• Home
  • Ekonomi
  • Era Digitalisasi, Klaim Asuransi Kini Ada di Ujung Jari

Era Digitalisasi, Klaim Asuransi Kini Ada di Ujung Jari

James P. Pardede Jumat, 24 November 2017 16:03 WIB
MATA TELINGA/JAMES P PARDEDE
Senior Branch Manager Asuransi Astra Medan Haris Halim mensosialisasikan Garda Oto Mobile kepada konsumen.
MATA TELINGA-Perkembangan teknologi telah menggiring kita ke sebuah perubahan yang serba digital (digitalisasi). Untuk membayar tagihan apa pun saat ini sudah bisa dilakukan dengan e-banking atau m-banking. Mau pesan sepatu atau baju olahraga pun saat ini sudah sangat mudah. Tak perlu harus berdesak-desakan di mall atau toko, cukup buka aplikasi salah satu toko online lalu berselancarlah sepuasnya untuk melihat model sepatu atau baju olahraga yang pas.

Setelah yakin dengan modelnya, pesanan diujung jari tinggal menunggu konfirmasi. Pilihan pembayaran ada beberapa cara, dan yang termasuk paling diminati adalah pembayaran di tempat (cash on delivery), barang pesanan sampai ditangan, transaksi jual beli pun tuntas dilaksanakan.



Kemudahan lain yang kita rasakan saat ini adalah bermunculannya bisnis online termasuk transportasi berbasis online. Pesan makanan pun saat ini tinggal pilih lewat aplikasi, pesanan akan datang tak kurang dari satu jam kemudian.

Digitalisasi tidak hanya di bisnis online, atau bidang perbankan, media cetak pun saat ini sudah beralih ke media online atau daring (dalam jaringan) karena tuntutan jaman. Sama halnya di industri asuransi, calon nasabah atau nasabah asuransi semakin dimanjakan dengan kemudahan-kemudahan dalam melakukan pembayaran premi dan klaim asuransi.

Industri asuransi saat ini telah banyak yang mengadopsi layanan digital dalam mengenalkan keunggulan produknya kepada konsumen. Melihat perkembangan teknologi yang semakin canggih, Asuransi Astra pun sepertinya tidak menutup mata untuk pengembangan layanan dan pangsa pasarnya dengan sistem digitalisasi.



Seperti disampaikan Direktur Utama Asuransi Astra Rudy Chen dalam sebuah kesempatan, digitalisasi yang sudah dilakukan Asuransi Astra sejak tahun 2016 telah berhasil menyederhanakan proses bisnis utama dan membuat layanan Asuransi Astra dapat diakses dengan lebih mudah dan cepat.

"Di 2016, kami merilis HR akses dan CR akses untuk medical care dan oto care. Tahun ini, kami akan meluncurkan satu lagi sentuhan personal terhadap konsumen, terutama terkait klaim dan akuisisi," katanya.

Sementara Senior Branch Manager Asuransi Astra Buana Medan, Haris Halim menyampaikan sosialisasi teknologi digital kepada konsumen terus dilakukan secara berkesinambungan. Setiap kali ada klaim dari konsumen, secara perlahan program digitalisasi disampaikan kepada konsumen agar ke depan bisa melakukan klaim lebih mudah.

"Sama halnya dengan konsumen yang baru saja mempercayakan asuransi kedaraan bermotornya ke Asuransi Astra. Dengan produk unggulan Garda Oto, kita langsung mengenalkan kemudahan-kemudahan yang diperoleh lewat program digitalisasi, yang mengusung tagline #MakinGampangKlaimnya, makin banyak bonusnya," kata Haris Halim.



Proses klaim Garda Oto Digital secara online, lanjut Haris Halim baru bisa dinikmati di Jakarta, hal ini karena tingkat mobilitas masyarakat ibukota yang sangat tinggi dan membutuhkan layanan serba cepat. Tak lama lagi layanan ini akan dinikmati di beberapa kota di Indonesia.

