Redaksi Matatelinga Selamat hari Raya Idulfitri 1439 H
  • Home
  • Ekonomi
  • Satu Nusa, Satu Bangsa, Satu Bahasa, Satu Indonesia

Satu Nusa, Satu Bangsa, Satu Bahasa, Satu Indonesia

Mtc/James Minggu, 31 Desember 2017 16:47 WIB
Istimewa
Penghargaan bagi Astra
MATATELINGA : Sepanjang perjalanan hidup menapaki usia sampai seperti sekarang, saya selalu mengikuti perkembangan perusahaan PT Astra International termasuk desain dari produk otomotifnya. Seiring perjalanan waktu, sampai akhirnya menjadi seorang jurnalis, beberapa ulasan tentang produk Astra tak pernal luput dari perhatian saya.

Sedikit ulasan tentang sejarah perusahaan ini, pada awalnya didirikan dengan nama PT Astra International Incorporated, pada 20 Februari 1957, oleh kakak beradik William Soerjadjaja dan Tjia Kian Tie, dengan dukungan teman mereka Lim Peng Hong, yang mana saat itu Republik Indonesia memasuki usianya yang ke-12 tahun.



Perusahaan ini kemudian mengubah namanya menjadi PT Astra International Tbk pada 1990, dan sekaligus telah tercatat di Bursa Efek Jakarta sejak tanggal 4 April 1990. Kisah sukses Astra hingga menapaki usia 60 tahun, tak bisa lepas dari perkembangan politik, sosial budaya dan fluktuasi moneter di Indonesia. Langkah-langkah kecil para pendiri perusahaan ini, akhirnya menghasilkan prestasi besar yang menjadikannya sebagai perusahaan raksasa multinasional khususnya, manufacture industry otomotif nasional.

Astra telah ikut menginspirasi negeri ini, saat mengusung slogan "SATU Indonesia" yaitu "Semangat Astra Terpadu Untuk Indonesia" saya jadi teringat dengan kisah Sumpah Pemuda yang juga menginspirasi generasi muda untuk tetap teguh dalam slogannya, Satu Nusa, Satu Bangsa dan Satu Bahasa. 



Head of Investor Relations PT Astra International Tbk Tira Ardanti dalam sebuah kesempatan mengatakan, dalam menjalankan bisnisnya Astra memegang teguh prinsip 3P, yakni Portfolio, People dan Public Contribution. Portfolio berarti pengembangan  bisnis perusahaan yang tidak hanya didasarkan pada usaha mencari profit semata, tetapi juga memperhatikan aspek kemanusiaan.

"Karena tujuan utama Astra adalah kami ingin sejahtera bersama bangsa," ujarnya.Prinsip P kedua yang dipegang teguh Astra, yakni People alias SDM yang dimiliki perusahaan. Astra, kata dia, selalu memastikan karyawannya memiliki ruang untuk berkembang? dan berinovasi.

Adapun P yang terakhir yakni Public Contribution alias kontribusi untuk masyarakat luas. Dalam menjalankan bisnisnya, Tira menyebut Astra selalu memerhatikan aspek sosial dan lingkungan. Ada empat aspek yang menjadi fokus Astra dalam kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR), yakni pendidikan, kesehatan, UMKM dan lingkungan.



Saya tidak tahu pasti apa latar belakang Astra mengusung slogan Satu Indonesia. Jika kita kembali sejenak ke sejarah peradaban bangsa ini, dimana  sejarah terjadinya Sumpah Pemuda telah menunjukkan bahwa, kita harus saling bersatu untuk mendapatkan suatu tujuan. Maka kita harus saling menguatkan, saling berjuang dalam satu kesatuan.

Satu Indonesia

Meskipun dari tanah kelahiran yang berbeda-beda, tetapi tetap bersatu membela, memperjuangkan bangsa Indonesia. Dalam tulisan ini saya ingin mengaitkan makna Satu Nusa, Satu Bangsa, Satu Bahasa yang ada dalam Sumpah Pemuda dengan slogan yang diusung Astra Satu Indonesia.

Satu Nusa mengandung makna bahwa negara kita memiliki pulau-pulau yang dihubungkan oleh lautan. Pulau yang dihubungkan oleh lautan ini, menjadi satu kesatuan. Pulau-pulau tersebut memiliki perbedaan kondisi alam maupun kebudayaan yang berbeda.



Meskipun berbeda-beda tetapi kita harus senantiasa selalu mencintai kebudayaan daerah kita sendiri, tanpa merendahkan kebudayaan dari daerah-daerah lain. Jadi makna satu nusa adalah meskipun kita mempunyai perbedaan-perbedaan tetapi kita tetap bertanah air satu, tanah air Indonesia.

Astra juga ada dari Sabang sampai Merauke untuk ikut berpartisipasi menggerakkan roda perekonomian setiap daerah. Masing-masing daerah memiliki keunikannya masing-masing. PT Astra International di Indonesia Bagian Timur mungkin berbeda tata cara dan budaya kerjanya dengan yang ada di Indonesia Bagian Barat. Tapi satu tujuannya, PT Astra telah berkontribusi mengurangi angka pengangguran di negeri ini dengan menampung puluhan ribu tenaga kerja di berbagai anak perusahaan Astra.

