• Home
  • Ekonomi
  • Permintaan China Menurun, Harga Minyak Dunia Merosot Perlahan

Permintaan China Menurun, Harga Minyak Dunia Merosot Perlahan

Fidel W Senin, 11 Juni 2018 10:37 WIB
Pelemahan harga minyak dipicu oleh berbagai faktor di antaranya penurunan permintaan dari China / photo: ist
MATATELINGA, Jakarta: Harga minyak dunia merosot tipis pada perdagangan pekan lalu. Pelemahan harga minyak dipicu oleh berbagai faktor di antaranya penurunan permintaan dari China, kenaikan produksi Amerika Serikat (AS), termasuk koreksi ke bawah proyeksi harga dari JP Morgan.

Dilansir dari Reuters, Senin (11/6), harga minyak mentah berjangka Brent merosot 0,5 persen sepanjang pekan lalu menjadi US$76,46 per barel. Secara harian, harga Brent turun US$0,86 atau 1,1 persen.

Penurunan juga terjadi pada harga minyak mentah berjangka AS West Texas Intermediate (WTI) sebesar 0,3 persen sepanjang pekan lalu menjadi US$65,74 per barel. Secara harian, harga WTI melandai US$0,21.

Selama tiga pekan terakhir, harga minyak telah merosot dari harga tertinggi dalam tiga tahun terakhir dipicu oleh sentimen terhadap kenaikan pasokan.

Akhir pekan lalu, harga minyak mendapatkan tekanan dari data permintaan China yang menunjukkan pelemahan dan kekhawatiran terhadap pertumbuhan produksi AS.

Impor minyak mentah China pada Mei lalu melemah dibandingkan bulan sebelumnya. Hal itu seiring masuknya periode perawatan dari kilang pelat merah di China.

Impor minyak mentah China di Mei lalu tercatat 39,05 juta ton atau sekitar 9,2 juta barel per hari (bph). Sebagai pembanding, bulan sebelumnya, impor minyak mentah China mencapai 10,8 juta bph.

Di AS, produksi minyak mentah telah mencapai 10,8 juta bph pada pekan terakhir bulan lalu. Pengebor minyak AS telah menambah satu kilang pada pekan yang berakhir 8 Juni 2018 lalu.

Dengan demikian, jumlah kilang yang beroperasi di Negeri Paman Sam saat ini mencapai 862 kilang, tertinggi sejak Maret 2015.

Kenaikan produksi AS telah membuat selisih harga WTI dan Brent mencapai US$11 per barel, terlebar sejak 2015.

Komisi Perdagangan Berjangka Komoditi AS (CFTC) menyakatan bahwa manajer keuangan dan investasi telah memangkas taruhan pada kenaikan harga (bullish) harga minyak mentah AS berjangka untuk pekan yang berakhir 5 Juni 2018.

Selanjutnya, JP Morgan juga memangkas proyeksi rata-rata harga minyak mentah WTI tahun ini sebesar US$3 menjadi US$62,2 per barel. Bank asal AS ini menyatakan tensi geopolitik dan risiko gangguan pasokan dapat mendorong harga lebih tinggi pada paruh kedua 2018.

Namun, harga bakal menurun pada akhir tahun. Tahun depan, JP Morgan memprediksi bahwa kenaikan harga masih terbatas.


Pasar Masih Ketat

Kendati pekan lalu harga minyak melandai, harga Brent masih 15 persen di atas level harga pada awal tahun ini.

Bank investasi AS Jefferies menyatakan pasar minyak masih ketat, dan kapasitas cadangan bisa berkurang dua persen dari permintaan pada paruh kedua 2018, terendah sejak 1984 silam.

Ketatnya pasar dipicu oleh tekanan dari terganggunya pasokan dari Venezuela di mana perusahaan minyak pelat merah PDVSA tengah berupaya menyelesaikan masalah pengiriman 24 juta barel minyak mentah yang menunggu untuk dikirim ke pelanggannya.

Secara umum, harga Brent telah terdongkrak dari kesepakatan pemangkasan produksi minyak mentah sejak tahun lalu yang dilakukan oleh Organisasi Negara Pengekspor Minyak dan Rusia.

OPEC dan Rusia bakal bertemu di WIna, Austria pada 22 Juni 2018 mendatang untuk membahas kebijakan produksi.

Pada Jumat lalu, Iran, negara produsen minyak terbesar ketiga OPEC, mengkritik permintaan AS kepada Arab Saudi untuk meningkatkan produksinya demi menutup penurunan produksi dari Iran. Namun, Iran memperkirakan OPEC tidak akan mengabulkan permintaan AS tersebut. (bir)
Editor: Fidel W

Sumber: cnn

T#g:harga minyakHarga minyak dunia merosotjp morganminyak dunia
Komentar
Kamis, 21 Jun 2018 21:11Berita Sumut

DPP N4J Rayakan HUT Ke-57 Presiden Jokowi

Dewan Pimpinan Pusat Nusantara Untuk Jokowi (N4J) merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-57 Presiden Jokowi di kantor Sekretariat DPP N4J Jalan Nibung II No.12 Medan. Hadir dalam acara itu, Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat N4J Dr RE Nainggolan MM

Kamis, 21 Jun 2018 21:00Berita Sumut

Panglima TNI dan Kapolri Tinjau Lokasi Tenggelamnya Kapal Motor Sinar Bangun

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. dan Kapolri Jenderal Pol Prof. H.M Tito Karnavian. Ph.D., bersama-sama dengan Kasal Laksamana TNI Siwi Sukma Adji S.E., M.M., Kepala Basarnas Marsdya TNI Syaugi, S.Sos., M.M., dan Direktur Jenderal Perhubun

Kamis, 21 Jun 2018 20:45Berita Sumut

Polsek Medan Kota Tangkap Tiga Penggilir Gadis di Bawah Umur

Tiga tersangka pencabulan terhadap gadis 17 tahun sebut saja Bunga, warga Jalan Tri Murti No 56, Kecamatan Percut Seituan, Kabupaten Deli Serdang berhasil ditangkap petugas Polsek Medan Kota dari tempat yang sama.

