• Home
  • Ekonomi
  • BPJS Ketenagakerjaan Siap Akuisisi Puluhan Juta Tenaga Kerja Baru

BPJS Ketenagakerjaan Siap Akuisisi Puluhan Juta Tenaga Kerja Baru

Mtc Rabu, 23 Januari 2019 10:25 WIB
GOOGLE
Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJS-TK) optimistis tahun ini dapat mengakuisisi kepesertaan baru mencapai 21 juta tenaga kerja, hal tersebut untuk mencapai target 34,5 juta peserta aktif tahun 2019.
MATATELINGA, Denpasar: Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJS-TK) optimistis tahun ini dapat mengakuisisi kepesertaan baru mencapai 21 juta tenaga kerja, hal tersebut untuk mencapai target 34,5 juta peserta aktif tahun 2019.



Direktur Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan, Ilyas E. Lubis mengatakan, perseroan akan fokus pada dua hal, yaitu akuisisi peserta baru dan menjaga tingkat retensi (ketahanan) peserta.

Saat ini tingkat retensi peserta untuk lima peserta yang men daftar biasanya hanya menghasilkan satu peserta aktif hingga akhir tahun atau 5:1. Hal ini karena pola kerja kon trak sehingga banyak yang mengambil dana Jaminan Hari Tua (JHT) lalu tidak melanjutkan kembali.

"Kami akan mendorong retensi menjadi 3:1 atau tiga peserta untuk menghasilkan satu peserta aktif. Target kami seimbang antara menjaga loyalitas na mun sekaligus mengakuisisi yang baru," ujar Ilyas dalam acara Asian Workersí Compensation Forum (AWCF) di Denpasar, Bali, kemarin.

Dia mengatakan strategi untuk mencapai target telah di rencanakan. Salah satunya dengan memperkuat peran sistem ke agenan atau Perisai. Jumlahnya ditargetkan mencapai 6.000 penggerak Perisai pada 2019 dari akhir 2018 sebanyak 3.700 agen.



Strategi ini akan fokus me nyasar segmen menengah ke bawah. Penguatan tidak hanya dengan rekrutmen, tapi juga dalam edukasi dan monitoring . "Strategi terakhir kita, yaitu penegakan hukum dengan meng gandeng kejaksaan sebagai pengacara negara. Ini membuat kami yakin target tercapai.

Kami juga akan memperkuat ko munikasi untuk para peserta, melakukan sosialisasi manfaat kepesertaan," ujarnya. Dalam pertemuan AWCF di Bali juga dibahas tren pengembangan perlindungan kecelakaan kerja di tengah kondisi revolusi industri 4.0 yang sedang terjadi.

Hadirnya para pakar dan praktisi kesehatan kerja ten tu akan memberikan pencerahan kepada para peserta yang hadir dalam menghadapi revolusi industri. "Kami juga ingin mengakuisisi pekerja dari industri startup yang memiliki jam kerja berbeda dari umumnya.

Nanti akan ada redefinisi waktu kerja untuk jam kerja yang fleksibel," ka tanya. Kebutuhan perlindungan jaminan sosial bagi setiap individu merupakan hal penting yang mendasari tercapainya kesejahteraan hidup.



Untuk bisa memenuhi jaminan sosial yang baik, seminar tersebut mengumpulkan lembaga-lembaga jaminan sosial di Asia dan mendiskusikan kebutuhan jaminan sosial bagi masyarakat di Asia. Seminar ini bersifat terbuka bagi siapa saja yang tertarik dengan perkembangan jaminan sosial ketenagakerjaan dan dihadiri 100 orang berasal dari dalam dan luar negeri.

AWCF adalah sebuah organisasi internasional yang fokus terhadap penyelenggaraan prog ram jaminan sosial ketenagakerjaan, khususnya terkait kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja. AWCF pertama kali berdiri pada 2012 dengan para anggotanya terdiri dari 13 institusi penyelenggara jaminan sosial dari 10 negara di Asia.

Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan Agus Susanto menambahkan, sebagai tuan rumah dari kegiatan ini, pihaknya menyambut baik kesediaan para peserta seminar untuk datang dan meluangkan waktunya membahas agenda penting bagi ke sejahteraan masyarakat.

Dalam kesempatan tersebut turut diadakan pemilihan Chairman ke-4 AWCF periode 2018-2020. "Semoga melalui kegiatan yang kami lakukan hari ini da pat mendorong lembaga jamin an sosial ketenagakerjaan di Asia untuk bergabung dalam forum AWCF sehingga organisasi ini menjadi lebih besar dan berkembang serta memberi manfaat yang lebih luas kedepannya," tutur Agus.



Seperti diketahui, Agus Susanto menjabat sebagai Chairman AWCF ke-3 untuk periode 2016-2018. Setiap dua tahun sekali akan diadakan pemilihan Chairman AWCF dengan kandidat dari institusi-institusi jaminan sosial ketenagakerjaan di wilayah Asia.

Selain para praktisi dan ahli tersebut, turut hadir pula sebagai narasumber terkait ke sehatan kerja, yaitu Dr. dr Dewi S Soemarko MS., SpOK dari Universitas Indonesia, dan Dr Erdy Techrisna Satyadi, MARS., MKK sebagai ahli dalam bidang kesehatan kerja dari Perhimpun an Dokter Kesehatan Indonesia (IDKI) serta jajaran Direksi dan Dewan Pengawas BPJS Ketenagakerjaan sebagai tuan rumah kegiatan tersebut.

"Tentu kami akan terus berupaya mendorong segala se suatu terkait dengan pemberian manfaat, seperti dari sisi regulasi. Hadirnya lembaga-lembaga jaminan sosial Asia ini menjadi tonggak penting lahirnya inovasi-inovasi yang tentu akan menguntungkan masyarakat, khususnya pekerja," kata Agus.

Di hadapan para peserta dan institusi penyelenggara jaminan sosial ketenagakerjaan dari negara-negara Asia serta lembaga pemerintah RI, Agus berpesan bahwa saat menduduki jabatan di bidang jaminan sosial bukan hanya tentang menciptakan inovasi dan memberikan ma sukan atas regulasi.



Namun, bagaimana kita sebagai individu peka terhadap isu sosial di sekeliling kita yang bisa dijadikan sebagai acuan dalam mengajukan atau memberi masukan terhadap regulasi.

Dia mengungkapkan, sebagai lembaga yang memberikan perlindungan bagi pekerja Indonesia, kegiatan ini merupakan sumbangsih Indonesia kepada Asia untuk memahami pentingnya perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan. "Semoga apa yang dibahas hari ini memberikan semangat baru dan harapan yang lebih baik bagi pelaksanaan perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan ke depannya," kata Agus.  

(Mtc/Okz)
Editor: FJR

Sumber: Okezone

T#g:BPJSBPJS KetenagakerjaanblibliMatatelingaTerkini
Komentar
Rabu, 24 Jul 2019 10:15Nasional

Bakamla RI/IDNCG Evaluasi Strategi Kamla

Bakamla RI/Indonesian Coast Guard (IDNCG) Gelar Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Monitoring Evaluasi Strategi Keamanan Laut, di Markas Besar Bakamla RI/IDNCG, Gedung Perintis Kemerdekaan, Jl. Proklamasi No. 56, Jakarta Pusat

Rabu, 24 Jul 2019 10:00Nasional

Gempa 4,9 SR Guncang Bali

Gempa berkekuatan magnitudo 4,9 mengguncang wilayah Kabupaten Jembrana, Provinsi Bali. Gempa terjadi sekira pukul 08.29 WIB.

Rabu, 24 Jul 2019 09:53Berita Sumut

Bocah Hanyut di Sungai, Berhasil di Temukan Tim SAR Medan

Bocah bernama Dapa Al Rizki ,4, yang hanyut di aliran sungai Belawan,di Desa Paya Geli Dusun I Kecamatan Sunggal Kabupaten Deliserdang Selasa (23/7/2019) sore kemarin ditemukan tak bernyawa (tewas).

