• Home
  • Ekonomi
  • Dikabarkan PT Lion Mentari Airlines terlilit utang Ratusan Triliun, Apa Benar.?

Dikabarkan PT Lion Mentari Airlines terlilit utang Ratusan Triliun, Apa Benar.?

Mtc Minggu, 16 Juni 2019 11:00 WIB
Hand Over
MATATELINGA, Jakarta:   Dikabarkan PT Lion Mentari Airlines terlilit utang yang begitu besar. Bahkan Lion Air sempat mengajukan permohonan penundaan pembayaran jasa kebandaraan di kuartal I-2019 kepada PT Angkasa Pura I (Persero).


Sejumlah fakta-fakta dirangkum salah satu media Online, terkait Lion Air yang tengah merugi, Minggu (16/6/2019):

1. AP I Benarkan bahwa Lion Air Pernah Tunda Pembayaran Jasa Bandara

PT Angkasa Pura I (Persero) mengakui PT Lion Mentari Airlines pernah mengajukan surat permohonan penundaan pembayaran kewajiban terkait biaya operasional layanan kebandaraan akibat kesulitan keuangan yang dialami maskapai penerbangan itu.

"Surat dari Lion Air kami terima sekitar awal Februari 2019. Jadi, sudah sekitar lima bulan lalu," kata Direktur Pemasaran dan Pelayanan Angkasa Pura I Devy Wildasari Adjiningsih.

Menurut Devi, pihaknya langsung berkoordinasi dengan Lion Air, sehingga penangguhan pembayaran sudah mulai diselesaikan.

"Tetapi, ke depannya mereka (Lion Air) tetap melaksanakan kewajibannya sesuai waktunya," katanya.

2. Sempat Tertunda, Lion Sudah Lunasi Pembayaran ke AP I

Corporate Communications Strategic of Lion Air Group Danang Mandala Prihantoro menjelaskan, pihak Lion Air Group meminta kepada pengelola bandar udara agar hal yang terkait dengan kewajiban pembayaran diperlakukan sama dengan operator penerbangan lainnya.

Dia mengatakan, pihak Lion Air Group sudah menyampaikan hal tersebut secara tertulis dan resmi melalui surat kepada pengelola bandar udara. Adapun kewajiban pembayaran yang Lion Air Group minta untuk dibuatkan termin pembayarannya adalah kewajiban Januari, Februari dan Maret 2019.

3. Utang Lion Air Capai Rp614 Triliun

Lion Air menyatakan informasi utang atau berpotensi utang yang mencapai Rp614 triliun serta akan menjadi beban pihak lain adalah tidak benar.

Corporate Communications Strategic of Lion Air Danang Mandala Prihantoro mengatakan, Lion Air Group benar melakukan pemesanan armada (order) lebih dari 800 pesawat udara dari berbagai pabrikan pesawat (aircraft manufacture) di seluruh dunia.

"Saat ini, Lion Air Group telah menerima lebih dari 340 pesawat dari total pesanan dimaksud dan sudah mengoperasikannya di tiga negara yaitu Indonesia, Malaysia dan Thailand," katanya dalam keterangan tertulisnya.

4. Sanggahan Lion Air

Berikut pernyataan Lion Air seperti dilansir Okezone:

1. Pendanaan dalam pengadaan pesawat udara dilakukan menggunakan berbagai metode/ cara (tidak semua pesawat diperoleh dengan cara meminjam dana).

2. Pesanan pesawat udara tersebut, tidak semua akan dioperasikan di Indonesia.

3. Pengadaan pesawat tidak dijamin oleh siapapun dan tidak menjaminkan siapapun, kecuali Lion Air sendiri yang bertanggungjawab atas pengadaan pesawat yang dilakukan dengan jaminan aset perusahaan, termasuk pesawat yang dibeli. Apabila pesawat tersebut disewa, maka tidak diperlukan adanya jaminan

"Saat ini, kondisi operasional dan keuangan Lion Air dalam keadaan normal dan berjalan lancar," kata Danang.
Editor: Amrizal

Sumber: Okezone

T#g:Matatelingamatatelinga.commatatelinga comPT Lion Terlilit UtangRatusan TriliunanTerkiniTerlilit tangTriliun utang Lion
Komentar
Rabu, 03 Jun 2020 07:00Berita Sumut

Apel Pagi dengan Anggota, Back Up Jalur Kapolda dan PJU

Kepala Unit (Kanit) Lantas Polsek Medan Kota Iptu AW Nasution melakukan apel pagi dengan personel lantas Polsek Medan Kota.

Rabu, 03 Jun 2020 06:30Bola

Jadon Sancho, Salah Satu Pemain Melakukan Aksi Solideritas Untuk George Floyd

Floyd adalah orang kulit hitam Amerika Serikat yang meninggal karena tercekik, akibat lehernya ditindih oleh polisi Minneapolis bernama Derek Cauvin. Cauvin adalah orang kulit putih, sehingga ada pelecehan rasisme yang menyelimuti kematian Floyd.

