• Home
  • Internasional
  • "Donal Trump Tak ambil Pusing, Korsel Tetap Gelar Latgab di Perairan Korea"

"Donal Trump Tak ambil Pusing, Korsel Tetap Gelar Latgab di Perairan Korea"

Amr/Okz/Net Jumat, 08 Desember 2017 08:20 WIB
Google
MATATELINGA,   Jakarta:  Banyak berbagai pihak yang menentang dan memperingatkan konsekuensi yang harus dihadapi. Namun sayang, peringatan tersebut hanyalah angin lalu. Pada Kamis 7 Desember, Presiden AS Donald Trump mendeklarasikan bahwa Yerusalem adalah ibu kota Israel dan akan memindahkan Kedutaan Besar AS yang berada di Tel Aviv ke Yerusalem.



Tindakan yang sempat memicu konflik juga kembali terjadi di Korea Selatan (Korsel). Meski telah ditentang oleh Korea Utara (Korut), nyatanya Korsel tetap melanjutkan latihan gabungan (latgab) dengan pasukan AS. Menurut seorang pejabat di Kementerian Pertahanan Seoul, latihan ini digelar karena ancaman perang nuklir Korea Utara (Korut) semakin nyata.

Pada Kamis 7 Desember Presiden AS Donald Trump lewat pidatonya menyatakan bahwa Yerusalem adalah ibu kota Israel. Ia juga menekankan bahwa kesempatan tersebut adalah langkah yang sangat terlambat.



"Saya telah menetapkan bahwa sekarang saatnya untuk secara resmi mengakui Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel. Presiden sebelumnya telah membuat janji kampanye besar ini, mereka gagal menyampaikannya. Dan hari ini, saya melakukannya," ujar Presiden Trump.

Tak hanya menyatakan hal tersebut, presiden berusia 72 tahun tersebut juga menyatakan bahwa AS akan memindahkan Kedubes AS untuk Israel yang berada di Tel Aviv ke Yerusalem. Keputusan tersebut pastinya ditentang oleh berbagai negara di dunia.

Arab Saudi adalah salah satu negara yang menentang keputusan tersebut. Kerajaan Arab Saudi mengaku sedih dengan keputusan pemerintah AS tersebut. Riyadh mengingatkan bahwa ada konsekuensi serius atas keputusan pengakuan sekaligus pemindahan Kedutaan Besar (Kedubes) AS ke Yerusalem.



Keputusan pengakuan tersebut dinilai oleh Arab Saudi tidak adil serta sebuah langkah tidak bertanggung jawab. Bagi Arab Saudi, keputusan tersebut mewakili sikap bias terhadap hak-hak dasar warga Palestina.

Negeri Jiran, Malaysia, turut menyampaikan penyesalan atas pernyataan Negeri Paman Sam. Pihak Malaysia menyatakan bahwa pihaknya khawatir jika pengumuman tersebut dapat mengakhiri segala upaya untuk menyelesaikan konflik di Palestina.

(Mtc/Dtc)
Editor: Amrizal

T#g:Donal Trum bandit perangMatatelingaYerussalemYeruussalem jadi Ibu Kota
Komentar
Selasa, 23 Okt 2018 08:01Nasional

Kasum TNI : Keberadaan Satgas MTF Sebagai Duta Bangsa dan Diplomat TNI di Forum Internasional

Keberadaan satuan tugas (Satgas) Maritime Task Force (MTF) TNI di Lebanon merupakan bagian dari penugasan misi perdamaian PBB, dan para prajurit TNI yang terlibat di dalamnya patut merasa bangga dapat menjadi bagian dari Kontingen Garuda, duta bangsa,

Selasa, 23 Okt 2018 07:46Berita Sumut

Kiprah Pemuda Pancasila Kian Dirasakan Oleh Masyarakat

Dengan mengangkat tema "Melalui Semangat HUT Pemuda Pancasila ke 59, Kita Tingkatkan Kejujuran, Loyalitas dan Tertib Organisasi”, kiprah Pemuda Pancasila diharapkan akan semakin dirasakan oleh masyarakat, seiring dengan usianya yang semakin matang.

Selasa, 23 Okt 2018 07:31Berita Sumut

Mahasiswa ITM dan Petugas Satpol PP Bentrok, Belasan Luka Luka

Bentrokan antara mahasiswa Institut Teknologi Medan (ITM) dengan Petugas Satpol PP pecah di depan kampusnya di Jalan Gedung Arca, Kelurahan Teladan Barat, Kacamatan Medan Kota

Selasa, 23 Okt 2018 07:16Nasional

Panglima TNI Pimpin Sertijab Tiga Pejabat Teras Mabes TNI

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P., memimpin Pengambilan Sumpah, Penandatanganan Pakta Integritas dan Serah Terima Jabatan tiga Pejabat Teras di lingkungan Mabes TNI, bertempat di Ruang Hening Gedung Soedirman, Mabes TNI Cilangkap, Jakarta

Selasa, 23 Okt 2018 07:01Berita Sumut

Gubernur Sumut Minta FORKADA Nias Fokus Tiga Prioritas Pembangunan

Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi meminta para kepala daerah yang tergabung dalam Forum Kepala Daerah (Forkada) Nias untuk fokus kepada tiga prioritas pembangunan Pulau Nias. Yaitu, pariwisata, perikanan, dan pangan (pertanian dan peternakan).

