Ingin Fokus Saat Bekerja, ini Tipsnya!

Mtc Selasa, 17 September 2019 08:00 WIB
Hand Over
Ilustrasi
MATATELINGA, Jakarta: Walaupun sudah terbiasa dengan hal-hal tersebut, banyaknya kebisingan dan gangguan di kantor dapat memengaruhi produktivitas kerja Kamu. Sayangnya, gangguan kerja semacam ini merupakan perjuangan sehari-hari bagi banyak pegawai.





[adx]

Banyak orang yang kadang sulit fokus di tempat kerja karena mungkin sedang ada masalah pribadi atau pun sedang tidak enak badan yang akhirnya mengganggu pekerjaan mu di kantor.

Namun, jangan khawatir berikut 5 tips yang dapat kamu terapkan jika kamu sulit untuk fokus bekerja di kantor seperti yang disadur oleh wartawan, Selasa (17/9/2019).

1. Tampilkan indikator visual bahwa Anda sedang sibuk

Tidak perlu memasang billboard setinggi 3 meter untuk melakukan hal ini, sebuah indikator DO NO DISTURB atau BUSY yang sederhana pada aplikasi chat kamu sudah cukup, kok. Hal ini akan menahan kolegamu untuk tidak mengajak mengobrol online.

Untuk menahan mereka yang ingin berbicara langsung, Kamu dapat menggunakan headphone saat bekerja. Hal ini akan memberikan isyarat visual kepada orang lain bahwa Kamu tidak ingin diganggu tanpa perlu mengatakan apapun.

Jika memiliki ruang kerja pribadi, Kamu dapat mengunci pintu dan pasanglah palang atau tanda di depannya.

2. Carilah lokasi yang tenang di kantor untuk melakukan pekerjaan Kamu

Beberapa perusahaan akhir-akhir ini tidak lagi memakai pengaturan kantor berbentuk sekat/partisi (cubicle) yang tipikal, melainkan beralih pada desain yang lebih menekankan efisiensi dan privasi. Jika Kamu merupakan salah satu orang beruntung yang memiliki fasilitas semacam ini di tempat kerja, manfaatkan hal tersebut dengan baik.

Namun, apabila perusahaan memiliki pendekatan desain yang lebih tradisional, maka kamu harus menemukan ruang kosong untuk digunakan. Strategi ini paling baik digunakan ketika Kamu hendak melakukan pekerjaan yang melibatkan banyak detail sehingga membutuhkan konsentrasi dan fokus yang tinggi.

3. Matikan gadget Kamu

Produktivitas terbesar di zaman modern ini mungkin adalah gadget tercinta kita. Sebuah bunyi 'beep' tanda pesan masuk dapat merusak konsentrasi pegawai yang paling fokus sekalipun.

Memang sulit untuk melepaskan diri dari handphone Kamu, tetapi ingat bahwa yang harus menjadi prioritas adalah pekerjaan bukan bersosialisasi. Anggaplah kantor sebagai sebuah bioskop atau tempat ibadah di mana penggunaan gadget tidak disarankan - aktifkan mode silent atau matikan gadget sepenuhnya saat bekerja.

Hal ini akan membantu Kamu tetap berkonsentrasi pada tugas yang sedang dikerjakan. Demikian pula halnya dengan aplikasi media sosial di komputer.

Tahan keinginan untuk memeriksa Facebook, Instagram atau Twitter pada saat bekerja dan matikan layanan desktop notification mereka jika memungkinkan.





[adx]

4. Mencari bantuan profesional

Teknik-teknik di atas mungkin bermanfaat sebagai solusi jangka pendek, tetapi untuk solusi jangka panjang, kunjungan ke dokter sangatlah penting. Jika mengalami kesulitan untuk fokus pada pekerjaan akibat suatu masalah emosional, jangan merasa malu untuk mencari bantuan para profesional.

Dokter adalah pilihan terbaik untuk membantu Kamu dalam situasi seperti ini karena para ahli tentu dapat memberikan solusi terbaik yang disesuaikan dengan kondisi dan permasalahan. Jangan biarkan masalah menjadi berlarut-larut dan mengambil alih kehidupanmu - cari bantuan yang dibutuhkan sesegera mungkin, sebelum terlambat.

