• Home
  • Ekonomi
  • "Satu Indonesia" Menginspirasi untuk Berpartisipasi Membangun Negeri

60 TAHUN ASTRA

"Satu Indonesia" Menginspirasi untuk Berpartisipasi Membangun Negeri

James P. Pardede Kamis, 28 Desember 2017 12:47 WIB
Istimewa
Salah datu bentuk CSR Astra International adalah membersihkan halte dan renovasi halte
MATATELINGA : Pertambahan usia menjadi salah satu indikator penting bagi seseorang apakah akan semakin produktif, semakin dewasa, semakin percaya diri, mandiri, mapan, dan memiliki rasa kepedulian yang tinggi terhadap sesama atau sebaliknya justru semakin menurun. Tak jauh berbeda rasanya dengan pertambahan usia sebuah perusahaan. Seperti pertambahan usia PT Astra International yang tahun ini memasuki usia 60 tahun. Pasti akan lebih matang, lebih menginspirasi dan ikut berpartisipasi dalam membangun negeri ini.

Astra mengusung motto "Satu Indonesia" - Semangat Astra Terpadu Untuk Indonesia menapaki usianya yang ke-60. Motto ini diharapkan dapat menginspirasi seluruh masyarakat agar bersatu hati dalam membangun negeri ini dengan sinergi. Setiap pribadi memiliki potensi dan keahlian tersendiri dalam berkontribusi membangun negeri ini. Tinggal bagaimana kita memberikan kontribusi nyata terhadap pembangunan negara kesatuan Republik Indonesia tercinta ini.



Pada acara peringatan Hari Ulang Tahun PT. Astra international, Tbk yang ke-60 di Medan, Gubernur Sumatera Utara T Erry Nuradi berharap di usianya yang ke-60 menjadi momentum untuk memberikan spirit kepada keluarga besar group Astra meningkatkan perannya dalam mewujudkan implementasi catur darma Astra yakni bermanfaat bagi bangsa dan negara.

Sebagai perusahaan yang terkemuka, lanjut Erry Nuradi Astra tidak hanya bergerak di bidang otomotif, namun sekarang sudah berkembang sebagai perusahaan yang bergerak di bidang perkebunan, finance, perbankan dan bidang lainnya. Berkembangnya Astra menjadi perusahaan yang besar menjadi bukti bahwa Astra tidak pernah berhenti berbagi semangat inspirasi untuk membangun bangsa.

Direktur PT Astra Internasional  Tbk, Suparno Djasmin mengungkapkan bahwa Astra telah memiliki 200 cabang lebih dengan mempekerjakan karyawan lebih dari 200 ribu orang dan 9 yayasan.

"HUT ke-60 Astra menjadi satu momentum bagi kami untuk mengajak masyarakat bersama-sama membangun bangsa," katanya.



Masih dalam rangkaian acara ulang tahun Astra yang ke-60, beberapa kegiatan yang digelar diharapkan dapat mengedukasi masyarakat dalam banyak hal termasuk dalam kampanye Indonesia Ayo Aman Berlalu Lintas (IAABL). Kegiatan ini digelar sebagai bentuk kepedulian Astra mengajak dan mengingatkan masyarakat Indonesia, khususnya di Sumatera Utara pada 22 - 24 September 2017 lalu agar senantiasa aman berkendara dan berlalu lintas, sekaligus wujud kepedulian Astra di bidang keamanan berlalu lintas.

Berkah Senyum Astra ke Panti Jompo

Menurut Head of Public Relation Division PT Astra International Tbk Yulian Warman, selama enam dekade Astra hadir di Indonesia , tidak hanya fokus di bisnis saja, namun juga menjalankan program Corporate Social Responsibility (CSR).

Tanggung jawab sosial perusahaan atau yang akrab disebut dengan Corporate Social Responsibility (CSR) menjadi sangat penting dalam perjalanan sebuah dunia usaha dan perusahaan. Seperti diamanatkan oleh undang-undang, yaitu Undang-Undang No. 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas (UUPT) dan Peraturan Pemerintah No. 47 Tahun 2012 tentang Tanggung Jawab Sosial  dan Lingkungan Perseroan Terbatas.



Menurut Pasal 1 angka 3 UUPT, Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan adalah komitmen perseroan untuk berperan serta dalam pembangunan ekonomi berkelanjutan guna meningkatkan kualitas kehidupan dan lingkungan yang bermanfaat, baik bagi perseroan sendiri, komunitas setempat, maupun masyarakat pada umumnya.

