Warning: Use of undefined constant kat - assumed 'kat' (this will throw an Error in a future version of PHP) in /home/u4913611/public_html/include/fungsi.php on line 614

    Warning: Use of undefined constant title - assumed 'title' (this will throw an Error in a future version of PHP) in /home/u4913611/public_html/include/fungsi.php on line 618

    Warning: Use of undefined constant alias - assumed 'alias' (this will throw an Error in a future version of PHP) in /home/u4913611/public_html/include/fungsi.php on line 622

    Warning: Use of undefined constant Kategori - assumed 'Kategori' (this will throw an Error in a future version of PHP) in /home/u4913611/public_html/include/fungsi.php on line 622

    Warning: Use of undefined constant Judul - assumed 'Judul' (this will throw an Error in a future version of PHP) in /home/u4913611/public_html/include/fungsi.php on line 622
  • Home
  • Ekonomi
  • Harga Minyak Naik, Arab Saudi dan Kuwait Pangkas Pasokan Global

Harga Minyak Naik, Arab Saudi dan Kuwait Pangkas Pasokan Global

Mtc Selasa, 13 Agustus 2019 10:15 WIB
Hand Over
Ilustrasi
MATATELINGA, Houston: Pada akhir perdagangan Senin (Selasa pagi WIB), Harga minyak sedikit berubah, karena ekspektasi bahwa produsen-produsen utama akan terus mengurangi pasokan global mengurangi kekhawatiran tentang pertumbuhan permintaan minyak yang melambat akibat perang perdagangan AS-China.




Dilansir oleh wartawan, Jakarta, Selasa (13/8/2019), minyak mentah berjangka AS, West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman September, menambahkan USD0,43 menjadi menetap pada USD54,93 per barel di New York Mercantile Exchange. Sementara minyak mentah Brent untuk pengiriman Oktober, naik USD0,04 menjadi ditutup pada USD58,57 per barel di London ICE Futures Exchange.

Para investor terpecah antara ekspektasi perlambatan pertumbuhan permintaan minyak global dan obrolan tentang upaya-upaya baru oleh produsen-produsen utama untuk mengurangi produksi dan mendukung harga, kata analis.

Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak (OPEC) dan sekutunya, yang dikenal sebagai OPEC+, telah sepakat untuk memotong 1,2 juta barel per hari (bph) mulai 1 Januari.

Kuwait "berkomitmen penuh" pada perjanjian OPEC+, Menteri Perminyakan Khaled al-Fadhel mengatakan menambahkan bahwa Kuwait telah memangkas produksinya sendiri lebih dari yang dipersyaratkan dalam perjanjian.

Dia mengatakan kekhawatiran penurunan ekonomi global "dibesar-besarkan" dan mengatakan permintaan global untuk minyak mentah akan meningkat di paruh kedua, membantu mengurangi surplus persediaan minyak secara bertahap.

Para analis mengatakan dalam sebuah tanda bahwa pemimpin OPEC de-facto Arab Saudi bermaksud mendukung harga, Saudi Aramco yang dikelola negara siap untuk meluncurkan apa yang bisa menjadi penawaran umum perdana terbesar di dunia.

Pemerintah Saudi akan memutuskan kapan IPO akan berlangsung berdasarkan persepsi tentang "apa yang akan menjadi kondisi pasar optimal," kata eksekutif senior Aramco Khalid al-Dabbagh dalam sebuah konferensi jarak jauh dengan para analis.




Ia mengatakan Saudi Aramco telah menandatangani surat perjanjian dengan Reliance India yang berpotensi membeli saham dalam bisnis penyulingan dan petrokimia.

"Saudi akan membutuhkan harga minyak yang lebih tinggi untuk IPO-nya, dan ini menegaskan mereka akan melakukan apa pun untuk menaikkan harga minyak," kata Phil Flynn, seorang analis di Price Futures Group di Chicago.

Analis mengatakan pengurangan lebih banyak diperlukan untuk mendukung harga karena pengamat dan lembaga pemerintah mengeluarkan prediksi suram untuk ekonomi global dan pertumbuhan permintaan minyak.

Prospek ekonomi telah memburuk di seluruh dunia karena perselisihan perdagangan antara Amerika Serikat dan China meningkat, lembaga ekonomi Ifo Jerman mengatakan dalam survei triwulanannya terhadap hampir 1.200 pakar di lebih dari 110 negara.

"Ini akan membuat pasar jauh lebih lama untuk kembali ke keseimbangan, yang telah memaksa produsen OPEC dan non-OPEC untuk melanjutkan pengurangan produksi mereka," kata Andy Lipow, presiden Lipow Oil Associates di Houston.

