Ekonomi

Beras Saset Bakal Dilempar Ke Pasar, Bulog Sebut Guna Hindari Mafia


Beras bulog / photo by bisnis.tempo.co
MATATELINGA, Jakarta:  Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik (Bulog) berencana membuat beras dalam kemasan kecil atau saset guna menghindari kecurangan mafia-mafia beras.

"Beras itu coba kami kemas menjadi beras saset, rencengan. Jadi nanti enggak ada lagi mafia pangan borong beras ramai-ramai," kata Direktur Utama Bulog Budi Waseso di gedung Bulog, Senin (14/5).

Beras kemasan, menurut dia, nantinya akan divakum agar awet dan terjamin mutunya sehingga tidak mudah rusak.

"Sekarang sedang diupayakan bagaimana agar kemasan beras ini murah," ungkap Budi.

Adapun tujuan penggunaan kemasan pada beras, menurut Budi, dilakukan guna menciptakan manajemen beras yang tepat sasaran ke masyarakat, terutama bagi beras bantuan. Ia pun bakal memangkas rantai distribusi beras yang saat ini masih melalui pihak ketiga.

"Saya tidak mau melalui pihak ketiga," ucapnya.

Menurut Budi, pihak ketiga akan memperpanjang proses birokrasi dan cenderung mempermainkan harga beras. Harga beras yang semula murah, menurut dia, dinaikkan oleh oknum tak bertanggungjawab dengan alasan penambahan kemasan, transportasi, dan lain-lain.

"Akhirnya harga sampai di masyarakat tinggi," kata Budi.

Ia menjelaskan, pihaknya bakal menghitung margin beras saset. Nantinya, menurut dia, setiap toko harus memiliki beras bulog. Pihaknya juga akan mematok harga jual beras. (agi)

Penulis
: Fidel W
Editor
: Fidel W
Sumber
: cnn
Tag:berasberas kemasanberas sachetBulog

Situs ini menggunakan cookies. Untuk meningkatkan pengalaman Anda saat mengunjungi situs ini mohon Anda setujui penggunaan cookies pada situs ini.