• Home
  • Ekonomi
  • Satu Nusa, Satu Bangsa, Satu Bahasa, Satu Indonesia

Satu Nusa, Satu Bangsa, Satu Bahasa, Satu Indonesia

Mtc/James Minggu, 31 Desember 2017 16:47 WIB
Istimewa
Penghargaan bagi Astra
MATATELINGA : Sepanjang perjalanan hidup menapaki usia sampai seperti sekarang, saya selalu mengikuti perkembangan perusahaan PT Astra International termasuk desain dari produk otomotifnya. Seiring perjalanan waktu, sampai akhirnya menjadi seorang jurnalis, beberapa ulasan tentang produk Astra tak pernal luput dari perhatian saya.

Sedikit ulasan tentang sejarah perusahaan ini, pada awalnya didirikan dengan nama PT Astra International Incorporated, pada 20 Februari 1957, oleh kakak beradik William Soerjadjaja dan Tjia Kian Tie, dengan dukungan teman mereka Lim Peng Hong, yang mana saat itu Republik Indonesia memasuki usianya yang ke-12 tahun.



Perusahaan ini kemudian mengubah namanya menjadi PT Astra International Tbk pada 1990, dan sekaligus telah tercatat di Bursa Efek Jakarta sejak tanggal 4 April 1990. Kisah sukses Astra hingga menapaki usia 60 tahun, tak bisa lepas dari perkembangan politik, sosial budaya dan fluktuasi moneter di Indonesia. Langkah-langkah kecil para pendiri perusahaan ini, akhirnya menghasilkan prestasi besar yang menjadikannya sebagai perusahaan raksasa multinasional khususnya, manufacture industry otomotif nasional.

Astra telah ikut menginspirasi negeri ini, saat mengusung slogan "SATU Indonesia" yaitu "Semangat Astra Terpadu Untuk Indonesia" saya jadi teringat dengan kisah Sumpah Pemuda yang juga menginspirasi generasi muda untuk tetap teguh dalam slogannya, Satu Nusa, Satu Bangsa dan Satu Bahasa. 



Head of Investor Relations PT Astra International Tbk Tira Ardanti dalam sebuah kesempatan mengatakan, dalam menjalankan bisnisnya Astra memegang teguh prinsip 3P, yakni Portfolio, People dan Public Contribution. Portfolio berarti pengembangan  bisnis perusahaan yang tidak hanya didasarkan pada usaha mencari profit semata, tetapi juga memperhatikan aspek kemanusiaan.

"Karena tujuan utama Astra adalah kami ingin sejahtera bersama bangsa," ujarnya.Prinsip P kedua yang dipegang teguh Astra, yakni People alias SDM yang dimiliki perusahaan. Astra, kata dia, selalu memastikan karyawannya memiliki ruang untuk berkembang? dan berinovasi.

Adapun P yang terakhir yakni Public Contribution alias kontribusi untuk masyarakat luas. Dalam menjalankan bisnisnya, Tira menyebut Astra selalu memerhatikan aspek sosial dan lingkungan. Ada empat aspek yang menjadi fokus Astra dalam kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR), yakni pendidikan, kesehatan, UMKM dan lingkungan.



Saya tidak tahu pasti apa latar belakang Astra mengusung slogan Satu Indonesia. Jika kita kembali sejenak ke sejarah peradaban bangsa ini, dimana  sejarah terjadinya Sumpah Pemuda telah menunjukkan bahwa, kita harus saling bersatu untuk mendapatkan suatu tujuan. Maka kita harus saling menguatkan, saling berjuang dalam satu kesatuan.

Satu Indonesia

Meskipun dari tanah kelahiran yang berbeda-beda, tetapi tetap bersatu membela, memperjuangkan bangsa Indonesia. Dalam tulisan ini saya ingin mengaitkan makna Satu Nusa, Satu Bangsa, Satu Bahasa yang ada dalam Sumpah Pemuda dengan slogan yang diusung Astra Satu Indonesia.

Satu Nusa mengandung makna bahwa negara kita memiliki pulau-pulau yang dihubungkan oleh lautan. Pulau yang dihubungkan oleh lautan ini, menjadi satu kesatuan. Pulau-pulau tersebut memiliki perbedaan kondisi alam maupun kebudayaan yang berbeda.



Meskipun berbeda-beda tetapi kita harus senantiasa selalu mencintai kebudayaan daerah kita sendiri, tanpa merendahkan kebudayaan dari daerah-daerah lain. Jadi makna satu nusa adalah meskipun kita mempunyai perbedaan-perbedaan tetapi kita tetap bertanah air satu, tanah air Indonesia.

Astra juga ada dari Sabang sampai Merauke untuk ikut berpartisipasi menggerakkan roda perekonomian setiap daerah. Masing-masing daerah memiliki keunikannya masing-masing. PT Astra International di Indonesia Bagian Timur mungkin berbeda tata cara dan budaya kerjanya dengan yang ada di Indonesia Bagian Barat. Tapi satu tujuannya, PT Astra telah berkontribusi mengurangi angka pengangguran di negeri ini dengan menampung puluhan ribu tenaga kerja di berbagai anak perusahaan Astra.

