• Home
  • Ekonomi
  • Satu Nusa, Satu Bangsa, Satu Bahasa, Satu Indonesia

Satu Nusa, Satu Bangsa, Satu Bahasa, Satu Indonesia

Mtc/James Minggu, 31 Desember 2017 16:47 WIB
Istimewa
Penghargaan bagi Astra
MATATELINGA : Sepanjang perjalanan hidup menapaki usia sampai seperti sekarang, saya selalu mengikuti perkembangan perusahaan PT Astra International termasuk desain dari produk otomotifnya. Seiring perjalanan waktu, sampai akhirnya menjadi seorang jurnalis, beberapa ulasan tentang produk Astra tak pernal luput dari perhatian saya.

Sedikit ulasan tentang sejarah perusahaan ini, pada awalnya didirikan dengan nama PT Astra International Incorporated, pada 20 Februari 1957, oleh kakak beradik William Soerjadjaja dan Tjia Kian Tie, dengan dukungan teman mereka Lim Peng Hong, yang mana saat itu Republik Indonesia memasuki usianya yang ke-12 tahun.



Perusahaan ini kemudian mengubah namanya menjadi PT Astra International Tbk pada 1990, dan sekaligus telah tercatat di Bursa Efek Jakarta sejak tanggal 4 April 1990. Kisah sukses Astra hingga menapaki usia 60 tahun, tak bisa lepas dari perkembangan politik, sosial budaya dan fluktuasi moneter di Indonesia. Langkah-langkah kecil para pendiri perusahaan ini, akhirnya menghasilkan prestasi besar yang menjadikannya sebagai perusahaan raksasa multinasional khususnya, manufacture industry otomotif nasional.

Astra telah ikut menginspirasi negeri ini, saat mengusung slogan "SATU Indonesia" yaitu "Semangat Astra Terpadu Untuk Indonesia" saya jadi teringat dengan kisah Sumpah Pemuda yang juga menginspirasi generasi muda untuk tetap teguh dalam slogannya, Satu Nusa, Satu Bangsa dan Satu Bahasa. 



Head of Investor Relations PT Astra International Tbk Tira Ardanti dalam sebuah kesempatan mengatakan, dalam menjalankan bisnisnya Astra memegang teguh prinsip 3P, yakni Portfolio, People dan Public Contribution. Portfolio berarti pengembangan  bisnis perusahaan yang tidak hanya didasarkan pada usaha mencari profit semata, tetapi juga memperhatikan aspek kemanusiaan.

"Karena tujuan utama Astra adalah kami ingin sejahtera bersama bangsa," ujarnya.Prinsip P kedua yang dipegang teguh Astra, yakni People alias SDM yang dimiliki perusahaan. Astra, kata dia, selalu memastikan karyawannya memiliki ruang untuk berkembang? dan berinovasi.

Adapun P yang terakhir yakni Public Contribution alias kontribusi untuk masyarakat luas. Dalam menjalankan bisnisnya, Tira menyebut Astra selalu memerhatikan aspek sosial dan lingkungan. Ada empat aspek yang menjadi fokus Astra dalam kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR), yakni pendidikan, kesehatan, UMKM dan lingkungan.



Saya tidak tahu pasti apa latar belakang Astra mengusung slogan Satu Indonesia. Jika kita kembali sejenak ke sejarah peradaban bangsa ini, dimana  sejarah terjadinya Sumpah Pemuda telah menunjukkan bahwa, kita harus saling bersatu untuk mendapatkan suatu tujuan. Maka kita harus saling menguatkan, saling berjuang dalam satu kesatuan.

Satu Indonesia

Meskipun dari tanah kelahiran yang berbeda-beda, tetapi tetap bersatu membela, memperjuangkan bangsa Indonesia. Dalam tulisan ini saya ingin mengaitkan makna Satu Nusa, Satu Bangsa, Satu Bahasa yang ada dalam Sumpah Pemuda dengan slogan yang diusung Astra Satu Indonesia.