Selasa, 23 Okt 2018 06:46Berita Sumut

Kunker Kapolres Asahan Ke Mapolsek Kota Kisaran Sembari Kukuhkan PAMK

Kunjungan Kerja Kapolres Asahan AKBP.Yemi Mandagi,SIK beserta Ketua Bhayangkari Polres Asahan Ny.dr.Bobby Yemi Mandagi ke Mapolsek Kota Kisaran sekaligus melantik dan mengkukuhkan kepengurusan Pemuka Agama Mitra Kamtibmas unit Polsek Kota Kisaran

Selasa, 23 Okt 2018 06:31Nasional

Tim Psikologi TNI AL Laksanakan Trauma Healing Keluarga Besar Lanal Palu

Sejumlah 115 Ibu-ibu dan Anak-anak keluarga besar Pangkalan TNI AL Palu yang menjadi korban Bencana Gempa Bumi dan Tsunami yang terjadi beberapa waktu yang lalu, mengikuti kegiatan Trauma Healing oleh Tim Psikologi Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut

Senin, 22 Okt 2018 20:25Berita Sumut

Camat Kota Kisaran Timur Apresiasi Kinerja Polsek Kota

Camat kota Kisaran Timur Irwandi mengapresiasi kinerja kapolsek Kota Kisaran Iptu.Rianto,SH.MAP yang telah dapat memberikan pengayoman serta dapat mengeleminir gejolak yang dapat menimbulkan gangguan kamtibmas di wilayah hukum Polsek Kisaran kota, hal ter

Senin, 22 Okt 2018 18:36Berita Sumut

Gubsu Serahkan Tali Asih dan Penghargaan Kafilah MTQN XXVII, Harapkan Sumut Kembali Bangkit

Ukiran sejarah ditorehkan para kafilah Sumatera Utara (Sumut) pada perhelatan Musabaqoh Tilawatil Quran tingkat Nasional (MTQN) XXVII 2018 dengan menempati peringkat tiga peraih medali terbanyak dari 34 provinsi. Capaian ini pun diharapkan mampu membangk

Senin, 22 Okt 2018 18:12Berita Sumut

Dua Babinsa Grebek Lokasi Pesta Narkoba di Medan, 23 Paket Sabu Diamankan

Dua Babinsa jajaran Kodim 0201/BS Medan berhasil mengamankan 23 paket sabu, dan satu butir ineks dari lokasi pesta narkoba di Jln Bajak I, Lingkungan 1, Kel. Harjosari 2, Kec. Medan Amplas, Kota Medan, Minggu malam (21/10/2018) pukul 20.55 Wib.

Senin, 22 Okt 2018 17:45Berita Sumut

Duh, Hanya Karena Persoalan Ini Sekeluarga di Tanjung Morawa Dibunuh

Kapolda Sumut Irjen Pol Agus Andrianto akhirnya memaparkan motif pembunuhan sekeluarga di Tanjung Morawa yang dilakukan tiga orang tersangka. Ternyata motifnya hanya karena persoalan sepele.

Senin, 22 Okt 2018 17:15Berita Sumut

Gubernur Ajak Anggota DPD RI Bersama-sama Membangun Sumut

Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi mengajak seluruh anggota DPD RI asal Sumut untuk bersama-sama membangun daerah ini. Karena masih banyak persoalan yang ada di Sumut yang belum terselesaikan. Padahal, banyak sumber daya alam, namun belum diman

Senin, 22 Okt 2018 17:00Berita Sumut

Pemprov Sumut-LIPIA Bicarakan Pengembangan Pendidikan Bahasa Arab di Sekolah

Pemerintah provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) menyambut baik kedatangan Lembaga Ilmu Pengetahuan Islam dan Arab (LIPIA). Salah satunya untuk membicarakan pengembangan pendidikan Bahasa Arab di sekolah-sekolah, khususnya tingkat SMP dan SMA/SMK.

Senin, 22 Okt 2018 16:30Berita Sumut

Kapolda Sumut Buka Workshop Divisi Humas Mabes Polri di Medan

Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol Agus Andrianto membuka workshop Penguatan Tim Media Sosial dan Media Online Wilayah Polda sumut di Emerald Garden jalan K.L Yos Sudarso, Senin (22/10).

Senin, 22 Okt 2018 16:00Berita Sumut

Selama 3 Pekan, 65 TSK Diamankan Sat Reskrim Polres Labuhanbatu

Selama 3 pekan pihak Sat Reskrim Polres Labuhanbatu dibawah kepemimpinan AKP Teuku Fatir SH Sik ,mengungkap 56 kasus kejahatan yakni curas, curat dan curanmor dengan 65 orang tersangka.

Senin, 22 Okt 2018 15:48Berita Sumut

Grebek Gudang Pengoplos Gas Subsidi di Jalan Kompos, Polrestabes Medan Sita Puluhan Tabung Gas

Satreskrim Polrestabes Medan menggrebek gudang pengoplos gas di Jalan Kompos Gang Pribadi, Rabu (17/10). Dalam penggrebekan ini, polisi mengamankan dua orang pelaku dan menyita berbagai jenis tabung gas.