• Home
  • Ekonomi
  • Era Digitalisasi, Klaim Asuransi Kini Ada di Ujung Jari

Era Digitalisasi, Klaim Asuransi Kini Ada di Ujung Jari

James P. Pardede Jumat, 24 November 2017 16:03 WIB
MATA TELINGA/JAMES P PARDEDE
Senior Branch Manager Asuransi Astra Medan Haris Halim mensosialisasikan Garda Oto Mobile kepada konsumen.
MATA TELINGA-Perkembangan teknologi telah menggiring kita ke sebuah perubahan yang serba digital (digitalisasi). Untuk membayar tagihan apa pun saat ini sudah bisa dilakukan dengan e-banking atau m-banking. Mau pesan sepatu atau baju olahraga pun saat ini sudah sangat mudah. Tak perlu harus berdesak-desakan di mall atau toko, cukup buka aplikasi salah satu toko online lalu berselancarlah sepuasnya untuk melihat model sepatu atau baju olahraga yang pas.

Setelah yakin dengan modelnya, pesanan diujung jari tinggal menunggu konfirmasi. Pilihan pembayaran ada beberapa cara, dan yang termasuk paling diminati adalah pembayaran di tempat (cash on delivery), barang pesanan sampai ditangan, transaksi jual beli pun tuntas dilaksanakan.



Kemudahan lain yang kita rasakan saat ini adalah bermunculannya bisnis online termasuk transportasi berbasis online. Pesan makanan pun saat ini tinggal pilih lewat aplikasi, pesanan akan datang tak kurang dari satu jam kemudian.

Digitalisasi tidak hanya di bisnis online, atau bidang perbankan, media cetak pun saat ini sudah beralih ke media online atau daring (dalam jaringan) karena tuntutan jaman. Sama halnya di industri asuransi, calon nasabah atau nasabah asuransi semakin dimanjakan dengan kemudahan-kemudahan dalam melakukan pembayaran premi dan klaim asuransi.

Industri asuransi saat ini telah banyak yang mengadopsi layanan digital dalam mengenalkan keunggulan produknya kepada konsumen. Melihat perkembangan teknologi yang semakin canggih, Asuransi Astra pun sepertinya tidak menutup mata untuk pengembangan layanan dan pangsa pasarnya dengan sistem digitalisasi.



Seperti disampaikan Direktur Utama Asuransi Astra Rudy Chen dalam sebuah kesempatan, digitalisasi yang sudah dilakukan Asuransi Astra sejak tahun 2016 telah berhasil menyederhanakan proses bisnis utama dan membuat layanan Asuransi Astra dapat diakses dengan lebih mudah dan cepat.

"Di 2016, kami merilis HR akses dan CR akses untuk medical care dan oto care. Tahun ini, kami akan meluncurkan satu lagi sentuhan personal terhadap konsumen, terutama terkait klaim dan akuisisi," katanya.

Sementara Senior Branch Manager Asuransi Astra Buana Medan, Haris Halim menyampaikan sosialisasi teknologi digital kepada konsumen terus dilakukan secara berkesinambungan. Setiap kali ada klaim dari konsumen, secara perlahan program digitalisasi disampaikan kepada konsumen agar ke depan bisa melakukan klaim lebih mudah.

"Sama halnya dengan konsumen yang baru saja mempercayakan asuransi kedaraan bermotornya ke Asuransi Astra. Dengan produk unggulan Garda Oto, kita langsung mengenalkan kemudahan-kemudahan yang diperoleh lewat program digitalisasi, yang mengusung tagline #MakinGampangKlaimnya, makin banyak bonusnya," kata Haris Halim.



Proses klaim Garda Oto Digital secara online, lanjut Haris Halim baru bisa dinikmati di Jakarta, hal ini karena tingkat mobilitas masyarakat ibukota yang sangat tinggi dan membutuhkan layanan serba cepat. Tak lama lagi layanan ini akan dinikmati di beberapa kota di Indonesia.

