• Home
  • Ekonomi
  • Pahami Dulu Etikanya, ini Jejak Bisnis Nabi Muhammad SAW

Pahami Dulu Etikanya, ini Jejak Bisnis Nabi Muhammad SAW

Mtc Selasa, 21 Mei 2019 07:15 WIB
GOOGLE
Ilustrasi
MATATELINGA, Jakarta: Nabi Muhammad SAW dalam menjual menjunjung etika dalam bisnis. Hal ini dianalogikan sebagai moral berbisnis adalah hal yang utama untuk seorang Rasulullah.



Nabi Muhammad SAW tidak sekadar menjual produk demi mengeruk keuntungan secara finansial tetapi lebih pada kenyamanan bertransaksi dan pelayanan yang diberikan saat bertransaksi.

Ada sebuah kisah yang mengatakan bahwa Nabi Muhammad SAW telah melakukan transaksi dagang dengan menawarkan sebuah kain pelana dan sebuah bejana untuk tempat minum. Nabi Muhammad SAW bersabda, "Siapa yang ingin membeli kain pelana dan bejana air mimum?" Seorang laki-laki menawarnya dengan satu dirham, dan Nabi Muhammad SAW menanyakan apakah ada yang hendak menawar dengan harga yang lebih tinggi. Seorang lagi menawar dengan harga dua dirham, dan Nabi Muhammad SAW pun menjualnya pada orang itu." (HR. Tirmidzi, Abu Dawud dan Ibn Majah dari Anas).

Nilai yang dapat diambil dari kisah tersebut adalah, Nabi Muhammad SAW selalu memberikan kemudahan dalam bertransaksi. Walaupun saat itu Nabi Muhammad SAW berada dalam posisi sebagai price maker, saat ia tidak dengan seenaknya menaikkan harga jual dari suatu barang. Dalam menjual Nabi Muhammad SAW berpegang teguh pada prinsip-prinsip berdagang yang ia miliki sehingga pada akhirnya dapat membawa keuntungan yang berlipat ganda sekaligus limpahan kebaikan. Berikut uraian selengkapnya, seperti dikutip wartawan dari buku Strategi Andal dan Jitu Praktik Bisnis Nabi Muhammad SAW, karya Thorik Gunara dan Utus Hardiono Sudibyo, terbitan Madani Prima, Selasa (21/5/2019).



1. Penjual tidak boleh mempraktikkan kebohongan dan penipuan mengenai barang-barang yang dijual pada pembeli.

Penipuan yang dimaksud di sini berkenaan dengan hal-hal seperti pengurangan timbangan, menukar barang yang hendak dibeli dan sumpah palsu.

Anjuran ini juga berlaku pada kegiatan promosi. Periklanan yang semakin tidak memiliki kredibilitas telah diingatkan oleh Nabi Muhammad SAW sejak abad ke 7.

2. Penjual harus menjauhkan diri dari sumpah yang berlebihan dalam menjual suatu barang.

Dalam mengiklankan produk atau jasa tidak dibenarkan untuk melakukan pembodohan dengan cara berdusta. Sebaik apa pun cara yang dipakai, sehalus apa pun bahasa yang digunakan, tetap sumpah yang berlebihan tidak akan membawa kebaikan dalam berdagang.

3. Hanya dengan sebuah kesepakatan bersama, atau dengan suatu usulan dan penerimaan suatu penjualan akan sempurna.

Nabi Muhammad SAW sangat menghargai hak-hak individu dalam berdagang. Dari pihak pedagang maupun pihak pembeli. Dalam prinsip perdagangan yang digunakan olehnya, tidak ada satu pihak yang mempunyai keistimewaan yang lebih dari pihak yang lain. Kadang dalam transaksi jual beli ada satu pihak yang merasa dirugikan atau melakukan transaksi dengan sebuah keterpaksaan. Kesepakatan yang terjalin pun hanya ada pada satu pihak. Ketidaksempurnaan ini terjadi karena kedua pihak tidak ada yang mau mengalah.