Kalau dalam istilah umunya disederhanakan, jika sebuah perusahaan dalam proses produksinya memperoleh keuntungan dan bisa menutupi segala biaya operasional perusahaan termasuk memperoleh keuntungan lebih dari usahanya, sangat wajar rasanya kalau harus berbagi dengan warga kurang mampu atau ikut berbagi peran dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar dengan berbagai bentuk tanggung jawab sosial perusahaan atau CSR.

Dalam perjalanannya menapaki usia 60 tahun, Astra International telah memiliki puluhan anak usaha (group) dan kantor cabang yang tersebar di berbagai kota di seluruh Indonesia. Astra mempunyai program CSR yang diharapkan mampu membangkitkan semangat yang menginspirasi untuk menolong orang-orang yang sangat membutuhkan pertolongan. Bentuk CSR yang diberikan perusahaan sangat beragam, yang pada intinya untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat banyak.



Semangat inspirasi membangun negeri ini jika ditanamkan kepada setiap pribadi yang ada di perusahaan Astra International, maka akan muncul rasa empati yang kemudian bersinergi dalam mewujudkan tanggung jawab sosial perusahaan dari seluruh Group Astra di Indonesia. Dengan sinergi dan kebersamaan yang kuat, ketulusan hati untuk menolong orang-orang yang membutuhkan di negeri ini tidak lagi menjadi beban, tapi satu bentuk kepedulian yang tulus dan murni dari dalam hati.

Wakil Ketua Koordinator Grup Astra Wilayah Medan, Haris Halim dalam sebuah kesempatan menyampaikan bahwa dalam beberapa tahun terakhir Group Astra di Medan telah bersinergi dalam mewujudkan empati yang telah dirancang sedemikian rupa untuk kepentingan umum dan menggerakkan perekonomian masyarakat, termasuk masyarakat di pedesaan.

Di Sumatera Utara, kata Haris Halim ada 18 perusahaan yang bernaung dibawah bendera PT Astra International, Tbk dan 34 kantor cabang yang tersebar di beberapa kota di Sumatera Utara. Perusahaan tersebut terdiri dari Auto 2000 ada 8 kantor cabang, Daihatsu dengan 3 kantor cabang, United Tractors 1 kantor cabang, Bina Pertiwi 1 kantor cabang, Traktor Nusantara 1 kantor cabang, Astra Graphia 1 kantor cabang, Astra Agro Lestari 1 kantor cabang, Astra Credit Company (ACC) ada 3 kantor cabang, Toyota Astra Finance 1 kantor cabang, TRAC 1 kantor cabang, Ibid Balai Lelang Astra 1 kantor cabang, Mobil 88 ada 1 kantor cabang, FIF dengan 3 kantor cabang, Permata Bank 4 kantor cabang, Astra Isuzu, SAM Finance, Astra Word  dan Asuransi Astra masing-masing dengan 1 kantor cabang.



"Bentuk CSR yang sudah dijalankan Grup Astra Wilayah Medan sangat beragam. Ada yang bentuknya beasiswa, perbaikan fasilitas umum, pemberian makanan dan bingkisan kepada warga kurang mampu serta jompo, meningkatkan kemampuan pelaku usaha kecil dan menengah lewat pendampingan dan pelatihan," papar Haris Halim.

Kampung Berseri Astra

Kepedulian Astra dalam berkontribusi memperbaiki fasilitas umum, kata Haris Halim membersihkan halte di beberapa titik jalan lintas di Kota Medan. Ada juga halte yang direnovasi menjadi lebih bersih dan rapi.

"Halte yang kita bersihkan dan renovasi ada di Jalan Balai Kota, 3 titik di Jalan Gatot Subroto, 4 titik di Jalan Sisingamangaraja, Jalan Pancing, Jalan Krakatau dan halte di Kota Binjai," jelasnya.



Untuk meningkatkan kemampuan pelaku usaha kecil, kata Haris dilakukan di Binjai Utara dengan diresmikannya Kampung Berseri Astra. Di kampung ini Astra melakukan pendampingan dan memberikan pelatihan kepada karang taruna untuk memiliki keahlian dalam menghasilkan karya kreatif.

"Sampai hari ini kita masih tetap melakukan evaluasi dan monitoring kepada pelaku usaha kecil dan menengah di Kampung Berseri Astra Binjai Utara. Kita masih melakukan kunjungan paling tidak satu kali dalam sebulan," tandasnya.

Kepedulian Astra dalam melestarikan lingkungan, kata Haris dilakukan dengan menanam pohon di beberapa titik. Di Binjai Utara, Astra menanam pohon cengkeh serta pohon langka lainnya yang diharapkan dapat melestarikan tanaman langka dan berkontribusi dalam menghasilkan oksigen yang bisa diwariskan kepada anak cucu di masa mendatang.

