• Home
  • Ekonomi
  • Era Digitalisasi, Klaim Asuransi Kini Ada di Ujung Jari

Era Digitalisasi, Klaim Asuransi Kini Ada di Ujung Jari

James P. Pardede Jumat, 24 November 2017 16:03 WIB
MATA TELINGA/JAMES P PARDEDE
Senior Branch Manager Asuransi Astra Medan Haris Halim mensosialisasikan Garda Oto Mobile kepada konsumen.
MATA TELINGA-Perkembangan teknologi telah menggiring kita ke sebuah perubahan yang serba digital (digitalisasi). Untuk membayar tagihan apa pun saat ini sudah bisa dilakukan dengan e-banking atau m-banking. Mau pesan sepatu atau baju olahraga pun saat ini sudah sangat mudah. Tak perlu harus berdesak-desakan di mall atau toko, cukup buka aplikasi salah satu toko online lalu berselancarlah sepuasnya untuk melihat model sepatu atau baju olahraga yang pas.

Setelah yakin dengan modelnya, pesanan diujung jari tinggal menunggu konfirmasi. Pilihan pembayaran ada beberapa cara, dan yang termasuk paling diminati adalah pembayaran di tempat (cash on delivery), barang pesanan sampai ditangan, transaksi jual beli pun tuntas dilaksanakan.



Kemudahan lain yang kita rasakan saat ini adalah bermunculannya bisnis online termasuk transportasi berbasis online. Pesan makanan pun saat ini tinggal pilih lewat aplikasi, pesanan akan datang tak kurang dari satu jam kemudian.

Digitalisasi tidak hanya di bisnis online, atau bidang perbankan, media cetak pun saat ini sudah beralih ke media online atau daring (dalam jaringan) karena tuntutan jaman. Sama halnya di industri asuransi, calon nasabah atau nasabah asuransi semakin dimanjakan dengan kemudahan-kemudahan dalam melakukan pembayaran premi dan klaim asuransi.

Industri asuransi saat ini telah banyak yang mengadopsi layanan digital dalam mengenalkan keunggulan produknya kepada konsumen. Melihat perkembangan teknologi yang semakin canggih, Asuransi Astra pun sepertinya tidak menutup mata untuk pengembangan layanan dan pangsa pasarnya dengan sistem digitalisasi.



Seperti disampaikan Direktur Utama Asuransi Astra Rudy Chen dalam sebuah kesempatan, digitalisasi yang sudah dilakukan Asuransi Astra sejak tahun 2016 telah berhasil menyederhanakan proses bisnis utama dan membuat layanan Asuransi Astra dapat diakses dengan lebih mudah dan cepat.

"Di 2016, kami merilis HR akses dan CR akses untuk medical care dan oto care. Tahun ini, kami akan meluncurkan satu lagi sentuhan personal terhadap konsumen, terutama terkait klaim dan akuisisi," katanya.

Sementara Senior Branch Manager Asuransi Astra Buana Medan, Haris Halim menyampaikan sosialisasi teknologi digital kepada konsumen terus dilakukan secara berkesinambungan. Setiap kali ada klaim dari konsumen, secara perlahan program digitalisasi disampaikan kepada konsumen agar ke depan bisa melakukan klaim lebih mudah.

"Sama halnya dengan konsumen yang baru saja mempercayakan asuransi kedaraan bermotornya ke Asuransi Astra. Dengan produk unggulan Garda Oto, kita langsung mengenalkan kemudahan-kemudahan yang diperoleh lewat program digitalisasi, yang mengusung tagline #MakinGampangKlaimnya, makin banyak bonusnya," kata Haris Halim.



Proses klaim Garda Oto Digital secara online, lanjut Haris Halim baru bisa dinikmati di Jakarta, hal ini karena tingkat mobilitas masyarakat ibukota yang sangat tinggi dan membutuhkan layanan serba cepat. Tak lama lagi layanan ini akan dinikmati di beberapa kota di Indonesia.

