• Home
  • Ekonomi
  • Tahun 2018, Investasi di Sektor Properti Masih Diminati

WAKIL KETUA DPP REI RUSMIN LAWIN :

Tahun 2018, Investasi di Sektor Properti Masih Diminati

Mtc/James Selasa, 02 Januari 2018 11:19 WIB
Internet
Investasi di sektor properti masih akan tumbuh di 2018
MATA TELINGA-Medan : Wakil Ketua Umum DPP REI bidang hubungan luar negeri Rusmin Lawin menyampaikan bahwa investasi di sektor properti masih akan bertumbuh di tahun 2018. Hanya saja, berdasarkan pengamatan kita banyak investor atau pemodal yang menahan diri untuk membeli properti karena beberapa hal dan aturan yang ditetapkan pemerintah terutama dibidang perpajakan seringkali membuat pembeli bingung. Aturan tersebut terkadang diluar ketentauan yang ada seperti adanya tambahan biaya-biaya yang memberatkan. Kendala lainnya adalah masih kurang kondusifnya sebuah daerah dengan adanya kutipan-kutipan liar pada saat pembangunan properti akan berlangsung atau sedang berlangsung.



"Kalau melihat secara keseluruhan, kinerja sektor properti di pengujung tahun 2017 masih dalam tren rendah, meskipun ada indikator yang menunjukkan pemulihan. Harga dan penjualan perumahan hanya tumbuh di bawah 5% dalam rentang beberapa bulan memasuki tahun 2017. Perkembangan sektor ini di tahun politik diharapkan akan sedikit membaik dibandingkan tahun 2017, tapi masih perlahan. Banyak pembeli yang hendak menjadikan sektor ini sebagai investasi asal pemerintah tegas dalam membuat aturan-aturan yang pada prinsipnya tidak memberatkan," papar Rusmin Lawin di Medan, Selasa (02/01/2018).



Pertumbuhan harga dan penjualan perumahan hingga kuartal III-2017 masih dalam level rendah. Berdasarkan survei Bank Indonesia (BI), indeks harga properti residensial tumbuh 3,3% year on year (yoy) sedikit lebih tinggi dibandingkan periode sama tahun sebelumnya (2016), yang hanya tumbuh 2,8% (yoy). Tapi masih lebih rendah dibandingkan tahun 2014 dan 2015 yang mampu mencatat pertumbuhan di atas 5% (yoy).

Sejalan pertumbuhan harga yang masih rendah, pertumbuhan penjualan perumahan pada kuartal III-2017 melemah menjadi 2,6% quarter on quarter (qoq), lebih rendah dibandingkan tahun 2014-2015 yang dapat mencapai dobel digit, bahkan lebih dari 40% (qoq) pada akhir tahun 2014. Sebaliknya kredit properti mulai terlihat tanda pemulihan. Pertumbuhan kredit pemilikan rumah dan apartemen (KPR dan KPA) mulai meningkat sejak Juni 2017. Pada Juni 2017 KPR dan KPA secara tahunan hanya tumbuh 7,9%, kemudian meningkat menjadi 10,6% pada September 2017. Pertumbuhan membaik ini disertai dengan rasio kredit bermasalah (NPL) stabil di level 2,8%.



"Di pasar yang semakin kompetitif sekarang, pengembang dituntut untuk lebih kreatif dan inovatif. Baik dari sisi design maupun marketingnya," kata Rusmin Lawin yang juga
Anggota Dewan Gubernur FIABCI 2018-2019.

Kemudian, relaksasi peraturan yang mengizinkan investor asing boleh membeli properti tanah air merupakan perluasan pasar baru bagi industri properti tanah air. Tentunya dengan batasan harga minimal yang berbeda di setiap daerah.

Rusmin Lawin beberapa waktu lalu telah melakukan serangkaian perjalanan ke beberapa negara untuk meyakinkan mereka bahwa berinvestasi di Indonesia masih sangat menguntungkan. Seperti lobi dengan Kementerian MLIT ( Ministry of Land, Infrastructure,Transportation and Tourism) dan beberapa institusi pembangunan, investasi dan keuangan penting seperti JCODE (Japan Conference on Overseas Development of Eco Cities) dan JOIN ( Japan Overseas Infrastructure Investment Corporation for Transport and Urban Development), JUDANREN dan Sekisui Hem Group.



