• Home
  • Ekonomi
  • Sebelum Liburan, Pastikan Beberapa Hal Penting Ini

Sebelum Liburan, Pastikan Beberapa Hal Penting Ini

Mtc/James Kamis, 28 Desember 2017 16:56 WIB
Istimewa
Garda Akses
MATATELINGA, Jakarta : Dalam momen liburan Natal dan tahun baru tentunya Anda dan keluarga sudah merencakan perjalanan wisata ke berbagai tempat rekreasi menarik. Anda sudah mengatur strategi agar perjalanan menyenangkan; memastikan kesehatan anggota keluarga, mencari rute yang aman, hingga mengecek kondisi kendaraan. Selama perjalanan pun mungkin tidak ada kekhawatiran karena mobil kesayangan sudah dilindungi asuransi.

Namun jangan sampai Anda tidak memahami apa yang sebenarnya pihak asuransi berikan untuk Anda. Pemahaman ini sangat penting ketika akan mengajukan klaim saat mobil rusak selama perjalanan wisata. Karena yang sering terjadi di lapangan adalah adanya ketidakpuasan pelanggan kepada pihak asuransi, yang sebenarnya terjadi karena kekurangpahamanan pelanggan mengenai isi polis.



Jadi, sebelum benar-benar pergi berlibur, untuk kenyamanan Anda, tidak ada salahnya ikuti beberapa kiat berikut ini:

- Baca isi PSAKBI (Polis Standar Asuransi Kendaraan Bermotor Indonesia) dengan seksama. PSAKBI ini Anda dapatkan bersamaan dengan Polis Anda. Penting untuk mengetahui istilah-istilah standar dan bahasa hukum dalam PSAKBI. Untuk lebih memudahkan pemahanam Anda mengenai maknanya, tanyakan langsung pada petugas atau call center asuransi.

- Baca ikhtisar isi polis mobil Anda, lihat hal-hal apa saja yang dijamin perusahaan asuransi terhadap mobil Anda.

- Pastikan termasuk ke dalam jenis pertanggungan apa asuransi mobil Anda, apakah Total Loss Only atau Comprehensive. Pilih secara bijak sesuai kebutuhan.

- Perhatikan perluasan apa saja yang dijamin oleh pihak asuransi, apakah kerusuhan & huru-hara, banjir, tanah longsor, gempa bumi, tanggung jawab hukum pihak ke-3, atau lainnya. Perluasan jaminan ini bisa Anda tanya dan minta ke petugas asuransi saat membeli polis.



- Dalam hal pengajuan klaim, lengkapi dokumen pendukung seperti laporan kerugian dan kronologi kejadian, fotokopi polis, SIM, dan STNK. Bagi pelanggan Garda Oto dapat menghubungi Garda Akses 1 500 112 untuk melaporkan kejadian yang dialami.

- Catat nomor telepon penting termasuk nomor telepon provider asuransi Anda. Untuk Garda Oto bisa dihubungi melalui Garda Akses 1 500 112. Hal ini berguna untuk mendapatkan bantuan cepat dalam kondisi darurat di jalan raya. Selain itu, bagi pelanggan Garda Oto, kini bisa mengajukan klaim lebih mudah lewat aplikasi Garda Mobile Otocare. Bahkan selama masa liburan, Anda tetap bisa melakukan klaim di gerai-gerai Garda Center yang terdapat di berbagai mal di Indonesia dengan jam buka mengikuti jam operasional mal.



Pemahaman lebih baik mengenai isi polis penting artinya agar mengetahui dengan pasti apa saja yang menjadi hak dan kewajiban Anda. Dengan begitu, hubungan lebih baik antara pelanggan dengan pihak asuransi bisa terwujud dan pihak asuransi bisa memberikan pelayanan optimal bagi Anda. Sehingga tidak perlu was-was lagi ketika menikmati liburan panjang bersama keluarga. Selamat berlibur!
Editor: James P Pardede

T#g:AstraGarda OtoLiburanpolis
loading...
Loading...
Komentar
Senin, 16 Jul 2018 07:58Internasional

7 Orang Tewas Akibat Bom Bunuh Diri di Afghanistan

Seseorang meledakkan bom bunuh diri di depan kantor Kementerian Pembangunan Pedesaan di Kabul, Afghanistan, Minggu (15/7). Bom tersebut menewaskan tujuh orang dan melukai belasan orang.

Senin, 16 Jul 2018 07:53

Ekspektasi Surplus Neraca Perdagangan Diperkirakan Dapat Perkuat IHSG

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan hari ini, Senin (16/7) diperkirakan bakal kembali menguat ditopang ekspektasi surplusnya neraca perdagangan Juni 2018 yang akan diumumkan oleh Badan Pusat Statistik (BPS).

Senin, 16 Jul 2018 07:45Ekonomi

BEI Masih Berharap Freeport Lempar Saham Ke Publik

Bursa Efek Indonesia (BEI) berharap PT Freeport Indonesia (PTFI) menawarkan sahamnya ke publik usai mayoritas kepemilikannya resmi dikuasai pemerintah. Dengan menjadi perusahaan publik, tata kelola Freeport Indonesia diharapkan lebih baik.