Itu sebabnya, kata Haris Halim sosialisasi dan persiapan untuk menjalankan program ini di Medan dilakukan secara berkesinambungan. Sebagai wujud komitmen revolusi digital dan pencanangan strategi Going Mobile, tahun ini Asuransi Astra meluncurkan aplikasi dengan nama Garda Mobile, yaitu sebuah layanan digital berbentuk kumpulan aplikasi untuk berbagai segmen bisnis, seperti retail dan komersial.

"Aplikasi Garda Mobile Otocare misalnya, saat ini sudah mengalami penyempurnaan menjadi Otocare v3.0 dengan banyak fitur yang bermanfaat bagi konsumen. Aplikasi ini menjadi pengingat jatuh tempo polis, servis berkala, tanggal jatuh tempo SIM dan STNK, Parking, Rate Calculator, emergency serta estimasi biaya bahan bakar harian," tandasnya.

BACA JUGA : Garda Oto Masih jadi Pilihan Pelanggan


DIUJUNG JARI

Langkah Asuransi Astra untuk menjadi perusahaan asuransi umum paling digital  di Indonesia terus berlanjut melalui berbagai penyempurnaan yang inovatif dan komprehensif. Garda Oto Digital yang diluncurkan Oktober 2017 menawarkan cara baru berasuransi di era digital behavior seperti saat ini dengan mengutamakan kemudahan dalam membeli polis dan melakukan klaim kendaraan melalui internet. Semua kemudahan itu dihadirkan untuk seluruh pelanggan setia Asuransi Astra. Sebab, kemudahan klaim menjadi salah satu pertimbangan utama seseorang memilih perusahaan asuransi.

Diluncurkannya Garda Oto Digital merupakan bentuk dukungan Asuransi Astra terhadap strategi nasional keuangan inklusif yang diinisiasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Melalui strategi itu, akses keuangan sebagai hak dasar masyarakat yang memiliki peran penting dalam peningkatan kesejahteraan bisa semakin terbuka.



Haris Halim menyampaikan, Garda Oto Digital hadir untuk semakin melengkapi platform digital Asuransi Astra yang terdiri dari berbagai aplikasi seperti Garda Mobile Otocare, Garda Mobile Medcare, Garda Mobile HRakses, Garda Mobile CRakses, Garda Mobile Otosales, dan Garda Mobile Otosurvey.

"Tak lama lagi, klaim asuransi akan semakin mudah karena sudah ada diujung jari. Warga Medan yang sudah mempercayakan asuransinya ke Asuransi Astra bersiap-siap untuk mengakrabi fitur-fitur yang ada. Segala sesuatu akan semakin mudah dilakukan," tegasnya.

Karena keseriusan Asuransi Astra melalui produknya Garda Oto dalam memberikan pelayanan terbaik dan kemudahan klaim kepada pelanggannya, Garda Oto dinobatkan sebagai merek asuransi kendaraan bermotor terbaik tahun ini. Produk asuransi mobil dari Asuransi Astra ini mendapatkan penghargaan Triple Platinum dalam ajang Indonesia Best Brand Award 2017.

BACA JUGA : Lakukan Ini Saat Berkendara di Musim Hujan


Pencapaian dan penghargaan yang disematkan kepada Asuransi Astra semakin bertambah karena komitmennya dalam memberikan yang terbaik kepada konsumen. Kepercayaan pelanggan adalah aset paling berharga bagi sebuah perusahaan. Banyak cara dilakukan untuk bisa meraih dan membangun kepercayaan pelanggan, termasuk melalui kegiatan public relations yang berkesinambungan dan berkelanjutan.

Capaian perusahaan yang baik disertai agenda public relations yang positif inilah yang membawa Asuransi Astra meraih penghargan Indonesia Insurance Consumer Choice Award dan Indonesia Public Relations Excellence Award.

