• Home
  • Ekonomi
  • Satu Nusa, Satu Bangsa, Satu Bahasa, Satu Indonesia

Satu Nusa, Satu Bangsa, Satu Bahasa, Satu Indonesia

Mtc/James Minggu, 31 Desember 2017 16:47 WIB
Istimewa
Penghargaan bagi Astra
MATATELINGA : Sepanjang perjalanan hidup menapaki usia sampai seperti sekarang, saya selalu mengikuti perkembangan perusahaan PT Astra International termasuk desain dari produk otomotifnya. Seiring perjalanan waktu, sampai akhirnya menjadi seorang jurnalis, beberapa ulasan tentang produk Astra tak pernal luput dari perhatian saya.

Sedikit ulasan tentang sejarah perusahaan ini, pada awalnya didirikan dengan nama PT Astra International Incorporated, pada 20 Februari 1957, oleh kakak beradik William Soerjadjaja dan Tjia Kian Tie, dengan dukungan teman mereka Lim Peng Hong, yang mana saat itu Republik Indonesia memasuki usianya yang ke-12 tahun.



Perusahaan ini kemudian mengubah namanya menjadi PT Astra International Tbk pada 1990, dan sekaligus telah tercatat di Bursa Efek Jakarta sejak tanggal 4 April 1990. Kisah sukses Astra hingga menapaki usia 60 tahun, tak bisa lepas dari perkembangan politik, sosial budaya dan fluktuasi moneter di Indonesia. Langkah-langkah kecil para pendiri perusahaan ini, akhirnya menghasilkan prestasi besar yang menjadikannya sebagai perusahaan raksasa multinasional khususnya, manufacture industry otomotif nasional.

Astra telah ikut menginspirasi negeri ini, saat mengusung slogan "SATU Indonesia" yaitu "Semangat Astra Terpadu Untuk Indonesia" saya jadi teringat dengan kisah Sumpah Pemuda yang juga menginspirasi generasi muda untuk tetap teguh dalam slogannya, Satu Nusa, Satu Bangsa dan Satu Bahasa. 



Head of Investor Relations PT Astra International Tbk Tira Ardanti dalam sebuah kesempatan mengatakan, dalam menjalankan bisnisnya Astra memegang teguh prinsip 3P, yakni Portfolio, People dan Public Contribution. Portfolio berarti pengembangan  bisnis perusahaan yang tidak hanya didasarkan pada usaha mencari profit semata, tetapi juga memperhatikan aspek kemanusiaan.

"Karena tujuan utama Astra adalah kami ingin sejahtera bersama bangsa," ujarnya.Prinsip P kedua yang dipegang teguh Astra, yakni People alias SDM yang dimiliki perusahaan. Astra, kata dia, selalu memastikan karyawannya memiliki ruang untuk berkembang? dan berinovasi.

Adapun P yang terakhir yakni Public Contribution alias kontribusi untuk masyarakat luas. Dalam menjalankan bisnisnya, Tira menyebut Astra selalu memerhatikan aspek sosial dan lingkungan. Ada empat aspek yang menjadi fokus Astra dalam kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR), yakni pendidikan, kesehatan, UMKM dan lingkungan.



Saya tidak tahu pasti apa latar belakang Astra mengusung slogan Satu Indonesia. Jika kita kembali sejenak ke sejarah peradaban bangsa ini, dimana  sejarah terjadinya Sumpah Pemuda telah menunjukkan bahwa, kita harus saling bersatu untuk mendapatkan suatu tujuan. Maka kita harus saling menguatkan, saling berjuang dalam satu kesatuan.

Satu Indonesia

Meskipun dari tanah kelahiran yang berbeda-beda, tetapi tetap bersatu membela, memperjuangkan bangsa Indonesia. Dalam tulisan ini saya ingin mengaitkan makna Satu Nusa, Satu Bangsa, Satu Bahasa yang ada dalam Sumpah Pemuda dengan slogan yang diusung Astra Satu Indonesia.

Satu Nusa mengandung makna bahwa negara kita memiliki pulau-pulau yang dihubungkan oleh lautan. Pulau yang dihubungkan oleh lautan ini, menjadi satu kesatuan. Pulau-pulau tersebut memiliki perbedaan kondisi alam maupun kebudayaan yang berbeda.



Meskipun berbeda-beda tetapi kita harus senantiasa selalu mencintai kebudayaan daerah kita sendiri, tanpa merendahkan kebudayaan dari daerah-daerah lain. Jadi makna satu nusa adalah meskipun kita mempunyai perbedaan-perbedaan tetapi kita tetap bertanah air satu, tanah air Indonesia.

Astra juga ada dari Sabang sampai Merauke untuk ikut berpartisipasi menggerakkan roda perekonomian setiap daerah. Masing-masing daerah memiliki keunikannya masing-masing. PT Astra International di Indonesia Bagian Timur mungkin berbeda tata cara dan budaya kerjanya dengan yang ada di Indonesia Bagian Barat. Tapi satu tujuannya, PT Astra telah berkontribusi mengurangi angka pengangguran di negeri ini dengan menampung puluhan ribu tenaga kerja di berbagai anak perusahaan Astra.

