• Home
  • Ekonomi
  • Mengagetkan, Presiden Bank Dunia Mengundurkan Diri, ini Faktanya

Mengagetkan, Presiden Bank Dunia Mengundurkan Diri, ini Faktanya

Mtc Sabtu, 12 Januari 2019 08:00 WIB
google
Presiden Bank Dunia (World Bank) Jim Yong Kim resmi mengundurkan diri pada Februari mendatang. Pengunduran dirinyt dilakukan di dua tahun sebelum masa jabatannya habis.
MATATELINGA, Jakarta: Presiden Bank Dunia (World Bank) Jim Yong Kim resmi mengundurkan diri pada Februari mendatang. Pengunduran dirinyt dilakukan di dua tahun sebelum masa jabatannya habis.



Pengunduran dirinya tersebut tidak terduga, setelah lebih dari enam tahun bertahan di lembaga pemberi pinjaman internasional tersebut.

Berikut fakta-fakta mengenai kemunduran Jim Yong Kim, yang telah dirangkum Okezone, Sabtu (12/1/2019).

1. Pengunduran Diri Jim Yong Kim Tidak Terduga

Pengunduran diri Kim dari Bank Dunia tidak terduga, karena dia ditunjuk untuk masa jabatan lima tahun kedua sebagai presiden bank pembangunan multilateral itu pada 2016.

2. Menjadi Presiden Bank Dunia Sejak 2012

Kim pertama kali menjadi presiden Bank Dunia ke-12 pada 1 Juli 2012. Sebelum menduduki jabatan tersebut, dia menjabat sebagai presiden lembaga akademik terkenal di Amerika Serikat, Dartmouth College.

"Merupakan kehormatan besar menjadi Presiden lembaga luar biasa ini, penuh dengan individu bersemangat yang didedikasikan untuk misi mengakhiri kemiskinan ekstrem dalam hidup kita," kata Kim.



3. Kim Akan Bergabung dengan Perusahaan Lain

Kim yang sebelumnya mengambil alih kepemimpinan pemberi pinjaman global ini pada 2012 akan bergabung dengan perusahaan yang belum disebutkan namanya. Perusahaan itu berfokus pada investasi di negara-negara berkembang.

4. Jabatannya Digantikan oleh CEO Bank Dunia

CEO Bank Dunia Kristalina Georgieva nantinya akan menjabat sebagai presiden sementara untuk mengisi kekosongan setelah Kim mundur per 1 Februari 2019 mendatang.



5. Menanggapi Pengunduran Diri Kim, Sri Mulyani Hormati Keputusannya

Menteri Keuangan Sri Mulyani menghormati keputusan Presiden Bank Dunia Jim Yong Kim untuk mundur dari jabatannya.

"Karena ini sesuai dengan apa yang beliau bayangkan, akan lebih banyak berguna bagi negara-negara berkembang di dunia, saya rasa keputusan Presiden Kim dihormati saja," ujarnya.

Sebagai salah satu anggota Bank Dunia, Sri Mulyani berharap lembaga ini dapat dijaga dari sisi visi, misi untuk menjaga fungsinya dan terus meningkatkan pemerataan dan kesejahteraan.

(Mtc/Okz)
Editor: Fjr

Sumber: Okezone

T#g:blibliJim Yong KimMatatelingaPresiden Bank DuniaTerkinimengundurkan diri
Komentar
Senin, 25 Mei 2020 07:08Aceh

Kenapa Warganet Mengecam Tindakan Kedua Polisi..?

Warganet mengecam tindakan kedua polisi. Dua oknum polisi menganiaya seorang pria gangguan jiwa hingga terluka di Gampong (Desa) Bagok Sa, Kecamatan Nurussalam, Kabupaten Aceh Timur.

Senin, 25 Mei 2020 06:00Internasional

Kembali dari Karantina, Dapat rezeki Nomplok 2 Kg Emas

Selama pandemi Covid-19 terkadang membosankan dan orang tua sulit membuat anak-anak terhibur, selama menjalani hari-hari dalam suasana lockdown atau karantina wilayah.

Minggu, 24 Mei 2020 19:15Internasional

Erdogan: Umat Manusia Alami Ujian Berat Krisis Corona

Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, menyampaikan pesan Idul Fitri dan mengimbau publik untuk merayakan festival Muslim di dalam rumah, karena pandemi coronavirus COVID-19.

Minggu, 24 Mei 2020 18:30Nasional

Lebaran di Tengah Suasana Banjir dan Wabah Corona

Suasana lebaran di Kecamatan Rawas Ilir, Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) tampak berbeda. Masyarakat setempat merayakan Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriah di tengah dua bencana sekaligus, wabah Covid-19 dan bencana banjir.