Satu Nusa mengandung makna bahwa negara kita memiliki pulau-pulau yang dihubungkan oleh lautan. Pulau yang dihubungkan oleh lautan ini, menjadi satu kesatuan. Pulau-pulau tersebut memiliki perbedaan kondisi alam maupun kebudayaan yang berbeda.



Meskipun berbeda-beda tetapi kita harus senantiasa selalu mencintai kebudayaan daerah kita sendiri, tanpa merendahkan kebudayaan dari daerah-daerah lain. Jadi makna satu nusa adalah meskipun kita mempunyai perbedaan-perbedaan tetapi kita tetap bertanah air satu, tanah air Indonesia.

Astra juga ada dari Sabang sampai Merauke untuk ikut berpartisipasi menggerakkan roda perekonomian setiap daerah. Masing-masing daerah memiliki keunikannya masing-masing. PT Astra International di Indonesia Bagian Timur mungkin berbeda tata cara dan budaya kerjanya dengan yang ada di Indonesia Bagian Barat. Tapi satu tujuannya, PT Astra telah berkontribusi mengurangi angka pengangguran di negeri ini dengan menampung puluhan ribu tenaga kerja di berbagai anak perusahaan Astra.

Makna Satu Bangsa,  dimana negara kita memiliki lambang burung garuda dan lambang burung garuda tersebut terdapat sebuah pita yang bertuliskan "Bhineka Tunggal Ika".Kata tersebut merupakan semboyan dari bangsa kita, bangsa Indonesia. Artinya adalah walaupun berbeda-beda tetapi masih satu jua. Dengan adanya semboyan tersebut, berarti kita merasakan kebahagiaan, kesedihan, kesengsaraan, dan mengalami penderitaan secara bersama-sama karena kita merupakan satu kesatuan yaitu satu bangsa.



Jika kita selalu menjunjung tinggi rasa persatuan dan kesatuan, maka kita akan menjadi bangsa Indonesia yang kuat. Ini juga menjadi kekuatan Astra dalam membangun kebersamaan untuk tetap eksis hingga menapaki usia 60 tahun. Dari beberapa artikel dan tulisan yang pernah saya baca, Astra memiliki prinsip tidak membeda-bedakan kepada karyawannya. Yang memiliki prestasi pasti mendapat apresiasi.

PT Astra International memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada seluruh karyawannya untuk berprestasi dan berkarya sebaik-baiknya tanpa pernah membeda-bedakan warna kulit, suku, agama dan perbedaan lainnya. Astra mengadopsi prinsip Bhinneka Tunggal Ika dalam memajukan perusahaan hingga seperti sekarang.

Kemudian, makna Satu Bahasa, kita sebagai bangsa Indonesia hidup dalam bermasyarakat. Dalam hidup bermasyarakat pasti kita memiliki tetangga, teman yang berasal dari daerah berbeda. Baik berbeda agama, adat istiadat, daerah maupun bahasanya. Bahasa sangat bermacam- macam, ada yang bahasa Jawa, Padang, Palembang, dan daerah lainnya. Semua perbedaan bahasa dari masing-masing daerah tersebut, jangan dijadikan sebagai penghalang bagi kita untuk hidup saling acuh tak acuh. Melainkan kita harus saling menghargai satu sama lain dan menjadikan suatu perbedaan itu sebagai pembelajaran dan semakin membuat bangsa kita menjadi lebih kokoh.



Selain tersebar di berbagai pulau, memiliki karyawan dari berbagai suku, PT Astra International juga memiliki program mulia untuk memersatukan kita dalam berbagai program Corporate Social Responsibility (CSR), yakni  di bidang pendidikan, kesehatan, UMKM dan lingkungan.

Program-program CSR yang telah dijalankan dapat menggairahkan dan menyemangati generasi bangsa ini menjadi lebih baik di masa depan, hal itu diwujudkan lewat beasiswa bagi pelajar dan mahasiswa berprestasi. Untuk kelestarian lingkungan, Astra mengusung tagline Astra Green yang selalu peduli dengan keberlangsungan lingkungan tempat tinggal kita. Untuk hal ini, Astra ikut berkontribusi dalam menanam pohon dan membersihkan lingkungan bersama masyarakat.



