MARHABAN YA RAMADHAN
  • Home
  • Ekonomi
  • Konten Hoax Sekarang Bisa di Diteksi Pakai Google Loh, Berikut Caranya

Konten Hoax Sekarang Bisa di Diteksi Pakai Google Loh, Berikut Caranya

Mtc Senin, 18 Februari 2019 20:49 WIB
GOOGLE
Dengan maraknya internet saat ini, berita hoaks semakin menyebar di berbagai platform baik website ataupun media sosial. Menurut trainer dari Aliansi Jurnalis Indonesia (AJI), Nurfahmi Budiarto hoaks atau berita bohong
MATATELINGA, Jakarta: Dengan maraknya internet saat ini, berita hoaks semakin menyebar di berbagai platform baik website ataupun media sosial. Menurut trainer dari Aliansi Jurnalis Indonesia (AJI), Nurfahmi Budiarto hoaks atau berita bohong untuk diketahui terdapat dua hal yakni yang pertama misinformasi di mana berita salah yang dianggap benar dan disinformasi yang merupakan berita salah yang sengaja disebarkan.



Adapun beberapa macam misinformasi dan disinformasi di antaranya yakni satire atau parodi yang digunakan untuk lucu-lucuan namun berpotensi membodohi, kemudian misleading, konten aspal (asli tapi palsu), konten pabrikasi, konten tidak nyambung (judul dan berita beda), dan konten manipulatif.

Nurfahmi melanjutkan jika ada beberapa tips untuk terhindar dari berita hoaks yakni rajin verifikasi.

"Pertama verifikasi alamat situs dengan mengecek alamat situsnya. Kalau ragu riset dengan domainbigdata.com. Ada beberapa situs abal-abal yang cuma beralamat blogspot," kata dia dalam acara Google News Lab Workshop di Kantor Google, Jakarta, Senin (18/2/2019).

Lebih lanjut dia mengungkapkan untuk memperhatikan detail visual website dengan memperhatikan logo gambar. Pasalnya saat ini ada beberapa situs yang meniru beberapa situs media nasional (red:mainstream).

Kemudian, lanjut dia untuk mengecek situs yang diragukan juga dapat melihat iklan.



"Hati-hati dengan website yang banyak iklannya. Media abal-abal selalu mencari klik untuk mendapatkan iklan. Kemudian cari informasi website atau cek about us, media abal-abal selalu anonim, sesuai UU Pers yang berbadan hukum harus ada penanggungjawabnya. Lebih lanjut, untuk judul yang sensasional atau klikbait harus ditelusuri kebenarannya melakukan perbandingan dengan media mainstream," kata Nurfahmi.

Lebih lanjut dia juga menjelaskan ada beberapa tools sederhana di Google yang dapat digunakan untuk mengecek fakta, di antaranya menggunakan Google Reserve Image Search, tools ini dapat mengklarifikasi fakta suatu foto.

Seperti diketahui, belakangan ini marak beberapa oknum yang mengedit suatu foto dengan caption yang tak sesuai kejadian.

Tools ini dapat digunakan dengan meng-klik images.google.com kemudian upload foto mencurigakan yang telah disimpan terlebih dahulu di komputer.



Kemudian ada juga verifikasi lokasi menggunakan Google Maps, Google Map, Google Street View, dan Google Earth. Dalam hal ini seseorang dapat mencari detail suatu tempat dari tahun ke tahun menggunakan fitur Google.

(Mtc/Okz)
Editor: FJR

Sumber: Okezone

T#g:blibligooglehoaxKabar HoaxKonten HoaxMatatelingaTerkini
Komentar
Rabu, 22 Mei 2019 16:14Nasional

Polisi Gelangan Puluhan Orang Diduga Provokator 22 Mei 2019

Kepolisian Polda Metro Jaya, menngelandang puluhan orang terduga provokator aksi 22 Mei 2019 ke Markas Polda Metro Jaya, Jakarta Pusat, Rabu (22/5/2019) siang. Mereka yang kebanyakan masih berusia belia itu berjalan kaki secara beriringan dengan pengawala

Rabu, 22 Mei 2019 15:59Berita Sumut

Pemko Medan Raih Opini WDP

Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH menerima Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Tahun Anggaran 2018 di Kantor Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Sumut, Jalan Imam Bonjol Medan

Rabu, 22 Mei 2019 15:44Berita Sumut

Akhyar Safari Ramadhan Di Helvetia Sekda Di Medan Petisah

Di hari ke-16 Ramadhan 1440 H, Wakil Wali Kota Ir H Akhyar Nasution MSi melaksanakan Safari Ramadhan di Masjid Al Hasanah Jalan Gaperta, Kelurahan Tanjung Gusta, Kecamatan Medan Helvetia, Selasa (21/5/2019). Di samping mendukung seluruh program pembangun

