• Home
  • Ekonomi
  • "Satu Indonesia" Menginspirasi untuk Berpartisipasi Membangun Negeri

60 TAHUN ASTRA

"Satu Indonesia" Menginspirasi untuk Berpartisipasi Membangun Negeri

James P. Pardede Kamis, 28 Desember 2017 12:47 WIB
Istimewa
Salah datu bentuk CSR Astra International adalah membersihkan halte dan renovasi halte
MATATELINGA : Pertambahan usia menjadi salah satu indikator penting bagi seseorang apakah akan semakin produktif, semakin dewasa, semakin percaya diri, mandiri, mapan, dan memiliki rasa kepedulian yang tinggi terhadap sesama atau sebaliknya justru semakin menurun. Tak jauh berbeda rasanya dengan pertambahan usia sebuah perusahaan. Seperti pertambahan usia PT Astra International yang tahun ini memasuki usia 60 tahun. Pasti akan lebih matang, lebih menginspirasi dan ikut berpartisipasi dalam membangun negeri ini.

Astra mengusung motto "Satu Indonesia" - Semangat Astra Terpadu Untuk Indonesia menapaki usianya yang ke-60. Motto ini diharapkan dapat menginspirasi seluruh masyarakat agar bersatu hati dalam membangun negeri ini dengan sinergi. Setiap pribadi memiliki potensi dan keahlian tersendiri dalam berkontribusi membangun negeri ini. Tinggal bagaimana kita memberikan kontribusi nyata terhadap pembangunan negara kesatuan Republik Indonesia tercinta ini.



Pada acara peringatan Hari Ulang Tahun PT. Astra international, Tbk yang ke-60 di Medan, Gubernur Sumatera Utara T Erry Nuradi berharap di usianya yang ke-60 menjadi momentum untuk memberikan spirit kepada keluarga besar group Astra meningkatkan perannya dalam mewujudkan implementasi catur darma Astra yakni bermanfaat bagi bangsa dan negara.

Sebagai perusahaan yang terkemuka, lanjut Erry Nuradi Astra tidak hanya bergerak di bidang otomotif, namun sekarang sudah berkembang sebagai perusahaan yang bergerak di bidang perkebunan, finance, perbankan dan bidang lainnya. Berkembangnya Astra menjadi perusahaan yang besar menjadi bukti bahwa Astra tidak pernah berhenti berbagi semangat inspirasi untuk membangun bangsa.

Direktur PT Astra Internasional  Tbk, Suparno Djasmin mengungkapkan bahwa Astra telah memiliki 200 cabang lebih dengan mempekerjakan karyawan lebih dari 200 ribu orang dan 9 yayasan.

"HUT ke-60 Astra menjadi satu momentum bagi kami untuk mengajak masyarakat bersama-sama membangun bangsa," katanya.



Masih dalam rangkaian acara ulang tahun Astra yang ke-60, beberapa kegiatan yang digelar diharapkan dapat mengedukasi masyarakat dalam banyak hal termasuk dalam kampanye Indonesia Ayo Aman Berlalu Lintas (IAABL). Kegiatan ini digelar sebagai bentuk kepedulian Astra mengajak dan mengingatkan masyarakat Indonesia, khususnya di Sumatera Utara pada 22 - 24 September 2017 lalu agar senantiasa aman berkendara dan berlalu lintas, sekaligus wujud kepedulian Astra di bidang keamanan berlalu lintas.

Berkah Senyum Astra ke Panti Jompo

Menurut Head of Public Relation Division PT Astra International Tbk Yulian Warman, selama enam dekade Astra hadir di Indonesia , tidak hanya fokus di bisnis saja, namun juga menjalankan program Corporate Social Responsibility (CSR).

Tanggung jawab sosial perusahaan atau yang akrab disebut dengan Corporate Social Responsibility (CSR) menjadi sangat penting dalam perjalanan sebuah dunia usaha dan perusahaan. Seperti diamanatkan oleh undang-undang, yaitu Undang-Undang No. 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas (UUPT) dan Peraturan Pemerintah No. 47 Tahun 2012 tentang Tanggung Jawab Sosial  dan Lingkungan Perseroan Terbatas.



Menurut Pasal 1 angka 3 UUPT, Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan adalah komitmen perseroan untuk berperan serta dalam pembangunan ekonomi berkelanjutan guna meningkatkan kualitas kehidupan dan lingkungan yang bermanfaat, baik bagi perseroan sendiri, komunitas setempat, maupun masyarakat pada umumnya.

