• Home
  • Ekonomi
  • Era Digitalisasi, Klaim Asuransi Kini Ada di Ujung Jari

Era Digitalisasi, Klaim Asuransi Kini Ada di Ujung Jari

James P. Pardede Jumat, 24 November 2017 16:03 WIB
MATA TELINGA/JAMES P PARDEDE
Senior Branch Manager Asuransi Astra Medan Haris Halim mensosialisasikan Garda Oto Mobile kepada konsumen.
MATA TELINGA-Perkembangan teknologi telah menggiring kita ke sebuah perubahan yang serba digital (digitalisasi). Untuk membayar tagihan apa pun saat ini sudah bisa dilakukan dengan e-banking atau m-banking. Mau pesan sepatu atau baju olahraga pun saat ini sudah sangat mudah. Tak perlu harus berdesak-desakan di mall atau toko, cukup buka aplikasi salah satu toko online lalu berselancarlah sepuasnya untuk melihat model sepatu atau baju olahraga yang pas.

Setelah yakin dengan modelnya, pesanan diujung jari tinggal menunggu konfirmasi. Pilihan pembayaran ada beberapa cara, dan yang termasuk paling diminati adalah pembayaran di tempat (cash on delivery), barang pesanan sampai ditangan, transaksi jual beli pun tuntas dilaksanakan.



Kemudahan lain yang kita rasakan saat ini adalah bermunculannya bisnis online termasuk transportasi berbasis online. Pesan makanan pun saat ini tinggal pilih lewat aplikasi, pesanan akan datang tak kurang dari satu jam kemudian.

Digitalisasi tidak hanya di bisnis online, atau bidang perbankan, media cetak pun saat ini sudah beralih ke media online atau daring (dalam jaringan) karena tuntutan jaman. Sama halnya di industri asuransi, calon nasabah atau nasabah asuransi semakin dimanjakan dengan kemudahan-kemudahan dalam melakukan pembayaran premi dan klaim asuransi.

Industri asuransi saat ini telah banyak yang mengadopsi layanan digital dalam mengenalkan keunggulan produknya kepada konsumen. Melihat perkembangan teknologi yang semakin canggih, Asuransi Astra pun sepertinya tidak menutup mata untuk pengembangan layanan dan pangsa pasarnya dengan sistem digitalisasi.



Seperti disampaikan Direktur Utama Asuransi Astra Rudy Chen dalam sebuah kesempatan, digitalisasi yang sudah dilakukan Asuransi Astra sejak tahun 2016 telah berhasil menyederhanakan proses bisnis utama dan membuat layanan Asuransi Astra dapat diakses dengan lebih mudah dan cepat.

"Di 2016, kami merilis HR akses dan CR akses untuk medical care dan oto care. Tahun ini, kami akan meluncurkan satu lagi sentuhan personal terhadap konsumen, terutama terkait klaim dan akuisisi," katanya.

Sementara Senior Branch Manager Asuransi Astra Buana Medan, Haris Halim menyampaikan sosialisasi teknologi digital kepada konsumen terus dilakukan secara berkesinambungan. Setiap kali ada klaim dari konsumen, secara perlahan program digitalisasi disampaikan kepada konsumen agar ke depan bisa melakukan klaim lebih mudah.

"Sama halnya dengan konsumen yang baru saja mempercayakan asuransi kedaraan bermotornya ke Asuransi Astra. Dengan produk unggulan Garda Oto, kita langsung mengenalkan kemudahan-kemudahan yang diperoleh lewat program digitalisasi, yang mengusung tagline #MakinGampangKlaimnya, makin banyak bonusnya," kata Haris Halim.



Proses klaim Garda Oto Digital secara online, lanjut Haris Halim baru bisa dinikmati di Jakarta, hal ini karena tingkat mobilitas masyarakat ibukota yang sangat tinggi dan membutuhkan layanan serba cepat. Tak lama lagi layanan ini akan dinikmati di beberapa kota di Indonesia.

Itu sebabnya, kata Haris Halim sosialisasi dan persiapan untuk menjalankan program ini di Medan dilakukan secara berkesinambungan. Sebagai wujud komitmen revolusi digital dan pencanangan strategi Going Mobile, tahun ini Asuransi Astra meluncurkan aplikasi dengan nama Garda Mobile, yaitu sebuah layanan digital berbentuk kumpulan aplikasi untuk berbagai segmen bisnis, seperti retail dan komersial.

