Redaksi Matatelinga Selamat hari Raya Idulfitri 1439 H
  • Home
  • Ekonomi
  • Mau Mengembangkan Usaha, UMKM Kini Bisa Peroleh Kredit UMI

Mau Mengembangkan Usaha, UMKM Kini Bisa Peroleh Kredit UMI

James Selasa, 07 November 2017 05:47 WIB
James P Pardede
Direktur Keuangan Umum dan Sistem Informasi Ditjen Perbendaharaan Kemenkeu Sochif Winarno saat memberikan keterangan pers di Kantor Gubernur Sumatera Utara (Sumut), Senin (6/11) didampingi Kepala Biro Humas dan Keprotokolan Setdaprov Sumut Ilyas S Sitorus
MATA TELINGA-MEDAN. Bergulirnya Kredit Usaha Rakyat yang disalurkan lewat perbankan ternyata tidak semua UMKM yang jumlahnya mencapai 60 juta lebih tidak bisa terlayani, selain karena alasan kelengkapan data dan beberapa persyaratan lainnya, UMKM juga tidak memiliki akses untuk mendapatkan pinjalan. Menyikapi hal ini, Kementerian Keuangan RI melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Perbendaharaan akan menggelar sosialiasi tentang pembiayaan ultra mikro atau UMI yang dikhususkan kepada kaum ibu di Indonesia. Program ini disebutkan memberi kemudahan kepada masyarakat dengan pinjaman tanpa jaminan hingga Rp 10 juta.

Direktur Keuangan Umum dan Sistem Informasi Ditjen Perbendaharaan Kemenkeu Sochif Winarno saat memberikan keterangan pers di Kantor Gubernur Sumatera Utara (Sumut), Senin (6/11) menyampaikan, kredit UMI ini diharapkan dapat menggairahkan ekonomi masyarakat untuk lebih meningkat.



Sochif Winarno yang didampingi Kepala Biro Humas dan Keprotokolan Setdaprov Sumut Ilyas S Sitorus, dan perwakilan Direktorat Sistem Manajemen Investasi Kemenkeu Hariyatmoko mengatakan sosialisasi pembiayaan UMI akan menyasar kelompok ibu-ibu yang ingin meningkatkan usaha kecilnya namun punya keterbatasan akses terhadap modal karena faktor ketiadaan jaminan yang sering menjadi syarat untuk pinjaman/kredit perbankan atau lembaga keuangan lainnya. Sebab dari jumlah 61 juta Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia, berdasarkan penelitian BPS dan BPK, yang dapat mengakse Kredit Usaha Rakyat (KUR) hanya sekitar 17 juta.

"Artinya ada gap (jarak) sebanyak 44 juta (UMKM). Ternyata tidak bisa terlayani karena jaminan tetap. Sementara kita ketahui, yang usahanya kecil biasanya tidak memiliki jaminan (anggunan)," sebut Sochif.

Dengan pengalaman yang sudah ada, pemerintah merumuskan bagaimana caranya membantu masyarakat yang tidak punya akses pembiayaan sebanyak 44 juta UMKM se-Indonesia. Dari pembahasan tersebut lahir rumusan dengan sebutan pembiayaan ultra mikro (UMI).



"Kenapa untuk kaum ibu, karena umumnya mereka lebih bisa dipercaya, lebih teliti dan disiplin. Makanya namanya UMI," katanya.

Ada tiga lembaga yang ditunjuk untuk mengalokasikan dana kredit UMI, yaitu PT PNM dengan program Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera (Mekar), Pegadaian serta PT Bahana Artha Ventura (BAV) yang merupakan anak perusahaan BUMN PT Bahana Pembinaan Usaha Indonesia (BPUI). Sedangkan jumlahnya diberi amanah sebesar Rp1,5 Triliun yang akan dibagikan ke tiga perusahaan tersebut.

Untuk Sumut sendiri lanjut Sochif, memang belum begitu banyak berkembang. Selain programnya yang baru bergulir mulai Agustus lalu, saat ini sosialisasi memang terus dilakukan agar semamkin banyak masyarakat mengetahui serta memanfaatkan kemudahan tersebut, di mana secara nasional bejumlah 127 ribu UMKM, penerima UMI terbanyak ada di Jawa Barat dan Aceh.

"Yang terpenting adalah kesediaan UMKM untuk menaati aturan, harapannya tidak ada yang menunggak. Karena kalau ada, nanti sistemnya tanggung renteng. Msekipun begitu, kita tetap akui masih perlu ada penyempurnaan. Intinya adalah bagaimana program ini menyentuh langsung ke masyarakat, sesuai nawacita Presiden RI Joko Widodo yakni kemandirian ekonomi," tandasnya.



Syarat untuk bisa menerima bantuan pembiayaan UMI ini katanya, menyertakan data kependudukan seperti KTP dan KK. Selain itu, belum pernah mendapatkan pinjaman dari program seperti Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang sudah ada sebelumnya. Karena itu pihaknya berkoordinasi dengan kementerian terkait yang mengalokasikan anggaran pembiayaan ini melalui Kemenkeu.

Sementara Direktorat Sistem Manajemen Investasi Kemenkeu Hariyatmoko menambahkan bahwa batas maksimal aset yang dimiliki calon penerima manfaat UMI adalah Rp300 juta setahun atau aset bersih senilai Rp50 juta.

