Bawang Merah 'KW' Mulai Serbu Pasar

Fidel W Selasa, 12 Juni 2018 13:21 WIB
bawang merah 'berkedok' bombai. Pasalnya, kesalahan impor jenis bawang berpotensi mengganggu pasar dan merusak harga bawang merah lokal / photo: ist
MATATELINGA, Jakarta:  Pengamat Pertanian Dwi Andreas Santosa meminta pemerintah mewaspadai importasi bawang merah 'berkedok' bombai. Pasalnya, kesalahan impor jenis bawang berpotensi mengganggu pasar dan merusak harga bawang merah lokal.

Ia menjelaskan karakteristik bawang merah dan bombai sangat berbeda. Artinya, akan sangat mengherankan apabila bombai impor terjual sebagai bawang merah.

"Apakah betul itu bombai yang ukurannya kecil atau memang bawang merah? Tentu, mesti ditata ulang lagi," ujarnya, seperti dilansir Antara, Selasa (12/6).

Menurut dia, kesalahan impor seharusnya dapat terdeteksi dengan mudah, karena perbedaan karakteristik keduanya. Bombai memiliki satu umbi, sedangkan bawang merah terdiri atas beberapa umbi.

Namun demikian, proses pencegahan kesalahan impor tidak bisa dilakukan sepenuhnya oleh Balai Karantina, mengingat instansi tersebut hanya bisa mendeteksi produk hayati bermasalah agar tidak masuk ke Indonesia.

Misalnya, mengenai penyakit maupun kandungan pestisida yang melebihi ambang batas. "Balai Karantina lebih banyak ke arah keamanan produknya, bukan jenis produknya," kata Dwi.

Sebelumnya, tim penyidik Kementerian Perdagangan menyita 670 ton bombai impor milik CV SMM, LH, dan AL, yang tidak sesuai dengan ukuran yang ditetapkan Kementerian Pertanian.

Berdasarkan Kepmen Pertanian Nomor 105 Tahun 2017, bombai yang diimpor harus memiliki ukuran umbi minimal lima centimeter (cm).

Namun, kuat dugaan bahwa bombai tersebut akan dijual sebagai bawang merah, karena mempunyai bentuk yang lebih besar dari ukuran rata-rata yang diperkenankan.

Ketua Bidang Pemberdayaan Fortani Pieter Tangka mengakui bombai mini memang sangat mungkin dijual sebagai bawang merah, karena bentuknya yang relatif sama. Pelanggaran bombai mini dijual sebagai bawang merah kerap terjadi dan dilakukan importir nakal.

Namun, kejadian ini terus berlangsung karena HS code bombai yang besar dan kecil tidak dibedakan. "Jadi, kirim bombai apa saja, tetap dianggap bombai. Padahal, barangnya mini bombai. Karena, HS code-nya sama. Disitulah titik rawannya," imbuh Dwi.

Saat ini, bombai mini di pasar internasional merupakan produk gagal dan tidak laku dari India. Namun, jenis bawang ini justru masuk dengan mudah di Indonesia.

Direktur Jenderal Hortikultura Kementerian Pertanian Suwandi berjanji untuk menelusuri temuan tersebut. Ia menegaskan perusahaan-perusahaan yang berandil dalam importasi bawang yang tidak sesuai akan dikenakan sanksi administrasi.

"Kami cabut izinnya, tidak diterbitkan lagi. Sanksi administrasi itu," tandasnya.
Editor: Fidel W

Sumber: cnn

T#g:Dwi Andreas Santosabawang merahbombai
Komentar
Kamis, 21 Jun 2018 21:11Berita Sumut

DPP N4J Rayakan HUT Ke-57 Presiden Jokowi

Dewan Pimpinan Pusat Nusantara Untuk Jokowi (N4J) merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-57 Presiden Jokowi di kantor Sekretariat DPP N4J Jalan Nibung II No.12 Medan. Hadir dalam acara itu, Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat N4J Dr RE Nainggolan MM

Kamis, 21 Jun 2018 21:00Berita Sumut

Panglima TNI dan Kapolri Tinjau Lokasi Tenggelamnya Kapal Motor Sinar Bangun

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. dan Kapolri Jenderal Pol Prof. H.M Tito Karnavian. Ph.D., bersama-sama dengan Kasal Laksamana TNI Siwi Sukma Adji S.E., M.M., Kepala Basarnas Marsdya TNI Syaugi, S.Sos., M.M., dan Direktur Jenderal Perhubun

Kamis, 21 Jun 2018 20:45Berita Sumut

Polsek Medan Kota Tangkap Tiga Penggilir Gadis di Bawah Umur

Tiga tersangka pencabulan terhadap gadis 17 tahun sebut saja Bunga, warga Jalan Tri Murti No 56, Kecamatan Percut Seituan, Kabupaten Deli Serdang berhasil ditangkap petugas Polsek Medan Kota dari tempat yang sama.