"Aplikasi Garda Mobile Otocare misalnya, saat ini sudah mengalami penyempurnaan menjadi Otocare v3.0 dengan banyak fitur yang bermanfaat bagi konsumen. Aplikasi ini menjadi pengingat jatuh tempo polis, servis berkala, tanggal jatuh tempo SIM dan STNK, Parking, Rate Calculator, emergency serta estimasi biaya bahan bakar harian," tandasnya.

BACA JUGA : Garda Oto Masih jadi Pilihan Pelanggan


DIUJUNG JARI

Langkah Asuransi Astra untuk menjadi perusahaan asuransi umum paling digital  di Indonesia terus berlanjut melalui berbagai penyempurnaan yang inovatif dan komprehensif. Garda Oto Digital yang diluncurkan Oktober 2017 menawarkan cara baru berasuransi di era digital behavior seperti saat ini dengan mengutamakan kemudahan dalam membeli polis dan melakukan klaim kendaraan melalui internet. Semua kemudahan itu dihadirkan untuk seluruh pelanggan setia Asuransi Astra. Sebab, kemudahan klaim menjadi salah satu pertimbangan utama seseorang memilih perusahaan asuransi.

Diluncurkannya Garda Oto Digital merupakan bentuk dukungan Asuransi Astra terhadap strategi nasional keuangan inklusif yang diinisiasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Melalui strategi itu, akses keuangan sebagai hak dasar masyarakat yang memiliki peran penting dalam peningkatan kesejahteraan bisa semakin terbuka.



Haris Halim menyampaikan, Garda Oto Digital hadir untuk semakin melengkapi platform digital Asuransi Astra yang terdiri dari berbagai aplikasi seperti Garda Mobile Otocare, Garda Mobile Medcare, Garda Mobile HRakses, Garda Mobile CRakses, Garda Mobile Otosales, dan Garda Mobile Otosurvey.

"Tak lama lagi, klaim asuransi akan semakin mudah karena sudah ada diujung jari. Warga Medan yang sudah mempercayakan asuransinya ke Asuransi Astra bersiap-siap untuk mengakrabi fitur-fitur yang ada. Segala sesuatu akan semakin mudah dilakukan," tegasnya.

Karena keseriusan Asuransi Astra melalui produknya Garda Oto dalam memberikan pelayanan terbaik dan kemudahan klaim kepada pelanggannya, Garda Oto dinobatkan sebagai merek asuransi kendaraan bermotor terbaik tahun ini. Produk asuransi mobil dari Asuransi Astra ini mendapatkan penghargaan Triple Platinum dalam ajang Indonesia Best Brand Award 2017.

BACA JUGA : Lakukan Ini Saat Berkendara di Musim Hujan


Pencapaian dan penghargaan yang disematkan kepada Asuransi Astra semakin bertambah karena komitmennya dalam memberikan yang terbaik kepada konsumen. Kepercayaan pelanggan adalah aset paling berharga bagi sebuah perusahaan. Banyak cara dilakukan untuk bisa meraih dan membangun kepercayaan pelanggan, termasuk melalui kegiatan public relations yang berkesinambungan dan berkelanjutan.

Capaian perusahaan yang baik disertai agenda public relations yang positif inilah yang membawa Asuransi Astra meraih penghargan Indonesia Insurance Consumer Choice Award dan Indonesia Public Relations Excellence Award.

Kinerja tim public relations Asuransi Astra juga tak mau kalah untuk mengukir prestasi serta mendapat apresiasi bergengsi dalam bidang kehumasan. Kali ini, ajang Indonesia PR of The Year 2017 memberikan anugerah kepada L. Iwan Pranoto selaku Head of Communication & Event Asuransi Astra sebagai PR Manager of The Year 2017.

Penghargaan demi penghargaan yang diraih Asuransi Astra pada akhirnya bertujuan untuk memberikan kepercayaan dan kepuasan pelanggan atas pelayanan yang diberikan. Penghargaan tak akan ada artinya apabila perusahaan lupa untuk tetap mempertahankan kualitas pelayanan demi kepuasan pelanggan.