Makna Satu Bangsa,  dimana negara kita memiliki lambang burung garuda dan lambang burung garuda tersebut terdapat sebuah pita yang bertuliskan "Bhineka Tunggal Ika".Kata tersebut merupakan semboyan dari bangsa kita, bangsa Indonesia. Artinya adalah walaupun berbeda-beda tetapi masih satu jua. Dengan adanya semboyan tersebut, berarti kita merasakan kebahagiaan, kesedihan, kesengsaraan, dan mengalami penderitaan secara bersama-sama karena kita merupakan satu kesatuan yaitu satu bangsa.



Jika kita selalu menjunjung tinggi rasa persatuan dan kesatuan, maka kita akan menjadi bangsa Indonesia yang kuat. Ini juga menjadi kekuatan Astra dalam membangun kebersamaan untuk tetap eksis hingga menapaki usia 60 tahun. Dari beberapa artikel dan tulisan yang pernah saya baca, Astra memiliki prinsip tidak membeda-bedakan kepada karyawannya. Yang memiliki prestasi pasti mendapat apresiasi.

PT Astra International memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada seluruh karyawannya untuk berprestasi dan berkarya sebaik-baiknya tanpa pernah membeda-bedakan warna kulit, suku, agama dan perbedaan lainnya. Astra mengadopsi prinsip Bhinneka Tunggal Ika dalam memajukan perusahaan hingga seperti sekarang.

Kemudian, makna Satu Bahasa, kita sebagai bangsa Indonesia hidup dalam bermasyarakat. Dalam hidup bermasyarakat pasti kita memiliki tetangga, teman yang berasal dari daerah berbeda. Baik berbeda agama, adat istiadat, daerah maupun bahasanya. Bahasa sangat bermacam- macam, ada yang bahasa Jawa, Padang, Palembang, dan daerah lainnya. Semua perbedaan bahasa dari masing-masing daerah tersebut, jangan dijadikan sebagai penghalang bagi kita untuk hidup saling acuh tak acuh. Melainkan kita harus saling menghargai satu sama lain dan menjadikan suatu perbedaan itu sebagai pembelajaran dan semakin membuat bangsa kita menjadi lebih kokoh.



Selain tersebar di berbagai pulau, memiliki karyawan dari berbagai suku, PT Astra International juga memiliki program mulia untuk memersatukan kita dalam berbagai program Corporate Social Responsibility (CSR), yakni  di bidang pendidikan, kesehatan, UMKM dan lingkungan.

Program-program CSR yang telah dijalankan dapat menggairahkan dan menyemangati generasi bangsa ini menjadi lebih baik di masa depan, hal itu diwujudkan lewat beasiswa bagi pelajar dan mahasiswa berprestasi. Untuk kelestarian lingkungan, Astra mengusung tagline Astra Green yang selalu peduli dengan keberlangsungan lingkungan tempat tinggal kita. Untuk hal ini, Astra ikut berkontribusi dalam menanam pohon dan membersihkan lingkungan bersama masyarakat.



Semangat Astra Terpadu untuk Indonesia telah menginspirasi kita untuk lebih perduli dengan sesama, perduli dengan lingkungan dan perduli dengan masa depan generasi muda di masa mendatang. Selamat Ulang Tahun Astra.
Editor: James P Pardede

T#g:60 tahun 039AstraSatu Indonesia
Komentar
Selasa, 19 Jun 2018 21:40Berita Sumut

Tim Marinir dan Basarnas Dengan Pesawat Hercules Tiba Bandara Silangit

Guna menindak lanjuti pencarian korban Kapal KM Sinar Bangun di perairan Danau Toba, Samosir

Selasa, 19 Jun 2018 19:49Berita Sumut

Pencarian Korban Kapal Karam di Danau Toba Berlangsung 10 Hari

Tim Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) memastikan pencarian korban Kapal Motor (KM) Sinar Bangun yang karam di perairan Danau Toba akan berlangsung selama sepuluh hari.

Selasa, 19 Jun 2018 19:13Berita Sumut

Pemilih Tak Terdaftar Kerawanan di TPS

Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) memetakan potensi kerawanan di Tempat Pemungutan Suara (TPS), mencegah pelanggaran pada hari pemungutan suara 27 Juni mendatang. Penduduk belum terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) menjadi satu indikator keraw

Selasa, 19 Jun 2018 18:04Berita Sumut

Tragedi KM Sinar Bangun, Sihar: Ini Duka Sumut

Calon Wakil Gubernur (Cawagub) Sumatera Utara Sihar Sitorus menyampaikan duka yang mendalam atas tragedi tenggelamnya KM Sinar Bangun di Danau Toba

