• Home
  • Ekonomi
  • Tahun 2018, Investasi di Sektor Properti Masih Diminati

WAKIL KETUA DPP REI RUSMIN LAWIN :

Tahun 2018, Investasi di Sektor Properti Masih Diminati

Mtc/James Selasa, 02 Januari 2018 11:19 WIB
Internet
Investasi di sektor properti masih akan tumbuh di 2018
MATA TELINGA-Medan : Wakil Ketua Umum DPP REI bidang hubungan luar negeri Rusmin Lawin menyampaikan bahwa investasi di sektor properti masih akan bertumbuh di tahun 2018. Hanya saja, berdasarkan pengamatan kita banyak investor atau pemodal yang menahan diri untuk membeli properti karena beberapa hal dan aturan yang ditetapkan pemerintah terutama dibidang perpajakan seringkali membuat pembeli bingung. Aturan tersebut terkadang diluar ketentauan yang ada seperti adanya tambahan biaya-biaya yang memberatkan. Kendala lainnya adalah masih kurang kondusifnya sebuah daerah dengan adanya kutipan-kutipan liar pada saat pembangunan properti akan berlangsung atau sedang berlangsung.



"Kalau melihat secara keseluruhan, kinerja sektor properti di pengujung tahun 2017 masih dalam tren rendah, meskipun ada indikator yang menunjukkan pemulihan. Harga dan penjualan perumahan hanya tumbuh di bawah 5% dalam rentang beberapa bulan memasuki tahun 2017. Perkembangan sektor ini di tahun politik diharapkan akan sedikit membaik dibandingkan tahun 2017, tapi masih perlahan. Banyak pembeli yang hendak menjadikan sektor ini sebagai investasi asal pemerintah tegas dalam membuat aturan-aturan yang pada prinsipnya tidak memberatkan," papar Rusmin Lawin di Medan, Selasa (02/01/2018).



Pertumbuhan harga dan penjualan perumahan hingga kuartal III-2017 masih dalam level rendah. Berdasarkan survei Bank Indonesia (BI), indeks harga properti residensial tumbuh 3,3% year on year (yoy) sedikit lebih tinggi dibandingkan periode sama tahun sebelumnya (2016), yang hanya tumbuh 2,8% (yoy). Tapi masih lebih rendah dibandingkan tahun 2014 dan 2015 yang mampu mencatat pertumbuhan di atas 5% (yoy).

Sejalan pertumbuhan harga yang masih rendah, pertumbuhan penjualan perumahan pada kuartal III-2017 melemah menjadi 2,6% quarter on quarter (qoq), lebih rendah dibandingkan tahun 2014-2015 yang dapat mencapai dobel digit, bahkan lebih dari 40% (qoq) pada akhir tahun 2014. Sebaliknya kredit properti mulai terlihat tanda pemulihan. Pertumbuhan kredit pemilikan rumah dan apartemen (KPR dan KPA) mulai meningkat sejak Juni 2017. Pada Juni 2017 KPR dan KPA secara tahunan hanya tumbuh 7,9%, kemudian meningkat menjadi 10,6% pada September 2017. Pertumbuhan membaik ini disertai dengan rasio kredit bermasalah (NPL) stabil di level 2,8%.



"Di pasar yang semakin kompetitif sekarang, pengembang dituntut untuk lebih kreatif dan inovatif. Baik dari sisi design maupun marketingnya," kata Rusmin Lawin yang juga
Anggota Dewan Gubernur FIABCI 2018-2019.

Kemudian, relaksasi peraturan yang mengizinkan investor asing boleh membeli properti tanah air merupakan perluasan pasar baru bagi industri properti tanah air. Tentunya dengan batasan harga minimal yang berbeda di setiap daerah.

Rusmin Lawin beberapa waktu lalu telah melakukan serangkaian perjalanan ke beberapa negara untuk meyakinkan mereka bahwa berinvestasi di Indonesia masih sangat menguntungkan. Seperti lobi dengan Kementerian MLIT ( Ministry of Land, Infrastructure,Transportation and Tourism) dan beberapa institusi pembangunan, investasi dan keuangan penting seperti JCODE (Japan Conference on Overseas Development of Eco Cities) dan JOIN ( Japan Overseas Infrastructure Investment Corporation for Transport and Urban Development), JUDANREN dan Sekisui Hem Group.