5. Selalu siapkan 'simpanan darurat' dalam laci Kamu

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, tidak semua gangguan berasal dari sumber eksternal. Sering kali, justru tubuh Kamu sendiri yang dapat mengganggu arus kerja.

Sakit kepala dan nyeri tubuh lainnya terkadang mampu membuat seseorang tidak bisa bekerja. Pada saat-saat seperti ini, ada baiknya apabila menyimpan sejumlah obat-obatan dan snack di dalam laci meja.

Obat-obatan atau salep dapat membantu meredakan rasa sakit sementara, dan camilan sehat akan membantu mengatasi rasa lapar dan mempertahankan konsentrasi Kamu.

(Mtc/Okz)
Editor: Fajar

Sumber: Okezone

T#g:bekerjablibliMatatelingaTerkinitips bekerjamatatelinga.commatatelinga com
Komentar
Kamis, 28 Mei 2020 15:00Nasional

Sudah Siapkah Kita Menerapkan Tatanan Hidup Normal Baru ?

Penerapan PSBB di beberapa daerah ternyata belum mendapat respon positif dari sebagian besar masyarakatnya, ada saja yang melanggar aturan-aturan yang disepakati bersama. Sekarang, kita sedang memperbincangkan penerapan 'New Normal' dengan berba

Kamis, 28 Mei 2020 14:35Berita Sumut

Bupati dan Wabup Sergai Monitoring Pos Pengamanan Operasi Ketupat Toba 2020

Dalam rangka melihat kondisi dan kesiapan personil sekaligus melakukan koordinasi serta memberikan untuk meningkatkan pelayanan pasca Lebaran Idul Fitri 1441 H/2020 M, Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir H Soekirman didampingi Wabup H Darma Wijaya melakuka

Kamis, 28 Mei 2020 14:20Berita Sumut

Pemkab Asahan Segera Salurkan Dana Bansos Corona

Pemerintah Kabupaten Asahan segera menggulirkan dana bantuan sosial Covid 19 kepada warga masyarakat Asahan terdampak Covid 19, Kamis (29/05/2020). Bantuan dikhususkan bagi masyarakat yang belum mendapatkan bantuan tersebut baik yang berasal dari Pemerint

Kamis, 28 Mei 2020 13:50Berita Sumut

Dalam Dua Pekan, Polres Labuhanbatu Ciduk 15 Pelaku Narkoba dan Sita 329 Gram Sabu

Dalam kurun waktu dua minggu, Polres Labuhanbatu dan polsek jajaran berhasil menangkap 15 pelaku tindak pidana narkotika. Dari para pelaku, polisi juga menyita narkotika sabu seberat 329,65 gram.

Kamis, 28 Mei 2020 13:15Berita Sumut

Personil Polsek Medan Kota Bebas Covid-19

Polsek Medan Kota menggelar rapid test kepada seluruh personil. Hasilnya semua personil yang bertugas di Polsek Medan Kota bebas Covid 19.

Kamis, 28 Mei 2020 13:00Berita Sumut

Pulang dari Persembuyian, Pelaku Curanmor Ini Diciduk Polsek Patumbak

Mhd Ali Nasution alias Bolot (25) tak berkutik saat diciduk personil Polsek Patumbak. Warga Desa Patumbak II Gang Bandrek Kecamatan Patumbak, Kabupaten Deliserdang ini diciduk lantaran terlibat kasus curanmor.