Minggu, 24 Mei 2020 17:30Berita Sumut

Check Point Di Jalinsum, Polres Sergai Putar Balik Lagi Ratusan Kendaraan

Polres Serdang Bedagai bersama TNI dan Dinas Kesehatan Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) melaksanakan Check Point di Tiga Lokasi Jalinsum Medan-Tebing Tinggi, Tepatnya di Pos Pam Perbaungan, Pos Pam Seibamban dan Pospam Dolok Masihul dalam kegiatan terse

Minggu, 24 Mei 2020 17:30Nasional

Kepala Desa di Buol Dikeroyok Usai Sholat Id

Beredar video seorang Kepala Desa Bulaguding, Kecamatan Gadung, Kabupaten Buol, Sulawesi Selatan dikeroyok jemaah masjid usai melaksanakan salat Idul Fitri 1441 H pada Minggu (24/5/2020).

Minggu, 24 Mei 2020 17:00Ekonomi

Kementrian Sosial dan UKM, Membantu KUKM di Masa Virus Corona Saat ini

Untuk membantu KUKM yang kesulitan di masa pandemi virus corona saat ini, Kementerian Koperasi dan UKM memfasilitasi Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (KUKM) untuk bertemu langsung dengan pembelinya (buyer)

Minggu, 24 Mei 2020 16:45Internasional

Vaksin Buatan Tiongkok Katanya Ampuh Tangkal Corona

Info terbaru menyampaikan, bahwa vaksin virus corona atau Covid-19 yang dikembangkan oleh Tiongkok diklaim menunjukkan hasil yang positif, setelah diuji coba kepada 100 orang. Hasil uji coba menunjukkan vaksin mampu meningkatkan kekebalan tubuh terhadap C

Minggu, 24 Mei 2020 16:30Berita Sumut

Ribuan Warga Kota Padangsidimpuan Padati Salat Id di Masjid Agung Al-Abror

Walikota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution beserta Wakil Walikota Padangsidimpuan Ir. H Arwin Siregar melaksanakan Ibadah salat Idul Fitri 1441 H di Mesjid Agung Al-Abror Kota Padangsidimpuan, Minggu (24/5/2020). Bertindak sebagai Imam Sholat Idul Fit

Minggu, 24 Mei 2020 16:00Nasional

Jokowi : Lebaran Tanpa Mudik Memang Sangat Berat, Tapi Harus Kita Jalani Bersama

Presiden Jokowi mengakui Lebaran tahun 2020 ini terasa lebih berat. Hal ini disebabkan banyak masyarakat yang tidak bisa mudik Lebaran karena adanya wabah corona.

Minggu, 24 Mei 2020 15:00Berita Sumut

Suami Tewas di Tempat, Sedangkan Istri Sekarat di Rumah Sakit

Sedih yang dialami keluarga pengendara motor Fahrizal alias Sutan. Menjelang Hari Raya Idulfitri 1441 H, dia tewas digilas truk di depan SPBU Jalan Titi Pahlawan, Kel. Paya Pasir, Kec. Medan Marelan

Minggu, 24 Mei 2020 14:43Berita Sumut

Petugas Ditpolair Korpolairud Baharkam Polri, Tangkap Dua Kapal Asing

Kapal Patroli Polisi Antareja 7007 milik Ditpolair Korpolairud Baharkam Polri dengan Komandanya Kompol Yefri Dickson Ndolu,S.Sos,M.Si saat berpatroli di Selat Malaka berhasil menangkap 2 kapal ikan Malaysia saat mencuri ikan

Minggu, 24 Mei 2020 14:21Berita Sumut

Malam Jelang Idul Fitri, Dua Sepeda Motor Bertabrakan. Satu Meninggal dan Dua Luka-Luka

Nasib naas dialami seorang remaja warga Nagori Purbasari Kabupaten Simalungun. Remaja tersebut meninggal tidak berapa lama setelah mengalami kecelakaan lalu lintas.

Minggu, 24 Mei 2020 14:04Bola

Klub Kebanggaan Masyarakat Catalunya, Tengah Jalani Musim Naik Turun

Klub kebanggaan masyarakat Catalunya itu tengah menjalani musim yang naik turun. Barcelona memang masih memimpin di klasemen sementara Liga Spanyol 2019-2020 dengan keunggulan satu poin dari Real Madrid.

Minggu, 24 Mei 2020 13:46Bola

Dortmund Kembali Memetik Kemenangan di pekan ke-27

Raphael Guerreiro membuka keunggulan Dortmund pada babak pertama yang digandakan oleh Achraf Hakimi pada paruh kedua, demikian catatan laman resmi Liga Jerman.

Minggu, 24 Mei 2020 13:10Nasional

Ibu dan Anaknya Terekam CCTV, Apa dilakukannya, hingga di Jeput Polisi

Ada ada saja perbuatan telarang yang dilakukan dua wanita yakni ibu dan anaknya, warga Jalan Raya Kurao, Kelurahan Kurao Pagang