Ekonomi

Selain Australia dan Singapura, Orang Asing Dilarang Beli Properti Di Selandia Baru


Selain Australia dan Singapura, Orang Asing Dilarang Beli Properti Di Selandia Baru / photo: ist
MATATELINGA, Selandia Baru: Selandia Baru melarang orang asing membeli properti di negaranya. Larangan itu dimuat dalam perubahan Undang-undang soal Investasi Luar Negeri yang membatasi pasar perumahan Selandia Baru.


Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern berjanji untuk menekan pembelian properti oleh orang asing. Hal ini dikarenakan lonjakan harga properti yang membuat banyak masyarakat setempat tidak mampu memiliki properti di negaranya sendiri.

"Jika Anda punya hak untuk tinggal di Selandia Baru secara permanen, Anda punya hak untuk membeli di sini. Kami percaya itu hak asasi orang Selandia Baru untuk membeli rumah," ujar Menteri Perdagangan Selandia Baru David Parker, Kamis (16/8/2018).


Demographia, Lembaga Kebijakan Publik Selandia Baru menyebut Auckland sebagai kota terbesar di Selandia Baru telah menjadi salah satu tempat paling terjangkau di dunia untuk membeli rumah.

Namun, harga rumah meningkat hampir dua kali lipat selama beberapa dekade terakhir. Bahkan, bank sentral setempat mengungkap kenaikan harga rumah sepanjang tahun ini telah mencapai 5 persen.

Statistik resmi Selandia Baru menunjukkan sebagian besar dari orang asing yang memborong properti berasal dari China. Namun, kepemilikan asing terhadap properti itu pun tak lebih dari tiga persen terhadap total transaksi properti di Selandia Baru.


Selandia Baru memang terbukti menjadi tempat retret populer bagi orang-orang kaya di dunia. Investor miliarder Peter Thiel dan Matt Lauer, sebagai contoh orang kaya dunia yang memiliki properti di Selandia Baru.

"Kami tidak tahu bagaimana itu (amendemen UU yang membatasi pembelian properti oleh orang asing) akan memengaruhi pasar. Namun, harga rumah bisa berhenti naik sebelum akhir tahun, atau bahkan mulai turun karena aturan itu," kata Ekonom Westpac Dominick Stephens.

Menurut aturan tersebut, larangan pembelian properti di Selandia Baru tidak akan berlaku untuk warga negara Australia dan Singapura. Hal ini dikarenakan kedua negara memiliki aturan perjanjian dengan Selandia Baru.

Australia, tetangga Selandia Baru juga diketahui memperlambat laju harga properti di negaranya dengan menerapkan larangan serupa. Hasilnya, harga rumah di Australia mulai turun sejak tahun lalu.

Penulis
: Fidel W
Editor
: Fidel W
Sumber
: cnn
Tag:harga tanah dan rumah naikPropertiSelandia Baru

Situs ini menggunakan cookies. Untuk meningkatkan pengalaman Anda saat mengunjungi situs ini mohon Anda setujui penggunaan cookies pada situs ini.