• Home
  • Ekonomi
  • Jajaran Direksi PDAM Tirtanadi Lakukan Pertemuan Awal Tahun dengan Wartawan

Jajaran Direksi PDAM Tirtanadi Lakukan Pertemuan Awal Tahun dengan Wartawan

Mtc/James Rabu, 24 Januari 2018 17:55 WIB
Istimewa
Pertemuan Jajaran Direksi PDAM Tirtanadi dengan Pokja Wartawan
MATATELINGA, Medan : Jajaran Direksi PDAM Tirtanadi melakukan pertemuan dengan Pokja Wartawan yang bertugas meliput di PDAM Tirtanadi di Aula Lantai IV Kantor Pusat PDAM Tirtanadi, Jl. SM. Raja No. 1 Medan, Selasa (23/1/2018).

Pertemuan dimaksudkan untuk meriview kembali pencapaian program kerja tahun 2017 dan penyampaian program kerja tahun 2018 serta meminta masukan, saran dan kritik membangun dari Pokja Wartawan sebagai mitra kerja PDAM Tirtanadi .



Keempat Direksi PDAM Tirtanadi lengkap hadir pada pertemuan itu yakni Direktur Utama Sutedi Raharjo, Direktur Administrasi dan Keuangan Arif Haryadian, Direktur Air Minum Delviyandri, Direktur Air Limbah Heri Batangari Nasution serta turut hadir Kepala Sekretaris Perusahaan Jumirin dan Asisten 1 Sekretaris Perusahaan Zaman K. Mendrofa.

Sekretaris Pokja Wartawan PDAM Tirtanadi Muhammad Nasir dalam sambutannya menyampaikan bahwa Pokja Wartawan sebagai mitra kerja PDAM Tirtanadi telah memberikan kontribusinya melalui medianya masing-masing untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat tentang kegiatan dan perkembangan PDAM Tirtanadi.



"Pertemuan ini merupakan bagian dari program kerja Pokja dalam membangun kemitraan dan taranparansi dengan PDAM Tirtanadi untuk memperoleh informasi yang akan didistribusikan kemasyarakat serta memberi saran dan kritik untuk perkembangan PDAM Tirtanadi kedepannya," Nasir.

Selain itu, Nasir juga menyerahkan program kerja Pokja Wartawan untuk tahun 2018 kepada Direksi PDAM Tirtanadi dan berharap agar program kerja yang telah disusun dapat terealisasi.

"Kami sampaikan secara resmi program kerja Pokja Wartawan untuk tahun 2018, mudahan-mudahan dapat terealisasi," harapnya.



Program kerja Pokja Wartawan disambut baik oleh Direktur Utama PDAM Tirtanadi Sutedi Raharjo. Bahkan menurut Sutedi Raharjo sebaiknya Pokja Wartawan membuat kegiatan 4 - 6 kali dalam setahun seperti salah satu program Pokja Wartawan adalah lomba karya tulis. Hal ini sangat mendapat apresiasi, bahkan Sutedi menginkan dibuat artikel edukasi air minum.

"Artikel edukasi air minum ini harus muncul tiga bulan sekali. Kegiatannya bisa mendatangkan pakar internal PDAM Tirtanadi maupun dari luar sebagai narasumber, dan bagi yang menulis diberi penghargaan," ujarnya.



Sutedi juga dalam paparannya menyampaikan bahwa selama masa kepemimpinan mereka sejak tahun 2015, PDAM Tirtanadi telah dan akan terus bekerja keras dan profesional. Banyak terobosan yang telah dilakukan diantaranya yang paling anyar adalah pemberlakukan program pasang baru secara online mulai Januari 2018 ini.

Sutedi juga menginformasikan bahwa program penambahan debit air saat ini sudah berjalan misalnya pembangunan IPA Denai kapasitas 240 liter per detik telah memasuki tahap tender, peningkatan (uprating) IPA TLM kemarin telah dimulai pembangunannya yang ditandai dengan peletakan batu pertam oleh Gubsu pada bulan Desember 2017 yang lalu.



Penyertaan modal yang diberikan Pemprovsu pada tahun 2016 yang lau sebesar 73 M juga akan digunakan untuk peningkatan (uprating) IPA Sunggal tahap kedua 400 liter per detik dan Uprating IPA Deli Tua 300 liter per detik dan pembangunan IPA Pancur Batu kapasitas 40 liter per detik yang diperkirakan akan menelan biaya sekitar 140 M.

Sementara Direktur Air Minum Delviyandri mengakui, bahwa saat ini permasalahan kekurangan debit air masih menjadi permasalahan utama PDAM Tirtanadi.



