• Home
  • Ekonomi
  • Halal dan Untung, Ini 5 Jenis Investasi Syariah yang Harus Kamu Coba

Halal dan Untung, Ini 5 Jenis Investasi Syariah yang Harus Kamu Coba

Halal dan Untung, Ini 5 Jenis Investasi Syariah yang Harus Kamu Coba
Mtc Minggu, 13 Januari 2019 08:15 WIB
google
nvestasi mungkin sudah tak asing lagi di telinga Anda. Apalagi kini sudah banyak pula masyarakat yang menjadikannya solusi menambah pemasukan secara pasif. Nah, jika Anda merupakan salah satu pemeluk agama Islam yang ingin berinvestasi secara halal, simak
MATATELINGA, Jakarta: Investasi mungkin sudah tak asing lagi di telinga Anda. Apalagi kini sudah banyak pula masyarakat yang menjadikannya solusi menambah pemasukan secara pasif. Nah, jika Anda merupakan salah satu pemeluk agama Islam yang ingin berinvestasi secara halal, simak berbagai macam investasi syariah yang dilansir dari CekAja.com:

investasi syariah

Jenis investasi sendiri amat beragam, akan tetapi yang umumnya paling banyak dipilih adalah surat berharga, saham/obligasi, emas, dan tanah. Setiap jenis investasi tersebut menyimpan keuntungan tersendiri.

Misalnya tanah, karena harganya tanah terus meningkat setiap tahun, maka keuntungan yang didapat tentu akan berlipat ganda. Banyaknya keuntungan dari investasi juga bergantung pada seberapa besar persentase uang pribadi yang digelontorkan.

Bagi Anda yang Muslim, kehalalan investasi menurut syariat agama tentu sering menjadi tanda tanya. Pasalnya saat ini cukup banyak investasi yang menjanjikan keuntungan berlimpah, namun cara yang dilakukan kurang sesuai dengan prinsip-prinsip dalam Islam. Sebab jika terbukti mengandung riba, itu yang tidak diperbolehkan.

Tapi untungnya, sekarang ada investasi berbasis Syariah. Seperti apa mekanisme dan prosedur dalam investasi Syariah hingga dapat mengantongi sertifikat halal dari MUI? Pada dasarnya, konsep investasi syariah menerapkan metode bagi hasil atau nisbah. Dengan cara seperti itu, baik perusahaan maupun nasabah akan sama-sama menanggung risiko ke depannya.



Kelebihan Investasi Syariah

Sadar akan pentingnya konsep Syariah tentu baik untuk kelancaran investasi Anda kelak. Pun selain halal, keuntungan tetap bisa Anda dapat. Lebih lanjut, inilah beberapa kelebihan dari investasi Syariah tersebut:

Bebas riba

Seperti disebutkan di awal artikel, alasan utama umat Muslim begitu selektif dengan jenis investasi tak lain karena persoalan riba. Praktik riba ini berhubungan dengan bunga yang ditetapkan secara sepihak oleh Bank penyelenggara kepada para nasabahnya. Besar keuntungan yang didapatkan tidak pasti, namun umumnya berumlah lebih besar dari bunga bank.

Tidak ada grahar dan masyir

Praktik Gharar dalam perbankan adalah sistem yang tidak terbuka kepada nasabah. Bank Syariah menerapkan sistem yang terbuka, baik pada saat penanaman modal maupun penyaluran dana.

Selain itu, investasi Syariah juga meniadakan masyir. Sejak awal Bank Syariah menjelaskan pada nasabah mengenai harga, sehingga tidak ada spekulasi mengenai uang yang harus dibayarkan secara tiba-tiba.



Manajemen keuangan sesuai Syariat Islam

Semua proses keuangan dalam investasi Syariah selalu berlandaskan syariat Islam. Dengan kata lain, bisnis yang dijalankan bebas dari unsur-unsur haram, seperti perdagangan produk yang tidak mengandung babi, alkohol, atau penipuan. Itulah mengapa kini para nasabah merasa lebih aman menitipkan uangnya di Bank Syariah.

Jenis Investasi Syariah

Lalu, apa saja jenis investasi syariah yang sesuai dengan fatwa MUI? Yuk, simak empat pilihan paling direkomendasikan berikut!



1. Investasi Properti

Dalam konsep Syariah, investasi tanah atau bangunan termasuk halal. Sebab Anda tidak hanya memberikan uang demi menghasilkan keuntungan lebih banyak, tapi juga menjual atau menyewakan tanah yang memang dari tahun ke tahun memiliki peningkatan nilai jual dengan sendirinya.

Karena jelas, tanah memang selalu naik harga jualnya berhubung lahan yang tersedia semakin berkurang, tapi jumlah penduduk justru kian membludak.

2. Deposito Bagi Hasil

Melalui sistem bagi hasil, Anda bisa mendepositokan uang ke bank-bank syariah dengan sejumlah nominal yang telah ditentukan dalam suatu perjanjian. Perjanjian ini disebut sebagai akad Mudharabah yang melibatkan pihak pemilik modal dan pengelola modal.

