• Home
  • Ekonomi
  • Rusmin Lawin : Memasuki Tahun Politik, Investor Menginginkan Suasana yang Kondusif

Rusmin Lawin : Memasuki Tahun Politik, Investor Menginginkan Suasana yang Kondusif

Mtc/James Kamis, 28 Desember 2017 15:38 WIB
Istimewa
Wakil Ketua Umum DPP REI bidang hubungan luar negeri Rusmin Lawin
MATA TELINGA, Medan : Memasuki tahun politik 2018, dimana pada tahun tersebut akan digelar Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten/Kota dan Gubernur di Sumatera Utara. Tahun 2018 diharapkan masih akan bergairah bagi beberapa sektor yang diharapkan mampu mendongkrak perekonomian masyarakat.

Menurut Wakil Ketua Umum DPP REI bidang hubungan luar negeri Rusmin Lawin di Medan, Kamis (28/12) secara umum ekonomi masih sulit di 2018. Masyarakat perlu hati-hati dalam memilih instrumen investasi agar tidak terjebak dengan investasi bodong yang menjanjikan banyak keuntungan semu.

"Dalam konteks ini, Otoritas Jasa Keuangan perlu lebih intensif dalam mensosialisasikan mana investasi yang diakui dan mana yang bodong. Informasi tentang hal ini terkadang tidak sampai ke masyarakat, terutama masyarakat yang benar-benar sedang dalam kondisi terjepit dan menginginkan jalan keluar yang cepat. Emosional dari masyarakat sering dipermainkan untuk mau ikut dalam investasi bodong ini," kata Rusmin Lawin.



Saat ini, lanjut Rusmin ada beberapa instrumen invesasi yang bisa dipilih oleh masyarakat. Ada reksa dana, saham, emas, deposito, properti dan tabungan. Bahkan, beberapa produk investasi saat ini menawarkan berbagai keuntungan ganda dan bisa menjadi pilihan masyarakat.

Berbicara tentang investor yang ingin menanamkan investasinya di Indonesia, khususnya Sumatera Utara, menurut Rusmin Lawin yang baru saja terpilih menjadi Anggota Dewan Gubernur FIABCI 2018-2019 ada dua negara yang memiliki minat tertinggi untuk berinvestasi di Indonesia, yaitu China dan Jepang.



"Kedua negara ini memiliki kans yang sangat besar untuk menanamkan investasinya di berbagai sektor terutama infrastruktur dan energi. Hanya saja, dari kunjungan kita ke Jepang dan China, pengusaha disana sangat mengharapkan suasana yang kondusif di Indonesia, khususnya Sumut. Mereka tidak mau repot dengan berbagai birokrasi yang membuat mereka kurang nyaman dalam menjalankan usahanya di Indonesia," katanya.

Labih lanjut Rusmin menyampaikan, bahwa beberapa permasalahan yang dianggap berpotensi membuat investor enggan untuk menanamkan investasinya adalah masalah perijinan, masalah pajak yang tidak terukur, ketersediaan energi terutama gas, keamanan dan masih banyaknya pungutan-pungutan diluar dari ketentuan yang telah disepakati bersama.



Di Sumatera Utara, kata Rusmin ada 10 proyek strategis nasional yang dicanangkan di provinsi ini, sebagaimana dituangkan di dalam Perpres No. 3 Tahun 2016 tentang Percepatan Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional, yang ditetapkan pada 8 Januari 2016.

Ke-10 proyek strategis nasional di Sumut itu, 1) Tol Medan-Binjai, bagian dari delapan ruas Tol Trans Sumatera, 2) Tol Kisaran-Tebingtinggi, bagian dari delapan ruas Tol Trans Sumatera, 3) Kereta Api Tebingtinggi-Kualatanjung, bagian dari jaringan Kereta Api Trans Sumatera, 4) Pengembangan Pelabuhan Internasional Kualatanjung; (5) Pembangunan Pipa Gas Belawan-Sei Mangkei berkapasitas 75 mmscfd dengan panjang 139,24 kilometer.



Selanjutnya, 6) Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Regional Mebidang, 7) Bendungan Lausimeme, 8) Pembangunan Kawasan Industri Prioritas Kualatanjung dan Sei Mangkei, 9) Percepatan infrastruktur transportasi, listrik dan air bersih untuk 10 Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Prioritas Danau Toba, dan 10) Pembangunan Smelter Kuala Tanjung.

"Apabila proyek strategis nasional ini benar-benar dimakasimalkan, akan memberi dampak terhadap sekitar 170 jenis usaha turunannya. Termasuk tukang, penjual makanan, panglong, dan jenis usaha lainnya," tandas Rusmin Lawin.
Editor: James P Pardede

T#g:DPP REIREIRusmin Lawin
Komentar
Jumat, 19 Okt 2018 19:30Berita Sumut

Kecewa Putusan Hakim, Wanita Korban Pencemaran Nama Baik Ini Minta Jaksa Banding

Korban kasus pencemaran nama baik lewat media sosial (Medsos) Facebook (FB) Feby Milenie mengaku kecewa dengan putusan majelis hakim PN Medan yang hanya memberikan hukuman 1 tahun penjara terhadap terdakwa Ahmad Faisal Nasution. Dia mengatakan hukuman itu

Jumat, 19 Okt 2018 19:21Berita Sumut

Para Jaringan Jambret ditangkap Polsek Medan Baru

Tim Pegasus 3C Polsek Medan Baru mengamankan 6 (enam) pelaku spesialis jambret/curas di Wilayah Hukum (Wilkum) Polrestabes Medan

Jumat, 19 Okt 2018 19:16Nasional

Panglima TNI Bersama Kapolri Tinjau Posko Kogasgabpad dan Pemakaman Massal di Palu

