• Home
  • Ekonomi
  • Berani beri Harga 'Fantastis', Rute Terbang Maskapai Akan Ditutup

Berani beri Harga 'Fantastis', Rute Terbang Maskapai Akan Ditutup

Fidel W Senin, 11 Juni 2018 10:27 WIB
Budi Karya Sumadi menegaskan akan menindak maskapai penerbangan yang menjual tiket melebihi batas atas yang ditentukan / photo: ist
MATATELINGA, Jakarta: Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menegaskan akan menindak maskapai penerbangan yang menjual tiket melebihi batas atas yang ditentukan. Tindakan tegas dimulai dari peringatan hingga penutupan rute terbang dari maskapai terkait.

Untuk harga tiket, sebenarnya tidak ada maskapai yang menaikkan secara langsung. Yang terjadi adalah vendor atau paket-paket wisata menjual dengan cara menambah biaya-biaya tertentu.

"Karenanya, kami akan mengklarifikasi uang itu diambil oleh maskapai atau tidak. Kalau diambil oleh maskapai, kami akan menutup rute terbang mereka," ujarnya dalam siaran pers, Senin (11/6).

Ia menuturkan telah terjadi praktik penetapan tarif melebihi tarif batas atas yang terjadi di Kalimantan Utara (Kaltara). Melihat itu, pemerintah kemudian membuat berita acara pada seluruh maskapai penerbangan yang beroperasi.

"Kementerian Perhubungan dan Kepolisian Daerah di sana (Kaltara) menyatakan apabila mereka melampaui tarif, mereka akan diberi sanksi. Jadi, saya jelaskan bahwa berita-berita satu atau dua pekan sebelumnya itu hoax. Yang di Tarakan memang terjadi, tapi itu terjadi karena ada travel biro yang melakukan penambahan harga di situ," katanya.

Sebelumnya, Kemenhub juga telah meminta penumpang untuk lebih bijaksana dan teliti sebelum membeli tiket penerbangan untuk periode Lebaran, baik di agen biro perjalanan maupun daring (online).

Beberapa hal yang perlu diteliti adalah jenis-jenis biaya yang dibebankan. Pasalnya, semua biaya dalam tiket sudah diatur dalam Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 14 Tahun 2016 tentang mekanisme formulasi perhitungan dan penetapan tarif batas atas dan batas bawah penumpang pelayanan kelas ekonomi angkutan udara niaga berjadwal dalam negeri.

Namun, yang dimaksud dengan tarif berbeda dengan harga tiket, mengingat komponen harga tiket berasal dari tarif yang masih ditambah pajak dan asuransi. Selain itu, tarif tersebut juga harus diselesaikan dengan layanan di maskapai.

Maskapai layanan penuh (full service), seperti Garuda dan Batik Air diperkenakan untuk menjual tarif hingga 100 persen. Untuk maskapai layanan menengah (medium service), seperti Sriwijaya Air dan NAM Air boleh menjual maksimal 90 persen.

Sementara, maskapai berbiaya rendah (LCC), seperti Lior Air, Citilink, dan Indonesia Air Asia boleh menjual hingga maksimal 85 persen.

Saat ini, lebih lanjut Budi Karya menyebut maskapai-maskapai telah meminta revisi kebijakan tarif batas dan batas bawah. Salah satunya disebabkan karena kenaikan harga avtur. Adapun, besaran revisi ketentuan tarif masih dihitung.

"Yang namanya tarif batas bawah itu adalah perhitungan dari sejumlah biaya-biaya yang dijumlahkan menjadi batas bawah dan batas atas. Jadi, perhitungan kembali (tarif batas bawah dan batas atas) itu memang sedang kami lakukan sehingga nanti batas bawahnya naik, batas atasnya juga naik," imbuh dia.

Avtur memang merupakan komponen besar dalam industri penerbangan. Komponen avtur bisa mencapai 30 hingga 40 persen dari biaya operasional, sehingga kenaikan harga avtur akan sangat berpengaruh.

"Dalam minggu-minggu ini, setelah Lebaran, kami akan menentukan batasan tarif tersebut," tandasnya.
Editor: Fidel W

Sumber: cnn

T#g:budi karya sumadimenteri perhubunganharga tiketmaskapai penerbangan
Komentar
Jumat, 18 Jan 2019 06:30Berita Sumut

Gubsu : Mari Kita Majukan Bersama

Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi membuka rangkaian gelaran Hari Jadi ke-269 Kabupaten Langkat di Alun-alun Kota Stabat, Langkat, Kamis (17/1/2019). Dalam pidato pembukaan, seluruh warga dan tokoh masyarakat diminta memajukan daerah ini bersa

Jumat, 18 Jan 2019 06:15Berita Sumut

Pengedar Sabu Mangkal di Loket ALS

Tim Pegasus Polsek Patumbak berhasil meringkus seorang pengedar narkotika jenis sabu-sabu yang beroperasi di loket/pool bus PT ALS Jalan SM Raja Medan, Kamis (17/1/2019) dinihari.

Jumat, 18 Jan 2019 06:00Berita Sumut

Kapolda: Mari Jaga Kondusifitas dan Keamanan

Kapoldasu, Irjen Agus Andrianto, SH, MH dan rombongan PJU bersilaturahmi dan Head to Head dengan masyarakat Pakpak Bharat di lapangan Napasengkut, Kamis, (17/1/2019). Tiba di lokasi, ribuan masyarakat langsung menyambut Kapolda.

Kamis, 17 Jan 2019 19:33Nasional

Kepala Bakamla RI Temui Lima Pimpinan KPK

Kepala Bakamla RI Laksamana Madya Bakamla A. Taufiq R. melakukan pertemuan dengan lima pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Gedung Merah Putih, Jalan Kuningan Persada Kav.4, Jakarta Selatan, Kamis (17/01/2019).