Semangat Astra Terpadu untuk Indonesia telah menginspirasi kita untuk lebih perduli dengan sesama, perduli dengan lingkungan dan perduli dengan masa depan generasi muda di masa mendatang. Selamat Ulang Tahun Astra.
Editor: James P Pardede

T#g:60 tahun 039AstraSatu Indonesia
Komentar
Sabtu, 20 Jan 2018 09:00Berita Sumut

Diduga Dibunuh, Siswi SMA Tewas Bersimbah Darah di Kamar Mandi

Seorang siswi SMA, Anggi Syahputri Tanjung (16) ditemukan tewas bersimbah darah di kediamannya Jalan Bustamam Gg Satria Dusun XI Desa ‎Bandar Khalipah Kecamatan Percut Sei Tuan, Jumat (19/1) malam. Korban tewas diduga karena pembunuhan.

Sabtu, 20 Jan 2018 08:45Berita Sumut

1,2 Juta Warga Sumut Terancam Tak Bisa Gunakan Hak Pilih, Ini Penyebabnya

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sumut kembali mengingatkan bahwa 1,2 juta penduduk di Sumatera Utara hingga saat ini belum melakukan rekam KTP elektronik atau E-KTP. Jumlah ini menurut Ketua Bawaslu Sumut, Syafrida R Rasahan sangat rawan tidak terakomodir

Sabtu, 20 Jan 2018 08:15Berita Sumut

Ketua Umum Dharma Pertiwi : Tumbuhkan Budaya Saling Asah, Asih dan Asuh Dalam Organisasi

Dalam menjalankan organisasi perlu ditumbuhkan budaya saling asah, asih dan asuh. Demikian disampaikan Ketua Umum Dharma Pertiwi Ibu Nanny Hadi Tjahjanto pada acara penyerahan jabatan Ketua Umum PIA Ardhya Garini dari Ibu Nanny Hadi Tjahjanto kepada Ibu A

Sabtu, 20 Jan 2018 08:00Nasional

Satgas Kesehatan TNI Masuki Kampung-Kampung Terpencil di Asmat

Personel Tim Gabungan Satgas Kesehatan TNI Kejadian Luar Biasa (KLB), terdiri dari Pusat Kesehatan TNI, Pusat Kesehatan TNI AD, Dinas Kesehatan TNI AL dan Dinas Kesehatan TNI AU bersama dengan Dinas Kesehatan Wilayah setempat, bergerak cepat memasuki kam

Jumat, 19 Jan 2018 18:35Berita Sumut

Harga Beras Naik, Pedagang di Padangsidempuan Menjerit

Naiknya harga beras beberapa minggu belakangan ini juga dirasakan di Kota Padangsidimpuan. Akibatnya, para pedagang beras pun menjerit lantaran omset mereka turun.

Jumat, 19 Jan 2018 17:30Berita Sumut

Panglima TNI : Pembangunan TNI AU Diarahkan Untuk Mencapai Air Supremacy

Proyeksi pembangunan TNI AU diarahkan untuk dapat mencapai air supremacy dan air superiority. Sasaran yang ingin dicapai adalah kekuatan pemukul udara strategis untuk menghadapi dua trouble spots dalam bentuk komposit yang berisi pesawat-pesawat tempur m

Jumat, 19 Jan 2018 17:00Berita Sumut

Pusat Informasi Geopark Nasional Kaldera Toba di Parapat Kabupaten Simalungun Diresmikan

Wagubsu Dr Nurhajizah Marpaung menghadiri peresmian Pusat Informasi Geopark Nasional Kaldera Toba . Peresmian ini dilakukan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan, Kamis (18/1) di Parapat, Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, Kabupaten

Jumat, 19 Jan 2018 16:16Berita Sumut

Lapor Polisi Karena Anaknya Dicabuli, Keluarga Korban Malah Kena Teror

Aksi pencabulan yang menimpa seorang bocah berusia 6 tahun di Kecamatan Batang Onang, Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) sebut saja Melati (bukan nama sebenarnya) oleh tetangganya yang berinisial PH (50) berujung teror. Pasalnya, pihak keluarga yang te