Peningkatan produksi tidak sebanding dengan perkembangan jumlah penduduk sehingga masih saja ada keluhan pelanggan terkait kuantitas dan kontinutas air minum serta masih adanya wilayah yang tidak bisa dilayanai selama 24 jam dan juga cakupan pelayanan tidak mengalami peningkatan secara siginifikan.

Untuk air limbah, Heri Batangari selaku Direktur Air Limbah menyampaikan bahwa pengolahan air limbah merupakan terusan dari produksi air bersih. Air bersih yang telah digunakan dan menjadi limbah kemudian diolah untuk selanjutnya dialirkan kembali ke sungai agar tidak mencemari lingkungan.



"Bayangkan saja kalo 2,5 juta warga Kota Medan setiap paginya membuang tinja sebanyak 0,5 kg maka sebanyak 1.259 ton tinja akan mencemari lingkungan apabila tidak diolah dengan benar," terang Heri Batangari.

Dari sisi keuangan, Direktur Administrasi dan Keuangan Arif Haryadian mengatakan bahwa ketika mereka baru menjabat sebagai Direksi PDAM Tirtanadi pada tahun 2015, kondisi keuangan minus dengan utang yang cukup banyak sekitar 270 M.

Namun dalam masa 3 tahun kepemimpinan mereka, saat ini kondisi keuangan PDAM Tirtanadi telah surplus dan kewajiban utang terselesaikan.



"Berdasar audit, kinerja keuangan cukup baik, bahkan pada akhir tahun 2018 ini PDAM Tirtanadi akan memberikan kontribusi PAD ke Pemprovsu sebesar 10,6 M," ujar Arief

Arif Haryadian mengemukakan, setoran ke PAD Sumut merupakani bentuk komitmen Tirtanadi untuk ikut berpartisipasi nyata membangun Sumut lewat pembangunan yang diprogramkan Pemprov Sumut.

Mtc/Rel
Editor: James P. Pardede

T#g:AirPDAM TirtanadiPokja Wartawan
Komentar
Senin, 17 Des 2018 22:08Berita Sumut

Diusia 113 Tahun PDAM Tirtanadi Lounching SMS Gateway Bagi Pelanggan

Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtanadi Provinsi Sumatera Utara lounching SMS Gateway bagi masyarakat pelanggan, pada puncak acara family chatring dalam rangka perayaan HUT ke-113 tahun perusahaan daerah air minum tersebut, Minggu (16/12/2018) di hal

Senin, 17 Des 2018 22:03Berita Sumut

Bela KY, KORSUB akan Geruduk PN Medan Besok

Koalisi Rakyat SumAtera Utara Bersih (KORSUB) akan menggelar unjuk rasa damai di depan Pengadilan Negeri Medan, Selasa (18/12/2018). Seratusan massa akan berunjuk rasa mereka akan menyuarakan soal dugaan kriminalisasi terhadap Komisi Yudisial.

Senin, 17 Des 2018 21:55Bola

Babak 16 Besar liga Champions 2018-2019 Akan Segera Dimulai, ini Jadwal laganya

Pertarungan klub-klub papan atas Eropa di Liga Champions 2018-2019 sudah memasuki babak 16 besar. Setelah memperlihatkan pertandingan-pertandingan yang menarik di fase grup, kini 16 klub tersebut kembali akan bersaing untuk memperebutkan tempat di perempa

Senin, 17 Des 2018 21:40Berita Sumut

Wali Kota : Inovasi Jadi Syarat Utama Kemajuan Wilayah

Perkembangan teknologi yang begitu cepat dan penuh daya saing membuat inovasi menjadi syarat utama untuk terus menciptakan produk-produk baru ataupun meningkatkan hasil dari produk-produk yang sudah ada sebelumnya. Inovasi ini diperlukan untuk memajukan s

Senin, 17 Des 2018 21:25Berita Sumut

Wali Kota Medan: Kompetisi Global Butuhkan Keterampilan Berbahasa Asing

Kompetisi Global membutuhkan keterampilan berbagai aspek, salah satunya aspek penting yang harus dikuasai adalah penguasaan bahasa asing terutama bahasa Inggris dan bahasa asing lainnya.

Senin, 17 Des 2018 19:06Berita Sumut

Kapolsek Medan Timur Rakor Bahas Pemilu dengan Panwascam

Kapolsek Medan Timur Kompol M. Arifin mengadakan rapat koordinasi (Rakor) dengan Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Medan Timur dan Medan Perjuangan Pemilu Tahun 2019 di Mapolsek Medan Timur Senin (17/12).

