• Home
  • Ekonomi
  • Tahun Politik : Jika Suasana Kondusif, Pertumbuhan Ekonomi Berdampak Positif

Tahun Politik : Jika Suasana Kondusif, Pertumbuhan Ekonomi Berdampak Positif

Mtc/James Selasa, 02 Januari 2018 13:41 WIB
Ilustrasi Internet
Asumsi Makro 2018
MATATELINGA, Jakarta : Saat penekanan palm hand screen tepat pukul 09.00 WIB di BEI, JK didampingi Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso, Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo beserta Direktur Utama Bursa Efek Indonesia, Tito Sulistio.

Dalam pidatonya, Wapres Jusuf Kalla sempat menyinggung perihal soal potensi pertumbuhan ekonomi di tahun politik.
Pasalnya di tahun ini, Indonesia akan menggelar hajatan demokrasi dalam perhelatan Pilkada Serentak di 171 daerah. Wapres Jusuf Kalla optimismis, perekonomian Indonesia akan tetap positif di tahun politik 2018.



"Selama tiga kali tahun politik ada kerusuhan? Tidak ada sama sekali. Karena kampanye sekarang sudah berbeda, dulu kampanyenya mengumpulkan massa, benturan, sekarang kampanyenya di udara, media sosial, bukan lagi di jalan," ungkap Jusuf Kalla di Gedung BEI, Sudirman, Jakarta, Selasa (2/1/2017).

Oleh karena itu, Wapres meyakini, hal tersebut juga akan berdampak pada positifnya pertumbuhan perekonomian nasinal.

"Kondisi baik itu insya Allah akan berimbas positif ke ekonomi, indikator-indikatornya positif," pungkas Kalla.



Setelah mencatat pertumbuhan ekonomi 5 persen sepanjang 2017, Indonesia disebut-sebut bakal menghadapi masa-masa sulit pada tahun depan. Setidaknya ada dua hal yang dianggap menghantui situasi ekonomi 2018.

Pertama, 2018 adalah tahun politik karena di 17 provinsi dan 153 kota/kabupaten digelar pesta demokrasi pemilihan kepala daerah serentak pada 27 Juni. Situasi politik bakal memanas dan dikhawatirkan mengganggu pertumbuhan ekonomi.



Kedua, ada kekhawatiran terjadi siklus krisis 10 tahunan setelah resesi melumpuhkan sebagian besar dunia pada 1998 dan krisis ekonomi 2008. Dunia pada 2018 pun dikhawatirkan akan jatuh pada krisis besar.

Tahun 2018 dan 2019 disebut sebagai tahun politik. Sebab, ada pilkada dan pemilihan umum serentak. Peristiwa itu bisa berdampak negatif terhadap ekonomi Indonesia. Namun, jika suasananya kondusif, bisa berdampak positif.



Pakar ekonomi Edy Suandi Hamid mengingatkan pemerintah bahwa target pertumbuhan ekonomi 2018 sebesar 5,4 persen bisa meleset. Diprediksi pertumbuhan ekonomi hanya 5,3 persen.

"Berat mencapai target. Tiga tahun terakhir kenaikannya hanya sekitar 0,1 persen," kata Edy, Rektor Universitas Widya Mataram Yogyakarta.

Pemerintah mematok pertumbuhan ekonomi 5,4 persen dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara 2018. Namun Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution memperkirakan ekonomi bisa tumbuh lebih tinggi daripada target tersebut.



Darmin mengatakan ekonomi tahun depan akan didorong investasi dan ekspor. Keduanya tumbuh cukup baik pada 2017 dan perbaikan diharapkan terus berlanjut. Pemerintah juga akan berupaya memperbaiki pengeluaran pemerintah dan konsumsi rumah tangga agar pertumbuhan ekonomi meningkat.

Faktor pendorong lain adalah pilkada di 171 daerah. "Biasanya pemilu menyumbang 0,1 hingga 0,2 persen pertumbuhan ekonomi," tuturnya. Sentimen positif lain datang dari penyelenggaraan Asian Games pada Agustus 2018. Pesta olahraga se-Asia itu, menurut Darmin, berpotensi mendongkrak pertumbuhan ekonomi.