Badan Energi Internasional (IEA) mengatakan pada Jumat (9/8/2019) bahwa meningkatnya tanda-tanda perlambatan ekonomi telah menyebabkan permintaan minyak global tumbuh pada laju paling lambat sejak krisis keuangan 2008.

Ketegangan antara Amerika Serikat dan Iran juga terlihat berkontribusi pada penguatan harga minyak, kata para analis.




Menteri Luar Negeri Iran Javad Zarif mengatakan peluncuran misi keamanan maritim AS di Teluk Persia telah mengubah kawasan itu menjadi "kotak-korek api yang siap terbakar karena Amerika dan sekutunya membanjiri dengan senjata-senjata."

Sebagian besar minyak dunia melewati Selat Hormuz di dekat Teluk Persia. Misi keamanan AS dimulai setelah ledakan merusak enam tanker pada Mei dan Juni, dan Iran menyita tanker berbendera Inggris pada bulan berikutnya.

Para pejabat Iran "mengatakan itu adalah area lintas sempit dan AS akan menggerakkan masalah geopolitik," kata Bill Baruch, seorang pedagang minyak di Blue Line Futures di Chicago. "Itu membantu minyak."

Melemahnya dolar juga menopang harga minyak karena para investor khawatir perang perdagangan akan memperlambat pertumbuhan ekonomi AS, kata para analis. Greenback yang lebih lemah membuat minyak mentah dalam denominasi dolar AS lebih murah untuk pembeli asing.

Pada Jum'at (9/8/2019), Komisi Perdagangan Berjangka Komoditas AS mengatakan para hedge fund menaikkan posisi net long mereka di kontrak berjangka dan opsi minyak mentah AS dalam minggu yang berakhir 6 Agustus. Itu adalah sinyal beberapa investor "berusaha untuk mengambil posisi terbawah," kata Robert Yawger, seorang analis di Mizuho di New York.




"Mereka mengambil kesempatan untuk masuk," kata Yawger. "Komunitas spek (ulator) tampaknya ingin memperdagangkan di posisi terendah ini."

(Mtc/Okz)
Editor: Fajar

Sumber: Okezone

T#g:blibliekonomiharga minyakMatatelingaTerkinimatatelinga.commatatelinga com
Komentar
Bola
Sabtu, 07 Des 2019 17:53

Timnas Indonesia U-22 Melaju ke Babak Final SEA Games 2019

Pressing tinggi yang diterapkan Myanmar membuat Indonesia kesulitan mengembangkan permainan di awal laga. Valizar Popov sengaja menginstruksikan anak asuhnya untuk menekan Skuad Garuda di daerah pertahanan sendiri dengan tujuan melakukan kesalahan.

Bola
Sabtu, 07 Des 2019 17:53

Timnas Indonesia U-22 Melaju ke Babak Final SEA Games 2019

Pressing tinggi yang diterapkan Myanmar membuat Indonesia kesulitan mengembangkan permainan di awal laga. Valizar Popov sengaja menginstruksikan anak asuhnya untuk menekan Skuad Garuda di daerah pertahanan sendiri dengan tujuan melakukan kesalahan.

Berita Sumut
Sabtu, 07 Des 2019 17:06

Bermodalkan Kunci T Dua Begundal Ini Dibekuk Tekab Polsek Kota Kisaran

Unit Reskrim Kepolisian Sektor Kota Kisaran berhasil membekum dua pelaku tindak kejahatan sebagai mana dimaksud dalam pasal 363 dan pasal 480 dari KUH Pidana, kedua pelaku tindak kejahatan tersebut saat ini sudah berada di dalam sel tahanan Polsek Kota K

Lifestyle
Sabtu, 07 Des 2019 16:15

Udara Dingin, Sering Buang Air Kecil, Pertanda Masalah Kesehatan

Harus dikaji, bila bdara dingin membuat orang lebih sering buang air

Berita Sumut
Sabtu, 07 Des 2019 16:00

Truk Tronton Gilas Penggendara Sepeda Motor, Hingga Tews

Habis pulang kerja mengendara sepeda motor, pekerja Belawan International Container Terminal (BICT) Pelindo Belawan ini tewas digilas truk di Simpang Buaya

Berita Sumut
Sabtu, 07 Des 2019 15:55

Walau Sibuk Meringkus, Unit Reskrim Polsek Pancur Batu Tak Lupa Dengan Anak Yatim

