Redaksi Matatelinga Selamat hari Raya Idulfitri 1439 H
  • Home
  • Ekonomi
  • "Satu Indonesia" Menginspirasi untuk Berpartisipasi Membangun Negeri

60 TAHUN ASTRA

"Satu Indonesia" Menginspirasi untuk Berpartisipasi Membangun Negeri

James P. Pardede Kamis, 28 Desember 2017 12:47 WIB
Istimewa
Salah datu bentuk CSR Astra International adalah membersihkan halte dan renovasi halte
MATATELINGA : Pertambahan usia menjadi salah satu indikator penting bagi seseorang apakah akan semakin produktif, semakin dewasa, semakin percaya diri, mandiri, mapan, dan memiliki rasa kepedulian yang tinggi terhadap sesama atau sebaliknya justru semakin menurun. Tak jauh berbeda rasanya dengan pertambahan usia sebuah perusahaan. Seperti pertambahan usia PT Astra International yang tahun ini memasuki usia 60 tahun. Pasti akan lebih matang, lebih menginspirasi dan ikut berpartisipasi dalam membangun negeri ini.

Astra mengusung motto "Satu Indonesia" - Semangat Astra Terpadu Untuk Indonesia menapaki usianya yang ke-60. Motto ini diharapkan dapat menginspirasi seluruh masyarakat agar bersatu hati dalam membangun negeri ini dengan sinergi. Setiap pribadi memiliki potensi dan keahlian tersendiri dalam berkontribusi membangun negeri ini. Tinggal bagaimana kita memberikan kontribusi nyata terhadap pembangunan negara kesatuan Republik Indonesia tercinta ini.



Pada acara peringatan Hari Ulang Tahun PT. Astra international, Tbk yang ke-60 di Medan, Gubernur Sumatera Utara T Erry Nuradi berharap di usianya yang ke-60 menjadi momentum untuk memberikan spirit kepada keluarga besar group Astra meningkatkan perannya dalam mewujudkan implementasi catur darma Astra yakni bermanfaat bagi bangsa dan negara.

Sebagai perusahaan yang terkemuka, lanjut Erry Nuradi Astra tidak hanya bergerak di bidang otomotif, namun sekarang sudah berkembang sebagai perusahaan yang bergerak di bidang perkebunan, finance, perbankan dan bidang lainnya. Berkembangnya Astra menjadi perusahaan yang besar menjadi bukti bahwa Astra tidak pernah berhenti berbagi semangat inspirasi untuk membangun bangsa.

Direktur PT Astra Internasional  Tbk, Suparno Djasmin mengungkapkan bahwa Astra telah memiliki 200 cabang lebih dengan mempekerjakan karyawan lebih dari 200 ribu orang dan 9 yayasan.

"HUT ke-60 Astra menjadi satu momentum bagi kami untuk mengajak masyarakat bersama-sama membangun bangsa," katanya.



Masih dalam rangkaian acara ulang tahun Astra yang ke-60, beberapa kegiatan yang digelar diharapkan dapat mengedukasi masyarakat dalam banyak hal termasuk dalam kampanye Indonesia Ayo Aman Berlalu Lintas (IAABL). Kegiatan ini digelar sebagai bentuk kepedulian Astra mengajak dan mengingatkan masyarakat Indonesia, khususnya di Sumatera Utara pada 22 - 24 September 2017 lalu agar senantiasa aman berkendara dan berlalu lintas, sekaligus wujud kepedulian Astra di bidang keamanan berlalu lintas.

Berkah Senyum Astra ke Panti Jompo

Menurut Head of Public Relation Division PT Astra International Tbk Yulian Warman, selama enam dekade Astra hadir di Indonesia , tidak hanya fokus di bisnis saja, namun juga menjalankan program Corporate Social Responsibility (CSR).

Tanggung jawab sosial perusahaan atau yang akrab disebut dengan Corporate Social Responsibility (CSR) menjadi sangat penting dalam perjalanan sebuah dunia usaha dan perusahaan. Seperti diamanatkan oleh undang-undang, yaitu Undang-Undang No. 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas (UUPT) dan Peraturan Pemerintah No. 47 Tahun 2012 tentang Tanggung Jawab Sosial  dan Lingkungan Perseroan Terbatas.



Menurut Pasal 1 angka 3 UUPT, Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan adalah komitmen perseroan untuk berperan serta dalam pembangunan ekonomi berkelanjutan guna meningkatkan kualitas kehidupan dan lingkungan yang bermanfaat, baik bagi perseroan sendiri, komunitas setempat, maupun masyarakat pada umumnya.