Makna Satu Bangsa,  dimana negara kita memiliki lambang burung garuda dan lambang burung garuda tersebut terdapat sebuah pita yang bertuliskan "Bhineka Tunggal Ika".Kata tersebut merupakan semboyan dari bangsa kita, bangsa Indonesia. Artinya adalah walaupun berbeda-beda tetapi masih satu jua. Dengan adanya semboyan tersebut, berarti kita merasakan kebahagiaan, kesedihan, kesengsaraan, dan mengalami penderitaan secara bersama-sama karena kita merupakan satu kesatuan yaitu satu bangsa.



Jika kita selalu menjunjung tinggi rasa persatuan dan kesatuan, maka kita akan menjadi bangsa Indonesia yang kuat. Ini juga menjadi kekuatan Astra dalam membangun kebersamaan untuk tetap eksis hingga menapaki usia 60 tahun. Dari beberapa artikel dan tulisan yang pernah saya baca, Astra memiliki prinsip tidak membeda-bedakan kepada karyawannya. Yang memiliki prestasi pasti mendapat apresiasi.

PT Astra International memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada seluruh karyawannya untuk berprestasi dan berkarya sebaik-baiknya tanpa pernah membeda-bedakan warna kulit, suku, agama dan perbedaan lainnya. Astra mengadopsi prinsip Bhinneka Tunggal Ika dalam memajukan perusahaan hingga seperti sekarang.

Kemudian, makna Satu Bahasa, kita sebagai bangsa Indonesia hidup dalam bermasyarakat. Dalam hidup bermasyarakat pasti kita memiliki tetangga, teman yang berasal dari daerah berbeda. Baik berbeda agama, adat istiadat, daerah maupun bahasanya. Bahasa sangat bermacam- macam, ada yang bahasa Jawa, Padang, Palembang, dan daerah lainnya. Semua perbedaan bahasa dari masing-masing daerah tersebut, jangan dijadikan sebagai penghalang bagi kita untuk hidup saling acuh tak acuh. Melainkan kita harus saling menghargai satu sama lain dan menjadikan suatu perbedaan itu sebagai pembelajaran dan semakin membuat bangsa kita menjadi lebih kokoh.



Selain tersebar di berbagai pulau, memiliki karyawan dari berbagai suku, PT Astra International juga memiliki program mulia untuk memersatukan kita dalam berbagai program Corporate Social Responsibility (CSR), yakni  di bidang pendidikan, kesehatan, UMKM dan lingkungan.

Program-program CSR yang telah dijalankan dapat menggairahkan dan menyemangati generasi bangsa ini menjadi lebih baik di masa depan, hal itu diwujudkan lewat beasiswa bagi pelajar dan mahasiswa berprestasi. Untuk kelestarian lingkungan, Astra mengusung tagline Astra Green yang selalu peduli dengan keberlangsungan lingkungan tempat tinggal kita. Untuk hal ini, Astra ikut berkontribusi dalam menanam pohon dan membersihkan lingkungan bersama masyarakat.



Semangat Astra Terpadu untuk Indonesia telah menginspirasi kita untuk lebih perduli dengan sesama, perduli dengan lingkungan dan perduli dengan masa depan generasi muda di masa mendatang. Selamat Ulang Tahun Astra.
Editor: James P Pardede

T#g:60 tahun 039AstraSatu Indonesia
Komentar
Rabu, 23 Jan 2019 14:39Lifestyle

Indosat Ooredoo Gelar Innovation@Work 3.0

Indosat Ooredoo hari ini, Rabu (23/1/2019) meluncurkan program Innovation@Work 3.0 bagi seluruh karyawannya. Ini merupakan sebuah program kompetisi ide inovatif yang bertujuan untuk memacu karyawan memperkuat budaya inovasi di perusahaan.

Rabu, 23 Jan 2019 14:13Berita Sumut

Terlibat Jaringan Narkoba Internasional, Brigadir S Bakal Segera Dipecat

Brigadir S, oknum personil Sabhara Polres Samosir yang terlibat dalam jaringan narkoba internasional dipastikan akan segera dipecat. Pemecatan dilakukan usai dia di sidang komisi kode etik.

Rabu, 23 Jan 2019 13:57Berita Sumut

Asops Panglima TNI : Tugas Perdamaian Berdampak pada Hubungan Diplomatik Internasional

Tugas perdamaian dunia di bawah bendera PBB ini merupakan suatu kehormatan bukan hanya berdimensi militer melainkan juga berdimensi politik internasional yang berdampak pada hubungan diplomatik antar negara dan posisi tawar Indonesia di kancah internasion

Rabu, 23 Jan 2019 13:40Berita Sumut

Ketua Persit KCK PD I/BB : Mengisi Waktu Luang dengan Kegiatan Positif

Mengisi waktu luang dapat dilakukan dengan kegiatan positif, antara lain dengan kreativitas dan seni. Ketua Persit KCK PD I/BB Ny. Tri Sasanti MS Fadhilah menyampaikan hal itu pada kegiatan keterampilan membuat Bros untuk hiasan dinding, Rabu 23 Januari 2