Makna Satu Bangsa,  dimana negara kita memiliki lambang burung garuda dan lambang burung garuda tersebut terdapat sebuah pita yang bertuliskan "Bhineka Tunggal Ika".Kata tersebut merupakan semboyan dari bangsa kita, bangsa Indonesia. Artinya adalah walaupun berbeda-beda tetapi masih satu jua. Dengan adanya semboyan tersebut, berarti kita merasakan kebahagiaan, kesedihan, kesengsaraan, dan mengalami penderitaan secara bersama-sama karena kita merupakan satu kesatuan yaitu satu bangsa.



Jika kita selalu menjunjung tinggi rasa persatuan dan kesatuan, maka kita akan menjadi bangsa Indonesia yang kuat. Ini juga menjadi kekuatan Astra dalam membangun kebersamaan untuk tetap eksis hingga menapaki usia 60 tahun. Dari beberapa artikel dan tulisan yang pernah saya baca, Astra memiliki prinsip tidak membeda-bedakan kepada karyawannya. Yang memiliki prestasi pasti mendapat apresiasi.

PT Astra International memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada seluruh karyawannya untuk berprestasi dan berkarya sebaik-baiknya tanpa pernah membeda-bedakan warna kulit, suku, agama dan perbedaan lainnya. Astra mengadopsi prinsip Bhinneka Tunggal Ika dalam memajukan perusahaan hingga seperti sekarang.

Kemudian, makna Satu Bahasa, kita sebagai bangsa Indonesia hidup dalam bermasyarakat. Dalam hidup bermasyarakat pasti kita memiliki tetangga, teman yang berasal dari daerah berbeda. Baik berbeda agama, adat istiadat, daerah maupun bahasanya. Bahasa sangat bermacam- macam, ada yang bahasa Jawa, Padang, Palembang, dan daerah lainnya. Semua perbedaan bahasa dari masing-masing daerah tersebut, jangan dijadikan sebagai penghalang bagi kita untuk hidup saling acuh tak acuh. Melainkan kita harus saling menghargai satu sama lain dan menjadikan suatu perbedaan itu sebagai pembelajaran dan semakin membuat bangsa kita menjadi lebih kokoh.



Selain tersebar di berbagai pulau, memiliki karyawan dari berbagai suku, PT Astra International juga memiliki program mulia untuk memersatukan kita dalam berbagai program Corporate Social Responsibility (CSR), yakni  di bidang pendidikan, kesehatan, UMKM dan lingkungan.

Program-program CSR yang telah dijalankan dapat menggairahkan dan menyemangati generasi bangsa ini menjadi lebih baik di masa depan, hal itu diwujudkan lewat beasiswa bagi pelajar dan mahasiswa berprestasi. Untuk kelestarian lingkungan, Astra mengusung tagline Astra Green yang selalu peduli dengan keberlangsungan lingkungan tempat tinggal kita. Untuk hal ini, Astra ikut berkontribusi dalam menanam pohon dan membersihkan lingkungan bersama masyarakat.



Semangat Astra Terpadu untuk Indonesia telah menginspirasi kita untuk lebih perduli dengan sesama, perduli dengan lingkungan dan perduli dengan masa depan generasi muda di masa mendatang. Selamat Ulang Tahun Astra.
Editor: James P Pardede

T#g:60 tahun 039AstraSatu Indonesia
Komentar
Jumat, 16 Nov 2018 16:25Berita Sumut

Taiwan Excellence Cara Pemerintah Taiwan Penetrasi Produk Ke Indonesia

Taiwan terus menjadikan Indonesia sebagai salah satu target pasar paling potensial untuk produk-produk unggulan mereka. Penetrasi pasar pun terus dilakukan untuk memperkenalkan produk-produk tersebut.

Jumat, 16 Nov 2018 15:46Berita Sumut

Dinas PMPTSP Kota Medan Didesak Tingkatkan Pelayanan

Panitia Khusus (Pansus) R APBD Kota Medan TA 2019, mendesak Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PMPTSP) Kota Medan supaya meningkatkan pelayanan pengurusan izin bagi pelaku usaha. Sama halnya lintas kordinasi sesama Satuan Kerja Perang

Jumat, 16 Nov 2018 15:24Berita Sumut

Hujan Lebat Bakal Melanda Lima Hari Kedepan

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi, jika selama lima hari kedepan, sejumlah wilayah di Indonesia, khususnya Sumatera Utara (Sumut) bakal dilanda oleh hujan lebat.

Jumat, 16 Nov 2018 14:59Berita Sumut

Peserta Optimis Ikuti Ujian Seleksi Penerimaan CPNS Kejaksaan di Medan

Peserta yang mengikuti ujian seleksi CPNS secara online banyak yang gagal dengan passing grade yang ditetapkan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara.