"IHA adalah asosiasi pengembang dunia yang berperan sebagai platform bagi pengembang di seluruh dunia dalam rangka melakukan pertukaran oengetahuan dan pengalaman, pengenalan teknologi terkini dan pencarian solusi untuk mengatasi isu isu pembangunan perumahan secara umum termasuk solusi pembangunan dan pembiayaan rumah murah," papar Rusmin Lawin.


 
Rusmin Lawin berkesempatan melakukan kunjungan kehormatan ke Menteri MLIT Keiichi Ishii yang didampingi oleh Presiden Japan Federation of Housing Organisations  (JUDANREN) Isami Wada dengan agenda utama menyampaikan  perkembangan terkinitentang investasi perusahaan Jepang dalam pembangunan proyek real estat di tanah air dan sekaligus melakukan lobi agar Menteri Keiichi Ishii terus mendukung peningkatan investasi tersebut terus ketanah air terutama di beberapa program strategis seperti program pembangunan 1 juta rumah yang difokuskan pada rumah murah, smart city dan pembangunan perumahan di perkotaan yang berbasis eco-green.



"Program pemerintah membangun sejuta rumah bagi masyarakat kurang mampu menjadi peluang bagi investor dan peluang juga bagi masyarakat untuk segera memiliki rumah dengan DP murah. Apabila program ini berjalan sesuai dengan harapan, maka akan berdampak pada industri lainnya seperti semen, cat, besi, kayu dan akan membutuhkan ratusan atau mungkin ribuan pekerja. Selain menggerakkan roda perekonomian, program ini nantinya bisa menyerap ribuan tenaga kerja," tandasnya.
Editor: James P Pardede

T#g:Investasi 2018PropertiREIRusmin Lawin
Komentar
Selasa, 23 Okt 2018 07:31Berita Sumut

Mahasiswa ITM dan Petugas Satpol PP Bentrok, Belasan Luka Luka

Bentrokan antara mahasiswa Institut Teknologi Medan (ITM) dengan Petugas Satpol PP pecah di depan kampusnya di Jalan Gedung Arca, Kelurahan Teladan Barat, Kacamatan Medan Kota

Selasa, 23 Okt 2018 07:16Nasional

Panglima TNI Pimpin Sertijab Tiga Pejabat Teras Mabes TNI

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P., memimpin Pengambilan Sumpah, Penandatanganan Pakta Integritas dan Serah Terima Jabatan tiga Pejabat Teras di lingkungan Mabes TNI, bertempat di Ruang Hening Gedung Soedirman, Mabes TNI Cilangkap, Jakarta

Selasa, 23 Okt 2018 07:01Berita Sumut

Gubernur Sumut Minta FORKADA Nias Fokus Tiga Prioritas Pembangunan

Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi meminta para kepala daerah yang tergabung dalam Forum Kepala Daerah (Forkada) Nias untuk fokus kepada tiga prioritas pembangunan Pulau Nias. Yaitu, pariwisata, perikanan, dan pangan (pertanian dan peternakan).

Selasa, 23 Okt 2018 06:46Berita Sumut

Kunker Kapolres Asahan Ke Mapolsek Kota Kisaran Sembari Kukuhkan PAMK

Kunjungan Kerja Kapolres Asahan AKBP.Yemi Mandagi,SIK beserta Ketua Bhayangkari Polres Asahan Ny.dr.Bobby Yemi Mandagi ke Mapolsek Kota Kisaran sekaligus melantik dan mengkukuhkan kepengurusan Pemuka Agama Mitra Kamtibmas unit Polsek Kota Kisaran

Selasa, 23 Okt 2018 06:31Nasional

Tim Psikologi TNI AL Laksanakan Trauma Healing Keluarga Besar Lanal Palu

Sejumlah 115 Ibu-ibu dan Anak-anak keluarga besar Pangkalan TNI AL Palu yang menjadi korban Bencana Gempa Bumi dan Tsunami yang terjadi beberapa waktu yang lalu, mengikuti kegiatan Trauma Healing oleh Tim Psikologi Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut

Senin, 22 Okt 2018 20:25Berita Sumut

Camat Kota Kisaran Timur Apresiasi Kinerja Polsek Kota

Camat kota Kisaran Timur Irwandi mengapresiasi kinerja kapolsek Kota Kisaran Iptu.Rianto,SH.MAP yang telah dapat memberikan pengayoman serta dapat mengeleminir gejolak yang dapat menimbulkan gangguan kamtibmas di wilayah hukum Polsek Kisaran kota, hal ter