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P., bersama Kapolri Jenderal Polisi Prof. H.M. Tito Karnavian, Ph.D. beserta rombongan, meninjau secara langsung Posko Kogasgabpad, tenda pengungsian dan pemakaman massal yang berada di Kota Palu, Sigi dan Don

Jumat, 19 Okt 2018 19:16Nasional

Panglima TNI Bersama Kapolri Tinjau Posko Kogasgabpad dan Pemakaman Massal di Palu

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P., bersama Kapolri Jenderal Polisi Prof. H.M. Tito Karnavian, Ph.D. beserta rombongan, meninjau secara langsung Posko Kogasgabpad, tenda pengungsian dan pemakaman massal yang berada di Kota Palu, Sigi dan Don

Jumat, 19 Okt 2018 18:44Berita Sumut

Hendra DS: Karaoke Grand D'blues Minta Izinnya di Cabut

Pemko Medan melalui Organisasi Perangkat Daerah (OPD), diminta mencabut izin tempat hiburan malam (THM) yang melanggar jam operasional dan diduga tempat penyalahgunaan narkoba.

Jumat, 19 Okt 2018 18:39Nasional

Dharma Pertiwi Bangun Sumur Solar Sel Untuk Korban Gempa Lombok

Ibu-ibu Dharma Pertiwi dibawah pimpinan Ibu Nanny Hadi Tjahjanto beserta Persit Kartika Chandra Kirana, Jalasenastri, PIA Ardhya Garini dan IKKT Pragati Wira Anggini telah menggalang dana untuk membangun sumur-sumur solar sel (tenaga surya panel) bagi war

Jumat, 19 Okt 2018 17:50Berita Sumut

Walikota Resmikan JDIH

Walikota Binjai, HM Idaham, melalui Sekretaris Daerah, M Mahfullah P Daulay, meresmikan Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum (JDIH). Peresmian JDIH dihadiri oleh para Asisten, Staf Ahli, pimpinan OPD, Camat dan Lurah, bertempat di Aula Balaikota, Jala

Jumat, 19 Okt 2018 17:45Berita Sumut

Parlaungan Simangunsong: Tingkatkan PAD Membangun Medan Lebih Baik

Kondisi pembangunan kota Medan dinilai Ketua Komisi D DPRD Medan Ir Parlaungan Simangunsong kurang maksimal. Seperti penataan parkir, perbaikan jalan, drainase, banjir, penataan reklame dan penataan estetika kota masih butuh penanganan serius.

Jumat, 19 Okt 2018 17:32Berita Sumut

Dua Pelaku Pembongkar Rumah Masuk Sel Polsek Medan Sunggal

Tim pegasus Polsek Medan sunggal mengungkap kasus pembongkaran rumah Perumahan Bougenville blok G no. 22 desa Medan krio kec. Sunggal kab. Deli Serdang dan meringkus dua pelakunya secara terpisah.

Jumat, 19 Okt 2018 16:51Berita Sumut

TPL Tampil Dengan Konsep Menarik dan Ramah Lingkungan

Pagelaran 8th Indonesia Climate Change Education Forum & Expo 2018 di Santika Premiere Dyandra Hotel & Convention Medan (17-19 Oktober 2018), PT. Toba Pulp Lestari, Tbk (TPL) perusahaan bubur kertas terbaik di Sumatera Utara, tampil dengan konsep

Jumat, 19 Okt 2018 16:45Berita Sumut

Ringkus 9 Orang Sindikat Narkoba Malaysia-Sumut, Polisi Sita 40,5 Kg Sabu

Direktorat Reserse Narkoba (Ditresnarkoba) Polda Sumatera Utara (Sumut) berhasil mengamankan 41,5 kg narkoba jenis sabu milik sindikat Malaysia, Asahan, Tanjungbalai, Aceh dan Medan.

Jumat, 19 Okt 2018 16:30Berita Sumut

Ada Pencucian Pipa, Distribusi Air Bersih di Sejumlah Kawasan Medan Utara Terganggu

Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtanadi melakukan pencucian Reservoir di Instalasi Pengolahan Air (IPA) Hamparan Perak, pada Jumat (19/10/2018).

Jumat, 19 Okt 2018 16:19Berita Sumut

Kapolrestabes Medan dan Kapolsek Helvetia Makan Nasi Bungkus Bareng Abang Becak

Kapolrestabes Medan Kombes Dadang Hartanto melaksanakan Jum'at Barokah yaitu berbagi nasi dan makan bersama abang becak di Pos Lantas jalan Gatot Subroto Simpang Pondok Kelapa Medan, Jum'at (19/10).

Jumat, 19 Okt 2018 16:00Berita Sumut

Bawaslu Sumut Hentikan Laporan Tentang Abyadi Siregar

Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Sumatera Utara akhirnya menghentikan laporan tentang Abyadi Siregar.

Jumat, 19 Okt 2018 15:35Berita Sumut

Sosialisasi Penertiban Terminal Liar Dimulai

Kepala Dinas Perhubungan Kota Medan Drs Renward Parapat mengaku akan melakukan penertiban dan penataan terminal pool-pool bus liar yang ada di kota Medan. Penertiban diyakini guna mengurangi kemacetan dan memaksimalkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Jumat, 19 Okt 2018 15:18Berita Sumut

10 Atlet Asian Para Games 2018 Berprestasi Asal Sumut Peroleh Tali Asih Total Rp 2,5 Miliar

Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi menyerahkan penghargaan dan bonus (tali asih) dengan total Rp 2,5 miliar kepada 10 atlet National Paralympic Committee (NPC) asal Sumut yang berprestasi pada Asian Para Games 2018 Jakarta, di Rumah Dinas Guber