• Home
  • Ekonomi
  • Rusmin Lawin : Memasuki Tahun Politik, Investor Menginginkan Suasana yang Kondusif

Rusmin Lawin : Memasuki Tahun Politik, Investor Menginginkan Suasana yang Kondusif

Mtc/James Kamis, 28 Desember 2017 15:38 WIB
Istimewa
Wakil Ketua Umum DPP REI bidang hubungan luar negeri Rusmin Lawin
MATA TELINGA, Medan : Memasuki tahun politik 2018, dimana pada tahun tersebut akan digelar Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten/Kota dan Gubernur di Sumatera Utara. Tahun 2018 diharapkan masih akan bergairah bagi beberapa sektor yang diharapkan mampu mendongkrak perekonomian masyarakat.

Menurut Wakil Ketua Umum DPP REI bidang hubungan luar negeri Rusmin Lawin di Medan, Kamis (28/12) secara umum ekonomi masih sulit di 2018. Masyarakat perlu hati-hati dalam memilih instrumen investasi agar tidak terjebak dengan investasi bodong yang menjanjikan banyak keuntungan semu.

"Dalam konteks ini, Otoritas Jasa Keuangan perlu lebih intensif dalam mensosialisasikan mana investasi yang diakui dan mana yang bodong. Informasi tentang hal ini terkadang tidak sampai ke masyarakat, terutama masyarakat yang benar-benar sedang dalam kondisi terjepit dan menginginkan jalan keluar yang cepat. Emosional dari masyarakat sering dipermainkan untuk mau ikut dalam investasi bodong ini," kata Rusmin Lawin.



Saat ini, lanjut Rusmin ada beberapa instrumen invesasi yang bisa dipilih oleh masyarakat. Ada reksa dana, saham, emas, deposito, properti dan tabungan. Bahkan, beberapa produk investasi saat ini menawarkan berbagai keuntungan ganda dan bisa menjadi pilihan masyarakat.

Berbicara tentang investor yang ingin menanamkan investasinya di Indonesia, khususnya Sumatera Utara, menurut Rusmin Lawin yang baru saja terpilih menjadi Anggota Dewan Gubernur FIABCI 2018-2019 ada dua negara yang memiliki minat tertinggi untuk berinvestasi di Indonesia, yaitu China dan Jepang.



"Kedua negara ini memiliki kans yang sangat besar untuk menanamkan investasinya di berbagai sektor terutama infrastruktur dan energi. Hanya saja, dari kunjungan kita ke Jepang dan China, pengusaha disana sangat mengharapkan suasana yang kondusif di Indonesia, khususnya Sumut. Mereka tidak mau repot dengan berbagai birokrasi yang membuat mereka kurang nyaman dalam menjalankan usahanya di Indonesia," katanya.

Labih lanjut Rusmin menyampaikan, bahwa beberapa permasalahan yang dianggap berpotensi membuat investor enggan untuk menanamkan investasinya adalah masalah perijinan, masalah pajak yang tidak terukur, ketersediaan energi terutama gas, keamanan dan masih banyaknya pungutan-pungutan diluar dari ketentuan yang telah disepakati bersama.



Di Sumatera Utara, kata Rusmin ada 10 proyek strategis nasional yang dicanangkan di provinsi ini, sebagaimana dituangkan di dalam Perpres No. 3 Tahun 2016 tentang Percepatan Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional, yang ditetapkan pada 8 Januari 2016.

Ke-10 proyek strategis nasional di Sumut itu, 1) Tol Medan-Binjai, bagian dari delapan ruas Tol Trans Sumatera, 2) Tol Kisaran-Tebingtinggi, bagian dari delapan ruas Tol Trans Sumatera, 3) Kereta Api Tebingtinggi-Kualatanjung, bagian dari jaringan Kereta Api Trans Sumatera, 4) Pengembangan Pelabuhan Internasional Kualatanjung; (5) Pembangunan Pipa Gas Belawan-Sei Mangkei berkapasitas 75 mmscfd dengan panjang 139,24 kilometer.



Selanjutnya, 6) Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Regional Mebidang, 7) Bendungan Lausimeme, 8) Pembangunan Kawasan Industri Prioritas Kualatanjung dan Sei Mangkei, 9) Percepatan infrastruktur transportasi, listrik dan air bersih untuk 10 Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Prioritas Danau Toba, dan 10) Pembangunan Smelter Kuala Tanjung.

"Apabila proyek strategis nasional ini benar-benar dimakasimalkan, akan memberi dampak terhadap sekitar 170 jenis usaha turunannya. Termasuk tukang, penjual makanan, panglong, dan jenis usaha lainnya," tandas Rusmin Lawin.
Editor: James P Pardede

T#g:DPP REIREIRusmin Lawin
Komentar
Rabu, 25 Apr 2018 22:33Berita Sumut

Peringatan Hari Otonomi Daerah ke XXII

Pemerintah Kabupaten Karo menggelar upacara peringatan Hari Otonomi Daerah ke XXII, di Halaman Kantor Bupati Karo, Kabanjahe

Rabu, 25 Apr 2018 22:18Nasional

Wapres Jusuf Kalla Membuka Inacraft 2018

Wakil Presiden Jusuf Kalla didampingi Ibu Negara Mufidah Kalla membuka secara resmi pameran International Handicraft Trade Fair (Inacraft) 2018 di Assembly Hall, Jakarta Convention Center (JCC),