"Syarat lainnya yaitu tidak sedang berhutang. Karena kalau masih ada hutang, nanti akan terlalu membebani masyarakat itu sendiri," katanya.
Editor: James P Pardede

T#g:Kredit UMI
Komentar
Senin, 18 Jun 2018 20:32Berita Sumut

Pengamat: Menurut Jejak Digital, Koordinator CEPP Fisip USU Adalah Wakil Sekretaris Tim Eramas

Hasil survei yang dirilis oleh Center for Election and Political Party (CEPP) Fisip Universitas Sumatera Utara (USU) yang mengatakan Eramas unggul 53,1 persen, sedangkan Djoss 35,7 persen dan yang belum menentukan pilihan 11,2 persen

Senin, 18 Jun 2018 20:13Berita Sumut

H. Amir: Edy dan Ijeck Mampu Selesaikan Permasalahan di Sumut

Salah seorang tokoh masyarakat Kabupaten Deliserdang Haji Amir Siahaan, saat menerima kunjungan dari tim Eramas di kediamannya, Jalan RA Kartini, Lubukpakam

Senin, 18 Jun 2018 19:41Berita Sumut

Petugas Gabungan Mengevakuasi Penumpang Kapal di Perairan Danau Toba

Terkait dengan terbaliknya Kapal penumpang dari Pelabuhan Tigaras menuju Simanindo terbalik, Senin (18/6/2018), puluhan penumpang masih terombang-ambing di perairan Danau Toba.

Senin, 18 Jun 2018 18:36Berita Sumut

Kapal kayu Melayani Penumpang di Danau Toba, Kabarnya Terbalik

abar beredar dilapangan menyebutkan, sebuah Kapal kayu berpenumpang berlayar dari Pelabuhan Simanindo (Samosir) tujuan Tigaras (Simalungun) dikabarkan terbalik di Danau Toba

Senin, 18 Jun 2018 18:18Berita Sumut

Kapolda Sumut Resmikan Pos Pol. AIRUD di Pulau-Pulau Batu Kabupaten Nias Selatan

Kapolda Sumatera Utara, Irjen Pol Drs. Paulus Waterpauw Senin siang (18/6/2018),sekira pukul 11.07.wib, melakukan kunjungan kerja ke Pulau-Pulau Batu Kabupaten Nias Selatan. Dengan menggunakan helikopter dinas yang mendarat di bandara lasondre pulau telo

Senin, 18 Jun 2018 18:06Internasional

Kerusuhan di LP Risdon Australia, Empat Petugas Luka Parah

Kerusuhan terjadi di Lembaga Pemasyarakatan Risdon di Hobart Australia , mengakibatkan empat petugas LP terluka parah

Senin, 18 Jun 2018 17:38Bola

Mourinho: Diatas Kertas Inggris Sangat Unggul, Tetapi Tunisia Bisa Saja Menang....!!!!

Jelang pertandingan Grup G Piala Dunia 2018 yang mempertemukan antara Tim Nasional (Timnas) Inggris melawan Tunisia

Senin, 18 Jun 2018 17:08Berita Sumut

Api Melalap Rumah Miliknya Prapanca

Belum lagi hilang dari ingatan kebakatan di kampung Kubur, kini terjadi lagi kebakaran di Jalan Bunga Ncole Lingkungan V Kelurahan Kemenangan Tani Kecamatan Medan Tuntungan

Senin, 18 Jun 2018 09:14Lifestyle

Justin Bieber Tak Segan Pamer Kemesraan

Justin Bieber kini tak lagi segan pamer kemesraan dengan Hailey Baldwin. Keduanya tepergok menghabiskan waktu bersama di tempat publik di New York, AS pada Minggu (17/6).

Senin, 18 Jun 2018 08:59Lifestyle

Piala Dunia 2018, Politisi Rusia Serukan Aturan Bercinta

Politikus Rusia Tamara Pletnyova memberi peringatan kepada perempuan lokal Rusia untuk tak bercinta dengan pria non-kulit putih selama Piala Dunia 2018.

Senin, 18 Jun 2018 08:44Internasional

Kunjungi Mosul, Angelina Jolie: Ini Kerusakan Terparah yang Penah Saya Lihat

Utusan khusus badan pengungsi PBB (UNHCR) Angelina Jolie mengunjungi kota terbesar kedua Irak, Mosul, Sabtu (16/6).

Senin, 18 Jun 2018 08:29Internasional

Pangeran Kamboja Alamai Kecelakaan Mobil

Pangeran Kamboja Norodom Ranariddh dikabarkan mengalami luka-luka serius dalam kecelakaan mobil di Kota Sihanoukville, Minggu (17/6). Adapun istrinya meninggal dunia.

Senin, 18 Jun 2018 08:14Internasional

Capres Turki Tampil di TV, Sampaikan Pidato Dari Balik Penjara

Politisi sekaligus kandidat presiden Turki, Selahattin Demirtas, tampil di TV dari balik sel penjara untuk menyampaikan pidato celaan terhadap rezim pemerintah. Hal itu dilakukannya menjelang pemilu presiden yang akan digelar pekan depan.

Senin, 18 Jun 2018 07:59Nasional

JK Tegaskan Tak Lagi Berlaga di Bursa Pemilu

Wakil Presiden Jusuf Kalla mengaku lebih memilih beristirahat ketimbang kembali mendampingi Presiden Joko Widodo dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019.

Senin, 18 Jun 2018 07:46Nasional

Venue Asian Games Dipastikan Siap Pakai Pada Juli Mendatang

Chief de Mission Asian Games 2018 Komisaris Jenderal Syafruddin menyatakan seluruh venue atau arena pertandingan akan tuntas secara keseluruhan pada awal Juli.

Senin, 18 Jun 2018 07:31Nasional

Puisi Karangan Sukmawati Berujung Protes, PA 212 Minta Polisi Tegas

Juru Bicara Persaudaraan Alumni (PA) 212 Novel Bamukmin tidak terima dengan keputusan polisi yang menghentikan penyelidikan kasus dugaan penistaan agama yang dilakukan Sukmawati Soekarnoputri terkait puisi berjudul Ibu Indonesia.