Itu sebabnya, kata Haris Halim sosialisasi dan persiapan untuk menjalankan program ini di Medan dilakukan secara berkesinambungan. Sebagai wujud komitmen revolusi digital dan pencanangan strategi Going Mobile, tahun ini Asuransi Astra meluncurkan aplikasi dengan nama Garda Mobile, yaitu sebuah layanan digital berbentuk kumpulan aplikasi untuk berbagai segmen bisnis, seperti retail dan komersial.

"Aplikasi Garda Mobile Otocare misalnya, saat ini sudah mengalami penyempurnaan menjadi Otocare v3.0 dengan banyak fitur yang bermanfaat bagi konsumen. Aplikasi ini menjadi pengingat jatuh tempo polis, servis berkala, tanggal jatuh tempo SIM dan STNK, Parking, Rate Calculator, emergency serta estimasi biaya bahan bakar harian," tandasnya.

BACA JUGA : Garda Oto Masih jadi Pilihan Pelanggan


DIUJUNG JARI

Langkah Asuransi Astra untuk menjadi perusahaan asuransi umum paling digital  di Indonesia terus berlanjut melalui berbagai penyempurnaan yang inovatif dan komprehensif. Garda Oto Digital yang diluncurkan Oktober 2017 menawarkan cara baru berasuransi di era digital behavior seperti saat ini dengan mengutamakan kemudahan dalam membeli polis dan melakukan klaim kendaraan melalui internet. Semua kemudahan itu dihadirkan untuk seluruh pelanggan setia Asuransi Astra. Sebab, kemudahan klaim menjadi salah satu pertimbangan utama seseorang memilih perusahaan asuransi.

Diluncurkannya Garda Oto Digital merupakan bentuk dukungan Asuransi Astra terhadap strategi nasional keuangan inklusif yang diinisiasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Melalui strategi itu, akses keuangan sebagai hak dasar masyarakat yang memiliki peran penting dalam peningkatan kesejahteraan bisa semakin terbuka.



Haris Halim menyampaikan, Garda Oto Digital hadir untuk semakin melengkapi platform digital Asuransi Astra yang terdiri dari berbagai aplikasi seperti Garda Mobile Otocare, Garda Mobile Medcare, Garda Mobile HRakses, Garda Mobile CRakses, Garda Mobile Otosales, dan Garda Mobile Otosurvey.

"Tak lama lagi, klaim asuransi akan semakin mudah karena sudah ada diujung jari. Warga Medan yang sudah mempercayakan asuransinya ke Asuransi Astra bersiap-siap untuk mengakrabi fitur-fitur yang ada. Segala sesuatu akan semakin mudah dilakukan," tegasnya.

Karena keseriusan Asuransi Astra melalui produknya Garda Oto dalam memberikan pelayanan terbaik dan kemudahan klaim kepada pelanggannya, Garda Oto dinobatkan sebagai merek asuransi kendaraan bermotor terbaik tahun ini. Produk asuransi mobil dari Asuransi Astra ini mendapatkan penghargaan Triple Platinum dalam ajang Indonesia Best Brand Award 2017.

BACA JUGA : Lakukan Ini Saat Berkendara di Musim Hujan


Pencapaian dan penghargaan yang disematkan kepada Asuransi Astra semakin bertambah karena komitmennya dalam memberikan yang terbaik kepada konsumen. Kepercayaan pelanggan adalah aset paling berharga bagi sebuah perusahaan. Banyak cara dilakukan untuk bisa meraih dan membangun kepercayaan pelanggan, termasuk melalui kegiatan public relations yang berkesinambungan dan berkelanjutan.

Capaian perusahaan yang baik disertai agenda public relations yang positif inilah yang membawa Asuransi Astra meraih penghargan Indonesia Insurance Consumer Choice Award dan Indonesia Public Relations Excellence Award.

Kinerja tim public relations Asuransi Astra juga tak mau kalah untuk mengukir prestasi serta mendapat apresiasi bergengsi dalam bidang kehumasan. Kali ini, ajang Indonesia PR of The Year 2017 memberikan anugerah kepada L. Iwan Pranoto selaku Head of Communication & Event Asuransi Astra sebagai PR Manager of The Year 2017.

