• Home
  • Ekonomi
  • Donald Trump "Pertegas" The Fed dan Nasib Dolar AS

Donald Trump "Pertegas" The Fed dan Nasib Dolar AS

Mtc Senin, 04 Maret 2019 08:10 WIB
GOOGLE
Donald Trump
MATATELINGA, Jakarta: Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump kembali mengkritik Federal Reserve (The Fed) dengan mengatakan kebijakan moneter ketat yang diambil bank sentral AS berkontribusi terhadap dolar yang kuat dan merusak daya saing AS.



Hal ini dikatakan Trump saat Konferensi Tindakan Politik Konservatif tahunan di Oxon Hill, Maryland.

"Kami memiliki seorang pria yang menyukai dolar yang sangat kuat di The Fed," sindir Trump Kepada Wartawan, Jakarta, Minggu (3/3/2019).

"Saya ingin dolar yang kuat, dan bagus untuk negara kita, bukan dolar yang begitu kuat sehingga kita sulit berbisnis dengan negara lain," ujarnya.

Trump memang acapkali mengkritik kebijakan The Fed dan Jerome Powell yang sebagai gubernur The Fed karena beberapa kali menaikkan suku bunga acuan.

Tercatat, bank sentral AS telah menaikkan suku bunga sebanyak empat kali pada tahun lalu, Baru-baru ini meraka telah mengisyaratkan bahwa akan adanya pengetatan kebijakan moneter lebih lanjut, sebagai anggapan terhadap meningkatnya kekhawatiran tentang prospek ekonomi di tengah volatilitas pasar keuangan, memperlambat pertumbuhan global dan perang dagang antara Amerika Serikat dan China.



"Bisakah Anda bayangkan jika kami meninggalkan suku bunga di mana mereka berada jika kami tidak melakukan pengetatan kuantitatif, ini akan menyebabkan dolar sedikit lebih rendah." Mata uang yang lebih lemah umumnya membuat ekspor suatu negara lebih kompetitif.

Pengetatan kuantitatif adalah istilah yang diterapkan pada langkah luar biasa The Fed untuk membeli sejumlah besar obligasi pemerintah AS untuk membantu merangsang pertumbuhan ekonomi selama krisis keuangan. Langkah itu dilakukan untuk menurunkan suku bunga pinjaman jangka panjang setelah The Fed menurunkan suku bunga kredit semalam menjadi nol.

Sementara, Powell menegaskan bahwa dia tidak akan terpengaruh oleh tekanan politik dan memberikan pernyataan yang jelas tentang independensi The Fed pada awal Januari ketika dia mengatakan bahwa dia tidak akan mengundurkan diri bahkan jika Trump memintanya untuk melakukan hal itu.



The Fed telah memangkas neraca keuangannya sebesar USD4 triliun atau sebanyak USD50 miliar per bulan, yang menurut para investor telah memperketat kondisi keuangan.

Suku bunga The Fed saat ini berada dalam kisaran 2,25% hingga 2,50%.

(Mtc/Okz)
Editor: FJR

Sumber: Okezone

T#g:bliblidolar ASDonald TrumpMatatelingaPresiden ASTerkinithe fed
Komentar
Senin, 17 Jun 2019 19:40Berita Sumut

Edy Rahmayadi: Benahi Forkopimda Untuk Membangun Sumut Bermartabat

Komunikasi dan kerja sama unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) sangat penting dalam membangun daerah. Begitu juga untuk membangun Sumatera Utara yang Bermartabat, harus dibenani dahulu unsur Forkopimda-nya.

Senin, 17 Jun 2019 19:25Berita Sumut

Pemko Medan Gelar Medan Great Sale Anniversary 2019

Selain menggelar Festival Band Millenial (FBM) 2019, Pemko Medan melalui Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Medan juga akan menggelar event bertajuk Medan Great Sale Anniversary (MGSA) 2019 guna mmeriahkan HUT Kota Medan ke 429. Melalui MGSA, pusat perbelanja

Senin, 17 Jun 2019 19:10Berita Sumut

Kapolres Asahan Minta Warga Percaya MK Untuk Putuskan Hasil Sengketa Pilpres

Kapolres Asahan AKBP Faisal F. Napitupulu,menghimbau kepada masyarakat agar tidak terprovokasi dengan isu hoax dan ujaran kebencian yang marak di media sosial. "Terkait hasil keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) tentang gugatan Pilpres nantinya, kita p

Senin, 17 Jun 2019 18:40Nasional

Lantik 350 Sarjana Ilmu Kepolisian, Kapolri Sampaikan Hal Ini

Kapolri Jenderal Pol Prof. H. M. Tito Karnavian bersama Ketua Umum Bhayangkari, Tri Tito Karnavian menghadiri Acara Dies Natalis ke-73 tahun 2019 dan Wisuda Sarjana Ilmu Kepolisian Program Pendidikan Strata 1 (S1) angkatan ke-74, 75, 76 serta Program Pend