Senin, 17 Des 2018 18:38Berita Sumut

HMI Sumut : Uyghur, Persoalan Kemanusiaan

Badan Koordinasi Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Sumatera Utara menyayangkan sikap yang dilakukan pemerintahan Cina menyikapi persoalan muslim Uyghur. HMI Sumut menganggap persoalan Uyghur adalah persoalan besar kemanusiaan, banyak terjadi pelanggaran HAM

Senin, 17 Des 2018 18:19Berita Sumut

Musda ITMI Diharapkan Makin Berikan Ruang Penyandang Disabilitas

Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH berharap Musyawarah Daerah (MUSDA) Ikatan Tunanetra Muslim Indonesia (ITMI) Kota Medan 2018 diharapkan, mampu memberikan ruang bagi para penyandang disabilitas untuk bekerja dan berkarya demi kepentingan ba

Senin, 17 Des 2018 17:00Berita Sumut

Peringatan HMPI, Pemkab Sergai Tanam Ratusan Batang Pohon dan Bunga

Dalam memperingati ari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) Dalam Rangka Hari Bhakti PUPR ke-73 Tahun 2018, Pemkab Sergai menanam ratusan batang pohon dan sungai di Bendungan Sei Ular Dusun I Desa Pulo Tagor Kecamatan Serbajadi, Senin (17/12).

Senin, 17 Des 2018 16:26Berita Sumut

PGRI Kota Medan Gelar Porseni 2018

Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH diwakili Sekda Kota Medan Ir Wirya Alrahman MM membuka Pekan Olaharag dan Seni (Porseni) Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kota Medan 2018 di Lapangan SMU Angkasa Jalan Polonia Medan, Senin (17/12).

Senin, 17 Des 2018 16:03Berita Sumut

Gara-Gara Balap Liar, 4 Pemuda di Medan Labuhan Keroyok Rekannya Hingga Tewas

Petugas Unit Reskrim Polsek Medan Labuha berhasil meringkus empat orang pelaku pengeroyokan terhadap seorang penonton balap liar di Jalan Button KIM II, Desa Saentis Kecamatan Percut Sei Tuan pada Minggu (16/12/2018) dinihari kemarin.

Senin, 17 Des 2018 15:33Berita Sumut

Di DeliSerdang, Bocah 4 Tahun Tertidur Selama 22 Hari

Gilang Tama Alfarizi, bocah berusia 4 tahun warga Jalan Masjid II Gang Rukun, Desa Sekip Lubuk Pakam ini sudah tertidur hingga 22 hari lamanya. Anehnya, putra pertama pasangan Sandi Syahputra (25) Prili Mahdania (24) ini dinyatakan sehat oleh tim medis.

Senin, 17 Des 2018 15:07Berita Sumut

Mobil Avanza Hantam Pulau Jalan Usai Tabrak Sepeda Motor

Mobil Avanza putih BK 1835 IP menghantam pulau jalan usai menabrak sepeda motor Beat di kawasan Jalan Brigjen Katamsos Kelurahan Sei Mati, Minggu (16/12) malam. Akibat kecelakaan ini, baik pengemudi mobil maupun sepeda motor mengalami luka dan dirujuk ke

Senin, 17 Des 2018 14:25Berita Sumut

Parpol Ditenggat 16 Hari Lagi Untuk Serahkan LPSDK

Partai politik dan tim kampanye pasangan calon presiden dan wakil presiden sebagai peserta Pemilu wajib menyerahkan Laporan Penerimaan Sumbangan Dana Kampanye (LPSDK) paling lama Rabu, 2 Januari 2019 pukul 18.00 WIB. Hal ini diungkap dalam Sosialisasikan

Senin, 17 Des 2018 13:57Nasional

Oesman Sapta Lantik Tujuh Anggota MPR RI Hasil PAW

Wakil Ketua MPR Oesman Sapta melantik dan mengambil sumpah tujuh orang anggota MPR pengganti antar waktu (PAW) di Ruang Delegasi, Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (17/12/2018). Dari tujuh anggota MPR PAW yang dilantik, enam di antaranya berasal dari Frak

Senin, 17 Des 2018 13:38Berita Sumut

Polrestabes Medan Tingkatkan Pengamanan Jelang Natal dan Tahun Baru 2019

Polrestabes Medan meningkatkan pengamanan menjelang hari raya Natal dan Tahun Baru 2018. Setiap personil Polrestbaes Medan akan all out memberikan kenyamanan bagi warga Medan.