Rabu, 22 Mei 2019 15:29Berita Sumut

Wali Kota : Implementasikan Al Qur’an Dalam Diri & Kehidupan

Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH mengajak seluruh umat Muslim di Kota Medan untuk mengisi bulan suci Ramadhan dengan memperbanyak membaca Al qur'an serta memahami kandungan surah-surah yang dibaca tersebut. Di samping itu senantiasa me

Rabu, 22 Mei 2019 15:14Berita Sumut

Petugas Awasi Pnumpang Keluat Bersandar di Dermaga Belawan

Kapal KM Kelud yang baru sandar didermaga Terminal Bandar Deli Pelabuhan Belawan Kota Medan,yang baru turun dari atas kapal, Rabu (22/5/2019) siang mendapat pengamanan esxtra ketat oleh sejumlah petugas.

Rabu, 22 Mei 2019 14:02Berita Sumut

Bulog Kini Jual Bakso Juga

Badan Urusan Logistik (Bulog) Divisi Regional (Divre) I Sumatera Utara (Sumut) memperkenalkan produk baru olahan daging, Bakso Kita kepada masyarakat Medan.

Rabu, 22 Mei 2019 13:15Berita Sumut

Jelang Idul Fitri, Bandara Kualanamu Dirikan Posko Terpadu

PT Angkasa Pura II (Persero) Kantor Cabang Bandar Udara Internasional Kualanamu, Deli Serdang mendirikan Posko Terpadu Angkutan Lebaran 2019 di Area Selasar Kedatangan Bandar Udara Internasional Kualanamu. Posko terpadu ini didirikan untuk melayani para c

Rabu, 22 Mei 2019 12:29Berita Sumut

Jaksa Tuntut Dua kurir Sabu 53 Kg di Medan Hukuman Mati

Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejati Sumut, Rahmi Syafrina SH meminta agar dua warga Tanjung Balai yang menjadi terdakwa dalam kasus peredaran narkoba antar negara dengan hukuman mati. JPU menilai kedua terdakwa bersalah berusaha menyelundupkan sekitar 53 Kg

Rabu, 22 Mei 2019 12:13Berita Sumut

Dandim 0203/Lkt Bersama Tim Safari Ramadhan Kota Binjai Kunjungi Masjid Jami' Al Fath

Komandan Kodim 0230/Langkat Letkol Inf Syamsul Alam. SE, bersama Tim Safari Ramadhan Kota Binjai,kunjungi Masjid Jami' Al Fath jln. T. Amir Hamzah km 26 Kel. Jati Karya Kec. Binjai Utara, Selasa (22/05/2019).

Rabu, 22 Mei 2019 11:54Berita Sumut

Semarakkan Bulan Suci Ramadhan, Batalyon Armed 2/105 Gelar Aneka Perlombaan Agama

Pada Ramadhan tahun ini Batalyon Armed 2/105 menggelar berbagai macam perlombaan agama. Kegiatan ini bertempat di Masjid Al- Iman, Yonarmed 2.

Rabu, 22 Mei 2019 08:30Ekonomi

Mengulik Jejak Bisnis Nabi Muhammad SAW, Larangan Hingga Kiat Berjualan

Nabi Muhammad SAW melarang adanya penawaran dan pengakuan fiktif

Rabu, 22 Mei 2019 08:15Internasional

Kisruh Semakin Memanas, Donald Trump Ancam Iran

Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif membalas ancaman Presiden Amerika Serikat

Rabu, 22 Mei 2019 08:00Internasional

Perdana Menteri Ukraina Pilih Mundur Pasca Presiden Baru Dilantik

Perdana Menteri Ukraina Volodymyr Groysman memilih mengundurkan diri sebagai sikap protes

Rabu, 22 Mei 2019 07:45Nasional

Peringatan Nuzulul Qur'an, Jokowi: Teguhkan Persatuan Bangsa

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggelar peringatan Nuzulul Qur'an Tahun 1440 H/2019 di Istana Negara

Rabu, 22 Mei 2019 07:30Nasional

Gempa 5,2 SR Gucang Gorontalo

Gempa dengan magnitudo 5,2 mengguncang wilayah Gorontalo. Gempa terjadi pada Rabu (22/5/2019)

Rabu, 22 Mei 2019 07:15Lifestyle

Isu Kedekatan dengan Laissti Semakin Membara, Ariel NOAH Angkat Bicara

Sejak 12 Mei 2019, Ariel NOAH ramai dikabarkan dekat dengan Laissti. Ia adalah seorang YouTuber