MARHABAN YA RAMADHAN
  • Home
  • Ekonomi
  • Bermodal Kecil Hasil Berlimpah, 5 Bisnis Sampingan ini Layak Kamu Coba

Bermodal Kecil Hasil Berlimpah, 5 Bisnis Sampingan ini Layak Kamu Coba

Mtc Sabtu, 12 Januari 2019 23:00 WIB
google
Bisnis sampingan pastinya cukup menarik untuk dijalani. Secara umum, seharusnya tidak ada istilah gagal dalam bisnis ini karena memang sebatas hanya sebagai penghasilan tambahan saja. Hitung-hitung, tak perlu menunggu tanggal gajian untuk memperoleh uang.
MATATELINGA, Jakarta: Bisnis sampingan pastinya cukup menarik untuk dijalani. Secara umum, seharusnya tidak ada istilah gagal dalam bisnis ini karena memang sebatas hanya sebagai penghasilan tambahan saja. Hitung-hitung, tak perlu menunggu tanggal gajian untuk memperoleh uang.



Maka dari itu, jangan pernah ragu untuk membuka usaha sampingan. Banyak hal yang bisa dimanfaatkan untuk menjadi lahan bisnis, kok. Apalagi ditambah dengan canggihnya era digital yang secara tidak langsung akan mendukung pemasarannya.

Kendala dalam memulai bisnis selalu jatuh pada urusan modal. Lalu berujung pada ketakutan akan rugi. Berbisnis tak selamanya harus menghabiskan modal hingga ratusan juta rupiah, lho. Kini semua orang bisa menjajal peruntungan di dunia tersebut, asalkan tahu mana bisnis yang kiranya paling potensial untuk ditekuni. Lalu modalnya? Mulai dari ratusan ribu pun cukup.

Soal rugi, setiap bisnis pasti ada saja kerugiannya walau hanya seujung kuku. Maka itu perlu konsistensi untuk terus menjalankan bisnis demi menghasilkan lebih banyak untung.



Melansir CekAja.com, berikut 5 bisnis modal kecil yang bisa Anda coba di tahun 2019 ini:

1. Cetak foto polaroid

Siapa sangka, bisnis mencetak foto saja kini bisa membawa keuntungan hingga jutaan rupiah. Foto ala polaroid amat digemari khususnya bagi para remaja. Jika dulu foto dengan gaya tersebut hanya bisa dihasilkan melalui kamera polaroid, bisnis modal kecil ini memberikan hal yang berbeda.

Tanpa kamera polaroid, siapapun dapat memperoleh hasil foto yang vintage dengan ciri khas list berwarna putih itu. Caranya, buat template frame polaroid lewat photoshop, lalu edit foto kiriman klien Anda menyerupai polaroid. Anda bisa sekalian mencetaknya atau cukup mengirimkan soft copy kepada klien untuk kemudian ia cetak sendiri.



2. Bisnis aksesoris


Setiap wanita pasti tidak bisa lepas dari aksesoris, Rasanya benda tersebut sudah menjadi lucky charm untuk menyempurnakan penampilan. Tak heran kalau aksesoris unik dan lucu yang dijual online sekarang banyak peminatnya. Bagaimana memulai bisnis tersebut?

Pertama, cari supplier yang merupakan eksportir dari China. Karena selain desain mereka selalu up to date, harganya pun sangat murah. Sepasang anting misalnya, paling mahal hanya dijual seharga Rp 13 ribu. Dengan begitu, nantinya Anda bisa mengambil untung banyak.

3. Bisnis filter aplikasi berbayar

Aplikasi pada smartphone rata-rata memang gratis, tapi beberapa yang lebih menarik justru berbayar. Begitupun dengan sejumlah filter pada aplikasi editing seperti VSCOCAM atau Afterlight.

Untuk membelinya dalam full pack, tidak bisa sembarangan. Pengguna harus bertransaksi dengan kartu kredit. Nah berhubung tidak semua orang punya kartu kredit, di sini lah peluang Anda untuk menjual aplikasi tersebut.

Cukup minta ID dan password aplikasi editing tersebut dari pembeli. Beli filter yang diinginkan dengan kartu kredit Anda, kemudian secara otomatis semua akan terpasang pada pemilik akun tadi.