Berkah Senyum Astra ke Panti Jompo

Bidang pendidikan, Astra mengadakan safety riding training, kelas inspirasi Astra dan kampanye berkendara aman di beberapa sekolah dan kampus. Kampanye Indonesia Ayo Aman Berlalu Lintas (IAABL) memberikan pemahaman kepada semua elemen akan arti pentingnya disiplin dalam berlalu lintas.

Sementara untuk bidang kesehatan, Astra ikut berpartisipasi dalam memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang pentingnya memanfaatkan pekarangan rumah dengan menghidupkan kembali Apotek Hidup (menanam tanaman obat di pekarangan rumah).



"Astra juga memberikan bantuan alat-alat kesehatan kepada Pos Yandu, senam kesehatan bagi lansia dan edukasi masyarakat tentang pola hidup sehat," kata ayah dari satu anak ini.

Haris Halim menambahkan, bentuk lain CSR Astra International adalah pada saat hari-hari besar keagamaan. Selama bulan Ramadhan dan menjelang Hari Raya Idulfitri Asuransi Astra menggelar acara Berkah Senyum - pembagian bingkisan kepada orang tua yang tinggal di panti jompo.

"Panti jompo yang kita sambangi adalah Panti Jompo di Pematang Siantar, Kisaran, Binjai dan Panti Jompo Karya Kasih di Jalan Mongonsidi Medan. Berkah Senyum adalah salah satu bentuk kepedulian dan penghargaan kita kepada orang tua," tutur Haris Halim yang juga Senior Branch Manager Asuransi Astra Medan.



Apa pun bentuk tanggung jawab sosial perusahaan kepada masayarakat, tandas Haris Halim pada prinsipnya memiliki tujuan yang sama.

"Harapan kita ke depan, dengan semangat yang menginspirasi, PT Astra International, Tbk akan tetap bersinergi dalam mewujudkan misi membangun negeri dengan setulus hati," katanya.
Editor: Amrizal

T#g:AstraAsuransi AstraHaris HalimSatu Indonesia
Komentar
Senin, 17 Des 2018 19:06Berita Sumut

Kapolsek Medan Timur Rakor Bahas Pemilu dengan Panwascam

Kapolsek Medan Timur Kompol M. Arifin mengadakan rapat koordinasi (Rakor) dengan Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Medan Timur dan Medan Perjuangan Pemilu Tahun 2019 di Mapolsek Medan Timur Senin (17/12).

Senin, 17 Des 2018 18:38Berita Sumut

HMI Sumut : Uyghur, Persoalan Kemanusiaan

Badan Koordinasi Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Sumatera Utara menyayangkan sikap yang dilakukan pemerintahan Cina menyikapi persoalan muslim Uyghur. HMI Sumut menganggap persoalan Uyghur adalah persoalan besar kemanusiaan, banyak terjadi pelanggaran HAM

Senin, 17 Des 2018 18:19Berita Sumut

Musda ITMI Diharapkan Makin Berikan Ruang Penyandang Disabilitas

Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH berharap Musyawarah Daerah (MUSDA) Ikatan Tunanetra Muslim Indonesia (ITMI) Kota Medan 2018 diharapkan, mampu memberikan ruang bagi para penyandang disabilitas untuk bekerja dan berkarya demi kepentingan ba

Senin, 17 Des 2018 17:00Berita Sumut

Peringatan HMPI, Pemkab Sergai Tanam Ratusan Batang Pohon dan Bunga

Dalam memperingati ari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) Dalam Rangka Hari Bhakti PUPR ke-73 Tahun 2018, Pemkab Sergai menanam ratusan batang pohon dan sungai di Bendungan Sei Ular Dusun I Desa Pulo Tagor Kecamatan Serbajadi, Senin (17/12).

Senin, 17 Des 2018 16:26Berita Sumut

PGRI Kota Medan Gelar Porseni 2018

Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH diwakili Sekda Kota Medan Ir Wirya Alrahman MM membuka Pekan Olaharag dan Seni (Porseni) Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kota Medan 2018 di Lapangan SMU Angkasa Jalan Polonia Medan, Senin (17/12).

Senin, 17 Des 2018 16:03Berita Sumut

Gara-Gara Balap Liar, 4 Pemuda di Medan Labuhan Keroyok Rekannya Hingga Tewas

Petugas Unit Reskrim Polsek Medan Labuha berhasil meringkus empat orang pelaku pengeroyokan terhadap seorang penonton balap liar di Jalan Button KIM II, Desa Saentis Kecamatan Percut Sei Tuan pada Minggu (16/12/2018) dinihari kemarin.

