• Home
  • Bola
  • Sudah Kalah, Didenda Seratus Juta

Sudah Kalah, Didenda Seratus Juta

Amr/Dtc/Net Kamis, 09 November 2017 06:54 WIB
Google
Sholat Idul Adha 1439 H
MATATELINGA, Denpasar:  Komdis PSSI memutuskan Mitra Kukar bersalah karena menurunkan pemain yang tengah dalam periode hukuman saat berhadapan dengan Bhayangkara FC. Hasil pertandingan yang awalnya 1-1 pun kini dinyatakan dimenangkan Bhayangkara FC dengan skor 3-1. Keputusan Komdis didasari pasal 31 kode disiplin PSSI.

Tak hanya dinyatakan kalah, Mitra Kukar juga harus membayarkan denda Rp 100 juta karena juga terjadi pelanggaran terhadap pasal 55 kode disiplin PSSI sesuai dengan surat bernomor 116/L1/SK/KD-PSSI/X/2017.

Komdis menilai Mitra Kukar tak disiplin karena memainkan Mohamed Sissoko yang sedang menjalani hukuman di laga tersebut. Dalam keputusan Komdis sebelumnya, Sissoko dinyatakan mendapatkan hukuman larangan dua kali bermain. Pertama, melawan Bhayangkara FC dan Persiba Balikpapan pada 11 November mendatang, serta denda Rp10 juta.

Mitra Kukar menyatakan tak menerima surat keputusan hukuman Sissoko. Oleh karena itu pemain asal Mali itu dimainkan.

Dengan adanya keputusan Komdis tersebut, Bhayangkara FC sangat diuntungkan dan pada akhirnya merengkuh gelar juara usai mengalahkan Bali United, Rabu (8/11/2017).

Merespon keputusan itu, Yabes menilai Mitra Kukar tidak salah sebab dalam Nota Larangan Bermain (NLB) yang dikeluarkan LIB pada laga 3 November, tak ada nama Sissoko di dalamnya. NLB adalah surat peringatan yang dikirim kepada klub-klub setiap kali sebelum pertandingan.

Pada surat itu selalu dicantumkan daftar nama-nama pemain yang sudah terkena kartu merah, kuning dan yang tak bisa dimainkan. Sehingga klub sudah tahu siapa saja pemain yang bakal diturunkan pada setiap laga.

"Kami klub bisa hitung jumlah kartu kuning dan kartu merah, sehingga semua tahu siapa yang bermain main atau tidak sebelum bertanding, bahkan ketika latihan taktiks," ungkap Yabes.

"Surat Komdis, kami sudah bosan. Jadi biasa dilewatkan bacanya karena berupa denda dan dipotong langsung dari subsidi. Sementara hukuman tambahan tidak bisa kami hitung karena selama ini langsung ada di NLB."

"Karena kelalaian dari LIB yang dihukum adalah klub. Padahal klub sudah memakai sistem online yang disediakan juga oleh LIB untuk pemilihan pemain yang berhak atau tidak," tambahnya.

Bali United menjadi klub yang paling dirugikan karena masalah ini. Sebab kans juara yang sudah ada di depan mata hilang.

Yabes menduga ada konsipirasi atau kepentingan di dalam keputusan tersebut. Pasalnya kasus-kasus lain seperti kericuhan di laga Liga 1 U-19 antara Bali United dan Bhayangkara FC yang memakan korban, pemain Bali United mengalami cedera leher belum diputuskan hukumannya.

"Sangat kecewa, yang salah itu LIB mereka lalai. Ini yang dihukum klub atau ada klub yang diuntungkan," katanya menegaskan.


(Mtc/Dtc)
Editor: Amrizal

T#g:liga indonesiaMataMatatelingasepak bola
Komentar
Sabtu, 18 Agu 2018 20:28Berita Sumut

Jangan Salah Paham! Ini Islam Nusantara Yang Sebenarnya

Islam Nusantara jadi topik seminar nasional yang digelar Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (ISNU) Sumatera Utara, di Hotel Madani, Medan, Sabtu (18/8/2018).

Sabtu, 18 Agu 2018 19:50Berita Sumut

Wali Kota & Masyarakat Kelurahan Menteng Hut RI ke 73

Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi bersama seribuan warga dengan gembira dan penuh antusias merayakan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke-73 tahun 2018 di Lapangan Sepakbola Kampus PTKI Jalan Menteng Vii, Kelurah

Sabtu, 18 Agu 2018 19:35Berita Sumut

Empat Korban Tewas Bus Masuk Jurang di Tobasa Ditemukan Terjepit

Empat penumpang bus yang jatuh ke jurang di Tobasa ditemukan dalam kondisi terjepit. Keempatnya dikabarkan tewas.