Senin, 17 Jun 2019 18:25Berita Sumut

Ketua TP PKK Sumut Apresiasi Program Literasi PKK Daerah

Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) Nawal Edy Rahmayadi mengapresiasi program literasi yang dilaksanakan oleh PKK di daerah. Seperti yang dilakukan Kota Binjai dengan program Dasa Wisma Literasi

Senin, 17 Jun 2019 18:10Internasional

Polisi di Tikam Senjata Tajam dan Pistol Dicuri

Petugas Suzunosuke Kose ,26, ditemukan di pos polisi dengan pisau masih tertanam di sisi kiri dadanya. Ia juga mendapat luka lainnya. Layanan darurat diberitahu tentang kejadian itu sekitar pukul 5.40 pagi.

Senin, 17 Jun 2019 17:55Nasional

Politisi PKS: Parpol Lolos PT Segera Konsolidasi Tanpa Mengabaikan Check and Balance

Anggota MPR dari Fraksi PKS, Jazuli Juwaini,mengatakan partai politik dibangun untuk mengejar kekuasaan namun hal demikian harus diimbangi dengan nurani dan mendahulukan kepentingan bangsa.

Senin, 17 Jun 2019 17:40Berita Sumut

Sri Ayu Mihari Harapkan Semakin Banyak Kabupaten/Kota Ramah Anak di Sumut

Wakil Ketua Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) Sri Ayu Mihari Musa Rajekshah menyampaikan apresiasi atas terpilihnya Kelurahan Sei Agul, Kecamatan Medan Barat, Kota Medan sebagai salah satu dar

Senin, 17 Jun 2019 17:25Ekonomi

Nilai Tukar Rupiah Kembali Melemah

Pada akhir perdagangan New York, euro jatuh menjadi USD1,1279 dari USD1,1286 pada sesi sebelumnya, dan pound Inggris turun menjadi USD1,2682 dari USD1,2687 pada sesi sebelumnya. Dolar Australia turun menjadi USD0,6916 dari USD0,6926.

Senin, 17 Jun 2019 17:10Berita Sumut

Kelurahan Sei Agul Masuk 6 Besar Penilaian PAAR-CKS Tingkat Nasional

Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) sebagai unsur pembangunan bangsa memiliki misi mulia dalam memberi dukungan terhadap peningkatan kualitas hidup keluarga dengan mengutamakan sumber daya manusia sejak bayi dalam kandungan, hingga tumbuh dan berkem

Senin, 17 Jun 2019 16:51Berita Sumut

4 Wanita Jadi Korban Perampokan Dalam Angkot di Belawan

Empat orang remaja putri di Belawan menjadi korban perampokan yang dilakukan seorang oknum supir angkutan kota (Angkot) pada Minggu (16/6/2019) dinihari. Peristiwa ini terjadi di kawasan Jalan KLY Sudarso tepatnya di kawasan Simpang Gudang Arang Lama.

Senin, 17 Jun 2019 16:27Bola

Absennya Neymar, Pertahanannya Masih Kuat

Absennya Neymar merupakan pukulan bagi Brasil, tetapi hal itu takkan mengurangi ketangguhan Brasil selaku tuan rumah Copa America 2019

Senin, 17 Jun 2019 16:11Berita Sumut

Diduga Dibuang, Bayi Ditemukan Dalam Kondisi Hidup di Areal Perkebunan Sergai

Pekerja perkebunan kelapa sawit milik perusahaan perkebunan Paya Pinang, di Kecamatan Syahbandar, Kabupaten Serdangbedagai digegerkan dengan temuan bayi berjenis kelamin perempuan Sumatera Utara, Senin (17/6/2019). Bayi itu ditemukan dalam kondisi hidup

Senin, 17 Jun 2019 15:49Berita Sumut

Eldin Sampaikan Nota Pengantar Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD 2018 Pemko Medan

Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH menyampaikan Nota Pengantar Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Kota Medan Tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran (TA) 2018 dalam rapat paripurna yang

Senin, 17 Jun 2019 15:44Nasional

Ini Jawaban Menhub Terkait Tiket Pesawat Mahal : Itu Bukan Urusan Saya

Menanggapi mahalnya harga tiket pesawat, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyebut bahwa mahalnya harga tiket pesawat yang dikeluhkan oleh masyarakat dan pengusaha bukan merupakan urusan pihaknya.

Senin, 17 Jun 2019 15:34Berita Sumut

30 Pejabat Eselon III Pemko Medan Ikuti Diklat Leadership

Pemko Medan melalui Badan Kepegawaian Daerah dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKDPSDM) Kota Medan menggelar Diklat Effective Leadership Training For Best Echelon III di Lingkungan Pemko Medan Tahun Anggaran 2019 di Hotel Polonia, Jalan Sudirman Medan