Ingin Fokus Saat Bekerja, ini Tipsnya!

Mtc Selasa, 17 September 2019 08:00 WIB
Hand Over
Ilustrasi
MATATELINGA, Jakarta: Walaupun sudah terbiasa dengan hal-hal tersebut, banyaknya kebisingan dan gangguan di kantor dapat memengaruhi produktivitas kerja Kamu. Sayangnya, gangguan kerja semacam ini merupakan perjuangan sehari-hari bagi banyak pegawai.






Banyak orang yang kadang sulit fokus di tempat kerja karena mungkin sedang ada masalah pribadi atau pun sedang tidak enak badan yang akhirnya mengganggu pekerjaan mu di kantor.

Namun, jangan khawatir berikut 5 tips yang dapat kamu terapkan jika kamu sulit untuk fokus bekerja di kantor seperti yang disadur oleh wartawan, Selasa (17/9/2019).

1. Tampilkan indikator visual bahwa Anda sedang sibuk

Tidak perlu memasang billboard setinggi 3 meter untuk melakukan hal ini, sebuah indikator DO NO DISTURB atau BUSY yang sederhana pada aplikasi chat kamu sudah cukup, kok. Hal ini akan menahan kolegamu untuk tidak mengajak mengobrol online.

Untuk menahan mereka yang ingin berbicara langsung, Kamu dapat menggunakan headphone saat bekerja. Hal ini akan memberikan isyarat visual kepada orang lain bahwa Kamu tidak ingin diganggu tanpa perlu mengatakan apapun.

Jika memiliki ruang kerja pribadi, Kamu dapat mengunci pintu dan pasanglah palang atau tanda di depannya.

2. Carilah lokasi yang tenang di kantor untuk melakukan pekerjaan Kamu

Beberapa perusahaan akhir-akhir ini tidak lagi memakai pengaturan kantor berbentuk sekat/partisi (cubicle) yang tipikal, melainkan beralih pada desain yang lebih menekankan efisiensi dan privasi. Jika Kamu merupakan salah satu orang beruntung yang memiliki fasilitas semacam ini di tempat kerja, manfaatkan hal tersebut dengan baik.

Namun, apabila perusahaan memiliki pendekatan desain yang lebih tradisional, maka kamu harus menemukan ruang kosong untuk digunakan. Strategi ini paling baik digunakan ketika Kamu hendak melakukan pekerjaan yang melibatkan banyak detail sehingga membutuhkan konsentrasi dan fokus yang tinggi.

3. Matikan gadget Kamu

Produktivitas terbesar di zaman modern ini mungkin adalah gadget tercinta kita. Sebuah bunyi 'beep' tanda pesan masuk dapat merusak konsentrasi pegawai yang paling fokus sekalipun.

Memang sulit untuk melepaskan diri dari handphone Kamu, tetapi ingat bahwa yang harus menjadi prioritas adalah pekerjaan bukan bersosialisasi. Anggaplah kantor sebagai sebuah bioskop atau tempat ibadah di mana penggunaan gadget tidak disarankan - aktifkan mode silent atau matikan gadget sepenuhnya saat bekerja.

Hal ini akan membantu Kamu tetap berkonsentrasi pada tugas yang sedang dikerjakan. Demikian pula halnya dengan aplikasi media sosial di komputer.

Tahan keinginan untuk memeriksa Facebook, Instagram atau Twitter pada saat bekerja dan matikan layanan desktop notification mereka jika memungkinkan.






4. Mencari bantuan profesional

Teknik-teknik di atas mungkin bermanfaat sebagai solusi jangka pendek, tetapi untuk solusi jangka panjang, kunjungan ke dokter sangatlah penting. Jika mengalami kesulitan untuk fokus pada pekerjaan akibat suatu masalah emosional, jangan merasa malu untuk mencari bantuan para profesional.

Dokter adalah pilihan terbaik untuk membantu Kamu dalam situasi seperti ini karena para ahli tentu dapat memberikan solusi terbaik yang disesuaikan dengan kondisi dan permasalahan. Jangan biarkan masalah menjadi berlarut-larut dan mengambil alih kehidupanmu - cari bantuan yang dibutuhkan sesegera mungkin, sebelum terlambat.

5. Selalu siapkan 'simpanan darurat' dalam laci Kamu

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, tidak semua gangguan berasal dari sumber eksternal. Sering kali, justru tubuh Kamu sendiri yang dapat mengganggu arus kerja.

Sakit kepala dan nyeri tubuh lainnya terkadang mampu membuat seseorang tidak bisa bekerja. Pada saat-saat seperti ini, ada baiknya apabila menyimpan sejumlah obat-obatan dan snack di dalam laci meja.

Obat-obatan atau salep dapat membantu meredakan rasa sakit sementara, dan camilan sehat akan membantu mengatasi rasa lapar dan mempertahankan konsentrasi Kamu.