Kamis, 17 Jan 2019 19:16Nasional

Lawan Kenaikan Tarif Kargo, Asperindo Ancam Hentikan Pengiriman Via Udara

Dalam rangka mencegah berbagai dampak negatif lebih jauh lagi akibat dari kenaikan tarif kargo udara yang diberlakukan berkali - kali oleh pihak maskapai penerbangan, tahun lalu Asperindo telah mengirimkan surat resmi dengan Nomor 102/D

Kamis, 17 Jan 2019 19:00Berita Sumut

10 Unit Rumah Di Kota Bangun Hangus Terbakar

Kebakaran dahsyat menghangusnkan 10 unit rumah di Jalan Boxit, Lingkungan I, Kelurahan Kota Bangun, Kecamatan Medan Deli hangus, Kamis (17/1/2019) sore. Tidak ada korban jiwa, namun kerugian ditaksir mencapai ratusan juta rupiah.

Kamis, 17 Jan 2019 18:45Berita Sumut

Pemko Medan Bidik Eks RS Tembakau Deli untuk Lahan Kantor Baru Wali Kota

Pemerintah Kota (Pemko) Medan sedang mencari lahan baru untuk membangun kantor pemerintahan atau Balai Kota. Lahan eks Rumah Sakit (RS) Tembakau Deli di Jalan Putri Hijau pun dibidik menjadi tempat untuk menggantikan.

Kamis, 17 Jan 2019 18:30Berita Sumut

Dinilai Lambat, Eldin Kecewa Lihat Progres Pembangunan Jalan Alternatif Simpang Selayang-Pasar Induk

Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH dan Wakil Wali Kota Ir H Akhyar Nasution MSi kembali meninjau jalan alternatif (tembus) yang menghubung Simpang Selayang dengan Pasar Induk Lau Cih, Kamis (17/1). Saat ini jalan tembus yang baru selesai diba

Kamis, 17 Jan 2019 18:15Berita Sumut

Panglima TNI Hadiri Doa Bersama untuk NKRI di Bandung

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. didampingi Aster Panglima TNI Mayjen TNI George Elnadus Supit, S.Sos., Pangkohanudnas Marsda TNI Imran Baidirus, S.E., Pangdivif I Kostrad Mayjen TNI Agus Rohman, S.I.P., Dankormar Mayjen TNI (Mar) Suharton

Kamis, 17 Jan 2019 18:00Berita Sumut

BPN Fasilitasi Warga Sari Rejo Bertemu Menteri ART

Kepala Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Medan, Fahrul Husin Nasution mengaku, jika pihaknya akan segera memfasilitasi warga Sari Rejo untuk melakukan pertemuan dengan Menteri Agraria dan Tata Ruang.

Kamis, 17 Jan 2019 17:43Berita Sumut

Demo Berujung 2.368 Tenaga Honorer Simalungun di Rumahkan

Sebanyak 2.368 tenaga honorer di setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) per 1 Januari 2019 resmi dipecat Pemerintah Kabupaten Simalungun. Honorer ini tidak mendapatkan perpanjangan surat keputusan (SK) dari setiap pimpinan SKPD masing-masing.

Kamis, 17 Jan 2019 17:38Berita Sumut

Pangdam I/BB Terima Kunker Komisi I DPR RI

Dalam rangka kesiapan Kodam I/BB mendukung pengamanan Pemilu dan Pilpres Tahun 2019, Ketua Tim Komisi I DPR RI Bapak Mayjen (Purn) Asril Hamzah Tanjung, S.I.P. beserta rombongan melaksanakan Kunjungan Kerja ke Kodam I/BB yang disambut oleh Pangdam I/BB Ma

Kamis, 17 Jan 2019 17:25Berita Sumut

Panglima TNI : TNI Harus Bersatu dan Manunggal Bersama Rakyat

TNI harus bersatu dan manunggal bersama rakyat yang disampaikan Pangdam I/BB Mayjen TNI MS Fadhilah saat membacakan amanatnya Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. pada upacara 17-an, pada Kamis (17/1/2019) di Lapangan Upacara Makodam I/BB Jala

Kamis, 17 Jan 2019 16:07Berita Sumut

Awali Tugas di Polsek Perdagangan, AKP Supendi Pimpin Upacara HKN dan Hadiri Harungguan

Kapolsek Perdagangan AKP Supendi SH,MH yang baru menjabat mengawali tugas perdananya dengan menjadi Inspektur Upacara (Irup) pada Hari Kesadaran Nasional, Kamis (17/1/2019). Kegiatan tersebut berlangsung di Halaman Sekolah Satria Mandiri Bandar Tongah Kec

Kamis, 17 Jan 2019 15:40Berita Sumut

Komisi X DPR RI Kunker ke Sergai

Sebanyak 12 orang anggota Komisi X DPR RI melakukan Kunjungan Kerja (Kunker) ke Pemkab Serdangbedagai, Kamis (17/1/2019). Kedatangan mereka disambut langsung Bupati Sergai Soekirman beserta jajaran di Aula Sultan Serdang Komplek Kantor Bupati di Sei Rampa

Kamis, 17 Jan 2019 15:24Berita Sumut

Asren Nasution Dilantik Jadi Pj Bupati Pakpak Bharat

Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi melantik Dr Asren Nasution menjadi Penjabat (Pj) Bupati Pakpak Bharat, Kamis (17/1) di Aula Raja Inal Siregar, Kantor Gubsu Jalan Pangeran Diponegoro Nomor 30 Medan. Asren dilantik untuk mengisi kekosongan jab