• Home
  • Ekonomi
  • Satu Nusa, Satu Bangsa, Satu Bahasa, Satu Indonesia

Satu Nusa, Satu Bangsa, Satu Bahasa, Satu Indonesia

Mtc/James Minggu, 31 Desember 2017 16:47 WIB
Istimewa
Penghargaan bagi Astra
MATATELINGA : Sepanjang perjalanan hidup menapaki usia sampai seperti sekarang, saya selalu mengikuti perkembangan perusahaan PT Astra International termasuk desain dari produk otomotifnya. Seiring perjalanan waktu, sampai akhirnya menjadi seorang jurnalis, beberapa ulasan tentang produk Astra tak pernal luput dari perhatian saya.

Sedikit ulasan tentang sejarah perusahaan ini, pada awalnya didirikan dengan nama PT Astra International Incorporated, pada 20 Februari 1957, oleh kakak beradik William Soerjadjaja dan Tjia Kian Tie, dengan dukungan teman mereka Lim Peng Hong, yang mana saat itu Republik Indonesia memasuki usianya yang ke-12 tahun.



Perusahaan ini kemudian mengubah namanya menjadi PT Astra International Tbk pada 1990, dan sekaligus telah tercatat di Bursa Efek Jakarta sejak tanggal 4 April 1990. Kisah sukses Astra hingga menapaki usia 60 tahun, tak bisa lepas dari perkembangan politik, sosial budaya dan fluktuasi moneter di Indonesia. Langkah-langkah kecil para pendiri perusahaan ini, akhirnya menghasilkan prestasi besar yang menjadikannya sebagai perusahaan raksasa multinasional khususnya, manufacture industry otomotif nasional.

Astra telah ikut menginspirasi negeri ini, saat mengusung slogan "SATU Indonesia" yaitu "Semangat Astra Terpadu Untuk Indonesia" saya jadi teringat dengan kisah Sumpah Pemuda yang juga menginspirasi generasi muda untuk tetap teguh dalam slogannya, Satu Nusa, Satu Bangsa dan Satu Bahasa. 



Head of Investor Relations PT Astra International Tbk Tira Ardanti dalam sebuah kesempatan mengatakan, dalam menjalankan bisnisnya Astra memegang teguh prinsip 3P, yakni Portfolio, People dan Public Contribution. Portfolio berarti pengembangan  bisnis perusahaan yang tidak hanya didasarkan pada usaha mencari profit semata, tetapi juga memperhatikan aspek kemanusiaan.

"Karena tujuan utama Astra adalah kami ingin sejahtera bersama bangsa," ujarnya.Prinsip P kedua yang dipegang teguh Astra, yakni People alias SDM yang dimiliki perusahaan. Astra, kata dia, selalu memastikan karyawannya memiliki ruang untuk berkembang? dan berinovasi.

Adapun P yang terakhir yakni Public Contribution alias kontribusi untuk masyarakat luas. Dalam menjalankan bisnisnya, Tira menyebut Astra selalu memerhatikan aspek sosial dan lingkungan. Ada empat aspek yang menjadi fokus Astra dalam kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR), yakni pendidikan, kesehatan, UMKM dan lingkungan.



Saya tidak tahu pasti apa latar belakang Astra mengusung slogan Satu Indonesia. Jika kita kembali sejenak ke sejarah peradaban bangsa ini, dimana  sejarah terjadinya Sumpah Pemuda telah menunjukkan bahwa, kita harus saling bersatu untuk mendapatkan suatu tujuan. Maka kita harus saling menguatkan, saling berjuang dalam satu kesatuan.

Satu Indonesia

Meskipun dari tanah kelahiran yang berbeda-beda, tetapi tetap bersatu membela, memperjuangkan bangsa Indonesia. Dalam tulisan ini saya ingin mengaitkan makna Satu Nusa, Satu Bangsa, Satu Bahasa yang ada dalam Sumpah Pemuda dengan slogan yang diusung Astra Satu Indonesia.

Satu Nusa mengandung makna bahwa negara kita memiliki pulau-pulau yang dihubungkan oleh lautan. Pulau yang dihubungkan oleh lautan ini, menjadi satu kesatuan. Pulau-pulau tersebut memiliki perbedaan kondisi alam maupun kebudayaan yang berbeda.



Meskipun berbeda-beda tetapi kita harus senantiasa selalu mencintai kebudayaan daerah kita sendiri, tanpa merendahkan kebudayaan dari daerah-daerah lain. Jadi makna satu nusa adalah meskipun kita mempunyai perbedaan-perbedaan tetapi kita tetap bertanah air satu, tanah air Indonesia.