Kalau dalam istilah umunya disederhanakan, jika sebuah perusahaan dalam proses produksinya memperoleh keuntungan dan bisa menutupi segala biaya operasional perusahaan termasuk memperoleh keuntungan lebih dari usahanya, sangat wajar rasanya kalau harus berbagi dengan warga kurang mampu atau ikut berbagi peran dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar dengan berbagai bentuk tanggung jawab sosial perusahaan atau CSR.

Dalam perjalanannya menapaki usia 60 tahun, Astra International telah memiliki puluhan anak usaha (group) dan kantor cabang yang tersebar di berbagai kota di seluruh Indonesia. Astra mempunyai program CSR yang diharapkan mampu membangkitkan semangat yang menginspirasi untuk menolong orang-orang yang sangat membutuhkan pertolongan. Bentuk CSR yang diberikan perusahaan sangat beragam, yang pada intinya untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat banyak.



Semangat inspirasi membangun negeri ini jika ditanamkan kepada setiap pribadi yang ada di perusahaan Astra International, maka akan muncul rasa empati yang kemudian bersinergi dalam mewujudkan tanggung jawab sosial perusahaan dari seluruh Group Astra di Indonesia. Dengan sinergi dan kebersamaan yang kuat, ketulusan hati untuk menolong orang-orang yang membutuhkan di negeri ini tidak lagi menjadi beban, tapi satu bentuk kepedulian yang tulus dan murni dari dalam hati.

Wakil Ketua Koordinator Grup Astra Wilayah Medan, Haris Halim dalam sebuah kesempatan menyampaikan bahwa dalam beberapa tahun terakhir Group Astra di Medan telah bersinergi dalam mewujudkan empati yang telah dirancang sedemikian rupa untuk kepentingan umum dan menggerakkan perekonomian masyarakat, termasuk masyarakat di pedesaan.

Di Sumatera Utara, kata Haris Halim ada 18 perusahaan yang bernaung dibawah bendera PT Astra International, Tbk dan 34 kantor cabang yang tersebar di beberapa kota di Sumatera Utara. Perusahaan tersebut terdiri dari Auto 2000 ada 8 kantor cabang, Daihatsu dengan 3 kantor cabang, United Tractors 1 kantor cabang, Bina Pertiwi 1 kantor cabang, Traktor Nusantara 1 kantor cabang, Astra Graphia 1 kantor cabang, Astra Agro Lestari 1 kantor cabang, Astra Credit Company (ACC) ada 3 kantor cabang, Toyota Astra Finance 1 kantor cabang, TRAC 1 kantor cabang, Ibid Balai Lelang Astra 1 kantor cabang, Mobil 88 ada 1 kantor cabang, FIF dengan 3 kantor cabang, Permata Bank 4 kantor cabang, Astra Isuzu, SAM Finance, Astra Word  dan Asuransi Astra masing-masing dengan 1 kantor cabang.



"Bentuk CSR yang sudah dijalankan Grup Astra Wilayah Medan sangat beragam. Ada yang bentuknya beasiswa, perbaikan fasilitas umum, pemberian makanan dan bingkisan kepada warga kurang mampu serta jompo, meningkatkan kemampuan pelaku usaha kecil dan menengah lewat pendampingan dan pelatihan," papar Haris Halim.

Kampung Berseri Astra

Kepedulian Astra dalam berkontribusi memperbaiki fasilitas umum, kata Haris Halim membersihkan halte di beberapa titik jalan lintas di Kota Medan. Ada juga halte yang direnovasi menjadi lebih bersih dan rapi.

"Halte yang kita bersihkan dan renovasi ada di Jalan Balai Kota, 3 titik di Jalan Gatot Subroto, 4 titik di Jalan Sisingamangaraja, Jalan Pancing, Jalan Krakatau dan halte di Kota Binjai," jelasnya.



Untuk meningkatkan kemampuan pelaku usaha kecil, kata Haris dilakukan di Binjai Utara dengan diresmikannya Kampung Berseri Astra. Di kampung ini Astra melakukan pendampingan dan memberikan pelatihan kepada karang taruna untuk memiliki keahlian dalam menghasilkan karya kreatif.

"Sampai hari ini kita masih tetap melakukan evaluasi dan monitoring kepada pelaku usaha kecil dan menengah di Kampung Berseri Astra Binjai Utara. Kita masih melakukan kunjungan paling tidak satu kali dalam sebulan," tandasnya.