Unit Reskrim Polsek Pancur Batu dibawah pimpinan nya, Iptu Suhaily Hasibuan yang merupakan Kanit Reskrim nya patut diacungi jempol. Kenapa, walau setiap harinya di sibuk kan dengan para pelaku tindak.pidana dari berbagai bentuk

Berita Sumut
Sabtu, 07 Des 2019 15:20

Satuan Narkoba Polres Tanah Karo Gerebek Rumah

Kembali dan terus digempur para pelaku narkotika di wilayah hukum Polres Tanah Karo. Ini terbukti dari berhasil nya Satuan Narkoba Polres Tanah Karo dibawah pimpinan AKP Maju Tarigan SH meringkus dua pelaku narkotika

Berita Sumut
Sabtu, 07 Des 2019 15:05

Dinas Kesehatan Kota Medan Gelar Perayaan Natal

Tampak satu persatu tamu undangan hadir mengenakan pakaian bernuansa orange mulai memenuhi ruangan di Danau Tiba Convention Hall, Jumat (6/12/2019). Ribuan tamu undangan hadir bersama keluarga mereka untuk mengikuti perayaan natal yang diadakan oleh Dinas

Berita Sumut
Sabtu, 07 Des 2019 14:29

"Kita Tidak Bisa Meneliti Kalau Tak Pernah Membaca dan Menulis"

Workshop Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang digelar Bidang Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Methodist Indonesia (FP UMI) Medan yang diikuti ratusan mahasiswa FP UMi Medan mengusung tema &

Berita Sumut
Sabtu, 07 Des 2019 14:20

Mensos Apresiasi Program Rumah Zakat Entaskan Kemiskinan

Rumah Zakat melakukan pertemuan dengan Menteri Sosial Republik Indonesia, Juliari Batubara, Jumat (6/12/2019). Diskusi kali ini dilaksanakan di Kantor Kementrian Sosial RI di Jalan Salemba Raya No 28, Jakarta Pusat.

Berita Sumut
Sabtu, 07 Des 2019 14:05

Sergai Canangkan Sekolah Ramah HAM

Bupati Sergai Soekirman meresmikan renovasi SD Negeri 106224 Desa Kerapuh sekaligus Pencanangan Sekolah Ramah HAM, Jumat, 6 Desember 2019. Kegiatan ini digelar di SD Negeri 106224 Desa Kerapuh dan pencanangan Sekolah Ramah HAM di Kecamatan Dolok Masihul.

Berita Sumut
Sabtu, 07 Des 2019 13:48

Sisa Waktu Minim, KPU Medan Himbau Paslon Daftarkan Operator Komputer

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Medan terus mengimbau masyarakat yang berminat dan berniat maju sepagai pasangan calon perseorangan di Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Medan 23 September 2020, agar segera mendaftarkan operator komputernya. Sebab

Berita Sumut
Sabtu, 07 Des 2019 13:04

Rotasi Kapolda Sumut, Ini Tanggapan Djarot Terkait Sosok Agus dan Martuani

Pasca rotasi Kapolda Sumut dari Irjen Pol Agus Andrianto menjadi Irjen Martuani Sormin Siregar, Anggota DPR RI Komisi II DPR RI, Djarot Saiful Hidayat angkat bicara.

Nasional
Sabtu, 07 Des 2019 12:23

Bantu Pendidikan di Perbatasan, Satgas Pamtas Yonif 133/YS Gelar Belajar Malam Bersama.

Pentingnya pendidikan bagi masyarakat menjadikan semua orang punya peran dalam mendidik, seperti gerakan TNI AD mengajar yang dilaksanakan anggota Satgas Pamtas 133/YS di Desa kampung jasa, kecamatan Badau, Kabupaten kapuas Hulu, provinsi kalimantan barat

Berita Sumut
Sabtu, 07 Des 2019 12:00

Sergai Gelar Malam Anugerah Inovasi Pendidikan Tahun 2019, Ini Para Pemenang

Pemkab Sergai menggelar kegiatan Malam Anugerah Inovasi Pendidikan Tahun 2019. Kegiatan ini dipusatkan di Aula Objek Wisata Pantai Woong Rame Kecamatan Pantai Cermin, Jumat (6/12).

Berita Sumut
Sabtu, 07 Des 2019 11:44

AKBP Maringan Simanjuntak Dipromosikan Jabat Kasatreskrim Polrestabes Medan

Kasubdit 3 Ditreskrimum Polda Sumut AKBP Maringan Simanjuntak dipromosikan menjabat sebagai Kasat Reskrim Polrestabes Medan. Dia menggantikan Kompol Eko Hartanto yang dipromosikan sebagai Kasubdit 2 Ditreskrimsus Polda Sumut.