Dengan faktor pendukung tersebut, Darmin percaya ekonomi bisa tumbuh lebih tinggi daripada asumsi yang dipatok pemerintah. "Kenaikan 0,2 sampai 0,3 persen dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia cukup reasonable (masuk akal)," ujarnya.

Namun guru besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, Irwan Adi Ekaputra, mengingatkan bahwa posisi ekonomi dan kondisi keuangan global tetap berpengaruh terhadap ekonomi 2018. Karena itu, menurut dia, pelaku pasar, pengusaha masyarakat, termasuk pemerintah, harus tetap waspada akan kemungkinan terjadinya krisis ekonomi.



Sementara itu, Komisi XI DPR (membidangi keuangan dan perbankan) mengambil langkah kompromi dengan menyetujui usulan target pertumbuhan ekonomi yang diajukan pemerintah di level 5,4 persen. Meski semula menyebut kelewat ambisius, parlemen menyepakati asumsi yang juga digunakan untuk menghitung postur APBN 2018 tersebut.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyatakan, selain konsumsi rumah tangga, investasi menjadi salah satu motor pendorong pertumbuhan pada tahun depan. ''Di mana-mana kita akan katakan semua negara yang tumbuh lebih dari 5 persen itu faktor penggeraknya di luar kepercayaan konsumen adalah investasi. Jadi, PMA (penanaman modal asing) dan PMDN (penanaman modal dalam negeri) harus tumbuh 10-15 persen," katanya di gedung DPR beberapa waktu lalu.
Editor: James P Pardede

T#g:Darmin NasutionEkonomi 2018Jusuf KallaMakro EkonomiPertumbuhan
Komentar
Senin, 22 Jan 2018 18:00Berita Sumut

Bupati Karo Resmikan Kantor Camat Brastagi

i: Bupati Karo Terkelin Brahmana, SH resmikan gedung baru Kantor Kecamatan Berastagi, pada Senin (22/01) di komplek perumahan Korpri Desa Guru Singa. Peresmian kantor camat Berastagi ini ditandai dengan pengguntingan pita oleh Bupati Karo Terkelin Brahman

Senin, 22 Jan 2018 17:36Berita Sumut

Sumut Siap Laksanakan Pilkada Serentak 2018

Pemerintahan Provinsi Sumatera Utara menyatakan siap melaksanakan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2018, demikian kata sambutan Gubsu yang dibacakan Asisten Administrasi Pemerintahan Setdaprovsu Jumsadi Damanik pada rapat kunjungan kerja komisi

Senin, 22 Jan 2018 17:00Berita Sumut

Jalan di Kawasan Habornas Butuh Perhatian Pemerintah

MATATELINGA, Tobasa: Warga Habornas, Kabupaten Toa Samosir diminta hati-hati jika melintasi jalan sepanjang Silaen menuju Habornas atau sebaliknya. Hal ini terkait banyaknya bahu jalan yang longsor tergerus air dan juga karena bahu jalan mengalami perge

Senin, 22 Jan 2018 16:55Ekonomi

Mentan Optimis Harga Beras Segera Stabil

Menteri Pertanian Amran Sulaiman optimistis harga beras di Tanah Air akan stabil, meskipun ada panen dengan luas tanam sekitar 2 juta hektare selama sebulan tujuh hari.

Senin, 22 Jan 2018 16:45Berita Sumut

Di Balige, Kades Buka Jalan di Kawasan Hutan Lindung Pakai Dana Desa

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Ibu Siti Nurbaya Bakar diminta untuk menindak tegas para pelaku perusak hutan lindung Siboruon yang berada di Desa Siboruan Kecamatan Balige Toba Samosir. Hal ini dikatakan ketua NGO Topan-AD Ir. Rinaldi H. saat

Senin, 22 Jan 2018 16:42Internasional

Swalayan Bebas Kasir Hanya Ada di Amazon Go

Tren cara belanja baru tanpa harus direpotkan dengan pembayaran di kasir atau diikuti oleh penjaga swalayan, Amazon.com Inc segera meluncurkan pasar swalayan bebas kasir pada Senin, (22/01/2018) setelah diuji coba selama lebih dari setahun.