Itu sebabnya, kata Haris Halim sosialisasi dan persiapan untuk menjalankan program ini di Medan dilakukan secara berkesinambungan. Sebagai wujud komitmen revolusi digital dan pencanangan strategi Going Mobile, tahun ini Asuransi Astra meluncurkan aplikasi dengan nama Garda Mobile, yaitu sebuah layanan digital berbentuk kumpulan aplikasi untuk berbagai segmen bisnis, seperti retail dan komersial.

"Aplikasi Garda Mobile Otocare misalnya, saat ini sudah mengalami penyempurnaan menjadi Otocare v3.0 dengan banyak fitur yang bermanfaat bagi konsumen. Aplikasi ini menjadi pengingat jatuh tempo polis, servis berkala, tanggal jatuh tempo SIM dan STNK, Parking, Rate Calculator, emergency serta estimasi biaya bahan bakar harian," tandasnya.

BACA JUGA : Garda Oto Masih jadi Pilihan Pelanggan


DIUJUNG JARI

Langkah Asuransi Astra untuk menjadi perusahaan asuransi umum paling digital  di Indonesia terus berlanjut melalui berbagai penyempurnaan yang inovatif dan komprehensif. Garda Oto Digital yang diluncurkan Oktober 2017 menawarkan cara baru berasuransi di era digital behavior seperti saat ini dengan mengutamakan kemudahan dalam membeli polis dan melakukan klaim kendaraan melalui internet. Semua kemudahan itu dihadirkan untuk seluruh pelanggan setia Asuransi Astra. Sebab, kemudahan klaim menjadi salah satu pertimbangan utama seseorang memilih perusahaan asuransi.

Diluncurkannya Garda Oto Digital merupakan bentuk dukungan Asuransi Astra terhadap strategi nasional keuangan inklusif yang diinisiasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Melalui strategi itu, akses keuangan sebagai hak dasar masyarakat yang memiliki peran penting dalam peningkatan kesejahteraan bisa semakin terbuka.



Haris Halim menyampaikan, Garda Oto Digital hadir untuk semakin melengkapi platform digital Asuransi Astra yang terdiri dari berbagai aplikasi seperti Garda Mobile Otocare, Garda Mobile Medcare, Garda Mobile HRakses, Garda Mobile CRakses, Garda Mobile Otosales, dan Garda Mobile Otosurvey.

"Tak lama lagi, klaim asuransi akan semakin mudah karena sudah ada diujung jari. Warga Medan yang sudah mempercayakan asuransinya ke Asuransi Astra bersiap-siap untuk mengakrabi fitur-fitur yang ada. Segala sesuatu akan semakin mudah dilakukan," tegasnya.

Karena keseriusan Asuransi Astra melalui produknya Garda Oto dalam memberikan pelayanan terbaik dan kemudahan klaim kepada pelanggannya, Garda Oto dinobatkan sebagai merek asuransi kendaraan bermotor terbaik tahun ini. Produk asuransi mobil dari Asuransi Astra ini mendapatkan penghargaan Triple Platinum dalam ajang Indonesia Best Brand Award 2017.

BACA JUGA : Lakukan Ini Saat Berkendara di Musim Hujan


Pencapaian dan penghargaan yang disematkan kepada Asuransi Astra semakin bertambah karena komitmennya dalam memberikan yang terbaik kepada konsumen. Kepercayaan pelanggan adalah aset paling berharga bagi sebuah perusahaan. Banyak cara dilakukan untuk bisa meraih dan membangun kepercayaan pelanggan, termasuk melalui kegiatan public relations yang berkesinambungan dan berkelanjutan.

Capaian perusahaan yang baik disertai agenda public relations yang positif inilah yang membawa Asuransi Astra meraih penghargan Indonesia Insurance Consumer Choice Award dan Indonesia Public Relations Excellence Award.

Kinerja tim public relations Asuransi Astra juga tak mau kalah untuk mengukir prestasi serta mendapat apresiasi bergengsi dalam bidang kehumasan. Kali ini, ajang Indonesia PR of The Year 2017 memberikan anugerah kepada L. Iwan Pranoto selaku Head of Communication & Event Asuransi Astra sebagai PR Manager of The Year 2017.