4. Bisnis camilan


Saat ini camilan pedas seperti lidi-lidian, makroni, basreng, dan lainnya sedang naik daun. Padahal rasanya sama dengan yang biasa Anda beli di warung. Namun kemasan yang digunakan sangat catchy, sehingga membuat siapapun tergiur untuk membelinya.

Coba datangi pasar atau rumah produksi makanan ringan tradisional. Cari beberapa camilan yang tengah menjadi favorit. Setelah membelinya dalam jumlah sesuai keinginan, Anda bisa mengemas lagi camilan tersebut menjadi lebih menarik untuk mengangkat nilai jualnya.

Sembari bisnis ini berjalan, tak ada salahnya menguji kreatifitas dengan menciptakan varian baru sendiri. Tentunya akan lebih baik pula jika Anda punya katalog online di social media agar jangkauan pemasaran kian luas.



5. Bisnis jasa titip jual

Punya followers yang banyak dan aktif di social media? Manfaatkan sebagai 'lapak' titip jual saja. Mekanismenya begini, ajak orang-orang yang mengikuti akun Anda untuk menjual barang seperti tas, jam tangan, atau sepatu.

Akan lebih baik kalau bermerek, agar masih ada nilai jualnya sekalipun sudah pernah dipakai. Setiap barang yang dijual, Anda boleh mark up hingga Rp200 ribu. Jadi semisal ada yang ingin menjual tas preloved dengan harga Rp2 juta, begitu Anda upload ke social media tinggal ditambahkan nominalnya menjadi Rp2,2 juta.

Rp200 ribu tadi adalah keuntungan untuk Anda. Sisanya, tentu untuk penjual yang menitipkan barangnya kepada Anda. Penjual tidak harus mengirimkan barang dagangannya kepada Anda, langsung kirimkan ke pembeli saja.

(Mtc/Okz)
Editor: Fjr

Sumber: Okezone

T#g:Bermodal KecilbisnisBisnis KekinianBisnis sampinganblibliMatatelingaTerkini
Komentar
Rabu, 22 Mei 2019 17:14Berita Sumut

Gubernur: Buatlah yang Terbaik untuk Masyarakat

Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi melantik dr Khainir Akbar Yusuf Sp A sebagai Direktur Rumah Sakit Umum (RSU) Haji Medan, Rabu (22/5/2019), di Aula Raja Inal Siregar Lantai II Kantor Gubernur Sumut Jalan Diponegoro No 30 Medan. Pelantikan in

Rabu, 22 Mei 2019 16:59Berita Sumut

BPJS Ketenagakerjaan Makin Tingkatkan Manfaatnya

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan semakin meningkatkan manfaat untuk para pekerja. Kini, tak hanya pekerja lokal yang bisa mendapatkan manfaat jaminan sosial tenaga kerja, pekerja migran juga akan mendapatkan manfaat dari program J

Rabu, 22 Mei 2019 16:44Berita Sumut

Bupati Soekirman Beri Ucapan Selamat Pada Kaisar Baru Jepang Naruhito

Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir H Soekirman memberikan ucapan selamat kepada Kaisar Naruhito sebagai Kaisar Jepang yang baru. Ucapan selamat tersebut ditandai dengan pembubuhan nama dan tanda tangan pada buku ucapan selamat di Kediaman Resmi Konsul Jen

Rabu, 22 Mei 2019 16:29Berita Sumut

Kantor Bawaslu Sumut di Gruduk Mahasiswa IMM

Untuk sekian kalinya Kantor Bawaslu Sumut didatangi pendemo. Kali ini, puluhan mahasiswa yang tergabung dalan Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) menggelar aksi 22 Mei di Kantor Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Sumut.