Kepuasan pelanggan adalah yang paling utama, seperti disampaikan Penasehat Investasi Darmin, SE, MBA instrument asuransi saat ini sedang berlomba-lomba dalam memberikan kemudahan kepada konsumennya. Era digital telah menggiring kita untuk mengakrabinya. Perkembangan teknologi yang saat ini semakin berkembang juga tak bisa kita bendung.

"Yang terpenting adalah, berikan pelayanan yang terbaik kepada konsumen, maka konsumen akan menentukan dan bertahan di salah satu produk asuransi yang menurutnya membuatnya nyaman dan tenang," tandasnya.
Editor: Amrizal

T#g:Asuransi AstraGarda OtoMedan
Komentar
Sabtu, 20 Jan 2018 09:00Berita Sumut

Diduga Dibunuh, Siswi SMA Tewas Bersimbah Darah di Kamar Mandi

Seorang siswi SMA, Anggi Syahputri Tanjung (16) ditemukan tewas bersimbah darah di kediamannya Jalan Bustamam Gg Satria Dusun XI Desa ‎Bandar Khalipah Kecamatan Percut Sei Tuan, Jumat (19/1) malam. Korban tewas diduga karena pembunuhan.

Sabtu, 20 Jan 2018 08:45Berita Sumut

1,2 Juta Warga Sumut Terancam Tak Bisa Gunakan Hak Pilih, Ini Penyebabnya

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sumut kembali mengingatkan bahwa 1,2 juta penduduk di Sumatera Utara hingga saat ini belum melakukan rekam KTP elektronik atau E-KTP. Jumlah ini menurut Ketua Bawaslu Sumut, Syafrida R Rasahan sangat rawan tidak terakomodir

Sabtu, 20 Jan 2018 08:15Berita Sumut

Ketua Umum Dharma Pertiwi : Tumbuhkan Budaya Saling Asah, Asih dan Asuh Dalam Organisasi

Dalam menjalankan organisasi perlu ditumbuhkan budaya saling asah, asih dan asuh. Demikian disampaikan Ketua Umum Dharma Pertiwi Ibu Nanny Hadi Tjahjanto pada acara penyerahan jabatan Ketua Umum PIA Ardhya Garini dari Ibu Nanny Hadi Tjahjanto kepada Ibu A

Sabtu, 20 Jan 2018 08:00Nasional

Satgas Kesehatan TNI Masuki Kampung-Kampung Terpencil di Asmat

Personel Tim Gabungan Satgas Kesehatan TNI Kejadian Luar Biasa (KLB), terdiri dari Pusat Kesehatan TNI, Pusat Kesehatan TNI AD, Dinas Kesehatan TNI AL dan Dinas Kesehatan TNI AU bersama dengan Dinas Kesehatan Wilayah setempat, bergerak cepat memasuki kam

Jumat, 19 Jan 2018 18:35Berita Sumut

Harga Beras Naik, Pedagang di Padangsidempuan Menjerit

Naiknya harga beras beberapa minggu belakangan ini juga dirasakan di Kota Padangsidimpuan. Akibatnya, para pedagang beras pun menjerit lantaran omset mereka turun.

Jumat, 19 Jan 2018 17:30Berita Sumut

Panglima TNI : Pembangunan TNI AU Diarahkan Untuk Mencapai Air Supremacy

Proyeksi pembangunan TNI AU diarahkan untuk dapat mencapai air supremacy dan air superiority. Sasaran yang ingin dicapai adalah kekuatan pemukul udara strategis untuk menghadapi dua trouble spots dalam bentuk komposit yang berisi pesawat-pesawat tempur m

Jumat, 19 Jan 2018 17:00Berita Sumut

Pusat Informasi Geopark Nasional Kaldera Toba di Parapat Kabupaten Simalungun Diresmikan

Wagubsu Dr Nurhajizah Marpaung menghadiri peresmian Pusat Informasi Geopark Nasional Kaldera Toba . Peresmian ini dilakukan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan, Kamis (18/1) di Parapat, Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, Kabupaten