Kalau dalam istilah umunya disederhanakan, jika sebuah perusahaan dalam proses produksinya memperoleh keuntungan dan bisa menutupi segala biaya operasional perusahaan termasuk memperoleh keuntungan lebih dari usahanya, sangat wajar rasanya kalau harus berbagi dengan warga kurang mampu atau ikut berbagi peran dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar dengan berbagai bentuk tanggung jawab sosial perusahaan atau CSR.

Dalam perjalanannya menapaki usia 60 tahun, Astra International telah memiliki puluhan anak usaha (group) dan kantor cabang yang tersebar di berbagai kota di seluruh Indonesia. Astra mempunyai program CSR yang diharapkan mampu membangkitkan semangat yang menginspirasi untuk menolong orang-orang yang sangat membutuhkan pertolongan. Bentuk CSR yang diberikan perusahaan sangat beragam, yang pada intinya untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat banyak.



Semangat inspirasi membangun negeri ini jika ditanamkan kepada setiap pribadi yang ada di perusahaan Astra International, maka akan muncul rasa empati yang kemudian bersinergi dalam mewujudkan tanggung jawab sosial perusahaan dari seluruh Group Astra di Indonesia. Dengan sinergi dan kebersamaan yang kuat, ketulusan hati untuk menolong orang-orang yang membutuhkan di negeri ini tidak lagi menjadi beban, tapi satu bentuk kepedulian yang tulus dan murni dari dalam hati.

Wakil Ketua Koordinator Grup Astra Wilayah Medan, Haris Halim dalam sebuah kesempatan menyampaikan bahwa dalam beberapa tahun terakhir Group Astra di Medan telah bersinergi dalam mewujudkan empati yang telah dirancang sedemikian rupa untuk kepentingan umum dan menggerakkan perekonomian masyarakat, termasuk masyarakat di pedesaan.

Di Sumatera Utara, kata Haris Halim ada 18 perusahaan yang bernaung dibawah bendera PT Astra International, Tbk dan 34 kantor cabang yang tersebar di beberapa kota di Sumatera Utara. Perusahaan tersebut terdiri dari Auto 2000 ada 8 kantor cabang, Daihatsu dengan 3 kantor cabang, United Tractors 1 kantor cabang, Bina Pertiwi 1 kantor cabang, Traktor Nusantara 1 kantor cabang, Astra Graphia 1 kantor cabang, Astra Agro Lestari 1 kantor cabang, Astra Credit Company (ACC) ada 3 kantor cabang, Toyota Astra Finance 1 kantor cabang, TRAC 1 kantor cabang, Ibid Balai Lelang Astra 1 kantor cabang, Mobil 88 ada 1 kantor cabang, FIF dengan 3 kantor cabang, Permata Bank 4 kantor cabang, Astra Isuzu, SAM Finance, Astra Word  dan Asuransi Astra masing-masing dengan 1 kantor cabang.



"Bentuk CSR yang sudah dijalankan Grup Astra Wilayah Medan sangat beragam. Ada yang bentuknya beasiswa, perbaikan fasilitas umum, pemberian makanan dan bingkisan kepada warga kurang mampu serta jompo, meningkatkan kemampuan pelaku usaha kecil dan menengah lewat pendampingan dan pelatihan," papar Haris Halim.

Kampung Berseri Astra

Kepedulian Astra dalam berkontribusi memperbaiki fasilitas umum, kata Haris Halim membersihkan halte di beberapa titik jalan lintas di Kota Medan. Ada juga halte yang direnovasi menjadi lebih bersih dan rapi.

"Halte yang kita bersihkan dan renovasi ada di Jalan Balai Kota, 3 titik di Jalan Gatot Subroto, 4 titik di Jalan Sisingamangaraja, Jalan Pancing, Jalan Krakatau dan halte di Kota Binjai," jelasnya.



Untuk meningkatkan kemampuan pelaku usaha kecil, kata Haris dilakukan di Binjai Utara dengan diresmikannya Kampung Berseri Astra. Di kampung ini Astra melakukan pendampingan dan memberikan pelatihan kepada karang taruna untuk memiliki keahlian dalam menghasilkan karya kreatif.

"Sampai hari ini kita masih tetap melakukan evaluasi dan monitoring kepada pelaku usaha kecil dan menengah di Kampung Berseri Astra Binjai Utara. Kita masih melakukan kunjungan paling tidak satu kali dalam sebulan," tandasnya.

Kepedulian Astra dalam melestarikan lingkungan, kata Haris dilakukan dengan menanam pohon di beberapa titik. Di Binjai Utara, Astra menanam pohon cengkeh serta pohon langka lainnya yang diharapkan dapat melestarikan tanaman langka dan berkontribusi dalam menghasilkan oksigen yang bisa diwariskan kepada anak cucu di masa mendatang.