Rabu, 03 Jun 2020 06:15Nasional

Mendagri: Tangani Banjir di Jabodetabekpunjur Dibutuhkan Kerjasama yang Terintegrasi

Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian menghadirii rapat virtual penandatanganan dokumen komitmen bersama penanggulangan banjir dan longsor di kawasan Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Puncak dan Cianjur (Jabodetabekpunjur) yang digelar di ruang sida

Rabu, 03 Jun 2020 06:00Nasional

PWI Pusat Dorong Dewan Pers Proses Secara Hukum Pembuat Sertifikat UKW Palsu

PWI Pusat mendorong Dewan Pers agar segera memproses secara hukum serta memidanakan pelaku pemalsuan sertifikat UKW beberapa waktu lalu yang mencatut nama Ketua Umum dan Sekjen PWI Pusat, serta mantan Ketua Dewan Pers, Stenly Adi Prasetyo.

Selasa, 02 Jun 2020 23:45Nasional

Menteri Perindustrian : Investasi Bakal Dongkrak Daya Saing RI

Ke depan, kata Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, pihaknya berupaya memastikan proses penanaman modal oleh para calon investor bisa berjalan tanpa hambatan. Dengan begitu, investasi dapat terealisasi cepat, pemerintah telah mengeluarkan sej

Selasa, 02 Jun 2020 23:30Bola

Jurgen Klopp Dinobatkan Sebagai Pelatih Terbaik di Dunia?

Penampilan Liverpool dalam tiga musim terakhir ini mencuri perhatian. Liverpool bermain atraktif dan agresif. Liverpool pun mampu menjuarai Liga Champions 2018-2019, Piala Super Eropa 2019, dan Piala Dunia Klub 2019, berkat penampilan apik tersebut.

Selasa, 02 Jun 2020 23:15Ekonomi

Pandemi Covid-19, Garuda Terpaksa PHK Pilot

PT Garuda Indonesia memutuskan untuk melakukan pemutusah hubungan kerja (PHK) pada sebagian pilotnya per tanggal 1 Juni 2020.

Selasa, 02 Jun 2020 23:00Berita Sumut

Sinergitas Pemko Medan & Polrestabes Membangun Visi Misi Kota Medan

Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi minta dan mohon dukungan Polrestabes Medan untuk bersama-sama menjaga keamanan, ketertiban dan kekondusifan Kota Medan.

Selasa, 02 Jun 2020 22:30Ekonomi

Mulai 5 Juni, Lion Air Group Untuk Sementara Waktu Tak Terbang Lagi

Perusahaan penerbangan sepertinya sangat terdampak akibat wabah corona ini. Seperti, Lion Air Group kembali akan melakukan penghentian sementara operasional penerbangan penumpang berjadwal domestik dan internasional. Rencananya penghentian itu dijadwalkan

Selasa, 02 Jun 2020 22:15Berita Sumut

Polres Sergai Gelar Pelepasan Purna Bhakti Kabag Sumda

Polres Serdang Bedagai menggelar acara pelepasan Purna Bhakti Polri AKBP (Purn) S.K Purba Kabag Sumda Polres Serdang Bedagai bertempat di Aula Patriatama Polres Serdang Bedagai, Selasa (02/06/2020) sekira Pukul 14.00 WIB.

Selasa, 02 Jun 2020 22:15Berita Sumut

KPK Periksa Sejumlah Mantan Anggota DPRD Sumut di Mapolda Sumut

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dikabarkan melakukan pemeriksaan terhadap sejumlah mantan anggota DPRD Provinsi Sumatera Utara (Sumut) di Mapolda Sumut, Selasa (2/5/2020).

Selasa, 02 Jun 2020 22:00Berita Sumut

Karyawan BRI Kancab Air Joman Asahan Positif Terinfeksi Corona

Karyawan BRI Kancab Air Joman Asahan dinyatakan positif terinfeksi Virus Corona setelah melakukan uji Swab maupun PCR di RSU Dr.Pringadi Medan pada 20 Mei 2020.

Selasa, 02 Jun 2020 21:45Nasional

Kepala Bakamla RI Buka Long Distance Learning On Job Training

Kepala Badan Keamanan Laut (Bakamla) RI Laksdya TNI Aan Kurnia, S.Sos., M.M. membuka Long Distance Learning On Job Training (OJK) bagi Pengawak Kapal Negara, Stasiun Pengamat dan Admin PPK Bakamla RI

Selasa, 02 Jun 2020 21:30Berita Sumut

Pemko Medan Tawarkan 2 Aset Dikelola Pihak Ketiga Kembali

Dalam upaya menggeliatkan kembali perekonomian menyusul pandemo Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) yang menerpa, Pemko Medan membuka peluang bagi pihak ketiga yang ingin mengontrak atau memanfaatkan aset yang dimilikinya.

Selasa, 02 Jun 2020 21:15Nasional

Pemerintah Pusat dan Pemda Bersatu Atasi Banjir dari Hulu ke Hilir

Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah bersatu dalam mengatasi bencana banjir dari hulu ke hilir.

Selasa, 02 Jun 2020 21:00Berita Sumut

Tikam Polisi, Dua Butir Peluru Bersarang di Betisnya

Aksi penikaman terhadap anggota Polres Tobasa terjadi, Selasa (2/6/2020) pagi. Tersangka dihadiahi dua butir timah panas untuk menghentikan 'kekonyolannya'.