Senin, 17 Des 2018 15:33Berita Sumut

Di DeliSerdang, Bocah 4 Tahun Tertidur Selama 22 Hari

Gilang Tama Alfarizi, bocah berusia 4 tahun warga Jalan Masjid II Gang Rukun, Desa Sekip Lubuk Pakam ini sudah tertidur hingga 22 hari lamanya. Anehnya, putra pertama pasangan Sandi Syahputra (25) Prili Mahdania (24) ini dinyatakan sehat oleh tim medis.

Senin, 17 Des 2018 15:07Berita Sumut

Mobil Avanza Hantam Pulau Jalan Usai Tabrak Sepeda Motor

Mobil Avanza putih BK 1835 IP menghantam pulau jalan usai menabrak sepeda motor Beat di kawasan Jalan Brigjen Katamsos Kelurahan Sei Mati, Minggu (16/12) malam. Akibat kecelakaan ini, baik pengemudi mobil maupun sepeda motor mengalami luka dan dirujuk ke

Senin, 17 Des 2018 14:25Berita Sumut

Parpol Ditenggat 16 Hari Lagi Untuk Serahkan LPSDK

Partai politik dan tim kampanye pasangan calon presiden dan wakil presiden sebagai peserta Pemilu wajib menyerahkan Laporan Penerimaan Sumbangan Dana Kampanye (LPSDK) paling lama Rabu, 2 Januari 2019 pukul 18.00 WIB. Hal ini diungkap dalam Sosialisasikan

Senin, 17 Des 2018 13:57Nasional

Oesman Sapta Lantik Tujuh Anggota MPR RI Hasil PAW

Wakil Ketua MPR Oesman Sapta melantik dan mengambil sumpah tujuh orang anggota MPR pengganti antar waktu (PAW) di Ruang Delegasi, Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (17/12/2018). Dari tujuh anggota MPR PAW yang dilantik, enam di antaranya berasal dari Frak

Senin, 17 Des 2018 13:38Berita Sumut

Polrestabes Medan Tingkatkan Pengamanan Jelang Natal dan Tahun Baru 2019

Polrestabes Medan meningkatkan pengamanan menjelang hari raya Natal dan Tahun Baru 2018. Setiap personil Polrestbaes Medan akan all out memberikan kenyamanan bagi warga Medan.

Senin, 17 Des 2018 13:00Berita Sumut

Sidak ke OPD, Plt Labuhanbatu Temukan Kadis dan ASN Belum Masuk Kantor

Plt Bupati Labuhanbatu, H Andi Suhaimi dengan berjalan kaki melakukan inspeksi mendadak (Sidak) di sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Labuhanbatu, Senin (17/12/12).

Senin, 17 Des 2018 12:45Berita Sumut

Polres Batubara Amankan Tiga Kapal Pukat Grandong di Perairan Tanjung Tiram

Sebanyak tiga unit kapal pukat grandong yang tengah mengambil ikan di Perairan Tanjung Tiram, Batubara diamankan polisi, Senin (17/12). Selain itu, polisi juga menangkap 7 orang anak buah kapal (ABK) serta alat tangkap dan ikan hasil tangkapan ketiga kap

Senin, 17 Des 2018 12:36Berita Sumut

Rudy Hermanto Prihatin Narkoba Sudah Sampai ke Pelosok Desa

Badan Narkotika Nasional menyatakan peredaran narkoba sudah sampai hingga ke Desa di seluruh Indonesia. Hal ini menunjukkan ada pihak yang sengaja ingin menghancurkan generasi penerus bangsa ini hingga terjadi lost generation pada suatu waktu nanti.

Senin, 17 Des 2018 12:15Berita Sumut

Personil dan PNS Babinminvetcad Kodam I/BB Gelar Tes Urine

Sebanyak 128 personel militer dan PNS di lingkungan Badan Pembinaan Administrasi Veteran dan Cadangan TNI (Babinminvetcad) Kodam I/Bukit Barisan mengikuti sosialisasi dan Uji Petik Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4G

Senin, 17 Des 2018 12:00Berita Sumut

Ungkap Kasus Pembunuhan dan Narkoba, 36 Personil Polres Asahan Peroleh Penghargaan

Guna meningkatkan kinerja dan prestasi kerja personil, Kapolres Asahan AKBP Faisal F. Napitupulu, S.I.K., M.H. memberikan Piagam Prestasi (reward) kepada 36 orang personil berprestasi di Mapolres Asahan. Pemberian piagam penghargaan ini dilakukan saat mel