Selasa, 19 Jun 2018 17:49Berita Sumut

Nurhayati: Masih Menunggu Adik Ipar di Ikut Tenggelam KM Sinar Bangun

Salah seorang korban dengan tenggelamnya Kapal KM Sinar Bangun bernama Nurhayati ,35, warga Karang Sari Simpang Banjiran, Kota Pematangsiantar, sedang menunggu kabar keluarga adiknya yang ikut dalam rombongan penumpang Kapal KM Sinar Bangun

Selasa, 19 Jun 2018 17:34Berita Sumut

Kelompok Komunitas Vespa, Ikut Tenggelam

im gabungan diantaranya Tim SAR, Kepilisian, TNI AL serta yang lainnya terus melakukan penacaraian terhadap korban penumpang Kapal KM Sinar Bangun yang tenggelam belum ditemukan. Hal tersebut dikatakan Kapolres Simalungun AKBP Marudut Liberty Panjaitan.

Selasa, 19 Jun 2018 17:19Berita Sumut

Anggota DPD RI Asal Sumut Tinjau Langsung Lokasi Tenggelamnya KM Sinar Bangun

Para pejabat bayak "berbondong bondong" menuju lokasi kejadian dengan tenggelamnnya kapal KM Sinar Bangun, diantaranya Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI perwakilan Sumatera Utara, Parlindungan Purba meninjau langsung kondisi lokasi di Da

Selasa, 19 Jun 2018 17:04Berita Sumut

Kombatan dan Tim Kuasa Hukum Djoss Laporkan Penyebaran Fitnah ke Polda Sumut

Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Komunitas Banteng Asli Nusantara (Kombatan) Sumatera Utara (Sumut) didampingi Tim Kuasa Hukum Djarot-Sihar (Djoss) menyambangi Polda Sumut untuk membuat laporan terhadap akun media Facebook bernama Kayla Kusmawati yang diduga

Selasa, 19 Jun 2018 16:49Berita Sumut

Trimedya Panjaitan: Warga Harus Bersama Awasi Tindakan Curang

Politisi senior dari PDI Perjuangan, Trimedya Panjaitan menegaskan bahwa pasangan Djarot dan Sihar Sitorus di Pemilihan Gubernur

Selasa, 19 Jun 2018 16:37Berita Sumut

Ombudsman Minta Pengawasan Kapal Laik Layar di Danau Toba Diperketat

Tragedi tenggelamnya KM Sinar Bangun di Danau Toba, Senin (18/6/2018) sore mengundang keprihatinan dari Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Sumatera Utara.

Selasa, 19 Jun 2018 16:34Berita Sumut

Tangkap Pelaku Money Politics, Dapat Hadiah Dari Timses Eramas

Perkumpulan Pokja Humas Sumatera Utara himbau relawan dan masyarakat pendukung paslon Gubsu dan Wagubsu nomor urut satu, H. Edi Rahmayadi dan H. Musa Rajekshah untuk ikut mengawasi pelaksanaan Pilgubsu pada hari Rabu tanggal 27 Juni 2018. Bahkan Pokja Hum

Selasa, 19 Jun 2018 16:23Nasional

94 Orang Penumpang KM Sinar Bangun Belum Ditemukan, Ini Identitasnya

Sebanyak 94 orang penumpang KM Sinar Bangun yang karam di Perairan Danau Toba hingga kini masih belum ditemukan. Sedangkan 18 orang dinyatakan selamat dan satu dinyatakan meninggal dunia.

Selasa, 19 Jun 2018 16:19Berita Sumut

Sihar Janji Akan Perhemat Anggaran, Dialokasikan untuk Kesejahteraan Warga

Penggunaan Anggaran Pendapat Belanja Daerah (APBD) Sumatera Utara (Sumut) saat ini lebih dominan digunakan untuk gaji dan belanja pegawai. Hal itu menurut Sihar Sitorus harus dapat ditekan dan menambah anggaran untuk kesejahteraan warga

Selasa, 19 Jun 2018 16:04Berita Sumut

Wali Kota Rayakan Lebaran Bersama Masyarakat Melalui Open House

Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi bersama istri Hj Rita Maharanai Dzulmi Eldin SH beserta keluarga menggelar open house di hari pertama Hari Raya Idu Fitri 1 Syawal 1439 H bertempat di Rumah Dinas Wali Kota Jalan Sudirman Medan

Selasa, 19 Jun 2018 15:49Berita Sumut

Pawai Takbiran Kenderaan Hias Berlangsung Meriah

Diiringi lantunan gema takbir, Gubsu Ir H T Erry Nuriadi bersama Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi beserta unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Sumut dan Kota Medan melepas pawai takbiran kenderaan hias dalam menyambut datangnya H

Selasa, 19 Jun 2018 15:34Berita Sumut

Wali Kota Shalat Ied Bersama Ribuan Warga

MATATELINGA, Medan:  Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi bersama ribuan masyarakat melaksanakan Shalat Idul Fitri  1439 H di Lapangan Merdeka Medan, Jumat (15/6) pagi. Bertindak seb