Penghargaan demi penghargaan yang diraih Asuransi Astra pada akhirnya bertujuan untuk memberikan kepercayaan dan kepuasan pelanggan atas pelayanan yang diberikan. Penghargaan tak akan ada artinya apabila perusahaan lupa untuk tetap mempertahankan kualitas pelayanan demi kepuasan pelanggan.



Kepuasan pelanggan adalah yang paling utama, seperti disampaikan Penasehat Investasi Darmin, SE, MBA instrument asuransi saat ini sedang berlomba-lomba dalam memberikan kemudahan kepada konsumennya. Era digital telah menggiring kita untuk mengakrabinya. Perkembangan teknologi yang saat ini semakin berkembang juga tak bisa kita bendung.

"Yang terpenting adalah, berikan pelayanan yang terbaik kepada konsumen, maka konsumen akan menentukan dan bertahan di salah satu produk asuransi yang menurutnya membuatnya nyaman dan tenang," tandasnya.
Editor: Amrizal

T#g:Asuransi AstraGarda OtoMedan
loading...
Loading...
Komentar
Senin, 16 Jul 2018 07:58Internasional

7 Orang Tewas Akibat Bom Bunuh Diri di Afghanistan

Seseorang meledakkan bom bunuh diri di depan kantor Kementerian Pembangunan Pedesaan di Kabul, Afghanistan, Minggu (15/7). Bom tersebut menewaskan tujuh orang dan melukai belasan orang.

Senin, 16 Jul 2018 07:53

Ekspektasi Surplus Neraca Perdagangan Diperkirakan Dapat Perkuat IHSG

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan hari ini, Senin (16/7) diperkirakan bakal kembali menguat ditopang ekspektasi surplusnya neraca perdagangan Juni 2018 yang akan diumumkan oleh Badan Pusat Statistik (BPS).

Senin, 16 Jul 2018 07:45Ekonomi

BEI Masih Berharap Freeport Lempar Saham Ke Publik

Bursa Efek Indonesia (BEI) berharap PT Freeport Indonesia (PTFI) menawarkan sahamnya ke publik usai mayoritas kepemilikannya resmi dikuasai pemerintah. Dengan menjadi perusahaan publik, tata kelola Freeport Indonesia diharapkan lebih baik.

Senin, 16 Jul 2018 07:26Ekonomi

Jokowi Minta Rest Area Jalan Tol Hanya Menjual Merek Lokal

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta tempat-tempat peristirahatan (rest area) di jalan tol tak dipenuhi oleh merek-merek asing. Jokowi ingin rest area diisi oleh merek-merek lokal.Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta tempat-tempat peristirahatan (rest a

Senin, 16 Jul 2018 07:13Nasional

Dirikan Kantor Polisi Bersama Indonesia-China di Ketapang, Jabatan AKB Sunario Dicopot

Komisioner Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) Poengky Indarti menyoroti fenomena Kantor Polisi Bersama yang dijalin dalam kerja sama Polres Ketapang, Kalimantan Barat dengan Biro Keamanan Publik Republik Rakyat Tiongkok (China) Provinsi Jiangzu Resor

Senin, 16 Jul 2018 07:04Nasional

Rumah Dirut PLN Sofyan Basir Digeledah KPK, Tiga Bundel Dokuman Dibawa Serta

Penyidik KPK menyita sejumlah berkas dan tumpukan dokumen dari rumah Dirut PLN Sofyan Basir, Minggu (15/7).