Kinerja tim public relations Asuransi Astra juga tak mau kalah untuk mengukir prestasi serta mendapat apresiasi bergengsi dalam bidang kehumasan. Kali ini, ajang Indonesia PR of The Year 2017 memberikan anugerah kepada L. Iwan Pranoto selaku Head of Communication & Event Asuransi Astra sebagai PR Manager of The Year 2017.

Penghargaan demi penghargaan yang diraih Asuransi Astra pada akhirnya bertujuan untuk memberikan kepercayaan dan kepuasan pelanggan atas pelayanan yang diberikan. Penghargaan tak akan ada artinya apabila perusahaan lupa untuk tetap mempertahankan kualitas pelayanan demi kepuasan pelanggan.



Kepuasan pelanggan adalah yang paling utama, seperti disampaikan Penasehat Investasi Darmin, SE, MBA instrument asuransi saat ini sedang berlomba-lomba dalam memberikan kemudahan kepada konsumennya. Era digital telah menggiring kita untuk mengakrabinya. Perkembangan teknologi yang saat ini semakin berkembang juga tak bisa kita bendung.

"Yang terpenting adalah, berikan pelayanan yang terbaik kepada konsumen, maka konsumen akan menentukan dan bertahan di salah satu produk asuransi yang menurutnya membuatnya nyaman dan tenang," tandasnya.
Editor: Amrizal

T#g:Asuransi AstraGarda OtoMedan
Komentar
Selasa, 24 Apr 2018 09:02Internasional

Usai Lahirkan Anak Ketiganya, Kate Pulang Ke Istana

Kate Middleton selesai menjalani proses lahiran anak ketiganya yang berjenis kelamin laki-laki. Kate, bersama Pangeran William, lalu meninggalkan rumah sakit tempat bersalinnya.

Selasa, 24 Apr 2018 08:45Internasional

Tambah Jumlah Korban, Kali Ini ISIS Penggal Tiga Bersaudar Di Afghanistan

Kelompok teroris ISIS dilaporkan memenggal tiga warga bersaudara di timur Provinsi Nagarhar, Afghanistan, pada akhir pekan lalu. Ketiga korban tersebut berprofesi sebagai petugas medis di wilayah itu.

Selasa, 24 Apr 2018 08:42Internasional

George HW Bush Dilarikan ke Rumah Sakit Usai Pemakaman Istri

Mantan Presiden Amerika Serikat, George H.W. Bush, dilarikan ke rumah sakit pada Minggu (22/4), satu hari setelah menghadiri pemakaman istrinya, Barbara Bush.

Selasa, 24 Apr 2018 08:37Nasional

Hari Ini Setya Novanto Akan Hadapi Vonis Kasus Korupsi E-KTP

Mantan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Setya Novanto alias Setnov bakal menghadapi vonis dalam perkara dugaan korupsi proyek pengadaan e-KTP hari ini, Selasa (24/4).

Selasa, 24 Apr 2018 08:31Nasional

Menkumham Tidak Persoalkan Hukum Cambuk Di Lapas

Menteri Hukum dan HAM, Yasonna H Laoly menegaskan bahwa hukuman cambuk tetap bisa dilakukan di lembaga pemasyarakatan. Menurut Yasonna, tak masalah jika pelaksanaan hukuman cambuk di dalam lapas.

Selasa, 24 Apr 2018 08:25Nasional

Moeldoko: Jangan Recoki Jokowi Dengan Hal Yang Tidak Substansi

MATATELINGA, Jakarta: Kepala Staf Presiden (KSP) Moeldoko meminta semua pihak memberikan kesempatan kepada Presiden Joko Widodo menyelesaikan tugas-tugasnya. Dia tak ingin masa tugas Jokowi yang tersisa sekitar satu setengah tahun lagi, direcoki hal-hal y

Selasa, 24 Apr 2018 08:21Nasional

Aksi E-Lelang Tas Sembako Jokowi Tuai Kontroversi

Pemerintah mengadakan lelang elektronik (e-Lelang) untuk pengadaan tas sembilan bahan pokok (sembako) bantuan Presiden. Berdasarkan situs Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Kementerian Keuangan, proyek pengadaan itu senilai Rp3 miliar.