Senin, 16 Jul 2018 07:26Ekonomi

Jokowi Minta Rest Area Jalan Tol Hanya Menjual Merek Lokal

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta tempat-tempat peristirahatan (rest area) di jalan tol tak dipenuhi oleh merek-merek asing. Jokowi ingin rest area diisi oleh merek-merek lokal.Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta tempat-tempat peristirahatan (rest a

Senin, 16 Jul 2018 07:13Nasional

Dirikan Kantor Polisi Bersama Indonesia-China di Ketapang, Jabatan AKB Sunario Dicopot

Komisioner Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) Poengky Indarti menyoroti fenomena Kantor Polisi Bersama yang dijalin dalam kerja sama Polres Ketapang, Kalimantan Barat dengan Biro Keamanan Publik Republik Rakyat Tiongkok (China) Provinsi Jiangzu Resor

Senin, 16 Jul 2018 07:04Nasional

Rumah Dirut PLN Sofyan Basir Digeledah KPK, Tiga Bundel Dokuman Dibawa Serta

Penyidik KPK menyita sejumlah berkas dan tumpukan dokumen dari rumah Dirut PLN Sofyan Basir, Minggu (15/7).

Senin, 16 Jul 2018 07:03Bola

Skuat Relatif Muda, Rata Rata usia 26,03 tahun

Dengan skuat relatif muda, rata-rata usia 26,03 tahun, Prancis tampil sebagai juara Piala Dunia 2018. Les Bleus menang 4-2 atas Kroasia dalam pertandingan final di Luzhniki Stadium

Senin, 16 Jul 2018 06:52Berita Sumut

Penyelundupan 5,297 KG Sabu-Sabu di Perairan Asahan Sumut di Gagalkan

Kali ini Tim First Fleet Quick Respons (FFQR) Lanal Tanjung Balai Asahan berhasil menangkap dan menggagalkan penyelundupan narkoba jenis sabu-sabu sebanyak 5 bungkus atau seberat 5,297 kg dari sebuah kapal motor tanpa nama dan tanpa dokumen di Tanjung Ber

Senin, 16 Jul 2018 06:42Bola

Prancis Meluapkan Kegembiraannya, Selaku Juara Piala Dunia

Prancis unggul cepat di laga ini setelah Mario Mandzukic bikin gol bunuh diri di menit 18. Namun Kroasia bisa menyamakan kedudukan melalui tendangan voli Ivan Parisic. Penalti Antoine Griezmann membuat Prancis kembali unggul 2-1 saat turun minum

Senin, 16 Jul 2018 06:30Nasional

Karena Sugito, Massa Bantai 292 Buaya di Sorong

Sugito, pria asal Jawa yang dalam kesehariannya bekerja sebagai pembuat tahu, meregang nyawa usai diterkam buaya di Jalan Bandara SP-1, Kelurahan Klamalu, Distrik Aimas, Kabupaten Sorong, Papua Barat.

Senin, 16 Jul 2018 06:17Lifestyle

Jangan Heran Bila Melihat Perempuan Lebih Sering Bersosialisasi. Karena...

Bila Anda, para pria, jangan heran bila mendapati kekasih dan perempuan lain terlihat lebih sering bersama teman atau sahabat hingga berjam-jam. Secara ilmiah, perempuan memang lebih butuh bersosialisasi dibanding pria.

Senin, 16 Jul 2018 05:52Lifestyle

Jengkel Karena Noda Kuning yang Awet Menempel? Cara Mengatasinya Gampang Loh

Musim panas bisa jadi musuh bagi sebagian orang. Bagaimana tidak, sengatan sinar matahari menyebabkan kulit Anda keringat lebih banyak.

Minggu, 15 Jul 2018 21:07Berita Sumut

Pencuri HP Dalam Warnet Terekam CCTV Diamankan Polsek Pencurbatu

Petugas unit reskrim Polsek Pancurbatu meringkus dua orang diduga melakukan pencurian Handpone warna hitam merk Vivo V7 milik Vera Br Purba ,30, Warga Dusun 5 Desa Hulu Kec. Pancurbatu di dalam Warnet Velin Net seputaran Jalan Ginting Desa Tengah Kec. P

Minggu, 15 Jul 2018 20:34Berita Sumut

DPRD Dukung Pemko Medan Kembangkan Destinasi Wisata Hutan Mangrove

Pemerintah Kota Medan melalui Dinas Pariwisata terus mengembangkan kreativitas dan inovasi untuk menyemarakkan dunia pariwisata di Kota Medan. Salah satu upaya yang dilakukan adalah mengembangkan kawasan hutan mangrove di Medan bagian Utara menjadi destin

Minggu, 15 Jul 2018 20:19Berita Sumut

Aneh...., Tak Miliki Kerjaan Tetap, Malah Kecanduan Konsumsi Narkoba

Akibat kecanduan narkoba jenis sabu sabu, hingga membeli paket sabu Rp50 ribu, pemuda berinsial DFS ,23, warga Dusun I Purnama Sari, Kelurahan Tandem Hulu II, Kecamatan Hamparan Perak ini, harus merasakan dinginya ruang tahanan Polsek Sunggal.

Minggu, 15 Jul 2018 20:17Nasional

Panglima TNI Dianugerahi Bintang Negara Brunei Darussalam DPKT

Panglima TNI Jenderal TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. dianugerahi Bintang Negara Brunei Darussalam Darjah Paduka Keberanian Laila Terbilang Yang Amat Gemilang (DPKT) yang disematkan langsung oleh Sultan Brunei Darussalam