• Home
  • Bola
  • Sudah Kalah, Didenda Seratus Juta

Sudah Kalah, Didenda Seratus Juta

Amr/Dtc/Net Kamis, 09 November 2017 06:54 WIB
Google
MATATELINGA, Denpasar:  Komdis PSSI memutuskan Mitra Kukar bersalah karena menurunkan pemain yang tengah dalam periode hukuman saat berhadapan dengan Bhayangkara FC. Hasil pertandingan yang awalnya 1-1 pun kini dinyatakan dimenangkan Bhayangkara FC dengan skor 3-1. Keputusan Komdis didasari pasal 31 kode disiplin PSSI.

Tak hanya dinyatakan kalah, Mitra Kukar juga harus membayarkan denda Rp 100 juta karena juga terjadi pelanggaran terhadap pasal 55 kode disiplin PSSI sesuai dengan surat bernomor 116/L1/SK/KD-PSSI/X/2017.

Komdis menilai Mitra Kukar tak disiplin karena memainkan Mohamed Sissoko yang sedang menjalani hukuman di laga tersebut. Dalam keputusan Komdis sebelumnya, Sissoko dinyatakan mendapatkan hukuman larangan dua kali bermain. Pertama, melawan Bhayangkara FC dan Persiba Balikpapan pada 11 November mendatang, serta denda Rp10 juta.

Mitra Kukar menyatakan tak menerima surat keputusan hukuman Sissoko. Oleh karena itu pemain asal Mali itu dimainkan.

Dengan adanya keputusan Komdis tersebut, Bhayangkara FC sangat diuntungkan dan pada akhirnya merengkuh gelar juara usai mengalahkan Bali United, Rabu (8/11/2017).

Merespon keputusan itu, Yabes menilai Mitra Kukar tidak salah sebab dalam Nota Larangan Bermain (NLB) yang dikeluarkan LIB pada laga 3 November, tak ada nama Sissoko di dalamnya. NLB adalah surat peringatan yang dikirim kepada klub-klub setiap kali sebelum pertandingan.

Pada surat itu selalu dicantumkan daftar nama-nama pemain yang sudah terkena kartu merah, kuning dan yang tak bisa dimainkan. Sehingga klub sudah tahu siapa saja pemain yang bakal diturunkan pada setiap laga.

"Kami klub bisa hitung jumlah kartu kuning dan kartu merah, sehingga semua tahu siapa yang bermain main atau tidak sebelum bertanding, bahkan ketika latihan taktiks," ungkap Yabes.

"Surat Komdis, kami sudah bosan. Jadi biasa dilewatkan bacanya karena berupa denda dan dipotong langsung dari subsidi. Sementara hukuman tambahan tidak bisa kami hitung karena selama ini langsung ada di NLB."

"Karena kelalaian dari LIB yang dihukum adalah klub. Padahal klub sudah memakai sistem online yang disediakan juga oleh LIB untuk pemilihan pemain yang berhak atau tidak," tambahnya.

Bali United menjadi klub yang paling dirugikan karena masalah ini. Sebab kans juara yang sudah ada di depan mata hilang.

Yabes menduga ada konsipirasi atau kepentingan di dalam keputusan tersebut. Pasalnya kasus-kasus lain seperti kericuhan di laga Liga 1 U-19 antara Bali United dan Bhayangkara FC yang memakan korban, pemain Bali United mengalami cedera leher belum diputuskan hukumannya.

"Sangat kecewa, yang salah itu LIB mereka lalai. Ini yang dihukum klub atau ada klub yang diuntungkan," katanya menegaskan.


(Mtc/Dtc)
Editor: Amrizal

T#g:liga indonesiaMataMatatelingasepak bola
Komentar
Jumat, 27 Apr 2018 09:35Berita Sumut

Gubsu Beri Penghargaan Penggiat Peduli Kebencanaan

Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Dr Ir HT Erry Nuradi MSi memberikan penghargaan kepada 11 orang dan 8 lembaga

Jumat, 27 Apr 2018 09:22Nasional

Rizieq Shihab Restui Alumni 212 Bertemu Jokowi: Utamakan Dialog

Pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab telah merestui sejumlah petinggi Persaudaraan Alumni 212 dan Gerakan Nasional Pengawal Fatwa (GNPF) Ulama bertemu Presiden Joko Widodo. Rizieq menilai dialog harus diutamakan terhadap penyelesaian kasus dug

Jumat, 27 Apr 2018 09:20Berita Sumut

Wali Kota Apresiasi Road Show Komunitas Penulis Donasi 1.000 Buku

Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi mengapresiasi dan mendukung penuh Komunitas Penulis Kota Medan yang memiliki rasa kepedulian tinggi terhadap dunia perbukuan dan literasi di Kota Medan.