Rabu, 24 Jul 2019 09:45Ekonomi

Rupiah Melemah ke Rp14.022/USD

Nilai tukar Rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) masih melanjutkan tren pelemahan pada perdagangan hari ini. Rupiah kembali dekati level Rp14.000-an per USD

Rabu, 24 Jul 2019 09:30Bola

Drama Adu Pinalti, Madrid Kalahkan Arsenal

Real Madrid harus susah payah meraih kemenangan dari Arsenal di turnamen pramusim yang bertajuk International Champions Cup (ICC) 2019

Rabu, 24 Jul 2019 09:15Internasional

Setelah 10 Tahun Hilang, Pekerja Supermarket ini Ditemukan di Tokonya

Jasad seorang pria yang telah hilang sejak 2009 telah ditemukan di belakang lemari pendingin di sebuah supermarket tempatnya bekerja yang kini sudah tutup

Rabu, 24 Jul 2019 09:00Lifestyle

Nekat Berhubungan Badan di Dalam Mobil, Ini Kata Psikolog

Pasangan kekasih di Kupang, Nusa Tenggara Timur ditangkap oleh petugas Satpol PP pada Senin siang, 22 Juli 2019

Rabu, 24 Jul 2019 08:45Ekonomi

Wall Street Ditutup Menguat

Saham-saham di Wall Street reli dan berakhir dengan kenaikan cukup memuaskan pada penutupan perdagangan Selasa (Rabu pagi WIB)

Rabu, 24 Jul 2019 07:30Bola

Zidane Tak Ambil Pusing Soal Isu Hengkangnya James Rodriguez

Pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane, memberikan komentarnya mengenai kabar kepergian James Rodriguez pada bursa transfer musim panas ini

Rabu, 24 Jul 2019 07:15Internasional

WOW! Wanita Ini Ngaku Mengandung Bayi Alien

Seorang perempuan mengklaim telah melakukan perjalanan lintas waktu ke tahun 3500 untuk dihamili oleh alien

Rabu, 24 Jul 2019 07:00Bola

Kualifikasi II Liga Champions 2019-2020,ini Hasil Pertandingannya

Sebanyak lima pertandingan digelar pada Leg Pertama Kualifikasi II Liga Champions 2019-2020, Rabu (24/7/2019) malam WIB

Rabu, 24 Jul 2019 06:45Bola

Ac Milan: Tetap Rekrut Correa Meski Gagal Jual Andre Silva

AC Milan sejatinya sudah memiliki perencanaan untuk menjual penyerang yang dimilikinya, Andre Silva, ke AS Monaco

Rabu, 24 Jul 2019 06:30Lifestyle

Tersangka Kasus "Ikan Asin" Ajukan Penangguhan Penahanan

Farhat Abbas diketahui mengajukan penangguhan penahanan untuk Rey Utami

Rabu, 24 Jul 2019 06:15Bola

Jangan Lewatkan Pertandingan Juventus vs Inter Milan

Laga antara Juventus vs Inter Milan dipastikan berjalan menarik. Apalagi, kedua tim sama-sama tengah beradaptasi dengan juru taktik anyar. Juventus masih mencari bentuk di bawah kendali Maurizio Sarri, sementara Antonio Conte sedang mencari racikan yang p

Rabu, 24 Jul 2019 06:00Berita Sumut

Polisi Airud Poldasu Tangkap KM Pendawa Lima, Bawa Bawang Merah

Kapal Patroli KP ll 2028 miik Ditpolairud Polda Sumatera Utara dengank Kopadnya Bripka Asun Simanjuntak saat berpatroli rutin dikawasan perairan Langkat

Rabu, 24 Jul 2019 05:43Berita Sumut

Bocah Hanyut Saat Bermain Bersama Teman - Temannya di Sungai Sunggal

Tim SAR Kota Medan melakukan pencarian terhadap seorang anak ,4, diketahui bernama Dafa, yang hanyut saat bermain dekat Sungai Sunggal, Desa Paya Geli, Dusun 1 Kecamatan Sunggal, Selasa (23/7/2019).