Sabtu, 18 Agu 2018 19:20Nasional

Ketua MPR: Meski Konstitusi Ada Perubahan Namun Tujuan Berbangsa dan Bernegara Harus Tetap

Ketua MPR: Meski Konstitusi Ada Perubahan Namun Tujuan Berbangsa dan Bernegara Harus Tetap

Sabtu, 18 Agu 2018 19:05Berita Sumut

Multi Etnik Sumut Pukau Negara Sahabat

Para tamu kehormatan dari perwakilan Negara-Negara sahabat terlihat menikmati suguhan tari dan lagu Multi Etnik Sumatera Utara (Sumut) dalam Resepsi Kenegaraan memperingati 73 tahun Kemerdekaan RI di rumah dinas Gubernur

Sabtu, 18 Agu 2018 18:50Berita Sumut

Pj Gubsu Harapkan Rasa Kebangsaan Harus Terus Tumbuh

Penjabat Gubernur Sumatera Utara (Pj Gubsu) Drs Eko Subowo MBA mengucapkan selamat dan rasa bangga atas keberhasilan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka

Sabtu, 18 Agu 2018 18:35Berita Sumut

Dinas PPKB & PP PA Asahan Mendapat Juara II Lomba Kebersihan Dalam HUT.RI Ke 73

Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Asahan , dalam peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia ke 73

Sabtu, 18 Agu 2018 18:20Nasional

Helikopter Dauphin -HR-3601 perkuat Satgas MTF TNI di Lebanon

Helikopter TNI Dauphin -HR-3601 diberangkatkan dalam rangka mendukung misi Satgas MTF TNI XXVIII-J/ Unifil dengan menggunakan pesawat cargo Antonov AN-124 Volga Dnepr dengan upacara pelepasan di Apron Baseops Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanudal)

Sabtu, 18 Agu 2018 17:42Berita Sumut

Proses Evakuasi Masih Berlanjut, Ini Data Korban Bus Masuk Jurang di Tobasa

Hingga berita ini diturunkan, evakuasi bangkai bus yang masuk jurang masih terus diupayakan dengan menggunakan dua buah alat berat.

Sabtu, 18 Agu 2018 16:50Berita Sumut

Dua Oknum Pegawai Dispenda Terjaring OTT di Rumah Makan

Dua oknum pegawai Dispenda Medan dikabarkan terjaring operasi tangkap tangan (OTT) Polda Sumut, Sabtu (18/8/2018). Keduanya dikabarkan diringkus dari rumah makan ayam penyet Ria di jalan Karya, Medan.

Sabtu, 18 Agu 2018 16:34Berita Sumut

MUI Sumut Masih Kaji Penggunaan Istilah Islam Nusantara

Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Sumatera Utara hingga saat ini belum mempunyai sikap soal penggunaan istilah Islam Nusantara yang belakangan ini menuai pro kontra.

Sabtu, 18 Agu 2018 15:53Berita Sumut

Bupati Asahan Irup HUT.RI Ke 73 Dialun alun Kisaran

Bupati Asahan drs.H.Taufan Gama Simatupang, MAP bertindak selaku inspektur upacara (Irup) pada peringatan hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia ke 73, yang dilaksanakan di alun alun kota Kisaran

Sabtu, 18 Agu 2018 15:49Berita Sumut

Kunjungi Penderita Tumor, Kapolres Labuhanbatu "Kewajiban Manusia Saling Bantu dan Berbagai"

Kunjungi Penderita Tumor, Kapolres Labuhanbatu "Kewajiban Manusia Saling Bantu dan Berbagai"

Sabtu, 18 Agu 2018 15:45Berita Sumut

Pemerintah Kabupaten Asahan Gelar Malam Resepsi HUT.RI ke 73

Puncak rangkaian Kegiatan dalam rangka peringatan Hari Kemerdekaan RI Ke- 73 Tahun 2018 di Kabupaten Asahan ditutup dengan sebuah malam resepsi Kemerdekaan yang cukup meriah. Diselenggarakan di Pendopo Rumah Dinas Bupati Asahan Jum’at (17/8/2018) , kegia

Sabtu, 18 Agu 2018 14:47Berita Sumut

Bus Angkut Rombongan Pesta Masuk Jurang di Tobasa, 2 Dipastikan Tewas

Bus pengangkut rombongan pesta masuk jurang di Jembatan Sipegepege Desa Lumban Rau Timur Kecamatan Nassau Toba Samosir Sumatera Utara pada Sabtu (18/8/18) sekitar pukul 07:00. Bus itu diperkirakan mengangkut sekitar 35 orang penumpang.

Sabtu, 18 Agu 2018 13:15Berita Sumut

"Pak Wali, Kami Bayar Pajak Tapi Jalan Kami Bagai Kubangan Kerbau "

Sebagai salah satu kota metropolitan, Kota Medan masih menjadi sorotan warganya terutama soal jalan berlubang yang berakibat menggangu kenyamanan bagi warga.