Rabu, 25 Apr 2018 22:03Berita Sumut

PDAM Tirtanadi dan Pokja Wartawan Tanam Pohon

Memperingati Hari Bumi yang jatuh pada 22 April 2018 lalu, PDAM Tirtanadi Provinsi Sumatera Utara bersama Pokja Wartawan PDAM Tirtanadi Sumatera Utara melakukan kegiatan penghijauan menanam pohon sebanyak 500 batang pohon

Rabu, 25 Apr 2018 21:48Berita Sumut

Sihar Iri dengan Kehidupan Anak-anak Panti Asuhan

Pernyataan mengejutkan diungkapkan Calon Wakil Gubernur (Cawagub) Sumatera Utara Sihar Sitorus saat berkunjung ke Panti Asuhan Terima Kasih Abadi Jalan Pengayoman Ujung Sei Agul Medan

Rabu, 25 Apr 2018 21:33Nasional

Panglima TNI : Generasi Penerus Bangsa Dituntut Responsif Menyikapi Perubahan Zaman

Generasi penerus bangsa dituntut untuk responsif dan cerdas dalam menyikapi perubahan zaman, khususnya pesatnya kemajuan teknologi di berbagai bidang yang secara langsung maupun tidak langsung memberikan pengaruh

Rabu, 25 Apr 2018 21:18Berita Sumut

Baupati Karo Hadiri Penutupan Turnmen Catur dan Volly

Bupati Karo Terkelin Brahmana, SH hadiri penutupan Turnamen Catur Kapoldasu Cup dan Turnamen Volly Kapolres Tanah Karo Cup di Lapangan Mapolres TK

Rabu, 25 Apr 2018 21:03Berita Sumut

Usai Sholat Isya, Menuju Pulang di Siram Air Panas

Evi Susanto ,45, warga Jalan Selebes Paluh Perta Kelurahan Belawan Kecamatan Medan Belawan membuat pengaduan ke Polres Pelabuhan Belawan Selasa (24/4/2018) karena wajahnya disiram air panas hingga melepuh

Rabu, 25 Apr 2018 20:05Berita Sumut

Puasa Ramadan Momentum Perempuan Perkuat Dakwah Politik

Pengajian Perempuan Al Hidayah Partai Golkar Sumut menggelar pengajian akbar di Masjid Raya Al Mashun, Rabu (25/4/2018).

Rabu, 25 Apr 2018 19:48Berita Sumut

Wali Kota Terima Audiensi KNPI dan Dinas Tenaga Kerja

Wali Kota Medan, Drs. H.T. Dzulmi Eldin S, M.Si menerima audiensi pengurus Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Medan, Rabu (25/4) di rumah dinasnya.

Rabu, 25 Apr 2018 19:17Berita Sumut

Polisi Ungkap Jaringan Begal Sadis di Medan, 4 Ditangkap

Tiga orang pelaku begal serta seorang penadah yang sering beraksi di sejumlah kawasan di Medan diringkus polisi. Para pelaku merupakan bagian dari jaringan pelaku begal yang tak segan menyakiti korban.

Rabu, 25 Apr 2018 18:41Berita Sumut

AKBP Frido Diupah-upah Wartawan Polres Labuhanbatu

Satuan Wartawan (Satwar) Polres Labuhanbatu melaksanakan upah-upah kepada Kapolres Labuhanbatu, AKBP Frido Situmorang serta jajaran. Kegiatan ini terkait peristiwa yang mengakibatkan Waka Polres Labuhanbatu meninggal dunia, di Aula Tunggal Panaluan Mapolr

Rabu, 25 Apr 2018 18:13Berita Sumut

Wali Kota Jenguk Pegawai Dinas Pariwisata Korban Kecelakaan

Jelang tengah hari, Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi menjenguk Rafida Nadia Lubis di Ruang ICU RS Siloam Jalan Imam Bonjol Medan, Rabu (25/4). Pegawai honorer Dinas Pariwisata Kota Medan itu tampak terbaring lemah. Sudah tiga bulan dia menja

Rabu, 25 Apr 2018 17:45Nasional

Bertemu ketua DPR, Majelis Nasional FORHATI Kawal RUU KUHP

Pengurus Presidium Forhati bertemu dengan ketua DPR, dalam pertemuan tersebut Forhati menyampaikan beberapa keinginan diantaranya menyampaikan hasil kajian tentang usulan Revisi KUHP terkait LGBT.

Rabu, 25 Apr 2018 17:30Berita Sumut

Geledah Rumah Ucok Kodok, Polisi Malah Temukan Puluhan Botol Miras, Narkoba dan Peluru

Setelah melakukan penangkapan terhadap ketua salah satu organisasi masyarakat di Kota Padangsidimpuan, Fahdriansyah Siregar alias Ucok Kodok, polisi juga mengeledah kediamannhs yang berada di Jalan H Dahlan Lubis, Kota Padangsidimpuan.

Rabu, 25 Apr 2018 16:50Berita Sumut

Jadi Pengedar Narkoba, Janda Dua Anak di Tobasa Diciduk Polisi

IH, seorang janda beranak dua kini harus berurusan dengan polisi. Wanita ini diamankan di Polres Tobasa karena memakai dan mengedarkan narkoba jenis sabu.

Rabu, 25 Apr 2018 16:35Berita Sumut

Polrestabes Medan Gelar Wisata Religi

MATATELINGA, Langkat: Polrestabes Medan menggelar wisata religi ke Kabupaten Langkat, Rabu (25/4/2018). Wisata religi ini dilakukan Kapolrestabes Medan, Kombes Pol Dadang Hartanto didampingi Wakapolres AKBP Tatan Dirsan Atmaja, Kasi Propam, para Kabag,