Jumat, 16 Nov 2018 14:03Berita Sumut

Pembunuh Wanita Dalam Kardus Segera Diadili

Hendri alias Ahen, pelaku pembunuhan terhadap Rina Karina (21) yang jasadnya dimasukkan dalam kardus dan ditinggal di atas sepeda motor Honda Scoopy bernomor polisi 5875 ABM segera diadili di Pengadilan Negeri Medan. Pasalnya, tim Penuntut Umum dari Kejar

Jumat, 16 Nov 2018 13:17Berita Sumut

Kepergok Polisi, Pelaku Jambret Ini Berakhir di Penjara

Tim Pegasus Polsek Medan Helvetia meringkus seorang pelaku jambret di Jalan Kapten Muslim Medan, Kamis (15/11) malam. Sedangkan seorang lagi berhasil melarikan diri saat penyergapan.

Jumat, 16 Nov 2018 13:00Berita Sumut

Sungai Deli Kembali Meluap, Ratusan Rumah Terendam Banjir

Ratusan rumah di kawasan bantaran Sungai Deli, tepatnya di Kelurahan Aur dan Kelurahan Sei Mati, Kecamatan Medan Maimun terendam oleh banjir, Jumat (16/11/2018).

Jumat, 16 Nov 2018 12:30Berita Sumut

Pertamina Bersama Rumah Zakat Bentuk Balai Bina Mandiri

Meningkatkan kemandirian masyarakat, PT Pertamina (Persero) MOR l Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Medan Group bekerjasama dengan Rumah Zakat membuat program Balai Bina Mandiri, di Lingkungan 19 & 21, Kecamatan Medan Labuhan, Medan.

Jumat, 16 Nov 2018 12:00Berita Sumut

Wali Kota Kembali Raih Penghargaan Natamukti 2018

Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH menerima Penghargaan Natamukti 2018 dari Kementrian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Republik Indonesia bekerjasama dengan International Council for Small Buniness (ICSB) di Graha Widya Bhakti, Ged

Jumat, 16 Nov 2018 11:14Berita Sumut

Vonis PT Medan Terhadap Tamin Sukardi Dinilai Tidak Adil

Putusan majelis hakim Pengadilan Tinggi Medan yang menjatuhkan vonis delapan tahun penjara buat Tamin Sukardi dan membayar kerugian Rp 132,4 miliar serta seluruh aset tanah yang diperkarakan dirampas untuk negara dinilai tidak adil.

Jumat, 16 Nov 2018 10:22Berita Sumut

Pemkab Asahan Apresiasi Kampung Pengawasan Pemilu

Wakil Bupati Asahan H.Surya,BSc menerima kunjungan komisioner Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Asahan, Kamis (15/11/2018).

Jumat, 16 Nov 2018 09:54Berita Sumut

Lantik 6 PJU dan 7 Kapolres, Kapoldasu : Ini Angin Segar Baru

Kapolda Sumut Irjen Agus Andrianto memimpin upacara pelantikan dan serah terima jabatan enam Pejabat Utama (PJU) Polda Sumatera Utara (Sumut) serta tujuh Kapolres di Mapolda Sumut, Jumat (16/11) pagi.

Jumat, 16 Nov 2018 07:33Nasional

Kasad : Latihan Ancab TNI AD 2018 Akumulasi Kemampuan Tempur

Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad), Jenderal TNI Mulyono menyaksikan langsung Latihan Antar Kecabangan (Latancab) TNI AD TA. 2018 di daerah latihan Pusat Latihan Tempur (Puslatpur), Kodiklatad, Baturaja, Sumatera Selatan (Sumsel),

Jumat, 16 Nov 2018 07:18Bola

Kenapa Malcom, Khianati Roma demi Barcelona...?

Santer dikabarkan bakal meninggalkan klub berjuluk Blaugrana, pada bursa transfer mendatang. Kendati demikian, hal itu lekas ditanggapi oleh Malcom, yang mengatakan bahwa dirinya senang berada di Barcelona.

Jumat, 16 Nov 2018 07:03Internasional

Tujuh Belas Tersangka Pembunuhan Wartawan di Beri Sanksi

Dalam pembunuhan Wartawan Jamal Khashoggi di konsulat Arab Saudi di Istanbul, Turki, Departemen Keuangan Amerika Serikat pada Kamis 15 November 2018, mengumumkan hukuman terhadap 17 orang Saudi atas peran mereka.

Jumat, 16 Nov 2018 06:48Nasional

UAS dan Habib Rizieq Paling Didengar di Pilpres Perhitangan LSI

Temuan Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA, yang menyebut Ustaz Abdul Somad (UAS) dan Habib Rizieq Shihab sebagai ulama yang paling didengar imbauannya dan berpengaruh di Pilpres 2019, disambut baik oleh Tim Kampanye Nasional (TKN) Pasangan Joko Wid