MARHABAN YA RAMADHAN

Sumut Masih Berpeluang Tekan Inflasi

amelia Jumat, 26 April 2019 17:15 WIB
mtc/net
MATATELINGA, Medan : Melihat tren perkembangan harga selama bulan April ini, Sumatera Utara (Sumut) masih berpeluang mencetak laju tekanan inflasi. Sejumlah harga kebutuhan pokok masih mengalami kenaikan yang cukup signifikan. Salah satu komoditasnya adalah bawang putih dimana harganya mengalami kenaikan yang sangat tajam. Jika membandingkan kenaikan harga bawang putih dengan bulan lalu, maka harganya sudah mengalami lonjakan 100%.

Pengamat ekonomi Sumut, Gunawan Benjamin mengungkapkan di pertengahan bulan lalu harga bawang putih itu sekitar Rp 24 ribu per kg. Sementara saat ini harganya meroket menjadi Rp 48 hingga Rp 50 ribu per kg nya. Kalau membandingkan harga bawang putih pertengahan bulan Maret dan pertengahan bulan ini, harga bawang putih naik sekitar 30% harganya. Jadi kalau ditarik data dalam kurun waktu 1 hingga 1.5 bulan terakhir, maka terjadi kenaikan harga bawang putih berkisar 30% hingga 100%.
 
"Saya sangat yakin bawang putih akan menyumbangkan inflasi yang sangat signifikan. Terlebih lagi jika terjadi tekanan lanjutan pada bawang putih di pekan terakhir April ini. Dan masuk dalam perhitungan laju tekanan inflasi. Selain bawang putih, ada daging ayam yang juga berpeluang menyumbang inflasi. Daging ayam jika merujuk kepada hari ini harganya sudah menjadi Rp 30 ribu per Kg. Naik dibandingkan pertengahan bulan lalu sekitar Rp 28 ribu," ungkapnya, Jumat (26/4).
 
Tetapi, sambungnya, harga daging ayam pertengahan bulan ini masih lebih rendah dibandingkan dengan harga pertengahan bulan lalu. Dimana di tengah bulan April harga daging ayam berkisar Rp 26 ribu per Kg. Sementara itu, harga bawang merah mengalami tren penurunan harga selama sebulan terakhir. Di pertengahan bulan kemarin harganya Rp 34 ribu per kg, terus mengalami penurunan di pertengahan bulan ini di Rp 32 ribu per kg dan menjadi Rp 30 ribu per kg saat ini.
 
Jadi bawang merah sangat potensial menyumbang deflasi. Sementara bang merah peluangnya masih sama besar untuk menyumbang inflasi atau deflasi. Selain itu terjadi kenaikan pada harga beras selama bulan April ini. Kenaikannya rata-rata mencapai Rp 300 per Kg.
 
"Hanya saja saya tidak yakin harga beras ini akan dimasukkan dalam penyumbang inflasi. Karena 3 bulan sebelumnya harga beras justru mengalami keterpurukan yang juga tidak dimasukkan dalam hitung-hitungan deflasi. Selain bawang putih yang secara konsisten naik, cabai merah juga mengalami kenaikan yang cukup besar.
 
Dibandingkan dengan harga cabai merah di pertengahan maupun akhir bulan kemarin, cabai merah sudah mengalami kenaikan sebesar 20% hingga 50%. Rata-rata harga cabai merah di bulan maret itu berkisar Rp 20 hingga Rp 25 ribu per Kg, sementara di bulan April Rp 23 hingga Rp 32 ribu per kg. harga cabai merah ini yang sangat besar berpeluang memberikan inflasi ke Sumut.
 
"Secara keseluruhan jika menghitung besaran inflasi di bulan april hingga hari ini, maka Sumut berpeluang mencetak inflasi sekitar 0.35% hingga 0.4%. Namun, peluang inflasi di angka 0.2% an sangat terbuka jika menjelang akhir bulan harga bawang putih mengalami penurunan dan cabai merah berbalik di kisaran Rp 25 ribuan, atau sampel data hanya terbatas pada pertengahan bulan April sebagai komponen yang dihitung inflasi," tuturnya.
 
Namun jika harga cabai merah dan bawang putih terus mengalami kenaikan. Maka peluang inflasi di atas 0.4% sangat terbuka. Besaran inflasi Sumut ini masih dikategorikan aman. Tetapi pemerintah harus terus berada di pasar untuk memantaunya. (mtc/amel)
Editor: Faeza

T#g:Gunawan benjaminPengamat ekonomi SumutSumut Masih Berpeluang Tekan Inflasi
Komentar
Jumat, 24 Mei 2019 23:45Berita Sumut

Buka Puasa Bersama Insan Pers, Gubernur Edy Harapkan Wartawan Beritakan Kesulitan Rakyat

Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi percaya bahwa insan pers memiliki peran

Jumat, 24 Mei 2019 23:30Nasional

Tim Prabowo-Sandi Resmi Ajukan Gugatan Sengketa Pemilu ke MK

Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi resmi mendaftarkan gugatan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU)

Jumat, 24 Mei 2019 23:15Nasional

11 Jam Diperiksa, Amien Rais Dicecar 37 Pertanyaan

Hampir 11 jam Ketua Dewan Pembina Partai Amanat Nasional (PAN), Amien Rais diperiksa penyidik Polda Metro Jaya

