• Home
  • Bola
  • Sudah Kalah, Didenda Seratus Juta

Sudah Kalah, Didenda Seratus Juta

Amr/Dtc/Net Kamis, 09 November 2017 06:54 WIB
Google
MATATELINGA, Denpasar:  Komdis PSSI memutuskan Mitra Kukar bersalah karena menurunkan pemain yang tengah dalam periode hukuman saat berhadapan dengan Bhayangkara FC. Hasil pertandingan yang awalnya 1-1 pun kini dinyatakan dimenangkan Bhayangkara FC dengan skor 3-1. Keputusan Komdis didasari pasal 31 kode disiplin PSSI.

Tak hanya dinyatakan kalah, Mitra Kukar juga harus membayarkan denda Rp 100 juta karena juga terjadi pelanggaran terhadap pasal 55 kode disiplin PSSI sesuai dengan surat bernomor 116/L1/SK/KD-PSSI/X/2017.

Komdis menilai Mitra Kukar tak disiplin karena memainkan Mohamed Sissoko yang sedang menjalani hukuman di laga tersebut. Dalam keputusan Komdis sebelumnya, Sissoko dinyatakan mendapatkan hukuman larangan dua kali bermain. Pertama, melawan Bhayangkara FC dan Persiba Balikpapan pada 11 November mendatang, serta denda Rp10 juta.

Mitra Kukar menyatakan tak menerima surat keputusan hukuman Sissoko. Oleh karena itu pemain asal Mali itu dimainkan.

Dengan adanya keputusan Komdis tersebut, Bhayangkara FC sangat diuntungkan dan pada akhirnya merengkuh gelar juara usai mengalahkan Bali United, Rabu (8/11/2017).

Merespon keputusan itu, Yabes menilai Mitra Kukar tidak salah sebab dalam Nota Larangan Bermain (NLB) yang dikeluarkan LIB pada laga 3 November, tak ada nama Sissoko di dalamnya. NLB adalah surat peringatan yang dikirim kepada klub-klub setiap kali sebelum pertandingan.

Pada surat itu selalu dicantumkan daftar nama-nama pemain yang sudah terkena kartu merah, kuning dan yang tak bisa dimainkan. Sehingga klub sudah tahu siapa saja pemain yang bakal diturunkan pada setiap laga.

"Kami klub bisa hitung jumlah kartu kuning dan kartu merah, sehingga semua tahu siapa yang bermain main atau tidak sebelum bertanding, bahkan ketika latihan taktiks," ungkap Yabes.

"Surat Komdis, kami sudah bosan. Jadi biasa dilewatkan bacanya karena berupa denda dan dipotong langsung dari subsidi. Sementara hukuman tambahan tidak bisa kami hitung karena selama ini langsung ada di NLB."

"Karena kelalaian dari LIB yang dihukum adalah klub. Padahal klub sudah memakai sistem online yang disediakan juga oleh LIB untuk pemilihan pemain yang berhak atau tidak," tambahnya.

Bali United menjadi klub yang paling dirugikan karena masalah ini. Sebab kans juara yang sudah ada di depan mata hilang.

Yabes menduga ada konsipirasi atau kepentingan di dalam keputusan tersebut. Pasalnya kasus-kasus lain seperti kericuhan di laga Liga 1 U-19 antara Bali United dan Bhayangkara FC yang memakan korban, pemain Bali United mengalami cedera leher belum diputuskan hukumannya.

"Sangat kecewa, yang salah itu LIB mereka lalai. Ini yang dihukum klub atau ada klub yang diuntungkan," katanya menegaskan.


(Mtc/Dtc)
Editor: Amrizal

T#g:liga indonesiaMataMatatelingasepak bola
Komentar
Sabtu, 17 Nov 2018 08:33Berita Sumut

Hendak Konsumsi Narkoba, Polisi Keburu Datang

Pemuda yang baru mulai dewasa berinisial RLS ,21, warga Dusun V Desa Silo Bonto Kecamaatan Silau laut Asahan, harus merenungi nasib hari harinya di dalam sel tahanan milik Polri. Pasalnya, dia dibekuk opsnal Reskrim Polsek Air Joman saat hendak mengkomsu

Sabtu, 17 Nov 2018 07:25Berita Sumut

Kapolsek Medan Timur Sambangi Warga Butuh Perhatian

Polsek Medan Timur, Polrestabes Medan, Jumat (16/11/2018) siang mengunjungi beberapa warga yang membutuhkan perhatian.

