Warning: Use of undefined constant kat - assumed 'kat' (this will throw an Error in a future version of PHP) in /home/u4913611/public_html/include/fungsi.php on line 614

    Warning: Use of undefined constant title - assumed 'title' (this will throw an Error in a future version of PHP) in /home/u4913611/public_html/include/fungsi.php on line 618

    Warning: Use of undefined constant alias - assumed 'alias' (this will throw an Error in a future version of PHP) in /home/u4913611/public_html/include/fungsi.php on line 622

    Warning: Use of undefined constant Kategori - assumed 'Kategori' (this will throw an Error in a future version of PHP) in /home/u4913611/public_html/include/fungsi.php on line 622

    Warning: Use of undefined constant Judul - assumed 'Judul' (this will throw an Error in a future version of PHP) in /home/u4913611/public_html/include/fungsi.php on line 622
  • Home
  • Ekonomi
  • Harga Emas Makin Meningkat

Harga Emas Makin Meningkat

Mtc Selasa, 13 Agustus 2019 08:45 WIB
Hand Over
Ilustrasi
MATATELINGA, Jakarta: Di tengah kondisi ketidakpastian global harga emas makin meningkat. Eskalasi perang dagang dan pelemahan ekonomi global membuat pasar melarikan dananya pada instrumen safe haven seperti emas.




Analis Garuda Berjangka Ibrahim menjelaskan, kenaikan harga emas dipicu pernyataan Presiden Amerika Serikat Donald Trump yang akan mengenakan tarif tambahan 10% atas barang impor China mulai September senilai USD300 miliar.

Hal itu disambut balasan oleh China yang memutuskan untuk tidak membeli produk-produk pertanian AS. Bahkan melemahkan kurs Yuan guna membuat nilai produk China menjadi lebih murah dan berpotensi meningkatkan permintaan.

Kondisi tersebut menunjukkan semakin memanasnya perang dagang antar kedua negara dengan ekonomi terbesar di dunia, lantaran mulai merambah ke nilai tukar mata uang. Hal ini yang meningkatkan kekhawatiran pelaku pasar.

"Perang dagang belum ada kejelasan, bahkan Trump katakan bahwa AS belum siap membuat kesepakatan dagang dengan China," jelasnya kepada wartawan, Selasa (13/8/2019).

Dia menyatakan, perang dagang berimbas pada pelemahan ekonomi dunia, terlebih pada ekonomi AS. Membuat Bank Sentral AS, The Fed mengambil langkah penurunan suku bunga acuan sebesar 25 bps di akhir Juli 2019 ke kisaran 2% hingga 2,25%.

Menurutnya, jika hingga September 2019 tidak ada suatu kesepakatan antara AS dan China, The Fed bakal lebih agresif dalam memangkas suku bunga acuannya.




"Ada kemungkinan The Fed akan turunkan suku bunga di atas 25 bps. Berarti itu sangat agresif, sehingga sudah wajar kalau emas akan mengalami kenaikan," katanya.

Ibrahim menyatakan, kondisi pelemahan ekonomi global juga membuat langkah berbagai bank sentral di dunia memangkas suku bunga acuan. Seperti yang dilakukan bank sentral Selandia Baru, Filipina, Thailand dan kemungkinan besar diikuti Australia.

Penurunan suku bunga acuan membuat imbal hasil obligasi kurang menarik. Kekhawatiran pada perekonomian AS dan rencana Inggris keluar dari Uni Eropa (Brexit) yang membuat pertumbuhan ekonomi negara itu melambat, juga membuat pasar menyimpan dananya di safe haven.

Menjadikan emas bukan hanya sekadar investasi, namun sebagai instrumen pelindung nilai (hedging). Guna mengurangi kerugian masif akibat berbagai sentimen negatif dari global.

"Hal itu mengakibatkan orang cenderung beralih ke emas," katanya.




Untuk diketahui, emas pernah berada pada rekor tertinggi selama enam tahun terakhir yakni di level USD1.500 per toy ounce, pada perdagangan Rabu (7/8/2019). Meski hari ini, Senin (12/8/2019), mengalami koreksi tipis menjadi ke level Rp1.497 per toy ounce.

Di sisi lain, harga Emas Antam pada hari ini mengalami kenaikan menjadi Rp749.000 per gram, dari harga sebelumnya Rp747.000 per gram. Bahkan harga menembus Rp753.000 per gram.

(Mtc/Okz)
Editor: Fajar

Sumber: Okezone

T#g:blibliekonomiharga emasMatatelingaTerkinimatatelinga.commatatelinga com
Komentar
Bola
Sabtu, 07 Des 2019 17:53

Timnas Indonesia U-22 Melaju ke Babak Final SEA Games 2019

Pressing tinggi yang diterapkan Myanmar membuat Indonesia kesulitan mengembangkan permainan di awal laga. Valizar Popov sengaja menginstruksikan anak asuhnya untuk menekan Skuad Garuda di daerah pertahanan sendiri dengan tujuan melakukan kesalahan.

Bola
Sabtu, 07 Des 2019 17:53

Timnas Indonesia U-22 Melaju ke Babak Final SEA Games 2019

Pressing tinggi yang diterapkan Myanmar membuat Indonesia kesulitan mengembangkan permainan di awal laga. Valizar Popov sengaja menginstruksikan anak asuhnya untuk menekan Skuad Garuda di daerah pertahanan sendiri dengan tujuan melakukan kesalahan.

