Ekonomi

AS Ancam Indonesia, Minta WTO Kenakan Sanksi Rp5 Triliun


AS Ancam Indonesia, Minta WTO Kenakan Sanksi Rp5 Triliun
MATATELINGA, Jakarta:  Amerika Serikat (AS) mendesak Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) untuk segera memberi sanksi kepada Indonesia karena tidak melaksanakan putusan perselisihan dagang yang memenangkan Negeri Paman Sam tersebut.

Dalam dokumen yang dipublikasikan oleh WTO, Senin (6/8), mereka meminta WTO menjatuhkan sanksi sebesar US$350 juta atau Rp5 triliun kepada Indonesia karena tidak melaksanakan keputusan tersebut.

"Hukuman diajukan berdasarkan analisis awal dari data pada 2017, Amerika Serikat akan memperbarui data dan angka setiap ntahun karena ekonomi Indonesia terus berkembang," katanya seperti dikutip dari Reuters, Selasa (7/8).

Sebagai informasi AS dan Selandia Baru menggugat kebijakan pembatasan impor yang dilakukan Indonesia terhadap produk makanan, tanaman dan produk hewan, termasuk apel, anggur, kentang, bawang, bunga, jus, buah kering, sapi, ayam dan daging sapi ke WTO.

Gugatan tersebut dikabulkan. Indonesia sempat mengajukan upaya banding atas putusan tersebut.

Namun, upaya tersebut juga tidak membuahkan hasil.

Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Oke Nurwan mengatakan akan mempelajari tuntutan dari Amerika tersebut. Menurutnya, pemerintah sudah berupaya mematuhi putusan WTO tersebut.

Ia mengatakan segala aturan pembatasan yang dipermasalahkan AS sudah direvisi.

Penulis
: Fidel W
Editor
: Fidel W
Sumber
: cnn
Tag:amerikaAs ancam Indonesiawto

Situs ini menggunakan cookies. Untuk meningkatkan pengalaman Anda saat mengunjungi situs ini mohon Anda setujui penggunaan cookies pada situs ini.