Jumat, 27 Apr 2018 09:13Nasional

Polisi Bekuk Pria Pembuat Video Hina Nabi Muhammad

Polda Jawa Timur bersama Polres Mojokerto menangkap seorang warga diduga menghina Nabi Muhammad S.A.W., Rendra Hadi Kurniawan (39). Lelaki itu juga sempat membikin heboh jagat media sosial karena video yang berisi hinaannya terhadap ulama dan Nabi Muhamm

Jumat, 27 Apr 2018 09:05Berita Sumut

Jajaki Kerjasama, Wagubsu dan Asosiasi Tiongkok Langsung Road Show

Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) menyambut baik kerjasama mutualisme yang dilakukan oleh Asosiasi One Belt One Road Si Chuan. Bahkan Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagubsu), Dr Hj Nurhajizah Marpaung, SH MH yang menerima rombongan dalam aud

Jumat, 27 Apr 2018 09:02Ekonomi

BPKM Janji Perketat Pengawasan Jumlah TKA

Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) berjanji bakal memperketat pengawasan terkait jumlah Tenaga Kerja Asing (TKA) yang diajukan oleh pemberi kerja di Indonesia.

Jumat, 27 Apr 2018 08:52Ekonomi

Rupiah Sekarat IHSG Merosot

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada penutupan perdagangan sesi satu anjlok 1,85 persen hingga jatuh ke level 5.967, seiring masih adanya kekhawatiran pelemahan rupiah.

Jumat, 27 Apr 2018 08:50Berita Sumut

Wali Kota Hadiri Apel Gelar Pasukan Operasi Patuh Toba 2018

Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi menghadiri apel gelar pasukan dalam rangka Operasi Patuh Toba 2018 di Lapangan KS Tubun Mapoldasu,

Jumat, 27 Apr 2018 08:40Ekonomi

Utang Indonesia Tembus 4 Triliun, Rizal Ramli Tantang Sri Mulyani Debat Terbuka

Mantan Menteri Koordinator bidang Maririm dan Sumber Daya Rizal Ramli mengaku siap gelar debat terbuka terkait utang luar negeri dengan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati (SMI).

Jumat, 27 Apr 2018 08:35Berita Sumut

Wali kota Ajak Umat Kristiani Kota Medan Hadiri Paskah Oikumene Pemko Medan

Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi diwakili Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Medan Hanalore Simanjuntak mengajak seluruh umat Kristiani di Kota Medan untuk menghadiri perayaan Paskah Oikumene Pemko Medan

Jumat, 27 Apr 2018 08:31Ekonomi

Harga Minyak Dunia Mulai Menguat

Harga minyak dunia menanjak pada perdagangan Kamis (27/4), waktu Amerika Serikat (AS), meski kurs dolar AS menguat. Kenaikan harga dipicu oleh risiko pengenaan sanksi AS terhadap Iran, menurunnya produksi Venezuela, serta penguatan permintaan minyak glob

Jumat, 27 Apr 2018 08:22Ekonomi

Jadi Tuan Rumah Asian Games 2018, Resiko Utang Indonesia Bakal Menumpuk

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Bambang PS Brodjonegoro mengingatkan risiko utang RI usai menjadi tuan rumah di ajang olah raga Asian Games 2018. Jika tidak hati-hati, ekonomi Indonesia akan terbebani oleh tumpukan utang dan saran

Jumat, 27 Apr 2018 08:20Nasional

Bakamla RI-Bapeten Tindak Kapal Penyelundup Zat Radio Aktif

Badan Keamanan Laut Republik Indonesia (Bakamla RI) bersama Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten) melakukan penindakan terhadap kapal penyelundup Zat Radioaktif (ZRA), di Perariran Batam, Kepulauan Riau

Jumat, 27 Apr 2018 08:17Lifestyle

Kontrol Konsumsi Gulamu Agar Terhindar Dari Penyakit Ini

Gula tidak bisa lepas dari kehidupan kita, di mana bahan satu ini selalu dibutuhkan. Baik untuk bahan makanan, maupun sebagai pelengkap minuman.

Jumat, 27 Apr 2018 08:05Berita Sumut

Wali Kota Terima Audiensi Pengurus DPD Partai Nasdem Kota Medan

Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi menerima audiensi pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Nasdem Kota Medan di Rumah Dinas Wali Kota Jalan Sudirman Medan

Jumat, 27 Apr 2018 07:50Berita Sumut

Peringatan Hari Kesiapsiagaan Nasional

Pemerintah Kabupaten Karo menggelar peringatan hari kesiapsiagaan nasional 2018, di halaman kantor Bupati Karo,