Mengapa? Karena tidak adanya saling bermurah hati. Sikap murah hati ini tidak hanya berlaku untuk pengusaha tapi juga untuk customer.

Apabila telah terbentuk paradigma bermurah hati, kesempurnaan dalam transaksi pun akan menjadi nyata dan pada akhirnya tidak akan ada keluh kesah yang menjadi buntut dari jalannya sebuah transaksi.

4. Penjual harus tegas terhadap timbangan dan takaran.

5. Orang yang membayar dimuka suatu barang tidak boleh menjualnya sebelum barang tersebut menjadi miliknya.

6, Muhammad dengan tegas melarang adanya monopoli dagang.

7. Tidak boleh ada harga komoditi yang melebihi batas.

Ketujuh poin di atas telah dengan jelas mengatur tata cara berdagang yang baik. Nabi Muhammad SAW bersabda, "Apabila dua orang telah melakukan jual beli maka tiap-tiap orang dari keduanya boleh khiyar (memilih meneruskan jual beli atau tidak) selama mereka belum meninggalkan berpisah dan keduanya masih berkumpul, atau salah satu dari keduanya telah memberi khiyar pada yang lain dan keduanya telah melakukan jual beli atas dasar khiyar itu, maka sesungguhnya jual beli itu haruslah dilakukan atas yang demikian". (HR. Bukhari).



Jika keduanya telah berpisah sesudah melakukan jual beli, sedang yang satu lagi belum meninggalkan (tempat) jual beli, maka jual beli itu harus berlaku demikian (setelah keduanya melakukan transaksi dan berpisah dari tempat jual-beli, maka tidak boleh ada lagi transaksi yang membatalkan perjanjian awal).

Kemudahan dalam bertransaksi menjadi anjuran Rasulullah. Nabi Muhammad SAW bersabda,"Pedagang yang baik adalah pedagang yang mudah dalam membeli dan mudah dalam menjual." (HR. Bukhari, dari Jabir Ra.)

(Mtc/Okz)
Editor: FJR

Sumber: Okezone

T#g:bisnisblibliekonomiJejak Bisnis Nabi Muhammad SAWMatatelingaTerkini
Komentar
Kamis, 09 Jul 2020 11:00Berita Sumut

Kapolda Sumut dan Pangdam I/BB Hadiri Pesta Panen Raya Nusantara TNI-Polri Secara Virtual

Kapolda Sumut Irjen Pol. Drs. Martuani Sormin, M.Si bersama Pangdam I/BB Mayjen TNI Irwansyah,MA,MSc mengikuti Pesta Panen Raya Nusantara TNI-Polri dengan Kapolri dan Panglima TNI secara virtual bertempat di Dusun III Desa Pasar Bengkel,Kec. Perbaungan, K

Kamis, 09 Jul 2020 11:00Berita Sumut

Kapolda Sumut dan Pangdam I/BB Hadiri Pesta Panen Raya Nusantara TNI-Polri Secara Virtual

Kapolda Sumut Irjen Pol. Drs. Martuani Sormin, M.Si bersama Pangdam I/BB Mayjen TNI Irwansyah,MA,MSc mengikuti Pesta Panen Raya Nusantara TNI-Polri dengan Kapolri dan Panglima TNI secara virtual bertempat di Dusun III Desa Pasar Bengkel,Kec. Perbaungan, K

Kamis, 09 Jul 2020 10:46Berita Sumut

Empat Orang Siswa Berprestasi Mendapat Laptop Dari Sampoerna Foundation

Empat orang siswa berprestasi yang telah lulus seleksi penerimaan mahasiswa yang digelar oleh Poetra Sampoerna Foundation, mendapatkan hadiah berupa lap top.