Berkah Senyum Astra ke Panti Jompo

Bidang pendidikan, Astra mengadakan safety riding training, kelas inspirasi Astra dan kampanye berkendara aman di beberapa sekolah dan kampus. Kampanye Indonesia Ayo Aman Berlalu Lintas (IAABL) memberikan pemahaman kepada semua elemen akan arti pentingnya disiplin dalam berlalu lintas.

Sementara untuk bidang kesehatan, Astra ikut berpartisipasi dalam memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang pentingnya memanfaatkan pekarangan rumah dengan menghidupkan kembali Apotek Hidup (menanam tanaman obat di pekarangan rumah).



"Astra juga memberikan bantuan alat-alat kesehatan kepada Pos Yandu, senam kesehatan bagi lansia dan edukasi masyarakat tentang pola hidup sehat," kata ayah dari satu anak ini.

Haris Halim menambahkan, bentuk lain CSR Astra International adalah pada saat hari-hari besar keagamaan. Selama bulan Ramadhan dan menjelang Hari Raya Idulfitri Asuransi Astra menggelar acara Berkah Senyum - pembagian bingkisan kepada orang tua yang tinggal di panti jompo.

"Panti jompo yang kita sambangi adalah Panti Jompo di Pematang Siantar, Kisaran, Binjai dan Panti Jompo Karya Kasih di Jalan Mongonsidi Medan. Berkah Senyum adalah salah satu bentuk kepedulian dan penghargaan kita kepada orang tua," tutur Haris Halim yang juga Senior Branch Manager Asuransi Astra Medan.



Apa pun bentuk tanggung jawab sosial perusahaan kepada masayarakat, tandas Haris Halim pada prinsipnya memiliki tujuan yang sama.

"Harapan kita ke depan, dengan semangat yang menginspirasi, PT Astra International, Tbk akan tetap bersinergi dalam mewujudkan misi membangun negeri dengan setulus hati," katanya.
Editor: Amrizal

T#g:AstraAsuransi AstraHaris HalimSatu Indonesia
Komentar
Kamis, 20 Sep 2018 19:15Berita Sumut

Menpar dan Gubernur Sumut Harapkan Kekompakan

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya bersama Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi berharap kekompakan masyarakat dan seluruh pihak yang berada di kawasan Danau Toba, untuk memajukan sektor pariwisata. Hal itu disampaikan pada kegiatan Peluncu

Kamis, 20 Sep 2018 19:07Berita Sumut

Korupsi Alkes, Eks Dirut RSUD Djoelham Binjai Diganjar 5 Tahun Penjara

Dinyatakan terbukti bersalah dalam kasus korupsi alat kesehatan, eks Direktur Utama (Dirut) RSUD Djoelham Binjai, dr Mahim Siregar dihukum 5 tahun penjara. Selain itu, dia juga dihukum membayar denda Rp 100 juta subsidair 3 bulan kurungan.

Kamis, 20 Sep 2018 18:45Berita Sumut

Penyidik Ditreskrimum Polda Sumut Dilatih Khusus Tangani Tindak Pidana Pemilu

Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda sumut menyiapkan penyidiknya untuk menangani pidana pemilu. Pelatihan khusus ini langsung dibuka Kapolda Sumut Irjen Pol Agus Andrianto pada Kamis (20/9/2018).

Kamis, 20 Sep 2018 18:25Berita Sumut

Dinas Kebersihan & Pertamanan Gotong Royong Seputaran Pintu Tol Bandar Selamat

Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Medan menggelar gotong royong di Jalan Letda Sujono, persisnya seputaran Pintu Tol Bandar selamat, Kamis (20/9). Gotong royong dilakukan dalam upaya mendukung suksesnya pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur’an Nasion

Kamis, 20 Sep 2018 18:00Berita Sumut

Nelayan Takut Melaut, Ikan Teri yang Jadi Ikon Kota Medan Langka

Ikan teri nasi dan ikan teri tokang hasil tangkan nelayan yang menjadi Ikonnya kota Medan hilang di pasaran. Jika ada itupun harganya cukup mahal tidak terjangkau masyarakat kecil.