Berita Sumut
Sabtu, 07 Des 2019 17:06

Bermodalkan Kunci T Dua Begundal Ini Dibekuk Tekab Polsek Kota Kisaran

Unit Reskrim Kepolisian Sektor Kota Kisaran berhasil membekum dua pelaku tindak kejahatan sebagai mana dimaksud dalam pasal 363 dan pasal 480 dari KUH Pidana, kedua pelaku tindak kejahatan tersebut saat ini sudah berada di dalam sel tahanan Polsek Kota K

Lifestyle
Sabtu, 07 Des 2019 16:15

Udara Dingin, Sering Buang Air Kecil, Pertanda Masalah Kesehatan

Harus dikaji, bila bdara dingin membuat orang lebih sering buang air

Berita Sumut
Sabtu, 07 Des 2019 16:00

Truk Tronton Gilas Penggendara Sepeda Motor, Hingga Tews

Habis pulang kerja mengendara sepeda motor, pekerja Belawan International Container Terminal (BICT) Pelindo Belawan ini tewas digilas truk di Simpang Buaya

Berita Sumut
Sabtu, 07 Des 2019 15:55

Walau Sibuk Meringkus, Unit Reskrim Polsek Pancur Batu Tak Lupa Dengan Anak Yatim

Unit Reskrim Polsek Pancur Batu dibawah pimpinan nya, Iptu Suhaily Hasibuan yang merupakan Kanit Reskrim nya patut diacungi jempol. Kenapa, walau setiap harinya di sibuk kan dengan para pelaku tindak.pidana dari berbagai bentuk

Berita Sumut
Sabtu, 07 Des 2019 15:20

Satuan Narkoba Polres Tanah Karo Gerebek Rumah

Kembali dan terus digempur para pelaku narkotika di wilayah hukum Polres Tanah Karo. Ini terbukti dari berhasil nya Satuan Narkoba Polres Tanah Karo dibawah pimpinan AKP Maju Tarigan SH meringkus dua pelaku narkotika

Berita Sumut
Sabtu, 07 Des 2019 15:05

Dinas Kesehatan Kota Medan Gelar Perayaan Natal

Tampak satu persatu tamu undangan hadir mengenakan pakaian bernuansa orange mulai memenuhi ruangan di Danau Tiba Convention Hall, Jumat (6/12/2019). Ribuan tamu undangan hadir bersama keluarga mereka untuk mengikuti perayaan natal yang diadakan oleh Dinas

Berita Sumut
Sabtu, 07 Des 2019 14:29

"Kita Tidak Bisa Meneliti Kalau Tak Pernah Membaca dan Menulis"

Workshop Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang digelar Bidang Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Methodist Indonesia (FP UMI) Medan yang diikuti ratusan mahasiswa FP UMi Medan mengusung tema &

Berita Sumut
Sabtu, 07 Des 2019 14:20

Mensos Apresiasi Program Rumah Zakat Entaskan Kemiskinan

Rumah Zakat melakukan pertemuan dengan Menteri Sosial Republik Indonesia, Juliari Batubara, Jumat (6/12/2019). Diskusi kali ini dilaksanakan di Kantor Kementrian Sosial RI di Jalan Salemba Raya No 28, Jakarta Pusat.

Berita Sumut
Sabtu, 07 Des 2019 14:05

Sergai Canangkan Sekolah Ramah HAM

Bupati Sergai Soekirman meresmikan renovasi SD Negeri 106224 Desa Kerapuh sekaligus Pencanangan Sekolah Ramah HAM, Jumat, 6 Desember 2019. Kegiatan ini digelar di SD Negeri 106224 Desa Kerapuh dan pencanangan Sekolah Ramah HAM di Kecamatan Dolok Masihul.

Berita Sumut
Sabtu, 07 Des 2019 13:48

Sisa Waktu Minim, KPU Medan Himbau Paslon Daftarkan Operator Komputer

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Medan terus mengimbau masyarakat yang berminat dan berniat maju sepagai pasangan calon perseorangan di Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Medan 23 September 2020, agar segera mendaftarkan operator komputernya. Sebab

Berita Sumut
Sabtu, 07 Des 2019 13:04

Rotasi Kapolda Sumut, Ini Tanggapan Djarot Terkait Sosok Agus dan Martuani

Pasca rotasi Kapolda Sumut dari Irjen Pol Agus Andrianto menjadi Irjen Martuani Sormin Siregar, Anggota DPR RI Komisi II DPR RI, Djarot Saiful Hidayat angkat bicara.

Nasional
Sabtu, 07 Des 2019 12:23

Bantu Pendidikan di Perbatasan, Satgas Pamtas Yonif 133/YS Gelar Belajar Malam Bersama.

Pentingnya pendidikan bagi masyarakat menjadikan semua orang punya peran dalam mendidik, seperti gerakan TNI AD mengajar yang dilaksanakan anggota Satgas Pamtas 133/YS di Desa kampung jasa, kecamatan Badau, Kabupaten kapuas Hulu, provinsi kalimantan barat

Berita Sumut
Sabtu, 07 Des 2019 12:00

Sergai Gelar Malam Anugerah Inovasi Pendidikan Tahun 2019, Ini Para Pemenang

Pemkab Sergai menggelar kegiatan Malam Anugerah Inovasi Pendidikan Tahun 2019. Kegiatan ini dipusatkan di Aula Objek Wisata Pantai Woong Rame Kecamatan Pantai Cermin, Jumat (6/12).

Berita Sumut
Sabtu, 07 Des 2019 11:44

AKBP Maringan Simanjuntak Dipromosikan Jabat Kasatreskrim Polrestabes Medan

Kasubdit 3 Ditreskrimum Polda Sumut AKBP Maringan Simanjuntak dipromosikan menjabat sebagai Kasat Reskrim Polrestabes Medan. Dia menggantikan Kompol Eko Hartanto yang dipromosikan sebagai Kasubdit 2 Ditreskrimsus Polda Sumut.