Senin, 22 Okt 2018 18:36Berita Sumut

Gubsu Serahkan Tali Asih dan Penghargaan Kafilah MTQN XXVII, Harapkan Sumut Kembali Bangkit

Ukiran sejarah ditorehkan para kafilah Sumatera Utara (Sumut) pada perhelatan Musabaqoh Tilawatil Quran tingkat Nasional (MTQN) XXVII 2018 dengan menempati peringkat tiga peraih medali terbanyak dari 34 provinsi. Capaian ini pun diharapkan mampu membangk

Senin, 22 Okt 2018 18:12Berita Sumut

Dua Babinsa Grebek Lokasi Pesta Narkoba di Medan, 23 Paket Sabu Diamankan

Dua Babinsa jajaran Kodim 0201/BS Medan berhasil mengamankan 23 paket sabu, dan satu butir ineks dari lokasi pesta narkoba di Jln Bajak I, Lingkungan 1, Kel. Harjosari 2, Kec. Medan Amplas, Kota Medan, Minggu malam (21/10/2018) pukul 20.55 Wib.

Senin, 22 Okt 2018 17:45Berita Sumut

Duh, Hanya Karena Persoalan Ini Sekeluarga di Tanjung Morawa Dibunuh

Kapolda Sumut Irjen Pol Agus Andrianto akhirnya memaparkan motif pembunuhan sekeluarga di Tanjung Morawa yang dilakukan tiga orang tersangka. Ternyata motifnya hanya karena persoalan sepele.

Senin, 22 Okt 2018 17:15Berita Sumut

Gubernur Ajak Anggota DPD RI Bersama-sama Membangun Sumut

Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi mengajak seluruh anggota DPD RI asal Sumut untuk bersama-sama membangun daerah ini. Karena masih banyak persoalan yang ada di Sumut yang belum terselesaikan. Padahal, banyak sumber daya alam, namun belum diman

Senin, 22 Okt 2018 17:00Berita Sumut

Pemprov Sumut-LIPIA Bicarakan Pengembangan Pendidikan Bahasa Arab di Sekolah

Pemerintah provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) menyambut baik kedatangan Lembaga Ilmu Pengetahuan Islam dan Arab (LIPIA). Salah satunya untuk membicarakan pengembangan pendidikan Bahasa Arab di sekolah-sekolah, khususnya tingkat SMP dan SMA/SMK.

Senin, 22 Okt 2018 16:30Berita Sumut

Kapolda Sumut Buka Workshop Divisi Humas Mabes Polri di Medan

Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol Agus Andrianto membuka workshop Penguatan Tim Media Sosial dan Media Online Wilayah Polda sumut di Emerald Garden jalan K.L Yos Sudarso, Senin (22/10).

Senin, 22 Okt 2018 16:00Berita Sumut

Selama 3 Pekan, 65 TSK Diamankan Sat Reskrim Polres Labuhanbatu

Selama 3 pekan pihak Sat Reskrim Polres Labuhanbatu dibawah kepemimpinan AKP Teuku Fatir SH Sik ,mengungkap 56 kasus kejahatan yakni curas, curat dan curanmor dengan 65 orang tersangka.

Senin, 22 Okt 2018 15:48Berita Sumut

Grebek Gudang Pengoplos Gas Subsidi di Jalan Kompos, Polrestabes Medan Sita Puluhan Tabung Gas

Satreskrim Polrestabes Medan menggrebek gudang pengoplos gas di Jalan Kompos Gang Pribadi, Rabu (17/10). Dalam penggrebekan ini, polisi mengamankan dua orang pelaku dan menyita berbagai jenis tabung gas.

Senin, 22 Okt 2018 15:20Berita Sumut

Pejabat Pembuat Komiten Proyek Pengadaan Seragam SD Disdik Labusel Divonis Bebas

Satu dari dua terdakwa kasus dugaan korupsi pengadaan seragam SD Tahun Anggaran (TA) 2016 di Dinas Pendidikan (Disdik) Labuhan Batu Selatan (Labusel) divonis bebas.

Senin, 22 Okt 2018 15:02Berita Sumut

Eksepsi Kompol Fahrizal Ditolak Hakim, Sidang Tetap Dilanjutkan

Eksepsi (keberatan) atas dakwaan yang diajukan tim kuasa hukum Kompol Fahrizal akhirnya kandas. Majelis hakim yang diketuai Deson Togatorop menolak seluruh eksepsi mantan Wakapolres Lombok Tengah itu.