Astra juga ada dari Sabang sampai Merauke untuk ikut berpartisipasi menggerakkan roda perekonomian setiap daerah. Masing-masing daerah memiliki keunikannya masing-masing. PT Astra International di Indonesia Bagian Timur mungkin berbeda tata cara dan budaya kerjanya dengan yang ada di Indonesia Bagian Barat. Tapi satu tujuannya, PT Astra telah berkontribusi mengurangi angka pengangguran di negeri ini dengan menampung puluhan ribu tenaga kerja di berbagai anak perusahaan Astra.

Makna Satu Bangsa,  dimana negara kita memiliki lambang burung garuda dan lambang burung garuda tersebut terdapat sebuah pita yang bertuliskan "Bhineka Tunggal Ika".Kata tersebut merupakan semboyan dari bangsa kita, bangsa Indonesia. Artinya adalah walaupun berbeda-beda tetapi masih satu jua. Dengan adanya semboyan tersebut, berarti kita merasakan kebahagiaan, kesedihan, kesengsaraan, dan mengalami penderitaan secara bersama-sama karena kita merupakan satu kesatuan yaitu satu bangsa.



Jika kita selalu menjunjung tinggi rasa persatuan dan kesatuan, maka kita akan menjadi bangsa Indonesia yang kuat. Ini juga menjadi kekuatan Astra dalam membangun kebersamaan untuk tetap eksis hingga menapaki usia 60 tahun. Dari beberapa artikel dan tulisan yang pernah saya baca, Astra memiliki prinsip tidak membeda-bedakan kepada karyawannya. Yang memiliki prestasi pasti mendapat apresiasi.

PT Astra International memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada seluruh karyawannya untuk berprestasi dan berkarya sebaik-baiknya tanpa pernah membeda-bedakan warna kulit, suku, agama dan perbedaan lainnya. Astra mengadopsi prinsip Bhinneka Tunggal Ika dalam memajukan perusahaan hingga seperti sekarang.

Kemudian, makna Satu Bahasa, kita sebagai bangsa Indonesia hidup dalam bermasyarakat. Dalam hidup bermasyarakat pasti kita memiliki tetangga, teman yang berasal dari daerah berbeda. Baik berbeda agama, adat istiadat, daerah maupun bahasanya. Bahasa sangat bermacam- macam, ada yang bahasa Jawa, Padang, Palembang, dan daerah lainnya. Semua perbedaan bahasa dari masing-masing daerah tersebut, jangan dijadikan sebagai penghalang bagi kita untuk hidup saling acuh tak acuh. Melainkan kita harus saling menghargai satu sama lain dan menjadikan suatu perbedaan itu sebagai pembelajaran dan semakin membuat bangsa kita menjadi lebih kokoh.



Selain tersebar di berbagai pulau, memiliki karyawan dari berbagai suku, PT Astra International juga memiliki program mulia untuk memersatukan kita dalam berbagai program Corporate Social Responsibility (CSR), yakni  di bidang pendidikan, kesehatan, UMKM dan lingkungan.

Program-program CSR yang telah dijalankan dapat menggairahkan dan menyemangati generasi bangsa ini menjadi lebih baik di masa depan, hal itu diwujudkan lewat beasiswa bagi pelajar dan mahasiswa berprestasi. Untuk kelestarian lingkungan, Astra mengusung tagline Astra Green yang selalu peduli dengan keberlangsungan lingkungan tempat tinggal kita. Untuk hal ini, Astra ikut berkontribusi dalam menanam pohon dan membersihkan lingkungan bersama masyarakat.



Semangat Astra Terpadu untuk Indonesia telah menginspirasi kita untuk lebih perduli dengan sesama, perduli dengan lingkungan dan perduli dengan masa depan generasi muda di masa mendatang. Selamat Ulang Tahun Astra.
Editor: James P Pardede

T#g:60 tahun 039AstraSatu Indonesia
Komentar
Minggu, 21 Apr 2019 21:45Nasional

Izin Satu Lembaga Pemantau Pemilu Dicabut

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) mencabut izin salah satu lembaga pemantau pemilu yakni PT Prawedanet Aliansi Teknologi

Minggu, 21 Apr 2019 21:30Nasional

Di 2 TPS, KPU Tangsel Gelar Pemungutan Suara Ulang

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) bersiap menggelar Pemungutan Suara Ulang (PSU)

Minggu, 21 Apr 2019 21:15Lifestyle

Belum Tentu Dimiliki Pria, Berikut 5 Kelebihan Ini Dimiliki oleh Wanita

Setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Hal ini turut pula didasari oleh jenis kelamin

Minggu, 21 Apr 2019 21:00Nasional

Tinggi Kolom Abu Vulkanis 3.000 Meter, Gunung Agung Terus Alami Erupsi

Gunung Agung di Kabupaten Karangasem, Bali, kembali erupsi pada Minggu (21/4/2019) pukul 18.56 Wita.