Kamis, 21 Jun 2018 20:41Berita Sumut

Plh Gubsu Minta Pemda Perketat Standar Pengawasan Angkutan Penyeberangan

Pelaksana Harian (Plh) Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Dr Ir Hj R Sabrina MSi meminta kepada pemerintah daera

Kamis, 21 Jun 2018 20:35Berita Sumut

Korban Penipuan Rp 1 Miliar Laporkan Majelis Hakim PN Medan ke Mahkamah Agung Gara-gara Hal Ini

Merasa dirugikan dengan kebijakan majelis hakim PN Medan yang mengeluarkan dua terdakwa kasus penipuan dari tahanan, Suhendra, korban penipuan berencana melapor ke Mahkamah AGung dan Pengadilan Tinggi Medan.

Kamis, 21 Jun 2018 20:24Berita Sumut

Apel Gabungan Idul Fitri 1439 H Tahun 2018

Bupati Karo Terkelin Brahmana, SH memimpin Apel gabungan perdana di lingkungan pemerintah Kabupaten Karo setelah libur bersama Idul Fitri 1439 H Tahun 2018 di halaman Kantor Bupati Karo

Kamis, 21 Jun 2018 19:13Berita Sumut

Relawan Djoss Bantu Pencarian Korban KMP Sinar Bangun

MATATELINGA, Tigaras:  Masih banyaknya warga yang menjadi korban musibah Kapal Motor Penumpang (KMP) Sinar Bangun yang tenggelam di perairan Danau Toba menggugah empati dari sejumlah pihak.

Kamis, 21 Jun 2018 19:00Berita Sumut

Lagi, Maling Uang Kotak Infaq Diamankan Polisi

Tim Penanganan Gangguan Khusus (Pegasus) Polsek Medan Baru menangkap pelaku pencurian kotak infaq di Mesjid Istiqomah Lantai II Pasar Petisah, Kamis 21 Juni 2018.

Kamis, 21 Jun 2018 17:00Berita Sumut

Usai Libur Lebaran, Kehadiran ASN Pemprovsu Capai 99 % dan Pelayanan Publik Lancar

Kehadiran Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) pada hari pertama kerja usai libur panjang Lebaran mencapai 99 %. Pelayanan publik terhadap masyarakat di sejumlah instansi juga sudah berlangsung normal da

Kamis, 21 Jun 2018 16:42Berita Sumut

Plh Gubsu: ASN Diminta Tingkatkan Keselamatan Kerja

Pelaksana Harian (Plh) Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Dr Hj R Sabrina meminta seluruh Aparatur Sipil Negara Pemprovsu meningkatkan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3). Hal tersebut dilakukan agar para ASN dapat memberikan pelayanan se

Kamis, 21 Jun 2018 16:27Berita Sumut

Wali Kota Sidak Disdukcapil & RSUD Dr Pirngadi

Usai memimpin apel pagi di Balai Kota Medan, Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi segera sidak mendatangi dua organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemko Medan yang berkaitan langsung dengan pelayanan masyarakat, Kamis (21/6). Kedua OPD i

Kamis, 21 Jun 2018 16:12Berita Sumut

Kapolri Pastikan Periksa Dinas Perhubungan Soal Kapal Karam di Danau Toba

Kepolisian akan melakukan pemeriksaan terhadap Dinas Perhubungan Kabupaten dan Provinsi terkait peristiwa tenggelamnya Kapal Motor Sinar Bangun di perairan Danau Toba, Sumatera Utara. Hal tersebut diungkapkan Kapolri Tito Karnavian saat mengunjungi Pelabu

Kamis, 21 Jun 2018 15:10Berita Sumut

Sihar Kecewa Debat Kandidat Pilgub Sumut dengan Mahasiswa Batal Digelar

Calon Wakil Gubernur (Cawagub) Sihar Sitorus menyayangkan batalnya debat pasangan calon (Paslon) Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara bersama mahasiswa. Awalnya debat ini dijadwalkan akan digelar di Gelanggang Mahasiswa USU

Kamis, 21 Jun 2018 15:05Nasional

Panglima TNI : TNI Miliki Peran Penting Dalam Sukseskan Program Nasional

Seluruh prajurit TNI harus mampu menunjukkan peran penting sebagai komponen utama pertahanan negara mulai dari unit terkecil sampai dengan masing-masing individu berbaur dan menjadi bagian dari masyarakat dalam menyebarkan pemahaman positif untuk bersama

Kamis, 21 Jun 2018 15:00Berita Sumut

Spesialis Pencuri Uang Kotaq Infak Ini Babak Belur Dihajar Massa

Seorang pelaku spesialis kasus pencurian uang dalam kotak Amal di Mesjid Nurul Imam sepuataran Jl Anggrek empat Helvetia Kota Medan, tertangkap tangan oleh Nazir Mejid dan menjadi bulan bulan massa, Rabu (20/6) sekitar pukul 14 00.

Kamis, 21 Jun 2018 14:55Nasional

Bakamla RI Siap Sambut Kapal Jepang

Bakamla RI siap menyambut Kapal Tsugaru-02 milik Japan Coast Guard (JCG) yang dijadwalkan tiba di Pelabuhan JICT Tanjung Priok, Jakarta Utara, 9 Juli mendatang.