"IHA adalah asosiasi pengembang dunia yang berperan sebagai platform bagi pengembang di seluruh dunia dalam rangka melakukan pertukaran oengetahuan dan pengalaman, pengenalan teknologi terkini dan pencarian solusi untuk mengatasi isu isu pembangunan perumahan secara umum termasuk solusi pembangunan dan pembiayaan rumah murah," papar Rusmin Lawin.


 
Rusmin Lawin berkesempatan melakukan kunjungan kehormatan ke Menteri MLIT Keiichi Ishii yang didampingi oleh Presiden Japan Federation of Housing Organisations  (JUDANREN) Isami Wada dengan agenda utama menyampaikan  perkembangan terkinitentang investasi perusahaan Jepang dalam pembangunan proyek real estat di tanah air dan sekaligus melakukan lobi agar Menteri Keiichi Ishii terus mendukung peningkatan investasi tersebut terus ketanah air terutama di beberapa program strategis seperti program pembangunan 1 juta rumah yang difokuskan pada rumah murah, smart city dan pembangunan perumahan di perkotaan yang berbasis eco-green.



"Program pemerintah membangun sejuta rumah bagi masyarakat kurang mampu menjadi peluang bagi investor dan peluang juga bagi masyarakat untuk segera memiliki rumah dengan DP murah. Apabila program ini berjalan sesuai dengan harapan, maka akan berdampak pada industri lainnya seperti semen, cat, besi, kayu dan akan membutuhkan ratusan atau mungkin ribuan pekerja. Selain menggerakkan roda perekonomian, program ini nantinya bisa menyerap ribuan tenaga kerja," tandasnya.
Editor: James P Pardede

T#g:Investasi 2018PropertiREIRusmin Lawin
loading...
Loading...
Komentar
Kamis, 19 Jul 2018 20:02Berita Sumut

Berbagi Itu Bagian dari Wujud Kepedulian kepada Sesama

Berbagi dengan sesama adalah wujud dari kepedulian terhadap anak panti asuhan dan anak yang kurang beruntung ditengah keluarga kurang mampu.

Kamis, 19 Jul 2018 19:48Berita Sumut

14 Warga Ditetapkan Sebagai Tersangka Kerusuhan di Taput

Penyidik Polres Tapanuli Utara (Taput), menetapkan 14 orang sebagai tersangka dalam aksi yang berakhir pada pengrusakan Kantor Panwaslih Taput di Hutagalung, Tarutung, Senin (16/17/2018) kemarin.

Kamis, 19 Jul 2018 19:25Berita Sumut

Ini Alasan Dirut PTPN II Batalkan SK Persetujuan Penghapusbukuan Tanah 106 Hektar

Direktur Utama( Dirut) PTPN II, Ir Teten Jaka bersama dua anak buahnya mengaku dipanggil dan diperiksa penyidik Kejaksaan Agung( Kejagung) karena dianggap menghambat proses persidangan.

Kamis, 19 Jul 2018 17:15Berita Sumut

Sosialisasi Penguatan Kapasitas Pengelola Pelayanan Informasi Publik

Pemerintah Kota (Pemko) Binjai melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) menggelar kegiatan penguatan kapasitas pengelola pelayanan informasi publik, yang diikuti seluruh pimpinan OPD, dan Kepala Bagian (Kabag), Narasumber yaitu Robinson Simb

Kamis, 19 Jul 2018 17:00Berita Sumut

Walikota Binjai Terima Peserta Pertukaran Pelajar Asal Italia

Walikota Binjai HM Idaham SH Msi menerima kunjungan Emanuele Colombo, remaja asal Italia yang menjadi peserta program pertukaran pelajar kerjasama Bina AntarBudaya dan American Field Service (AFS), di ruang Binjai Command Center Kantor Walikota B

Kamis, 19 Jul 2018 16:45Berita Sumut

Dinsos Sosialisasikan Dana Penerima Bantuan Dari Pemerintah

Sosialisasi Basis Data Terpadu (BDT) atau yang lebih dikenal pemutahiran daftar penerima bantuan di Kecamatan Silaen Kabupaten Tobasa Sumatera Utara pada Kamis siang, 19/7/18 dilaksanakan di Balai Pertemuan Silaen. Dalam pertemuan tersebut hadir 23 kep

Kamis, 19 Jul 2018 16:30Berita Sumut

Bacaleg Pernah Terjerat Hukum Tetap Peroleh SKCK

Meski pernah terjerat kasus hukum, seorang bakal calon legislatif (bacaleg) akan tetap dapat memperoleh Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK).

