


Camat Medan Timur Oddi Batubara yang hadir pada acara sosialisasi menyampaikan bahwa acara sosialisasi ini sangat berguna bagi masyarakat dan dengan adanya sosialisasi ini masyarakat bisa mengetahui perda apa saja yang sudah ada dan sekaligus menjadi tempat untuk menyampaikan aspirasinya. 

"Kita pun di pemerintahan, khususnya di Kecamatan Medan Timur mengharapkan adanya kerjasama yang baik antara pemerintah dengan masyarakat dan legislatif. Lewat sosialisasi ini juga saya mengharapkan seluruh masyarakat bersinergi dalam mengatasi masalah kebersihan," tandasnya.

Kalau ada menemukan TPS liar, kata Oddi segera melaporkan kepada petugas di lapangan agar predikat kota yang kotor dan jorok bisa kita ubah menjadi kota yang bersih.

Editor: James P Pardede

T#g:DPRD MedanMatatelingamatatelinga.commatatelinga comSosperTerkiniWongchunsen
Komentar
Senin, 17 Jun 2019 20:40Nasional

Polri Raih Poin Opini Wajar Tanpa Pengecualian Dalam Laporan Keuangan BPK RI T.A 2018

Kapolri Jenderal Polisi Prof. H. Muhammad Tito Karnavian, Ph.D Menghadiri Acara Penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) BPK Atas Laporan Keuangan (LK) Polri Tahun 2018 di Rupattama Mabes Polri siang ini, Senin (17/6/ 2019).

Senin, 17 Jun 2019 20:25Berita Sumut

Rumah Makan Mandala di Lalap Sijago Merah

Rumah makan Mandala yang terletak di Jalan Sumatera Belawan terbakar dibahagian dapurnya pada Senin (17/6/2019) pukul 17.30. Namun, korban jiwa tidak ditemukan dan kerugian diperkirakan puluhan juta rupiah.

Senin, 17 Jun 2019 20:10Berita Sumut

Polres P. Sidempuan Tangkap Pencuri Sepeda Motor Mahasiswa

Pelarian pelaku berinisial SRR ,18, berakhir di tangan Sat Reskrim Polres Padang Sidempuan. Pasalnya, warga Desa Hutaimbaru Padang Sidempuan ini melakukan tindak pidana kasus pencurian sepeda motor Honda Scoopy BK 4903 QAG milik Baidi Lubis ,21, Kamis la

Senin, 17 Jun 2019 19:40Berita Sumut

Edy Rahmayadi: Benahi Forkopimda Untuk Membangun Sumut Bermartabat

Komunikasi dan kerja sama unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) sangat penting dalam membangun daerah. Begitu juga untuk membangun Sumatera Utara yang Bermartabat, harus dibenani dahulu unsur Forkopimda-nya.

Senin, 17 Jun 2019 19:25Berita Sumut

Pemko Medan Gelar Medan Great Sale Anniversary 2019

Selain menggelar Festival Band Millenial (FBM) 2019, Pemko Medan melalui Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Medan juga akan menggelar event bertajuk Medan Great Sale Anniversary (MGSA) 2019 guna mmeriahkan HUT Kota Medan ke 429. Melalui MGSA, pusat perbelanja

Senin, 17 Jun 2019 19:10Berita Sumut

Kapolres Asahan Minta Warga Percaya MK Untuk Putuskan Hasil Sengketa Pilpres

Kapolres Asahan AKBP Faisal F. Napitupulu,menghimbau kepada masyarakat agar tidak terprovokasi dengan isu hoax dan ujaran kebencian yang marak di media sosial. "Terkait hasil keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) tentang gugatan Pilpres nantinya, kita p

Senin, 17 Jun 2019 18:40Nasional

Lantik 350 Sarjana Ilmu Kepolisian, Kapolri Sampaikan Hal Ini

Kapolri Jenderal Pol Prof. H. M. Tito Karnavian bersama Ketua Umum Bhayangkari, Tri Tito Karnavian menghadiri Acara Dies Natalis ke-73 tahun 2019 dan Wisuda Sarjana Ilmu Kepolisian Program Pendidikan Strata 1 (S1) angkatan ke-74, 75, 76 serta Program Pend