Rabu, 22 Mei 2019 16:14Nasional

Polisi Gelangan Puluhan Orang Diduga Provokator 22 Mei 2019

Kepolisian Polda Metro Jaya, menngelandang puluhan orang terduga provokator aksi 22 Mei 2019 ke Markas Polda Metro Jaya, Jakarta Pusat, Rabu (22/5/2019) siang. Mereka yang kebanyakan masih berusia belia itu berjalan kaki secara beriringan dengan pengawala

Rabu, 22 Mei 2019 15:59Berita Sumut

Pemko Medan Raih Opini WDP

Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH menerima Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Tahun Anggaran 2018 di Kantor Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Sumut, Jalan Imam Bonjol Medan

Rabu, 22 Mei 2019 15:44Berita Sumut

Akhyar Safari Ramadhan Di Helvetia Sekda Di Medan Petisah

Di hari ke-16 Ramadhan 1440 H, Wakil Wali Kota Ir H Akhyar Nasution MSi melaksanakan Safari Ramadhan di Masjid Al Hasanah Jalan Gaperta, Kelurahan Tanjung Gusta, Kecamatan Medan Helvetia, Selasa (21/5/2019). Di samping mendukung seluruh program pembangun

Rabu, 22 Mei 2019 15:29Berita Sumut

Wali Kota : Implementasikan Al Qur’an Dalam Diri & Kehidupan

Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH mengajak seluruh umat Muslim di Kota Medan untuk mengisi bulan suci Ramadhan dengan memperbanyak membaca Al qur'an serta memahami kandungan surah-surah yang dibaca tersebut. Di samping itu senantiasa me

Rabu, 22 Mei 2019 15:14Berita Sumut

Petugas Awasi Pnumpang Keluat Bersandar di Dermaga Belawan

Kapal KM Kelud yang baru sandar didermaga Terminal Bandar Deli Pelabuhan Belawan Kota Medan,yang baru turun dari atas kapal, Rabu (22/5/2019) siang mendapat pengamanan esxtra ketat oleh sejumlah petugas.

Rabu, 22 Mei 2019 14:02Berita Sumut

Bulog Kini Jual Bakso Juga

Badan Urusan Logistik (Bulog) Divisi Regional (Divre) I Sumatera Utara (Sumut) memperkenalkan produk baru olahan daging, Bakso Kita kepada masyarakat Medan.

Rabu, 22 Mei 2019 13:15Berita Sumut

Jelang Idul Fitri, Bandara Kualanamu Dirikan Posko Terpadu

PT Angkasa Pura II (Persero) Kantor Cabang Bandar Udara Internasional Kualanamu, Deli Serdang mendirikan Posko Terpadu Angkutan Lebaran 2019 di Area Selasar Kedatangan Bandar Udara Internasional Kualanamu. Posko terpadu ini didirikan untuk melayani para c

Rabu, 22 Mei 2019 12:29Berita Sumut

Jaksa Tuntut Dua kurir Sabu 53 Kg di Medan Hukuman Mati

Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejati Sumut, Rahmi Syafrina SH meminta agar dua warga Tanjung Balai yang menjadi terdakwa dalam kasus peredaran narkoba antar negara dengan hukuman mati. JPU menilai kedua terdakwa bersalah berusaha menyelundupkan sekitar 53 Kg

Rabu, 22 Mei 2019 12:13Berita Sumut

Dandim 0203/Lkt Bersama Tim Safari Ramadhan Kota Binjai Kunjungi Masjid Jami' Al Fath

Komandan Kodim 0230/Langkat Letkol Inf Syamsul Alam. SE, bersama Tim Safari Ramadhan Kota Binjai,kunjungi Masjid Jami' Al Fath jln. T. Amir Hamzah km 26 Kel. Jati Karya Kec. Binjai Utara, Selasa (22/05/2019).

Rabu, 22 Mei 2019 11:54Berita Sumut

Semarakkan Bulan Suci Ramadhan, Batalyon Armed 2/105 Gelar Aneka Perlombaan Agama

Pada Ramadhan tahun ini Batalyon Armed 2/105 menggelar berbagai macam perlombaan agama. Kegiatan ini bertempat di Masjid Al- Iman, Yonarmed 2.

Rabu, 22 Mei 2019 08:30Ekonomi

Mengulik Jejak Bisnis Nabi Muhammad SAW, Larangan Hingga Kiat Berjualan

Nabi Muhammad SAW melarang adanya penawaran dan pengakuan fiktif

Rabu, 22 Mei 2019 08:15Internasional

Kisruh Semakin Memanas, Donald Trump Ancam Iran

Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif membalas ancaman Presiden Amerika Serikat