Senin, 16 Jul 2018 07:03Bola

Skuat Relatif Muda, Rata Rata usia 26,03 tahun

Dengan skuat relatif muda, rata-rata usia 26,03 tahun, Prancis tampil sebagai juara Piala Dunia 2018. Les Bleus menang 4-2 atas Kroasia dalam pertandingan final di Luzhniki Stadium

Senin, 16 Jul 2018 06:52Berita Sumut

Penyelundupan 5,297 KG Sabu-Sabu di Perairan Asahan Sumut di Gagalkan

Kali ini Tim First Fleet Quick Respons (FFQR) Lanal Tanjung Balai Asahan berhasil menangkap dan menggagalkan penyelundupan narkoba jenis sabu-sabu sebanyak 5 bungkus atau seberat 5,297 kg dari sebuah kapal motor tanpa nama dan tanpa dokumen di Tanjung Ber

Senin, 16 Jul 2018 06:42Bola

Prancis Meluapkan Kegembiraannya, Selaku Juara Piala Dunia

Prancis unggul cepat di laga ini setelah Mario Mandzukic bikin gol bunuh diri di menit 18. Namun Kroasia bisa menyamakan kedudukan melalui tendangan voli Ivan Parisic. Penalti Antoine Griezmann membuat Prancis kembali unggul 2-1 saat turun minum

Senin, 16 Jul 2018 06:30Nasional

Karena Sugito, Massa Bantai 292 Buaya di Sorong

Sugito, pria asal Jawa yang dalam kesehariannya bekerja sebagai pembuat tahu, meregang nyawa usai diterkam buaya di Jalan Bandara SP-1, Kelurahan Klamalu, Distrik Aimas, Kabupaten Sorong, Papua Barat.

Senin, 16 Jul 2018 06:17Lifestyle

Jangan Heran Bila Melihat Perempuan Lebih Sering Bersosialisasi. Karena...

Bila Anda, para pria, jangan heran bila mendapati kekasih dan perempuan lain terlihat lebih sering bersama teman atau sahabat hingga berjam-jam. Secara ilmiah, perempuan memang lebih butuh bersosialisasi dibanding pria.

Senin, 16 Jul 2018 05:52Lifestyle

Jengkel Karena Noda Kuning yang Awet Menempel? Cara Mengatasinya Gampang Loh

Musim panas bisa jadi musuh bagi sebagian orang. Bagaimana tidak, sengatan sinar matahari menyebabkan kulit Anda keringat lebih banyak.

Minggu, 15 Jul 2018 21:07Berita Sumut

Pencuri HP Dalam Warnet Terekam CCTV Diamankan Polsek Pencurbatu

Petugas unit reskrim Polsek Pancurbatu meringkus dua orang diduga melakukan pencurian Handpone warna hitam merk Vivo V7 milik Vera Br Purba ,30, Warga Dusun 5 Desa Hulu Kec. Pancurbatu di dalam Warnet Velin Net seputaran Jalan Ginting Desa Tengah Kec. P

Minggu, 15 Jul 2018 20:34Berita Sumut

DPRD Dukung Pemko Medan Kembangkan Destinasi Wisata Hutan Mangrove

Pemerintah Kota Medan melalui Dinas Pariwisata terus mengembangkan kreativitas dan inovasi untuk menyemarakkan dunia pariwisata di Kota Medan. Salah satu upaya yang dilakukan adalah mengembangkan kawasan hutan mangrove di Medan bagian Utara menjadi destin

Minggu, 15 Jul 2018 20:19Berita Sumut

Aneh...., Tak Miliki Kerjaan Tetap, Malah Kecanduan Konsumsi Narkoba

Akibat kecanduan narkoba jenis sabu sabu, hingga membeli paket sabu Rp50 ribu, pemuda berinsial DFS ,23, warga Dusun I Purnama Sari, Kelurahan Tandem Hulu II, Kecamatan Hamparan Perak ini, harus merasakan dinginya ruang tahanan Polsek Sunggal.

Minggu, 15 Jul 2018 20:17Nasional

Panglima TNI Dianugerahi Bintang Negara Brunei Darussalam DPKT

Panglima TNI Jenderal TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. dianugerahi Bintang Negara Brunei Darussalam Darjah Paduka Keberanian Laila Terbilang Yang Amat Gemilang (DPKT) yang disematkan langsung oleh Sultan Brunei Darussalam