Sabtu, 17 Nov 2018 07:15Nasional

Diakhir Penugasan, Kogasgabpad TNI Undang Relawan Gempa NTB

Diakhir penugasan, Komando Tugas Gabungan Terpadu (Kogasgabpad) Rehabilitasi dan Rekonstruksi NTB menggelar silaturahmi dengan mengundang 60 orang perwakilan relawan dari berbagai Non Government Organization (NGO) yang memberikan bantuan kepada masyarakat

Sabtu, 17 Nov 2018 07:03Internasional

Sekitar 200 Migran Menunggu di Jembatan El Paso del Norte

Sekitar 200 migran menunggu di Jembatan El Paso del Norte hampir setiap hari untuk meminta suaka agar mereka dapat memasuki AS secara legal. Tetapi sebuah karavan ribuan migran Amerika Tengah sedang dalam perjalanan, sehingga menimbulkan pertanyaan tentan

Sabtu, 17 Nov 2018 06:52Bola

Timnas Indonesia Harus Peroleh Poin dari Thailand

Jika Indonesia tak mampu meraih poin di kandang Thailand, maka peluang Indonesia untuk lolos dari fase grup kian mengecil. Saat ini, Indonesia, Thailand, Filipina, dan Singapura mengoleksi poin yang sama tiga. Jika ada tim yang kehilangan poin, maka tent

Jumat, 16 Nov 2018 21:11Berita Sumut

Hujan Turun, Terjadi Longsor di Sembahe

Akibat hujan yang menguyur beberapa wilayah di Sumatera Utara (Sumut) menyebabkan terjadinya longsor di daerah Deli Serdang tepat di kawasan Sembahe, Jumat (16/11/2018).

Jumat, 16 Nov 2018 20:56Berita Sumut

Dua Pelaku Spesialis Curanmor Meringkuk Terali Besi

Tim unit Reskrim Polrestabes Medan meringkus dua pelaku kasus pencurian kenderaan bermotor roda dua ditempat kediamannya masing masing. Selain meringkus kedua pelaku, Polisi juga menyita barang buktinya.

Jumat, 16 Nov 2018 20:52Nasional

Fokuskan Keselamatan Nelayan, SPKKL Ambon Kunjungi Nelayan dan Siswa SD

Dalam rangka Bina Kreasi Maritim Bakamla, Stasiun Pemantauan Keamanan dan Keselamatan Laut (SPKKL) Ambon memfokuskan kegiatan bagi masyarakat nelayan dan pelajar melalui sosialisasi ke dua lokasi desa nelayan dan satu sekolah dasar di Kota Ambon, Maluku,

Jumat, 16 Nov 2018 20:48Berita Sumut

Pemprov Harapkan Prestasi Atlet Sumut Terus Meningkat

Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprov Sumut) berharap prestasi olah raga atlet Sumut terus meningkat. Juga semakin banyak atlet Sumut yang mengukir prestasi yang membanggakan di tingkat nasional dan internasional

Jumat, 16 Nov 2018 20:41Berita Sumut

Poldasu Tangkap Aktivis Asal Batubara

Direktorat kriminal khusu bagian unit Cyber Cerime Polda Sumatera Utara (Sumut) dikabarkan telah melakukan penangkapan terhadap seorang aktivis asal Kabupaten Batubara, berinisial MYH ,27,.

Jumat, 16 Nov 2018 20:33Berita Sumut

Pemprov Sumut Dukung Usaha Pengolahan Sampah

Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprov Sumut) mendukung usaha pengolahan sampah yang dilakukan oleh masyarakat secara swadaya. Apalagi, selain dapat mengatasi pencemaran lingkungan, juga bisa menjadi penghasilan tambahan

Jumat, 16 Nov 2018 20:19Berita Sumut

Rumah Toko Nyaris Ludes di Lalap Sijago Merah

Sijago Merah meluluhlantakan satu unit Rumah Toko (Ruko) di Jalan Bahagia Baypass, Medan Kota

Jumat, 16 Nov 2018 19:56Berita Sumut

Tim SAR Masih Melakukan Pencarian Jenazah Rony

Memasuki hari ke-4, melakukan jenazah Rony Rizky ,14, yang hanyut di Sungai Batang Gadis, belum juga ditemukan. Seratusan Bayo Panjala (penjaring ikan-red) diturunkan untuk mencari jasad remaja tersebut.

Jumat, 16 Nov 2018 19:50Berita Sumut

Gubsu Edy: Islam di Nias Harus Rahmatan Lil Alamin

Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi bersilaturahmi dengan masyarakat, usai shalat Jumat di Masjid Jami' Shalehin, Desa Miga, Kecamatan Gunungsitoli, Kota Gunungsitoli, Jumat (16/11). Gubernur menyampaikan bahwa Islam di Nias harus rahmatan

Jumat, 16 Nov 2018 19:37Berita Sumut

Penilaian Kecamatan Terbaik Tingkat Provsu Tahap Final Tahun 2018

Tim Penilai Kecamatan Terbaik Tingkat Propinsi Sumut, di hadapan Bupati Sergai Ir H Soekirman, Jumat (16/11/2018) di Aula Sultan Serdang Komplek Perkantoran Bupati Sergai, Sei Rampah. Kecamatan Teluk Mengkudu masuk Nominasi penilaian Kecamatan terbaik Tin

Jumat, 16 Nov 2018 19:33Nasional

1.000 PNS TNI Ikuti Olahraga Bersama HUT ke-47 Korpri

Dalam rangka memeriahkan HUT ke-47 Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) yang jatuh pada tanggal 29 November 2018 mendatang, sekitar 1.000 Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Mabes TNI, TNI AD, TNI AL dan TNI AU mengikuti olahraga bersama