Ekonomi

Jaga Pasokan Listrik, Harusnya Pemerintah Beri Insentif

Administrator
google
Jaga Pasokan Listrik
Matatelinga - Jakarta, Penyesuaian tarif listrik nonsubsidi yang akan dilakukan untuk delapan golongan per Januari 2015, bertujuan mempertahankan kelangsungan penyediaan tenaga listrik, peningkatan mutu pelayanan pada konsumen, dan peningkatan rasio elektrifikasi. Selain itu diharapkan subsidi listrik nantinya akan lebih tepat sasaran untuk golongan menengah ke bawah.


"Tapi bukan cuma kenaikan saja yang diperhatikan. Pemerintah juga harusnya beri insentif pada investor untuk energi listrik ini," ungkap pengamat energi Mamit Setiawan, Sabtu (20/12/2014).


Mamit mengatakan bahwa selain kenaikan listrik, penyediaan listrik di Indonesia tergantung dari investor yang akan menanamkan modalnya untuk infrastruktur energi tersebut. Sehingga, pemerintah sebaiknya memberikan iklim investasi yang baik bagi investor.


Saat ini, tarif listrik di Indonesia dinilai sangat murah dibandingkan negara-negara lain khususnya negara ASEAN, baik itu untuk industri maupun rumah tangga. Sehingga sudah sewajarnya jika pemerintah menaikkan kembali tarif listrik.


"Tarif listrik kita memang sangat murah dibanding negara lain, jadi sudah sepantasnya untuk naik," kata dia.


Menurut Mamit, kenaikan tarif listrik paling tepat diterapkan pada kuartal pertama 2015. Sehingga masyarakat punya ruang untuk bernafas setelah adanya kenaikan Bahan Bakar Minyak (BBM).



(Fit/Okc)

Tag:insentifMatatelingaPemerintah

Situs ini menggunakan cookies. Untuk meningkatkan pengalaman Anda saat mengunjungi situs ini mohon Anda setujui penggunaan cookies pada situs ini.