Minggu, 21 Apr 2019 20:45Nasional

Terus Bergeming, Kini Giliran Anggota KPPS di Sulut Meninggal Dunia

Pasca-Pemilu Serentak 2019, banyak anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di beberapa wilayah di Indonesia meninggal dunia karena kelelahan usai menjalankan tugas.

Minggu, 21 Apr 2019 20:35Nasional

Tim Relawan Jokowi - Ma'ruf Amin Gelar Sukuran

Menyambut kemenangan pasangan calon 01 Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin berdasarkan hasil hitung cepat (quick count), Aliansi Masyarakat Sipil untuk Indonesia Hebat (Almisbat) menggelar acara syukuran. Acara syukuran dilakukan dengan potong tumpeng

Minggu, 21 Apr 2019 20:30Lifestyle

Buka Perban, Syahrini Ketiban Lemari Hingga Terluka

Syahrini memamerkan kondisi telapak kakinya yang diperban karena ketiban lemari parfum sang suami, Reino Barack

Minggu, 21 Apr 2019 19:34Nasional

Bawaslu Cabut Izin PT Prawedanet AliansiSelaku Pemantau Pemilu

Salah satu lembaga pemantau pemilu yakni PT Prawedanet Aliansi Teknologi lantaran melakukan hal yang melanggar prinsip sebagai lembaga pemantauan, dicabut izinnya oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).

Minggu, 21 Apr 2019 18:21Berita Sumut

Wali Kota Harap UKM Kota Medan Manfaatkan Momentum Industri 4.0

Wali Kota Medan Drs. H.T. Dzulmi Eldin, S. M.Si, MH mengapresiasi dan mendukung penuh kegiatan Gelar UKM dan Koperasi yang diselenggarakan Dinas Koperasi dan UKM Kota Medan sebagai bagian dari apresiasi dan promosi terhadap karya-karya penggiat UKM Kota

Minggu, 21 Apr 2019 18:06Nasional

Gunung Agung Kembali Erupsi, Tinggi Kolom Abu Vulkanik 3.000 Meter

Gunung Agung di Kabupaten Karangasen Provinsi Bali kembali erupsi pada Minggu (21/4/2019) pukul Tinggi 18.56 WITA. Pos Pengamatan Gunung Agung melaporkan tinggi kolom abu vulkanik mencapai sekitar 3.000 meter di atas puncak kawah atau 6.142 meter di atas

Minggu, 21 Apr 2019 17:40Berita Sumut

PWI Sumut Gelar Berbagai Kegiatan Peringati HPN 2019

Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) akan menggelar serangkaian kegiatan dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional (HPN) 2019 Tingkat Sumut.

Minggu, 21 Apr 2019 17:27Nasional

Serangan Bom di Sri Lanka, Indonesia Kecam Keras Para Pelaku

Pasca serangan bom berbagai lokasi di Sri Lank, Indonesia mengecam keras aksi pengeboman tersebut. "Pemerintah dan rakyat Indonesia menyampaikan duka cita mendalam kepada korban dan keluarga korban," demikian pernyataan resmi Kementerian Luar N

Minggu, 21 Apr 2019 17:11Internasional

Istri Gendong Suami dan Anak Mencari Nafkah

Perempuan tangguh ini harus membawa suaminya di punggungnya. Mereka pergi ke jalan- jalan yang ramai untuk menyanyikan beberapa lagu dan mengumpulkan uang dari orang yang memberikan mereka setelah setiap lagu selesai dinyanyikan. Suaminya mengalami cacat

Minggu, 21 Apr 2019 16:21Berita Sumut

Anggota Polri Bantah Menganiaya Anak Pelajar

Teddy Pramono anggota satuan reserse Narkoba Polres Langkat, membantah diduga padanya melakukan penganiayaan terhadap RE yang berstatus pelajar, warga Jalan Cemara, Jati Negara, Kec. Binjai Utara dan telah membuat laporan ke Polres Binjai dengan nomor STP

Minggu, 21 Apr 2019 16:16Bola

Perombakan Besaran besara di skuad Man United

Para pemain yang dinilainya tidak menunjukan rasa lapar atau keinginan menampilkan yang terbaik, siap-siap tidak lagi memakai kostum merah musim depan. Beberapa waktu lalu Solskjaer sempat mengatakan akan melakukan perombakan besar-besaran di skuad Man Un

Minggu, 21 Apr 2019 15:36Berita Sumut

Aiptu Martin Sembiring Kritis Disambar Mobil

Anggota personel Polres Padangsidimpuan Aiptu Martin Sembiring ,54, harus dilarikan ke rumah sakit Materna Medan untuk mendapatkan perawatan intensif atas kecelakaan lalulintas yang dialaminya, Minggu (21/4/2019).