Senin, 17 Jun 2019 18:25Berita Sumut

Ketua TP PKK Sumut Apresiasi Program Literasi PKK Daerah

Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) Nawal Edy Rahmayadi mengapresiasi program literasi yang dilaksanakan oleh PKK di daerah. Seperti yang dilakukan Kota Binjai dengan program Dasa Wisma Literasi

Senin, 17 Jun 2019 18:10Internasional

Polisi di Tikam Senjata Tajam dan Pistol Dicuri

Petugas Suzunosuke Kose ,26, ditemukan di pos polisi dengan pisau masih tertanam di sisi kiri dadanya. Ia juga mendapat luka lainnya. Layanan darurat diberitahu tentang kejadian itu sekitar pukul 5.40 pagi.

Senin, 17 Jun 2019 17:55Nasional

Politisi PKS: Parpol Lolos PT Segera Konsolidasi Tanpa Mengabaikan Check and Balance

Anggota MPR dari Fraksi PKS, Jazuli Juwaini,mengatakan partai politik dibangun untuk mengejar kekuasaan namun hal demikian harus diimbangi dengan nurani dan mendahulukan kepentingan bangsa.

Senin, 17 Jun 2019 17:40Berita Sumut

Sri Ayu Mihari Harapkan Semakin Banyak Kabupaten/Kota Ramah Anak di Sumut

Wakil Ketua Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) Sri Ayu Mihari Musa Rajekshah menyampaikan apresiasi atas terpilihnya Kelurahan Sei Agul, Kecamatan Medan Barat, Kota Medan sebagai salah satu dar

Senin, 17 Jun 2019 17:25Ekonomi

Nilai Tukar Rupiah Kembali Melemah

Pada akhir perdagangan New York, euro jatuh menjadi USD1,1279 dari USD1,1286 pada sesi sebelumnya, dan pound Inggris turun menjadi USD1,2682 dari USD1,2687 pada sesi sebelumnya. Dolar Australia turun menjadi USD0,6916 dari USD0,6926.

Senin, 17 Jun 2019 17:10Berita Sumut

Kelurahan Sei Agul Masuk 6 Besar Penilaian PAAR-CKS Tingkat Nasional

Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) sebagai unsur pembangunan bangsa memiliki misi mulia dalam memberi dukungan terhadap peningkatan kualitas hidup keluarga dengan mengutamakan sumber daya manusia sejak bayi dalam kandungan, hingga tumbuh dan berkem

Senin, 17 Jun 2019 16:51Berita Sumut

4 Wanita Jadi Korban Perampokan Dalam Angkot di Belawan

Empat orang remaja putri di Belawan menjadi korban perampokan yang dilakukan seorang oknum supir angkutan kota (Angkot) pada Minggu (16/6/2019) dinihari. Peristiwa ini terjadi di kawasan Jalan KLY Sudarso tepatnya di kawasan Simpang Gudang Arang Lama.

Senin, 17 Jun 2019 16:27Bola

Absennya Neymar, Pertahanannya Masih Kuat

Absennya Neymar merupakan pukulan bagi Brasil, tetapi hal itu takkan mengurangi ketangguhan Brasil selaku tuan rumah Copa America 2019

Senin, 17 Jun 2019 16:11Berita Sumut

Diduga Dibuang, Bayi Ditemukan Dalam Kondisi Hidup di Areal Perkebunan Sergai

Pekerja perkebunan kelapa sawit milik perusahaan perkebunan Paya Pinang, di Kecamatan Syahbandar, Kabupaten Serdangbedagai digegerkan dengan temuan bayi berjenis kelamin perempuan Sumatera Utara, Senin (17/6/2019). Bayi itu ditemukan dalam kondisi hidup