Kamis, 09 Jul 2020 10:45Internasional

Amerika Serikat Resmi Umumkan Akan Keluar dari WHO

Amerika Serikat (AS) secara resmi memberikan pemberitahuan untuk keluar dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) di saat kasus virus corona di negara itu melonjak tajam. Pemberitahuan itu disampaikan secara resmi oleh Gedung Putih kepada Persatuan Bangsa-Ban

Kamis, 09 Jul 2020 09:45Internasional

Presiden Brasil Jair Bolsonaro Positif Covid-19, Tapi Tak Jalani Isolasi

Presiden Brasil, Jair Bolsonaro pada Rabu (8/7/2020) mengatakan bahwa dia “baik-baik saja” setelah terinfeksi virus corona. Bolsonaro yang dikonfirmasi positif Covid-19 sehari sebelumnya tidak menjalani isolasi, dan tetap melakukan pertemuan d

Kamis, 09 Jul 2020 09:00Nasional

Maria Pauline Lumowa DPO Penegak Hukum Selama 17 Tahun

Maria Pauline Lumowa masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO) atau buronan aparat penegak hukum Indonesia. Maria Lumowa dikabarkan terbang ke Singapura pada September 2003 atau sebulan sebelum ditetapkan sebagai tersangka oleh tim khusus yang dibentuk Mab

Kamis, 09 Jul 2020 08:00Nasional

Ini Penjelasan PLN, Terhindar Dari Korsleting di Rumah

Jangan dianggap sepele, masalah kelistrikan ini riskan dan bisa merenggut nyawa seseorang.

Kamis, 09 Jul 2020 07:00Bola

Silva Sedang Menunjukkan Kelasnya Sebagai Gelandang Terbaik di Dunia

Pada laga ini, Silva memang menunjukkan kelasnya sebagai salah satu gelandang terbaik di dunia. Pasalnya selain mencetak gol, mantan pemain Valencia tersebut memang menyumbangkan dua assist untuk gol Jesus dan Sterling.

Kamis, 09 Jul 2020 06:45Ekonomi

Hari ini, Prediski Rupiah Menguat dengan Pelemahan Bursa AS

Rupiah menguat 0,20% ke Rp 14,410 per dollar AS. Sementara, kurs tengah Bank Indonesia (BI) mencatat rupiah melemah tipis 0,03% ke Rp 14.460 per dollar AS.

Kamis, 09 Jul 2020 06:00Bola

Pelatih Barcelona Belum Puas, Meski Timnya Bermain Bagus

Meski meraih poin penuh, namun Pelatih Barcelona, Quique Setien, menilai timnya tidak bermain bagus. Barcelona meraih kemenangan dengan skor tipis 1-0 saat menghadapi Espanyol dalam lanjutan jornada ke-35 Liga Spanyol 2019-2020.

Rabu, 08 Jul 2020 23:15Aceh

Disdikbud Aceh Singkil Mulai Memberlakukan Jam PAI

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Aceh Singkil mulai memberlakukan penambahan jam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) untuk sekolah formal mulai tahun ajaran baru tahun ini.

Rabu, 08 Jul 2020 23:00Internasional

Sepele Bahaya Virus Corona, Presiden Brazil Jair Borsalino Ini Tak Berdaya

Berulang kali meremehkan bahaya Virus Corona, Presiden Brazil, Jair Borsalino terkonfirmasi positof Covid-19, setelah hasil tesnya dipublikasikan

Rabu, 08 Jul 2020 22:30Lifestyle

Marshanda Dipanggil Polisi Sebagai Saksi Kematian Anak Karen Pooroe

Polisi mengabarkan perkembangan kasus kematian anak Karen Pooroe, Zefania. Dijelaskan Kanit Krimum Polres Metro Jakarta Selatan, AKP Ricky Pranata, penyidik bakal memanggil beberapa saksi.

Rabu, 08 Jul 2020 22:00Nasional

Sebelas Pejabat Tinggi Naik Pangkat di Gelar Rupatama Mabes Polri

Upacara kenaikan pangkat sebanyak 11 anggota golongan pejabat tinggi Polri, langsung dipimpin Kapolri Jendral Polisi Idham Azis di Rupatama Mabes Polri, Jakarta Selatan

Rabu, 08 Jul 2020 21:45Ekonomi

Harga Emas Makin Sore, Melejit Mencapai US$ 1.800,14 per ons troi

Sentimen utama bagi si kuning datang karena permintaan safe haven didukung oleh kekhawatiran tentang lonjakan kasus Covid-19