Rabu, 23 Jan 2019 13:20Berita Sumut

Atasi Masalah Sampah, Bangkitkan Kembali Semangat Gotong Royong

Permasalahan sampah dan kebersihan Kota Medan masih menjadi sorotan berbagai kalangan, mulai dari pengamat lingkungan, akademisi dan kali ini mendapat sorotan dari tokoh pemuda. Selaku warga Medan, Rianto SH merasa bertanggungjawab dengan predikat yang d

Rabu, 23 Jan 2019 13:11Berita Sumut

Gladi Simulasi Pam Pileg dan Pilpres 2019 Kota Medan Libatkan Ratusan Personil TNI dan Polri

Ratusan personel TNI-Polri se Garnizun Kota Medan menggelar gladi untuk kegiatan simulasi pengamanan Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden dan Wakil Presiden 2019 di Lapangan Benteng, Jln Pengadilan No.8 Medan, Rabu pagi (23/1/2019).

Rabu, 23 Jan 2019 11:43Berita Sumut

Dua Rekannya "Nyanyi", Bandar Narkoba Ini Pasrah Dibekuk Polisi

Tim Opsnal Reskrim Polsek Simpang Empat membekuk seorang tersangka bandar narkoba yang meresahkan warga masyarakat kecamatan Simpang empat Asahan. Tersangka berinisial MSBM alias Surya” dapat dibekuk atas nyanyian tersangka “RA alias Tuti” warga dusun

Rabu, 23 Jan 2019 11:27Internasional

Tragis nan Pilu, Bayi ini Meregang Nyawa di Tangan Ibunya & Jasadnya di "Mainkan"

Bayi perempuan berusia 18 bulan di Taiwan harus mengalami kisah tragis saat disiksa ibunya dan tiga saudara ibunya, yang terjadi pada 15 Januari 2018 lalu. Bayi malang itu dipukuli hingga meninggal dunia, bahkan sempat diajak karaoke oleh ibunya meski sud

Rabu, 23 Jan 2019 11:25Internasional

Jelang Olimpiade, Jepang Akan Tutup Toko Majalah "Konten Negatif"

Toko serba ada yang dapat ditemukan di mana pun di Jepang dilaporkan tengah bersiap untuk menghentikan penjualan majalah porno menjelang kedatangan gelombang turis ke negara itu untuk menyaksikan Olimpiade yang akan digelar tahun depan dan Piala Dunia Rag

Rabu, 23 Jan 2019 11:10Lifestyle

Hubungan Tak Direstui Sang Ayah, Artis Cut Meyriska Angkat Bicara

Cut Meyriska akhirnya menjawab teka-teki soal hubungannya dengan Roger Danuarta.

Rabu, 23 Jan 2019 10:56Berita Sumut

Balai Kota Medan Dikirimi Papan Bunga Sindiran, Isinya Sangat Menohok

Ada pemandangan lucu di depan Balai Kota Medan Jalan Kapten Maulana Lubis pada Rabu (23/1/2019) pagi tadi. Sebuah papan bunga berdiri tepat di depan gerbang kantor Wali Kota itu. Yang menohok dari papan bunga itu adalah isi tulisannya.

Rabu, 23 Jan 2019 10:55Ekonomi

Rupiah Kembali Perkasa, Pagi ini di Buka Rp14.190/USD

Nilai tukar Rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) berhasil menguat pada perdagangan pagi ini. Rupiah kini berada di level Rp14.100-an per USD.

Rabu, 23 Jan 2019 10:40Nasional

Terciduk Bawa Sabu Dari Negara Sebrang, 3 Pemuda di Amankan

Tiga warga Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), Riau menyebarangi laut lepas yakni Selat Malaka dengan memakai kapal sederhana berupa kapal kayu. Tujuan mereka adalah menjemput narkoba dari Negara Malaysia.

Rabu, 23 Jan 2019 10:25Ekonomi

BPJS Ketenagakerjaan Siap Akuisisi Puluhan Juta Tenaga Kerja Baru

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJS-TK) optimistis tahun ini dapat mengakuisisi kepesertaan baru mencapai 21 juta tenaga kerja, hal tersebut untuk mencapai target 34,5 juta peserta aktif tahun 2019.

Rabu, 23 Jan 2019 10:10Lifestyle

Meski Petarung Wanita MMA Tapi Tetap Mempesona

Beberapa tahun terakhir, seni bela diri campuran (MMA) semakin populer. Bahkan ada kompetisi untuk olahraga tersebut. Tak hanya untuk laki-laki, kompetisi juga diadakan untuk para perempuan.

Rabu, 23 Jan 2019 09:45Berita Sumut

Mampir di Asahan, SBY Resmikan Klinik Perawatan Korban Narkotika Sei Silau

Selain menggelar pertemuan dan bertatap muka secara langsung dengan masyarakat Asahan, Ketua Umum DPP Partai Demokrat yang juga Presiden RI ke 6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) meresmikan balai pengobatan dan perawatan korban narkotika “Klinik Amanah” yang