(Mtc/Okz)
Editor: Fajar

Sumber: Okezone

T#g:bekerjablibliMatatelingaTerkinitips bekerjamatatelinga.commatatelinga com
Komentar
Kamis, 24 Okt 2019 09:00Ekonomi

Di Tengah Penantian Brexit, Harga Emas Berjangka Naik

Harga emas naik karena beberapa investor mencari aset yang aman setelah anggota parlemen Inggris menunda Brexit

Kamis, 24 Okt 2019 08:45Ekonomi

Investor Fokus ke Laporan Keuangan Emiten, Wall Street Naik Tipis

Bursa saham Amerika Serikat (AS) menguat sedikit dengan tidak adanya perkembangan baru perundingan dagang

Kamis, 24 Okt 2019 08:30Nasional

KPK Imbau Kabinet Indonesia Maju Segera Laporkan LHKPN

Sebagi bentuk pencegahan dari tindak pidana korupsi. Komisi Pemberantasan Korupsi mengimbau para menteri di Kabinet Indonesia Maju

Kamis, 24 Okt 2019 08:15Nasional

Prancis Open 2019, ini Hasil Wakil Indonesia di Hari Kedua

Prancis Open 2019. Sebanyak tujuh wakil Indonesia berlaga di hari kedua, Rabu 23 Oktober 2019

Kamis, 24 Okt 2019 08:00Nasional

Harus Diselesaikan, ini Sederet PR 19 Menteri Ekonomi

Kabinet Indonesia Maju baru dilantik. Presiden Joko Widodo menitip pesan, dia meminta 34 menteri membantu

Kamis, 24 Okt 2019 07:45Bola

Liga Champions 2019-2020, Kamis 24 Oktober 2019, ini Hasil Laganya

Sejumlah pertandingan seru dan menegangkan tersaji di matchday ketiga Liga Champions 2019-2020 yang dihelat

Kamis, 24 Okt 2019 07:30Lifestyle

Makanan Halal Antarkan Pria Jepang Masuk Islam

Seorang pria Jepang, Kazushige Kobayashi menceritakan kisahnya menjadi seorang mualaf

Kamis, 24 Okt 2019 07:15Internasional

Fitriani Lolos ke Babak Kedua Prancis Open 2019

Babak pertama ajang Prancis Open 2019. Tunggal putri Indonesia, Fitriani, meraih hasil positif

Kamis, 24 Okt 2019 07:00Bola

Liverpool Curi Tiga Poin atas KRC Genk

Liga Champions 2019-2020. Liverpool meraih hasil positif saat menghadapi wakil Belgia, KRC Genk di fase grup

Kamis, 24 Okt 2019 06:45Bola

Barcelona Menang Tipis 2-1 di Markas Slavia Praha

Laga lanjutan fase grup Liga Champions 2019-2020. Barcelona meraih tiga poin saat bertandang ke markas wakil Republik Ceko, Slavia Praha

Kamis, 24 Okt 2019 06:30Berita Sumut

PAUS Sikat Tiga Pelaku Tindak Kejahatan Narkoba Di Asahan

Tim PAUS yang merupakan tim Satuan Tugas (Satgas) Preventif bentukan Sat.Res.Narkoba Polres Asahan yang bekerja sama bersama unsur masyarakat serta instansi terkait lainnya dalam memerangi serta memberantas peredaran narkoba di wilayah hukum Polres Asahan

Kamis, 24 Okt 2019 06:15Berita Sumut

Fraksi PAN DPRD Medan, Edi Saputra Minta Usut Tuntas Dalang Pengrusakan Masjid

Masyarakat Kota Medan khususnya umat Islam mengecam keras pengrusakan Masjid Amal Silaturrahim di Jalan Timah Putih, Kelurahan Sukaramai, Kecamatan Medan Area, Kota Medan, yang terjadi Selasa (22/10/2019) malam.

Kamis, 24 Okt 2019 06:00Nasional

Personel Satgas Yonmek TNI Konga XXIII-N Unifil Gelar Latihan Menembak Senjata Kelompok

Personel Satuan Tugas Batalyon Mekanis (Satgas Yonmek) TNI Konga XXIII-N Unifil yang saat ini sedang melaksanakan Pre Deployment Training (PDT) di daerah latihan PMPP TNI, Sentul, Bogor, dalam dua hari terakhir melaksanakan latihan menembak senjata kelomp

Kamis, 24 Okt 2019 05:45Nasional

Puluhan Pencuri Sadis Dibekuk Polisi

Dikenal sadis dan tak segan melukai korban jika aksinya kepergok. Sebanyak 27 pelaku pencurian

Rabu, 23 Okt 2019 21:15Berita Sumut

Akhirnya, Fakultas Kedokteran UMI Medan Peroleh Akreditasi "B"

Setelah bertahun-tahun hanya menyandang predikat akreditasi C, Fakultas Kedokteran Universitas Methodist Indonesia (FK UMI) Medan akhirnya pecah telur dan menanjak satu tingkat dengan diperolehnya akreditasi"B" dari Perkumpulan Lembaga Akreditas

Rabu, 23 Okt 2019 19:00Berita Sumut

Pangdam I/BB Laksanakan Pertemuan Dengan SKK Migas dan KKKS PT.Chevron Indonesia

Pangdam I/Bukit Barisan, Mayjen TNI MS Fadhilah menerima kunjungan kemitraan SKK Migas dan KKKS PT.Chevron Indonesia, Selasa (22/10/2019).