Selasa, 24 Apr 2018 08:16Nasional

Fadli Zon: Tas Sembako Jokowi Harus Dievaluasi

Wakil Ketua Umum Gerindra Fadli Zon menyindir lelang pengadaan tas sembako presiden yang menelan anggaran senilai Rp3 miliar. Fadli menyebut Jokowi menggunakan anggaran negara untuk kepentingan kampanye jelang pemilihan presiden 2019.

Selasa, 24 Apr 2018 08:15Nasional

Ketum Dharma Pertiwi : Ibu-Ibu Harus Menjadi Sumber Inspirasi Keluarga

Kaum Ibu harus menjadi sumber inspirasi bagi keluarga yang senantiasa memberikan perhatian kepada suami dan anak-anak, baik dalam menjaga kesehatannya, memperhatikan pendidikannnya serta memberi semangat untuk berbuat lebih baik.

Selasa, 24 Apr 2018 08:00Berita Sumut

Beginilah Cara Istri Sihar Menebar Inspirasi di Komunitas Peduli Anak

Sekumpulan anak-anak sedang membaca buku di salah satu rumah baca milik Komunitas Peduli Anak atau yang disingkat dengan Kopa. Mereka merupakan anak-anak warga yang tinggal dan bermukim di bantaran Sungai Deli.

Selasa, 24 Apr 2018 07:45Nasional

Panglima TNI Kunjungi Prajurit TNI dan Polri di Natuna

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. dan Ketum Dharma Pertiwi Ibu Nanny Hadi Tjahjanto bersama Ketua DPR RI Bambang Soesatyo, S.E., M.B.A., Ketua DPD RI Oesman Sapta Odang, Pangkostrad Letjen TNI Agus Kriswanto, Danjen Kopassus Mayjen Eko Mar

Selasa, 24 Apr 2018 07:30Berita Sumut

Kondisi Pantai Kami Hancur Pak, Sebentar Lagi Kami lah yang Hancur

Calon Wakil Gubernur (Cawagub) Sumatera Utara, Sihar Sitorus miris lihat kehidupan masyarakat Desa Regemuk Kecamatan Pantai Labu Kabupaten Deliserdang.

Selasa, 24 Apr 2018 07:15Berita Sumut

Merajut Benang Menguntai Kebersamaan

Matahari bersinar cukup terang, pancarkan cahaya mengantarkan panas. Namun perempuan bernama Patricia Boru Siahaan itu tidak menghiraukannya. Dia melangkah menapaki jejak di Jalan Syahbandar, Kelurahan Aur, Kecamatan Medan Maimon

Selasa, 24 Apr 2018 07:00Berita Sumut

Tokoh Lintas Agama Akui Edy-Ijeck Mampu Berdiri di Atas Semua Golongan

Isu-isu SARA di Pilgub Sumut tak terelakkan. Namun, masyarakat diingatkan untuk tetap menjaga kedamaian dalam Pilgubsu dan saling menghormati. Masyarakat juga diminta untuk memilih berdasarkan hati nurani selain berdasarkan agama. Sumut

Selasa, 24 Apr 2018 06:45Bola

Liverpool Mulai Menunjukkan "Taringnya"

Liverpool sudah menjejak ke babak semifinal Liga Champions. Mereka akan menghadapi AS Roma untuk memperebutkan tiket ke babak final. Leg I akan berlangsung di Anfield, Rabu (25//4/2018). Sepekan kemudian mereka akan gantian akan melawat ke Stadio Olimpico

Selasa, 24 Apr 2018 06:30Berita Sumut

"Centeng " Aksara Terkapar dengan Kondisi Babak Belur

Centeng di Pasar Aksara diketahui bernama Dody, yang kerap berada di Pajak Aksara, Senin (24/4/2018) ditemukan terkapar dengan kondisi babak belur di bundaran Komplek MMTC Desa Medan Estate Kecamatan Percut Sei Tuan.‎