Kamis, 21 Jun 2018 20:41Berita Sumut

Plh Gubsu Minta Pemda Perketat Standar Pengawasan Angkutan Penyeberangan

Pelaksana Harian (Plh) Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Dr Ir Hj R Sabrina MSi meminta kepada pemerintah daera

Kamis, 21 Jun 2018 20:35Berita Sumut

Korban Penipuan Rp 1 Miliar Laporkan Majelis Hakim PN Medan ke Mahkamah Agung Gara-gara Hal Ini

Merasa dirugikan dengan kebijakan majelis hakim PN Medan yang mengeluarkan dua terdakwa kasus penipuan dari tahanan, Suhendra, korban penipuan berencana melapor ke Mahkamah AGung dan Pengadilan Tinggi Medan.

Kamis, 21 Jun 2018 20:24Berita Sumut

Apel Gabungan Idul Fitri 1439 H Tahun 2018

Bupati Karo Terkelin Brahmana, SH memimpin Apel gabungan perdana di lingkungan pemerintah Kabupaten Karo setelah libur bersama Idul Fitri 1439 H Tahun 2018 di halaman Kantor Bupati Karo

Kamis, 21 Jun 2018 19:13Berita Sumut

Relawan Djoss Bantu Pencarian Korban KMP Sinar Bangun

MATATELINGA, Tigaras:  Masih banyaknya warga yang menjadi korban musibah Kapal Motor Penumpang (KMP) Sinar Bangun yang tenggelam di perairan Danau Toba menggugah empati dari sejumlah pihak.

Kamis, 21 Jun 2018 19:00Berita Sumut

Lagi, Maling Uang Kotak Infaq Diamankan Polisi

Tim Penanganan Gangguan Khusus (Pegasus) Polsek Medan Baru menangkap pelaku pencurian kotak infaq di Mesjid Istiqomah Lantai II Pasar Petisah, Kamis 21 Juni 2018.

Kamis, 21 Jun 2018 17:00Berita Sumut

Usai Libur Lebaran, Kehadiran ASN Pemprovsu Capai 99 % dan Pelayanan Publik Lancar

Kehadiran Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) pada hari pertama kerja usai libur panjang Lebaran mencapai 99 %. Pelayanan publik terhadap masyarakat di sejumlah instansi juga sudah berlangsung normal da

Kamis, 21 Jun 2018 16:42Berita Sumut

Plh Gubsu: ASN Diminta Tingkatkan Keselamatan Kerja

Pelaksana Harian (Plh) Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Dr Hj R Sabrina meminta seluruh Aparatur Sipil Negara Pemprovsu meningkatkan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3). Hal tersebut dilakukan agar para ASN dapat memberikan pelayanan se

Kamis, 21 Jun 2018 16:27Berita Sumut

Wali Kota Sidak Disdukcapil & RSUD Dr Pirngadi

Usai memimpin apel pagi di Balai Kota Medan, Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi segera sidak mendatangi dua organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemko Medan yang berkaitan langsung dengan pelayanan masyarakat, Kamis (21/6). Kedua OPD i

Kamis, 21 Jun 2018 16:12Berita Sumut

Kapolri Pastikan Periksa Dinas Perhubungan Soal Kapal Karam di Danau Toba

Kepolisian akan melakukan pemeriksaan terhadap Dinas Perhubungan Kabupaten dan Provinsi terkait peristiwa tenggelamnya Kapal Motor Sinar Bangun di perairan Danau Toba, Sumatera Utara. Hal tersebut diungkapkan Kapolri Tito Karnavian saat mengunjungi Pelabu

Kamis, 21 Jun 2018 15:10Berita Sumut

Sihar Kecewa Debat Kandidat Pilgub Sumut dengan Mahasiswa Batal Digelar

Calon Wakil Gubernur (Cawagub) Sihar Sitorus menyayangkan batalnya debat pasangan calon (Paslon) Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara bersama mahasiswa. Awalnya debat ini dijadwalkan akan digelar di Gelanggang Mahasiswa USU

Kamis, 21 Jun 2018 15:05Nasional

Panglima TNI : TNI Miliki Peran Penting Dalam Sukseskan Program Nasional

Seluruh prajurit TNI harus mampu menunjukkan peran penting sebagai komponen utama pertahanan negara mulai dari unit terkecil sampai dengan masing-masing individu berbaur dan menjadi bagian dari masyarakat dalam menyebarkan pemahaman positif untuk bersama

Kamis, 21 Jun 2018 15:00Berita Sumut

Spesialis Pencuri Uang Kotaq Infak Ini Babak Belur Dihajar Massa

Seorang pelaku spesialis kasus pencurian uang dalam kotak Amal di Mesjid Nurul Imam sepuataran Jl Anggrek empat Helvetia Kota Medan, tertangkap tangan oleh Nazir Mejid dan menjadi bulan bulan massa, Rabu (20/6) sekitar pukul 14 00.

Kamis, 21 Jun 2018 14:55Nasional

Bakamla RI Siap Sambut Kapal Jepang

Bakamla RI siap menyambut Kapal Tsugaru-02 milik Japan Coast Guard (JCG) yang dijadwalkan tiba di Pelabuhan JICT Tanjung Priok, Jakarta Utara, 9 Juli mendatang.