Kepedulian Astra dalam melestarikan lingkungan, kata Haris dilakukan dengan menanam pohon di beberapa titik. Di Binjai Utara, Astra menanam pohon cengkeh serta pohon langka lainnya yang diharapkan dapat melestarikan tanaman langka dan berkontribusi dalam menghasilkan oksigen yang bisa diwariskan kepada anak cucu di masa mendatang.

Berkah Senyum Astra ke Panti Jompo

Bidang pendidikan, Astra mengadakan safety riding training, kelas inspirasi Astra dan kampanye berkendara aman di beberapa sekolah dan kampus. Kampanye Indonesia Ayo Aman Berlalu Lintas (IAABL) memberikan pemahaman kepada semua elemen akan arti pentingnya disiplin dalam berlalu lintas.

Sementara untuk bidang kesehatan, Astra ikut berpartisipasi dalam memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang pentingnya memanfaatkan pekarangan rumah dengan menghidupkan kembali Apotek Hidup (menanam tanaman obat di pekarangan rumah).



"Astra juga memberikan bantuan alat-alat kesehatan kepada Pos Yandu, senam kesehatan bagi lansia dan edukasi masyarakat tentang pola hidup sehat," kata ayah dari satu anak ini.

Haris Halim menambahkan, bentuk lain CSR Astra International adalah pada saat hari-hari besar keagamaan. Selama bulan Ramadhan dan menjelang Hari Raya Idulfitri Asuransi Astra menggelar acara Berkah Senyum - pembagian bingkisan kepada orang tua yang tinggal di panti jompo.

"Panti jompo yang kita sambangi adalah Panti Jompo di Pematang Siantar, Kisaran, Binjai dan Panti Jompo Karya Kasih di Jalan Mongonsidi Medan. Berkah Senyum adalah salah satu bentuk kepedulian dan penghargaan kita kepada orang tua," tutur Haris Halim yang juga Senior Branch Manager Asuransi Astra Medan.



Apa pun bentuk tanggung jawab sosial perusahaan kepada masayarakat, tandas Haris Halim pada prinsipnya memiliki tujuan yang sama.

"Harapan kita ke depan, dengan semangat yang menginspirasi, PT Astra International, Tbk akan tetap bersinergi dalam mewujudkan misi membangun negeri dengan setulus hati," katanya.
Editor: Amrizal

T#g:AstraAsuransi AstraHaris HalimSatu Indonesia
Komentar
Selasa, 19 Jun 2018 21:40Berita Sumut

Tim Marinir dan Basarnas Dengan Pesawat Hercules Tiba Bandara Silangit

Guna menindak lanjuti pencarian korban Kapal KM Sinar Bangun di perairan Danau Toba, Samosir

Selasa, 19 Jun 2018 19:49Berita Sumut

Pencarian Korban Kapal Karam di Danau Toba Berlangsung 10 Hari

Tim Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) memastikan pencarian korban Kapal Motor (KM) Sinar Bangun yang karam di perairan Danau Toba akan berlangsung selama sepuluh hari.

Selasa, 19 Jun 2018 19:13Berita Sumut

Pemilih Tak Terdaftar Kerawanan di TPS

Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) memetakan potensi kerawanan di Tempat Pemungutan Suara (TPS), mencegah pelanggaran pada hari pemungutan suara 27 Juni mendatang. Penduduk belum terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) menjadi satu indikator keraw

Selasa, 19 Jun 2018 18:04Berita Sumut

Tragedi KM Sinar Bangun, Sihar: Ini Duka Sumut

Calon Wakil Gubernur (Cawagub) Sumatera Utara Sihar Sitorus menyampaikan duka yang mendalam atas tragedi tenggelamnya KM Sinar Bangun di Danau Toba

Selasa, 19 Jun 2018 17:49Berita Sumut

Nurhayati: Masih Menunggu Adik Ipar di Ikut Tenggelam KM Sinar Bangun

Salah seorang korban dengan tenggelamnya Kapal KM Sinar Bangun bernama Nurhayati ,35, warga Karang Sari Simpang Banjiran, Kota Pematangsiantar, sedang menunggu kabar keluarga adiknya yang ikut dalam rombongan penumpang Kapal KM Sinar Bangun

Selasa, 19 Jun 2018 17:34Berita Sumut

Kelompok Komunitas Vespa, Ikut Tenggelam

im gabungan diantaranya Tim SAR, Kepilisian, TNI AL serta yang lainnya terus melakukan penacaraian terhadap korban penumpang Kapal KM Sinar Bangun yang tenggelam belum ditemukan. Hal tersebut dikatakan Kapolres Simalungun AKBP Marudut Liberty Panjaitan.