Kamis, 20 Sep 2018 17:45Berita Sumut

Ijeck: Seluruh Masyarakat Sumut Harus Peroleh Hak Pilihnya di Pemilu 2019

Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagub Sumut) Musa Rajekshah mengatakan bahwa para pelaku sentra aktivitas kegiatan pemilu, termasuk Disdukcapil, KPUD dan Bawaslu harus bersinergi untuk mengupayakan setiap masyarakat memperoleh dan menggunakan hak pilihnya

Kamis, 20 Sep 2018 17:30Berita Sumut

Wagub Ijeck Serahkan Santunan kepada 1000 Anak Yatim

Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagub Sumut) Musa Rajekshah menyerahkan santunan kepada 1000 anak yatim dari panti asuhan di Kota Medan dan sekitarnya, Kamis (20/9) di Masjid Agung Medan. Pemberian santunan tersebut dalam rangka peringatan 10 Muharram 1440

Kamis, 20 Sep 2018 17:15Berita Sumut

Aksi Rusuh di DPRD Sumut Juga Lukai Seorang Jurnalis

Aksi unjuk rasa dua kelompok massa yang berakhir bentrok di DPRD Sumut juga mencederai salah seorang Wartawan harian terbitan Medan, Kamis (20/9). Wartawan bernama Dimas Kahfi itu terluka di bagian tangan setelah terkena lemparan batu koral saat melakukan

Kamis, 20 Sep 2018 17:00Berita Sumut

Dekatkan Diri ke Masyarakat, Kodim 0201/BS Luncurkan Aplikasi e-Babinsa

Kodim 0201/BS meluncurkan aplikasi e-Babinsa. Aplikasi ini memiliki fungsi untuk semakin mendekatkan Babinsa di jajaran Kodim 0201/BS dengan masyarakat. Selain itu, aplikasi ini dibuat dalam rangka meningkatkan kinerja Babinsa dan meningkatkan sinergitas

Kamis, 20 Sep 2018 16:36Berita Sumut

Wakil Wali Kota Hadiri Deklarasi Bersama Pemilu Damai

Wakil Wali Kota Mdan Ir H Akhyar Nasution MSi menghadiri sekaligus menyaksikan Deklarasi Bersama Pemilu Damai di Pendopo Lapangan Merdeka Medan, Kamis (20/9). Acara ini digelar sebagai bentuk komitmen dan pernyataan partai politik (parpol) peserta Pemil

Kamis, 20 Sep 2018 16:30Berita Sumut

Mencekam, Aksi Dua Massa di DPRD Sumut Berakhir Bentrok, Sejumlah Mahasiswa Terluka

Aksi unjuk rasa dua kelompok massa yang pro dan kontra terhadap Presiden Jokowi di DPRD Sumut berakhir bentrok. Kedua massa dan polisi terlibat bentrokan. Akhirnya sejumlah pengunjuk rasa terluka dan ada juga yang diamankan.

Kamis, 20 Sep 2018 16:00Berita Sumut

Panglima TNI Ziarah ke Makam Jenderal Besar Soeharto

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. bersama Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Mulyono, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji S.E., M.M. dan Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Yuyu Sutisna,

Kamis, 20 Sep 2018 15:41Berita Sumut

Kemajuan Industri Butuh SDM yang Unggul

Indonesia mempunyai Sumber Daya Alam (SDA) dan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berlimpah. Namun Indonesia belum belum mempunyai tekhnologi dan juga belum mempunyai dukungan investasi yang besar untuk mengelolanya.

Kamis, 20 Sep 2018 15:16Berita Sumut

Tim Monitoring Kelurahan Pelaksanaan UP2K Sumut Kunjungi Binjai

Program Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) merupakan salah satu gerakan untuk meningkatkan kesejahteraan dan ketahanan keluarga, guna memenuhi kebutuhan masyarakat melalui kelompok usaha ekonomi produktif, yang bertujuan untuk memberdayakan kelu

Kamis, 20 Sep 2018 15:03Berita Sumut

Binjai Borong Penghargaan Hari Keluarga Nasional Tingkat Sumut

Pemko Binjai berhasil memborong sejumlah penghargaan pada puncak peringatan Hari Keluarga Nasional ke 25 di tingkat provinsi Sumatera Utara, berlangsung di Pantai Pondok Permai kecamatan Padang Cermin kabupaten Serdang Bedagai, Rabu (19/09). Pengharga

Kamis, 20 Sep 2018 14:48Berita Sumut

3 Papan Reklame Bermasalah Kembali Ditumbangkan

Satu persatu papan reklame bermasalah ditumbangkan. Kamis (20/9) dinihari sekitar pukul 01.30 WIB, giliran papan reklame bermasalah di Jalan Imam Bonjol, persisnya sudut Jalan Perdana (depan Plaza CIMB Niaga) yang dibongkar. Pembongkaran dilakukan kar