Jumat, 19 Jan 2018 16:16Berita Sumut

Lapor Polisi Karena Anaknya Dicabuli, Keluarga Korban Malah Kena Teror

Aksi pencabulan yang menimpa seorang bocah berusia 6 tahun di Kecamatan Batang Onang, Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) sebut saja Melati (bukan nama sebenarnya) oleh tetangganya yang berinisial PH (50) berujung teror. Pasalnya, pihak keluarga yang te

Jumat, 19 Jan 2018 16:00Berita Sumut

Mobil Masuk Jurang di Kawasan Bandar Baru, Supir dan Kernet Berhasil Melompat

Mobil Colt Diesel bernomor polisi BK 9626 SC masuk ke dalam jurang di kawasan Jalan Jamin Ginting Km 50 Desa Bandar Baru Kec. Sibolangit, Jumat (19/1/2018) sekira pukul 04.00 wib. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

Jumat, 19 Jan 2018 15:00Berita Sumut

Polda Sumut Grebek Lokasi Pengoplosan Gas di Kawasan Panglima Denai, Seratusan Tabung Disita

Sebuah lokasi pengoplosan tabung gas di kawasan Jalan Panglima Denai Gang Seser VII Kelurahan Amplas Kecamatan Medan Amplas digrebek, Kamis (18/1) kemarin. Dari lokasi itu, petugas dari Ditreskrimsus Polda Sumut menyita seratusan tabung gas ukuran 12 Kg

Jumat, 19 Jan 2018 13:14Berita Sumut

Christofer Terpilih jadi Ketua BEM Fakultas Ekonomi UMI Medan

MATATELINGA, Medan : Christofer Munthe terpilih menjadi Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Ekonomi Universitas Methodist Indonesia (FE UMI) Medan untuk periode 2018. Dari 5 calon yang maju

Jumat, 19 Jan 2018 12:15Berita Sumut

Dirujuk ke RSUP H Adam Malik, Bocah yang Dianiaya Ibu dan Ayah Tirinya Membaik

SA, bocah berusia 6 tahun yang dianiaya ibu kandung dan ayah tirinya di Padang Lawas Utara (Paluta) dirujuk ke Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Adam Malik Medan, Kamis (18/1/2018). Kondisi SA sendiri kini sudah membaik dari sebelumnya.

Jumat, 19 Jan 2018 11:12Berita Sumut

8 Tahun Grand Aston Medan Berbagi Kebahagiaan dengan Anak Penderita Kanker

Memasuki awal tahun selalu istimewa, terlebih bagi Grand Aston Cityhall Hotel & Serviced Residences (16 Januari 2018), hotel bintang lima ini memasuki usianya yang ke delapan. Sebagai bentuk rasa syukur, sejumlah promo menarik pun dibuat. Termasuk did

Jumat, 19 Jan 2018 10:27Berita Sumut

Panitia Undang Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat Hadir di Acara Kirab Kebangsaan

Ketua Taruna Merah Putih Kota Medan Drs. Wong Chun Sen Tarigan, MPd.B yang juga panitia acara Kirab Kebangsaan dan Jalan Sehat mengundang tokoh agama dan warga masyarakat Kota Medan untuk mengikuti acara tersebut Minggu, 21 Januari 2018 di Lapangan Merdek

Jumat, 19 Jan 2018 10:00Berita Sumut

Pagi-Pagi, Propam Polrestabes Medan Apelkan Seluruh Personil Polsek Medan Baru, Ada Apa?

Personel Unit Provos Polsek Medan Baru bersama petugas Seksi Pertanggungjawaban Profesi dan Pengamanan Internal (Sipropam) Polrestabes Medan Jumat (19/1/2010) ) pagi menggelar Penegakan Ketertiban dan Kedisiplinan (Gaktibplin) kepada seluruh personel Pols

Jumat, 19 Jan 2018 09:23Berita Sumut

KPK akan Periksa Kembali 46 Anggota DPRD Sumut Periode 2009-2014

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan periksa kembali 46 anggota DPRD Sumatera Utara (Sumut) periode 2009-2014 di Mako Brimob Polda Sumut, Jalan KH Wahid Hasyim Medan. Berdasarkan selebaran yang beredar di kalangan wartawan, pemeriksaan akan dilakukan s