Kamis, 19 Jul 2018 16:19Berita Sumut

10 Bulan Buron, Polisi Bekuk Pelaku Penganiayaan

Petugas Kepolisian Sektor Lolowau Polres Nias Selatan meringkus seorang tersangka pelaku penganiayaan di Pekan Lolowau Desa Lolowau Kecamatau Lolowau Kabupaten Nias Selatan

Kamis, 19 Jul 2018 16:00Berita Sumut

Suami Kabur, Wanita Ini Diringkus Polisi dalam Kasus Narkoba

Tim pegasus Polsek Pancur Batu mengamankan seorang ibu rumah tangga yang disinyalir mengedarkan narkotika jenis daun ganja kering. Tersangka berinisial W (35) diringkus di dalam rumahnya di Jalan Bunga Kardiol Kel. Ladang Bambu Kec. Medan Tuntungan Medan

Kamis, 19 Jul 2018 15:33Berita Sumut

Sekdaprovsu Tekankan Agar ASN Perhatikan Penulisan Tata Naskah Dinas

Untuk menciptakan tata laksana pemerintahan yang lebih jelas, efektif, efisien dan akuntabel, Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara (Sekdaprovsu) Dr Ir Hj R Sabrina MSi menekankan kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) agar memperhatikan penulisan tata na

Kamis, 19 Jul 2018 15:18Berita Sumut

Pj Gubsu Pesan Hindarkan Perbuatan Tercela dan Korupsi

Sebanyak 85 orang CPNS lulusan Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) angkatan XXIV 2017 ditempatkan di lingkungan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprov Sumut) dan 33 kabupaten/kota. Penjabat Gubernur Sumut (Pj Gubsu) Drs Eko Subowo MBA pun berpe

Kamis, 19 Jul 2018 15:00Berita Sumut

Tahanan Rutan Kabanjahe Kabur, Polisi Imbau Serahkan Diri

Polres Tanah Karo hingga saat ini masih memburu Roni Sanjaya Sitepu (36) tahanan Rutan Kabanjahe yang melarikan diri usai sidang di PN Kabanjahe pada Rabu (18/7/2018) kemarin.

Kamis, 19 Jul 2018 14:45Berita Sumut

Cegah Aksi Kejahatan, Polsek Medan Baru Seser Jalanan

Untuk mencegah terjadinya tindak pidana curas,curat dan curanmor serta penyakit masyarakat lainnya, 14 orang personil Polsek Medan Baru yang dipimpin oleh Panit 2 intelkam Iptu Syafrizal dan Perwira pengawas Ipda Qiuman Sihombing melaksanakan razia tepat

Kamis, 19 Jul 2018 14:30Berita Sumut

Kunjungai Pemko Binjai, Pemprov Papua Barat Belajar Hal Ini

Pemerintah Provinsi Papua Barat berkunjung ke Kota Binjai guna mempelajari sistem command center, rombongan disambut oleh Sekdako Binjai, M Mahfullah P Daulay didampingi segenap pimpinan OPD, bertempat di ruang Binjai Command Center (BCC), Selasa (17/7).

Kamis, 19 Jul 2018 14:15Berita Sumut

Bersama Unsur Muspika Medan Polonia, Bhabinkamtibmas Polsek Medan Baru Gotong Royong Bersihkan Rumah Ibadah

Bhabinkamtibmas Polsek Medan Baru bersama unsur TNI dan Muspika Kecamatan Polonia melaksanakan gotong royong di Gereja GKPS jalan Cik Ditiro dan Vihara Gunung Timur di jalan Hang tuah no 16 kelurahan madras hulu kecamatan Medan Polonia, Kamis (19/7/2018)

Kamis, 19 Jul 2018 14:00Berita Sumut

Penasehat Militer RI untuk PBB : Pasukan Perdamaian Menjaga Ketertiban Dunia

Tujuan pengiriman Prajurit TNI yang tergabung dalam Pasukan Perdamaian PBB adalah dalam rangka turut serta melaksanakan, menjaga ketertiban dunia yang adil dan beradab, seperti halnya ke Minusca (Multidimensional Integrated Stabilization Mission in Centr