Keuntungan yang nanti Anda peroleh berasal dari bagi hasil yang disesuaikan dengan laba bersih pengelolaan dana. Uang yang Anda investasikan tadi biasanya dapat diambil dalam periode 5 sampai 10 tahun setelah kesepakatan.



3. Asuransi Syariah

Berbeda dengan asuransi konvensional yang menetapkan istilah uang hangus ketika tidak membayar premi sesuai dengan syarat minimal waktu yang di sepakati di awal, hal ini tidak terjadi pada asuransi Syariah.

Nasabah yang menginvestasikan dananya melalui asuransi Syariah berhak mendapatkan uangnya kembali meskipun belum melewati tenggat jatuh tempo. Sebab asuransi syariah menggunakan konsep wadiah (titipan), dimana dana akan dikembalikan lagi ke rekening Anda yang telah dipisahkan dari rekening tabarru (donasi).

4. Investasi Emas

Untuk berinvestasi emas, Anda tidak perlu repot melakukan metode tertentu. Cukup mulai tabungan emas dengan membelinya di gerai resmi seperti Antam atau Pegadaian.

Kalaupun modal yang Anda miliki kurang, fatwa MUI pun telah memperbolehkan jual-beli emas secara kredit karena hukumnya secara agama ialah mubah. Asalkan selama masa perjanjian, harga jual emas tersebut tetap sama. Serta tidak dijadikan jaminan atau objek akad lain yang bisa menyebabkan perpindahan kepemilikan.



5. Reksa dana Syariah

Sebenarnya reksa dana termasuk salah satu instrumen investasi yang sesuai syariat Islam. Hanya saja perlu ditekankan, jangan sampai ada riba dalam praktiknya. Untuk itu beberapa aset manajemen sengaja membuat produk investasi reksa dana Syariah.

Jadi, reksa dana ini akan mengelola uang Anda dengan sangat transparan. Investasi pun dilaksanakan oleh manajer investasi, namun prosesnya tidak berkaitan dengan masyir, riba dan ghahar.

Semua industri keuangan syariah, termasuk asuransi akan diawasi oleh Dewan Pengawas Syariah (DPS). Bahkan setiap produk yang dikeluarkanpun juga harus mendapat persetujuan terlebih dahulu dari DPS ini. Jadi, tidak perlu ragu untuk menginvestasikan dana Anda secara Syariah.

Bagaimana, tertarik untuk berinvestasi di jalur Syariah? Dengan mengetahui apa aja cakupan yang sesuai syariat Islam, kini Anda pun jadi lebih dimudahkan untuk memilih jenis investasi Syariah mana yang paling cocok. Rezeki bisa terus bertambah tanpa khawatir berbuat salah, begitu kira-kira gambarannya. Selamat berinvestasi dengan halal!

(Mtc/Okz)
Editor: Fjr

Sumber: Okezone

T#g:Bisnis syariahblibliInvestasi SyariahMatatelingaTerkini
Komentar
Selasa, 22 Jan 2019 23:05Bola

Terungkap, Ini Kisah Akhir Cristiano Ronaldo Dalam Kasus Hukum yang Menjerat Dirinya

Megabintang Juventus, Cristiano Ronaldo, baru saja menjalani persidangan di Kota Madrid, Selasa (22/1/2019) waktu setempat, terkait kasus pajak yang sempat melilitnya.

Selasa, 22 Jan 2019 22:41Ekonomi

Impor 30.000 Ton Jagung Bisa di Batalkan, Jika Petani Lakukan Hal ini

Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso menyatakan, jatah impor jagung pakan sebanyak 30.000 ton pada tahun ini bisa saja tidak dilakukan. Hal ini bila produksi dalam negeri bisa memenuhi kebutuhan.

Selasa, 22 Jan 2019 22:36Nasional

Gempa 6,2 SR Guncang NTT

Hingga malam ini, guncangan gempa susulan masih terus terjadi di wilayah Kabupaten Sumba Barat, Provinis Nusa Tenggara Timur, (NTT).

Selasa, 22 Jan 2019 22:17Lifestyle

Pilu Nan Malang: Bayi Terkubur Hidup - Hidup Selam 3 Pekan, ini Kondisinya Sekarang

Seperti halnya nasib sial yang bisa menimpa siapa saja, di mana saja, dan dalam bentuk apapun, begitu juga dengan keberuntungan. Keberuntungan dari Tuhan ini yang baru saja dialami oleh seorang bayi di India, yang bahkan belum genap berusia satu bulan.