Kamis, 28 Mei 2020 12:40Berita Sumut

Sepeda Motor Dikunci Ganda, Aksi Pelaku Curanmor Ini Gagal Total

Apes benar nasib pelaku curanmor ini. Niat hati hendak mencuri namun lantaran sepeda motor yang akan dicuri dilengkapi dengan kunci ganda, aksi pelaku punn gagal total. Pelaku bernama Edi Susanto (38), warga Jalan Pertahanan Gang Karya Dusun I, Desa Patum

Kamis, 28 Mei 2020 12:10Berita Sumut

150 Kendaraan Diputar Balik Saat Hendak Mudik di Kabupaten Simalungun

Pihak Kepolisian Resor Simalungun memutar balik 150 kendaraan yang hendak mudik di Kabupaten Simalungun. Kendaraan tersebut diminta putar balik ke wilayah asal masing-masing

Kamis, 28 Mei 2020 11:48Berita Sumut

Bertengkar, Suami di Asahan Bacok Istri dengan Kapak Hingga Tewas

Seorang pria di Kabupaten Asahan tega membacok istrinya hingga tewas. Peristiwa ini terjadi di Dusun II, Desa Sei Lama, Kabupaten Asahan pada Rabu (27/5) sore kemarin.

Kamis, 28 Mei 2020 11:00Berita Sumut

Pembukaan Pusat Perbelanjaan Perlu Ditinjau Ulang

Pembukaan kembali Plaza Medan Fair ditengah pandemi covid-19 dinilai sangat berisiko. Penilaian itu diucapkan Ketua Komisi III DPRD Kota Medan, M Afri Rizki Lubis, Kamis (28/5/2020) di Medan.

Kamis, 28 Mei 2020 10:47Berita Sumut

Brigjen Pol Tabana Bangun Resmi Jabat Wakapolda Riau

Brigjen Pol Tabana Bangun resmi menjabat Wakapola Riau menggantikan Brigjen Sutrisno. Serah terima jabatan orang nomor dua di lingkungan Polda Riau ini dipimpin langsung Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi dan di hadiri para pejabat utama (PJU

Kamis, 28 Mei 2020 09:15Nasional

Diriingi Lagu Selamat Datang, Pangkogabwilhan II yang Baru Disambut Prajurit Kogabwilhan II

Kedatangan Pangkogabwilhan II Marsda TNI Imran Baidirus disambut oleh seluruh prajurit Kogabwilhan II dengan iringan lagu “Selamat Datang” pada saat berjalan menuju ke ruang Panglima sebagai tradisi penyambutan.

Kamis, 28 Mei 2020 09:00Berita Sumut

Korsleting Arus Listrik, Rumah Semi Permanen di Dolok Panribuan Hangus Terbakar

Sebuah bangunan rumah semi permanen milik Sadirman Simarmata (69) warga Dusun Cinta Nauli Nagori Dolok Tomuan Kecamatan Dolok Panribuan Simalungun habis dilalap si jago merah. Kebakaran ini diduga kuat disebabkan oleh hubungan singkat (korsleting listrik)

Kamis, 28 Mei 2020 08:45Berita Sumut

Ketua Bhayangkari Cabang Simalungun Berikan Tali Asih Kepada Orang Tua Korban Pencabulan

Ketua Bhayangkari Cabang Simalungun Rissa Agus Waluyo menunjukkan kepedulian nya dengan memberikan tali asih kepada korban perbuatan cabul yang masih di bawah Umur berinisial AN (10). Bocah yang masih duduk di bangku kelas 4 SD itu didampingi oleh orangt

Kamis, 28 Mei 2020 08:30Berita Sumut

Dana Anggaran Penanganan Corona Kabupaten Asahan Ditambah Rp 36 Milyar Lebih.

Pemerintah Kabupaten Asahan memanmbah dana anggaran yang diperuntukan pada penanganan dan percepatan Covid 19 sebanyak Rp.36.200.000.000,- dari semula hanya Rp.26,8 Milyar menjadi Rp.63 Milyar lebih.

Kamis, 28 Mei 2020 08:15Berita Sumut

Muspika Sibolangit Kunjungi Keluarga PDP Covid-19 yang Meninggal, Puskesmas akan Lakukan Rapid Test

Gugus Tugas Pencegahan Covid-19 Kec. Sibolangit, Kab. Deli Serdang, Sumatera Utara melakukan kunjungan ke rumah keluarga terduga PDP di Dusun I, Desa Sikeben, Kecamatan Sibolangit, Rabu (27/5) kemarin.