Selasa, 19 Jun 2018 17:19Berita Sumut

Anggota DPD RI Asal Sumut Tinjau Langsung Lokasi Tenggelamnya KM Sinar Bangun

Para pejabat bayak "berbondong bondong" menuju lokasi kejadian dengan tenggelamnnya kapal KM Sinar Bangun, diantaranya Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI perwakilan Sumatera Utara, Parlindungan Purba meninjau langsung kondisi lokasi di Da

Selasa, 19 Jun 2018 17:04Berita Sumut

Kombatan dan Tim Kuasa Hukum Djoss Laporkan Penyebaran Fitnah ke Polda Sumut

Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Komunitas Banteng Asli Nusantara (Kombatan) Sumatera Utara (Sumut) didampingi Tim Kuasa Hukum Djarot-Sihar (Djoss) menyambangi Polda Sumut untuk membuat laporan terhadap akun media Facebook bernama Kayla Kusmawati yang diduga

Selasa, 19 Jun 2018 16:49Berita Sumut

Trimedya Panjaitan: Warga Harus Bersama Awasi Tindakan Curang

Politisi senior dari PDI Perjuangan, Trimedya Panjaitan menegaskan bahwa pasangan Djarot dan Sihar Sitorus di Pemilihan Gubernur

Selasa, 19 Jun 2018 16:37Berita Sumut

Ombudsman Minta Pengawasan Kapal Laik Layar di Danau Toba Diperketat

Tragedi tenggelamnya KM Sinar Bangun di Danau Toba, Senin (18/6/2018) sore mengundang keprihatinan dari Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Sumatera Utara.

Selasa, 19 Jun 2018 16:34Berita Sumut

Tangkap Pelaku Money Politics, Dapat Hadiah Dari Timses Eramas

Perkumpulan Pokja Humas Sumatera Utara himbau relawan dan masyarakat pendukung paslon Gubsu dan Wagubsu nomor urut satu, H. Edi Rahmayadi dan H. Musa Rajekshah untuk ikut mengawasi pelaksanaan Pilgubsu pada hari Rabu tanggal 27 Juni 2018. Bahkan Pokja Hum

Selasa, 19 Jun 2018 16:23Nasional

94 Orang Penumpang KM Sinar Bangun Belum Ditemukan, Ini Identitasnya

Sebanyak 94 orang penumpang KM Sinar Bangun yang karam di Perairan Danau Toba hingga kini masih belum ditemukan. Sedangkan 18 orang dinyatakan selamat dan satu dinyatakan meninggal dunia.

Selasa, 19 Jun 2018 16:19Berita Sumut

Sihar Janji Akan Perhemat Anggaran, Dialokasikan untuk Kesejahteraan Warga

Penggunaan Anggaran Pendapat Belanja Daerah (APBD) Sumatera Utara (Sumut) saat ini lebih dominan digunakan untuk gaji dan belanja pegawai. Hal itu menurut Sihar Sitorus harus dapat ditekan dan menambah anggaran untuk kesejahteraan warga

Selasa, 19 Jun 2018 16:04Berita Sumut

Wali Kota Rayakan Lebaran Bersama Masyarakat Melalui Open House

Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi bersama istri Hj Rita Maharanai Dzulmi Eldin SH beserta keluarga menggelar open house di hari pertama Hari Raya Idu Fitri 1 Syawal 1439 H bertempat di Rumah Dinas Wali Kota Jalan Sudirman Medan

Selasa, 19 Jun 2018 15:49Berita Sumut

Pawai Takbiran Kenderaan Hias Berlangsung Meriah

Diiringi lantunan gema takbir, Gubsu Ir H T Erry Nuriadi bersama Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi beserta unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Sumut dan Kota Medan melepas pawai takbiran kenderaan hias dalam menyambut datangnya H

Selasa, 19 Jun 2018 15:34Berita Sumut

Wali Kota Shalat Ied Bersama Ribuan Warga

MATATELINGA, Medan:  Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi bersama ribuan masyarakat melaksanakan Shalat Idul Fitri  1439 H di Lapangan Merdeka Medan, Jumat (15/6) pagi. Bertindak seb