Selasa, 22 Jan 2019 21:59Berita Sumut

Persit KCK Cabang XXXIV Dim 0207 Koorcab Rem 022 PD I/BB Jalin Silaturahmi

Penrem 022/PT. Persit Kartika Chandra Kirana (KCK) Koorcab Rem 022 PD I/Bukit Barisan, kembali melakukan aktivitasnya melaksanakan tugas dan kegiatan Persit Kartika Chandra Kirana dengan kegiatan pertemuan rutin dalam rangka menjalin silaturahmi dan menin

Selasa, 22 Jan 2019 21:33Berita Sumut

Pekerja Bangunan Ditangkap Karena Sabu

Pekerja bangunan berinisial R ,54, tak berkutik ketika disergap petugas Unit Reskrim Polsek Patumbak, Senin (21/1/2019) malam. Sebab, dari pekerja bangunan, warga Pasar XII, Gang Terusan, Desa Mariendal II, Kecamatan Patumbak, Kabupaten Deli Serdang terse

Selasa, 22 Jan 2019 21:15Berita Sumut

Surat Laporan dan Keberatan Sukran Tanjung Hilang

Mantan Bupati Tapanuli Tengah (Tapteng) Sukran Jamilan Tanjung SE MM mengaku kecewa dengan keteledoran jajaran Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Poldasu) atas hilangnya surat laporan dan keberatan yang diserahkannya pertama kali ke Bagian Humas Poldasu pa

Selasa, 22 Jan 2019 20:56Berita Sumut

Pangdam I/BB: Memupuk Jiwa Korsa dan Ajang Tali Asih Silaturahmi

Memupuk jiwa korsa dan ajang tali silaturahmi yang disampaikan Pangdam I/BB Mayjen TNI M. Sabrar Fadhilah didampingi Kasdam I/BB Brigjen TNI Hassanudin, S.I.P, M.M beserta Pamen Kodam I/BB pada saat olahraga bersepeda santai di sejumlah lokasi Kota Medan,

Selasa, 22 Jan 2019 20:46Berita Sumut

IRT Sembunyikan Narkoba Dalam Bra

RA alias Tuti ,26, warga dusun VII gang Selamat desa Suka maju kecamatan tanjung Tiram seorang ibu rumah tangga digelandang opsnal Reskrim Polsek Simpang Empat, pasalnya RK alias Tuti kedapatan menyimpan narkotika jenis sabhu di dalam “BRA” yang dikenakan

Selasa, 22 Jan 2019 20:41Berita Sumut

Hina Jokowi Dengan Kata-kata Ini di Medsos, Juara Duduk di Kursi Pesakitan

Juara Seherman alias Kembar (29) diadili di Pengadilan Negeri (PN) Medan, Selasa (22/1). Warga Perbaungan, Serdang Bedagai (Sergai) ini diadili karena menghina Pesiden Jokowi di laman Facebooknya.

Selasa, 22 Jan 2019 20:40Berita Sumut

Pelaku Perampokan Nyaris Tewas di Hajar Massa

Pelaku berimnisial RMM ,25, warga Kampung Kurnia Kelurahan Belawan Bahari Kecamatan Medan Belawan ini terpaksa digotong beramai ramai dan dinaikkan keatas mobil patroli Polsek Medan Belawan akibat dihakimi warga karena merampok penumpang Bus di Simpang Si

Selasa, 22 Jan 2019 20:26Berita Sumut

Kapolrestabes Medan dan Kapolsek Patumbak Blusukan ke Rumah Warga

Dalam rangka Program 1092 Menyatu bersama dengan Masyarakat,Kapolrestabes Medan Kombes Pol Dr Dadang Hartanto,SH,SIK,MSi blusukan kerumah warga,Warung dan Komplek perumahan diwilayah hukum Polsek patumbak dengan gowes bersepeda.Kapolrestabes Medan disambu

Selasa, 22 Jan 2019 20:20Berita Sumut

Lelang Jabatan Eselon II Pemko Medan Belum Juga Dibuka

Sejak Oktober 2018 lalu terdapat beberapa posisi kepala organisasi perangkat daerah (OPD) kosong lantaran ditinggal pensiun.

Selasa, 22 Jan 2019 20:16Berita Sumut

Kompipak Demo Poldasu, Usut Dugaan Korupsi di Dinas PU Asahan

uluhan mahasiswa dan LSM yang tergabung dalam Koalisi Mahasiswa Pemuda Islam Pejuang Anti Korupsi (KOMPIPAK) melakukan unjukrasa di Mapoldasu, Selasa (22/1/2019)

Selasa, 22 Jan 2019 20:10Nasional

Soal Baasyir, Presiden Tegaskan akan Tetap Taat Hukum

Presiden Joko Widodo memberikan penjelasan tentang pertimbangan aspek kemanusiaan untuk Ustaz Abu Bakar Baasyir. Kepala Negara menegaskan bahwa dirinya tidak akan bertindak dengan menyalahi prosedur hukum dalam proses yang dilakukan soal Ustaz Abu Bakar B

Selasa, 22 Jan 2019 20:06Berita Sumut

Tim Gabungan Tertibkan 22 Unit Papan Reklame Bermasalah

Pembongkaran papan reklame bermasalah kembali dilakukan oleh Tim Gabungan Pemko Medan. Tim Gabungan terus melakukan penertiban terhadap papan reklame bermasalah di sejumlah ruas titik yang ada di Kota Medan