Senin, 22 Jan 2018 16:35Berita Sumut

Pilkada 2018, KPU Sidempuan Depak Paslon Jalur Perseorangan

Akibat tidak sanggup melengkapi berkas perbaikan syarat dukungannya. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Padangsidimpuan resmi tolak pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Padangsidimpuan tahun 2018, Hailullah Harahap dan Amas Muda Hasibuan.

Senin, 22 Jan 2018 16:18Berita Sumut

Duh, Pengerjaan Saluran Irigasi di Silaen Ini Diduga Proyek Siluman

Proyek saluran irigasi yang berada di Desa Sinta Dame Kecamatan Silaen Kabupaten Tobasa tanpa papan proyek. Awak media matatelinga.com yang mendapat lapor

Senin, 22 Jan 2018 16:01Berita Sumut

Sita 3 Kg Sabu, Polda Sumut Tembak Mati Tiga Pengedar Narkoba

Tiga orang pengedar narkoba yang merupakan bagian dari jaringan narkoba internasional tewas ditembak petugas dari Ditresnarkoba Polda Sumut. Dari para tersangka, polisi menyita 3 kg sabu.

Senin, 22 Jan 2018 15:41Berita Sumut

Ini Tuntutan Buruh yang Demo di Depan Kantor Gubsu

Aksi demo puluhan buruh yang tergabung dalam Serikat Buruh Nasional Indonesia (SBNI) Kota Medan mendatangi kantor Gubernur Sumatera Utra di Jalan Pangeran Diponegoro Medan, Senin (22/01/2018) untuk menyampaikan aspirasinya dan menuntut kenaikan Upah Minim

Senin, 22 Jan 2018 15:37Nasional

Ini Pengurus DPP Golkar Dibawah 'Kemudi' Airlangga Hartarto

DPP Partai Golkar mengumumkan kepengurusan baru di bawah kepemimpinan Ketua Umum Airlangga Hartarto periode 2018-2019.

Senin, 22 Jan 2018 14:30Berita Sumut

Polsek Perdagangan Laksanakan Simulasi Olah TKP

Untuk melahirkan polisi polisi handal dalam suatu peristiwa tindak kejahatan polisi harus mampu melakukan olah TKP. Oleh karenanya, Polsek Perdagangan pada Senin (22/1) pukul 10.00wib bertempat di Mapolsek Perdagangan melakukan kegiatan In House Trainin

Senin, 22 Jan 2018 14:14Berita Sumut

Kasiannya Bapak Tua Ini, Derita Stroke Dibuang Ditempat Sampah

Diduga dibuang oleh kerabatnya, Oyong (47) ditemukan polisi di tempat pembuangan sampah di Desa Marindal 1 Kecamatan Patumbak, Minggu (21/1/2018). Oyong juga diduga terkena stroke karena saat ditemukan, dia lumpuh tak bisa bergerak dan juga sulit diajak b

Senin, 22 Jan 2018 13:57Berita Sumut

Desa Layak Anak Terus Dikembangkan di Deli Serdang

Yayasan Pusat Kajian dan Perlindungan Anak (PKPA) bekerjasama dengan Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Deli Serdang terus mengembangkan pelaksanaan Desa Layak Anak di Kabupaten Deli Serd

Senin, 22 Jan 2018 13:03Berita Sumut

Charity Concert Kompak Hadirkan 3 Artis Mandarin

Charity Concert yang digear Komunitas Masyarakat Peduli Amal Kemanusiaan (Kompak) di UCSN Hall PrimeOne School(POS) Jalan AH Nasution, Sabtu (20/1)menghadirkan 3 artis Mandarin dari Ibukota dan Malaysia. Ribuan masyarakat Kota Medan larut dengan alunan la

Senin, 22 Jan 2018 13:00Berita Sumut

26 DPC dan DPD Partai Amanat Nasional Simalungun Siap Menangkan ERAMAS

Menjelang pelaksanaan Pilgubsu 2018 dan Pilkada 2019, DPD Partai Amanat Nasional (PAN) Kabupaten Simalungun menggelar Rapat Konsolidasi di Kantor DPD PAN jalan lintas Perdagangan-Siantar, Minggu (21/1/2018). Rapat ini dihadiri 26 dewan pengurus kecamatan