Penghargaan demi penghargaan yang diraih Asuransi Astra pada akhirnya bertujuan untuk memberikan kepercayaan dan kepuasan pelanggan atas pelayanan yang diberikan. Penghargaan tak akan ada artinya apabila perusahaan lupa untuk tetap mempertahankan kualitas pelayanan demi kepuasan pelanggan.



Kepuasan pelanggan adalah yang paling utama, seperti disampaikan Penasehat Investasi Darmin, SE, MBA instrument asuransi saat ini sedang berlomba-lomba dalam memberikan kemudahan kepada konsumennya. Era digital telah menggiring kita untuk mengakrabinya. Perkembangan teknologi yang saat ini semakin berkembang juga tak bisa kita bendung.

"Yang terpenting adalah, berikan pelayanan yang terbaik kepada konsumen, maka konsumen akan menentukan dan bertahan di salah satu produk asuransi yang menurutnya membuatnya nyaman dan tenang," tandasnya.
Editor: Amrizal

T#g:Asuransi AstraGarda OtoMedan
Komentar
Minggu, 21 Okt 2018 21:08Berita Sumut

Wakil Walikota Medan Tegur Kontraktor Jembatan yang Ambruk

Wakil Walikota Medan Ir Ahyar Nasution menegur pihak kontraktor pembangunan jembatan titi ll Kelurahan si Canang Kecamatan Medan Belawan, karena tidak memiliki stap ahli dibidang pembangunan jembatan.

Minggu, 21 Okt 2018 21:02Berita Sumut

Gubernur Sumut Bersama MNSBDI Tanam 10.000 Pohon di Pantai Cermin

Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi bersama seribuan anggota Majelis Nichiren Shoshu Buddha Dharma Indonesia (MNSBDI) dari Sumut dan berbagai daerah di Indonesia, menanam 10.000 pohon di Pantai Desa Lubuk Saban, Kecamatan Pantai Cermin, Serdang

Minggu, 21 Okt 2018 20:57Nasional

Dubes LBBP RI Untuk Sri Lanka Sambut Prajurit KRI Usman Harun-359

Duta Besar Luar Biasa Berkuasa Penuh Republik Indonesia (Dubes LBBP RI) untuk Sri Lanka H.E. I Gusti Ngurah Adyksa menyambut kedatangan prajurit KRI Usman Harun-359 yang tergabung dalam Satgas MTF TNI Konga XXVIII-J/UNIFIL saat singgah di Colombo Sri Lan

Minggu, 21 Okt 2018 19:19Berita Sumut

Tim Pegasus Polsek Patumbak Seser Sejumlah Wilayah Rawan Narkoba dan Judi

Tim Pegasus Polsek Patumbak yang langsung dipimpin Kapolsek AKP Ginanjar Fitriadi SH.SIK menyeser sejumlah kawasan rawan narkoba dan judi, Minggu (21/10) dinihari. Hasilnya, tiga orang pelaku narkoba serta lima unit mesin judi jackpot dan kendaraan tanpa

Minggu, 21 Okt 2018 18:40Berita Sumut

Sumut Tuan Rumah Peringatan Bulan Pengurangan Risiko Bencana Nasional

Setelah menjadi tuan rumah Musabaqah Tilawatil Qur’an Nasional (MTQN) ke-27, Sumatera Utara (Sumut) kembali terpilih menjadi tuan rumah kegiatan nasional yaitu Peringatan Bulan Pengurangan Risiko Bencana (PRB) nasional. Kegiatan ini akan diselenggarakan d

Minggu, 21 Okt 2018 18:23Berita Sumut

Jembatan Kembali Ambruk, Warga Sicanang Mengaku Kecewa

Pasca amblasnya tanah di jembatan titi dua Sicanang, Sabtu (20/10/2018) kemarin membuat segala kegiatan warga Sicanang macet total. Hal ini terlihat pada Minggu, (21/10/2018) warga yang ingin bekerja dan berbelanja harus menaiki titi darurat yang terbuat

Minggu, 21 Okt 2018 18:06Berita Sumut

Gagal Merampok, Dua Pelaku Jambret Malah Sekarat Tabrak Trotoar Jalan

Apes benar nasib yang dialami kedua pelaku jambret ini. Gagal menjambret, keduanya malah sekarat masuk rumah sakit.