Jumat, 19 Jan 2018 16:00Berita Sumut

Mobil Masuk Jurang di Kawasan Bandar Baru, Supir dan Kernet Berhasil Melompat

Mobil Colt Diesel bernomor polisi BK 9626 SC masuk ke dalam jurang di kawasan Jalan Jamin Ginting Km 50 Desa Bandar Baru Kec. Sibolangit, Jumat (19/1/2018) sekira pukul 04.00 wib. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

Jumat, 19 Jan 2018 15:00Berita Sumut

Polda Sumut Grebek Lokasi Pengoplosan Gas di Kawasan Panglima Denai, Seratusan Tabung Disita

Sebuah lokasi pengoplosan tabung gas di kawasan Jalan Panglima Denai Gang Seser VII Kelurahan Amplas Kecamatan Medan Amplas digrebek, Kamis (18/1) kemarin. Dari lokasi itu, petugas dari Ditreskrimsus Polda Sumut menyita seratusan tabung gas ukuran 12 Kg

Jumat, 19 Jan 2018 13:14Berita Sumut

Christofer Terpilih jadi Ketua BEM Fakultas Ekonomi UMI Medan

MATATELINGA, Medan : Christofer Munthe terpilih menjadi Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Ekonomi Universitas Methodist Indonesia (FE UMI) Medan untuk periode 2018. Dari 5 calon yang maju

Jumat, 19 Jan 2018 12:15Berita Sumut

Dirujuk ke RSUP H Adam Malik, Bocah yang Dianiaya Ibu dan Ayah Tirinya Membaik

SA, bocah berusia 6 tahun yang dianiaya ibu kandung dan ayah tirinya di Padang Lawas Utara (Paluta) dirujuk ke Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Adam Malik Medan, Kamis (18/1/2018). Kondisi SA sendiri kini sudah membaik dari sebelumnya.

Jumat, 19 Jan 2018 11:12Berita Sumut

8 Tahun Grand Aston Medan Berbagi Kebahagiaan dengan Anak Penderita Kanker

Memasuki awal tahun selalu istimewa, terlebih bagi Grand Aston Cityhall Hotel & Serviced Residences (16 Januari 2018), hotel bintang lima ini memasuki usianya yang ke delapan. Sebagai bentuk rasa syukur, sejumlah promo menarik pun dibuat. Termasuk did

Jumat, 19 Jan 2018 10:27Berita Sumut

Panitia Undang Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat Hadir di Acara Kirab Kebangsaan

Ketua Taruna Merah Putih Kota Medan Drs. Wong Chun Sen Tarigan, MPd.B yang juga panitia acara Kirab Kebangsaan dan Jalan Sehat mengundang tokoh agama dan warga masyarakat Kota Medan untuk mengikuti acara tersebut Minggu, 21 Januari 2018 di Lapangan Merdek

Jumat, 19 Jan 2018 10:00Berita Sumut

Pagi-Pagi, Propam Polrestabes Medan Apelkan Seluruh Personil Polsek Medan Baru, Ada Apa?

Personel Unit Provos Polsek Medan Baru bersama petugas Seksi Pertanggungjawaban Profesi dan Pengamanan Internal (Sipropam) Polrestabes Medan Jumat (19/1/2010) ) pagi menggelar Penegakan Ketertiban dan Kedisiplinan (Gaktibplin) kepada seluruh personel Pols

Jumat, 19 Jan 2018 09:23Berita Sumut

KPK akan Periksa Kembali 46 Anggota DPRD Sumut Periode 2009-2014

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan periksa kembali 46 anggota DPRD Sumatera Utara (Sumut) periode 2009-2014 di Mako Brimob Polda Sumut, Jalan KH Wahid Hasyim Medan. Berdasarkan selebaran yang beredar di kalangan wartawan, pemeriksaan akan dilakukan s