Jumat, 24 Mei 2019 22:50Berita Sumut

Gubernur: Segera Benahi Organisasi Gerakan Pramuka

Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi membuka secara resmi Musyawarah Daerah (Musda) Gerakan Pramuka Sumut, Jumat (24/5/2019) di Kantor UPT Pertanian Jalan AH Nasution Medan. Gubernur berpesan agar segera dilakukan pembenahan terhadap organisasi

Jumat, 24 Mei 2019 22:44Berita Sumut

Aksi GNKR di DPRD Sumut Mulai Ricuh, Kapolrestabes Lantunkan Zikir

Aksi unjuk rasa Gerakan Nasional Kedaulatan Rakyat di DPRD Sumut memanas, Kamis (24/5) memanas. Massa aksi mulai melempari benda ke arah gedung DPRD Sumut.

Jumat, 24 Mei 2019 22:35Aceh

Kenapa kantor keuchik di Segela Warga...?

Kantor Desa Suak Raya, Kecamatan Johan Pahlawan, Kabupaten Aceh Barat disegel warga, Kamis (23/5/2019).

Jumat, 24 Mei 2019 22:20Berita Sumut

Ramadhan 1440 H Badan Amil Zakat Nasional Pemkab Asahan Serahkan Zakat

Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Asahan, Jum’at (24/5/2019) telah meyerahkan zakat kepada mustahik sebanyak 1.604 orang dari 201 desa / kelurahan yang berada di 25 Kecamatan di Asahan, penyerahan zakat oleh Baznas Asahan juga dihadiri oleh Plt

Jumat, 24 Mei 2019 22:05Internasional

Akibat Kelelahan, Tiga Pendaki Gunung Meninggal Dunia

Para pendaki dilaporkan kelelahan saat mengantre menuju puncak Gunung everest, meninggal dunia saat mengantre menuju puncak. Jumlah korban tewas menjadi tujuh dalam seminggu.

Jumat, 24 Mei 2019 21:50Berita Sumut

Sesosok Bayi Laki Laki ditemukan Sudah Membusuk di PTPN2

Warga Dusun VIII Pasar III Desa Kelumpang Kebun, Kecamatan Hamparan Perak Kabupaten Deli Serdang diebohkan dengan penemuan sesosok bayi jenis laki-laki yang sudah membusuk, di areal perkebunan tebu, Jumat (24/5/2019).

Jumat, 24 Mei 2019 21:35Berita Sumut

Sekda Ajak Warga Medan Bantu Para Mustahik

Pemko Medan bersama Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Sumatera Utara serta Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Medan menyerahkan zakat kepada 400 orang siswa miskin dan kaum Dhuafa, di Atrium Plaza Medan fair Jalan Jend Gatot Subroto

Jumat, 24 Mei 2019 21:20Berita Sumut

Koordinator Wartawan Pemko Medan Berbagi Takjil

Koordinator Wartawan di lingkungan Pemerintah Kota (Pemko) Medan berbagi takjil berbuka puasa di Jalan Balai Kota, Medan, Jumat (24/5/2019) sore.

Jumat, 24 Mei 2019 21:05Berita Sumut

Akhyar Beri Bantuan Kepada Korban Kebakaran Jalan Alumunium III

Pemko Medan memberikan bantuan kepada korban kebakaran di Jalan Alumunium III Lingkungan XII Kelurahan Tanjung Mulia Kecamatan Medan Deli, Jumat (24/5/2019). Penyerahan bantuan ini diserahkan langsung Wakil Wali Kota Medan Ir Akhyar Nasution MSi usai mel

Jumat, 24 Mei 2019 20:50Berita Sumut

Desa Buntu Pane Duta Asahan Dalam Lomba Desa Tingkat Propinsi Sumatera Utara

Desa Buntu Pane kecamatan Buntu Pane Asahan setelah menjadi juara lomba tingkat kabupaten Asahan pada tahun 2018 lalu, kini desa Buntu Pane menjadi duta Kabupaten Asahan dalam mengikuti lomba desa pada tingkat Prpinsi Sumatera Utara tahun 2019.

Jumat, 24 Mei 2019 20:46Berita Sumut

Kelelahan Kawal Aksi Unras, Sejumlah Polisi Terlelap di Halaman DPRD Sumut

Saat pengunjuk rasa di DPRD Sumut menunaikan salat Isya dan Tarawih berjamaah, sejumlah personil Polri yang melakukan pengamanan menyempatkan diri untuk beristirahat.

Jumat, 24 Mei 2019 20:35Berita Sumut

Wali Kota Hadiri Rapat Pengamanan Idul Fitri 1440 H Di Mapoldasu

Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH menghadiri Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Operasi Ketupat Toba 2019 di Mapolda Sumut, Jumat (24/5/2019). Rapat yang digelar jajaran Polda Sumut ini dalam rangka kesiapan pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1440

Jumat, 24 Mei 2019 20:20Berita Sumut

Wali Kota Jadikan Ramadhan Momentum Bangun Jembatan Hati

Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH menjadikan bulan suci Ramadhan 1440 H sebagai momentum membangun jembatan hati dan meningkatkan tali silaturahmi dengan masyarakat melalui Safari Ramadhan. Kehadiran Wali Kota bersama sejumlah pimpinan organ