Ekonomi

Rupiah Kembali Melemah, Kali Ini Nangkring di Rp14.107 per Dollar AS


rupiah kembali melemah / photo: ist
MATATELINGA, Jakarta: Nilai tukar rupiah dibuka pada posisi Rp14.107 per dolar Amerika Serikat (AS) pada perdagangan pasar spot hari ini, Kamis (21/6). Posisi ini melemah enam poin atau 0,04 persen dari perdagangan kemarin, Rabu (20/6) di posisi Rp14.101 per dolar AS.

Sementara itu, won Korea Selatan melemah 0,26 persen, yen Jepang minus 0,03 persen, ringgit Malaysia minus 0,06 persen, dolar Singapura minus 0,02 persen, dan baht Thailand minus 0,07 persen. Hanya peso Filipina yang menguat 0,15 persen dan dolar Hong Kong 0,03 persen.

Sedangkan mata uang negara maju mayoritas melemah. Rubel Rusia melemah 0,14 persen, dolar Australia minus 0,04 persen, franc Swiss minus 0,02 persen, pondsterling Inggris minus 0,03 persen, dan euro Eropa minus 0,01 persen. Hanya dolar Kanada yang menguat 0,04 persen.

Ibrahim, Analis sekaligus Direktur Utama PT Garuda Berjangka memperkirakan rupiah hari ini masih akan berada di kisaran Rp14 ribu per dolar AS karena minimnya sentimen positif, baik dari luar maupun dalam negeri.

"Sampai minggu depan masih akan tertekan. Baru setelah itu, dilihat lagi, apakah rilis data neraca perdagangan dan keputusan Bank Indonesia bisa menggerakkan atau tidak," ucapnya.

Reza Priyambada, Analis Binaartha Sekuritas mengatakan pergerakan rupiah pada pekan ini masih akan tertekan sentimen perang dagang antara AS dengan China. Hal tersebut membuat pelaku pasar memilih untuk wait and see.

"Selain itu, tampaknya pasar belum terlalu merespons rencana Bank Indonesia untuk kembali menaikkan tingkat bunga acuannya pada pekan depan," katanya.

Penulis
: Fidel W
Editor
: Fidel W
Sumber
: cnn
Tag:Nilai tukar rupiahdolar Amerika Serikatrupiah melemah

Situs ini menggunakan cookies. Untuk meningkatkan pengalaman Anda saat mengunjungi situs ini mohon Anda setujui penggunaan cookies pada situs ini.