Minggu, 21 Okt 2018 17:30Nasional

Prajurit TNI Distribusikan Bantuan Logistik Untuk Warga di Lombok Timur

Prajurit TNI dari Komando Rayon Militer (Koramil) 1615-03/Sambelia yang tergabung dalam Komando Tugas Gabungan Terpàdu (Kogasgabpad) Rehabilitasi dan Rekonstruksi Nusa Tenggara Barat (NTB), mendistribusikan bantuan logistik bahan makanan untuk warg

Minggu, 21 Okt 2018 17:15Berita Sumut

Pemprov Sumut Serius Jajaki Kerjasama dengan Jepang

Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprov Sumut) serius menjajaki kerjasama dengan Jepang. Terutama untuk investasi di bidang pendidikan, kesehatan, pertanian, dan pengelolaan sampah.

Minggu, 21 Okt 2018 17:00Berita Sumut

Eldin Apresiasi & Dukung Kopi Amal Peduli Palu, Donggala & Sigi

Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Kamabicab) Gerakan Pramuka Kota Medan sangat mengapresiasi dan mendukung penuh penggalangan dana yang dilakukan Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kota Medan untuk

Minggu, 21 Okt 2018 16:47Berita Sumut

Ancaman Teroris Jelang Pemilu 2109, Kapoldasu : Jajaran Harus Turun ke Bawah

Tim Densus 88 Mabes Polri baru-baru ini berhasil mengungkap keberadaan teroris di Tanjungbalai, pada Kamis (18/10) lalu. Dalam penggerebekannnya itu, sebanyak dua orang terduga teroris berhasil ditembak mati, karena melakukan perlawanan kepada petugas saa

Minggu, 21 Okt 2018 16:15Berita Sumut

Festival Pesona Lokal Dukung Pengembangan Budaya & Kemajuan Pariwisata

Lebih dari 7.000 warga Kota Medan ikut memeriahkan Festival Pesona Lokal yang digelar di halaman Istana Maimun Medan, Minggu (21/10). Selain dimeriahkan dengan lomba karnaval budaya, event ini juga menampilkan fashion show Batik Medan hasil kreasi Ketua

Minggu, 21 Okt 2018 16:00Nasional

TNI Bersama ITB Dirikan Bangunan Serbaguna Untuk Pengungsi di Palu

Sebanyak 48 prajurit TNI dari Batalyon Infanteri 714/Sintuwu Maroso dipimpin Mayor Inf Arianto Maskare S. yang tergabung dalam Komando Tugas Gabungan Terpadu (Kogasgabpad) Penanggulangan Bencana gempa bumi, tsunami dan likuifaksi Kota Palu, Sigi dan Dongg

Minggu, 21 Okt 2018 15:45Berita Sumut

Jembatan Ambruk, Warga Sicanang Khawatirkan Bahan Pokok

Seribuan warga Kelurahan Belawan Sicanang resah pasalnya pasca ambruknya jembatan titi II dikhawatirkan alat kebutuhan pokok tak bisa masuk ke pemukiman warga.

Minggu, 21 Okt 2018 15:30Berita Sumut

Ratusan Pengunjung Diskotik LG Terbirit-birit Dirazia Polisi

Ratusan pengunjung diskotik Lee Garden di Jalan Nibung Raya minggu(20/10) pagi digerebek kepolisian dari Tim Pegasus sat Sabhara Polrestabes Medan dan sat Narkoba Polrestabes Medan.

Minggu, 21 Okt 2018 15:07Berita Sumut

Pemkab Samosir Gelar Samosir Jazz Session 2018

Pemerintah Kabupaten Samosir kembali menggelar even Samosir Jazz Session 2018. Even yang didukung Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BOPDT) ini akan digelar di Pelataran Hotel Dainang, Pangururan, Samosir, 27 Oktober 2018 mendatang.